Interlac Suplemen Probiotik Untuk Kesehatan Keluarga


interlac suplement probiotik keluarga

Rutinitas dan gaya hidup modern yang serba cepat dan pola makan yang kurang sehat, serta penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan peningkatan jumlah bakteri jahat dan membuat penurunan bakteri baik pada tubuh.

Bakteri baik dibutuhkan untuk menjaga fungsi imunitas, mendorong produksi antibodi, melawan toxin, alergen, dan mikroorganisme berbahaya, hingga merawat kesehatan pencernaan. Mengonsumsi suplemen probiotik yang tepat bisa menjaga bakteri baik pada tubuh.

 
Melihat banyaknya produk berlabel "Probiotik" saat ini, memilih suplemen probiotik yang tepat untuk keluarga jadi harus ekstra hati-hati nih. Bukan berarti produk-produk tersebut palsu lho ya.. hanya saja probiotik terdiri dari banyak jenis bakteri baik, dan setiap jenisnya memberi efek berbeda juga pada tubuh.

 
Setelah melewati masa pandemi, saat ini semua anggota keluarga kita sudah bisa beraktivitas keluar rumah seperti biasa lagi. Namun ini artinya mereka akan rentan terpapar oleh polusi, makan makanan yang tidak terjaga kebersihannya, bahkan bertukar minuman dengan teman atau sahabat.

 

interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga


 
Lalu, apa peran dari probiotik di tengah gaya hidup yang semakin melupakan aspek kesehatan ini?

 
Saya akan coba jelaskan dalam tulisan blog ini berdasarkan hasil edukasi kesehatan bersama INTERLAC pada Selasa, 23 Agustus 2023 di Westin Hotel Jakarta.
 
Edukasi kesehatan dikemas dalam sessie talkshow dengan tema bahasan "Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat Untuk Seluruh Keluarga" bersama narasumber yang ahli dibidangnya, antara lain :
  • Isabelle Ducellier, CEO BioGaia
  • Derrick Sukamto, Vice Precident PT. Interbat
  • Mohamad Nurhadi, Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare
  • Reisa Broto Asmoro, Brand Ambassador Interlac


Pentingnya Probiotik untuk Tubuh Manusia

Sebelum kita mengetahui pentingnya probiotik untuk tubuh, kita pahami dulu yuk apa itu probiotik dan apa yang akan terjadi jika tubuh kekurangan probiotik.

 
Dalam paparan Mohamad Nurhadi, Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare, menyebutkan bahwa Probiotik menurut WHO adalah sebagai mikroorganisme hidup yang bila dikonsumi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya.


interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga
 

Lalu, apa yang terjadi pada tubuh manusia jika kekurangan probiotik? jika tubuh kekurangan probiotik maka akan terjadi dysbiosis atau ketidakseimbangan jumlah bakteri jahat dan bakteri baik dalam tubuh yang menyebabkan seseorang mengalami diare, konstipasi, kembung, sebah hingga bau mulut


interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga

Semoga sudah paham ya apa itu probiotik dan apa saja gangguan kesehatan yang muncul jika manusia mengalami dysbiosis atau atau ketidakseimbangan jumlah bakteri jahat dan bakteri baik dalam tubuh.

 
Menurut para narasumber Talkshow "Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat Untuk Seluruh Keluarga", pada dasarnya probiotik punya 5 fungsi utama di dalam tubuh manusia, yaitu:
 

Melancarkan Pencernaan

Fungsi utama probiotik adalah melancarkan sistem pencernaan seperti yang sering kita lihat di iklan komersil. Faktanya, tubuh yang mengonsumsi probiotik secara seimbang menjadi jarang mengalami konstipasi, sembelit, atau sulit buang air besar.

 
Hal ini sering dirasakan oleh anak di bawah 5 tahun yang masih sulit makan sayur dan makanan berserat. Ini juga pernah terjadi pada anak anak saya lho dan kasian banget liatnya kalo anak anak lagi sulit buang air besar.


Namun ternyata mengkonsumsi minuman probiotik secara berlebihan pun tidak baik lho, bisa menyebabkan infeksi pada usus dan mengganggu kerja organ tubuh sekitar usus.
 

Menjaga Kesehatan Usus

Bicara tentang usus, probiotik dan usus punya hubungan yang sangat erat. Karena walaupun semua bakteri baik punya fungsi berbeda-beda, namun kebanyakan bekerja dan berdampak pada usus kita.


Probiotik bekerja dengan cara menempel ke dinding usus dan menciptakan lapisan pelindung untuk melawan mikroba yang masuk lewat makanan.


Mengingat sehari-hari kita pasti makan gorengan, minum boba, atau makan makanan berminyak yang kurang sehat untuk organ pencernaan, probiotik dapat melindungi dan mengurangi dampak buruk dari ketiga makanan tersebut.

 

interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga

Menjaga Bayi di 1000 Hari Pertama

Khusus untuk Ibu hamil, memenuhi kebutuhan probiotik adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan janin di 1000 hari pertama. Bahkan sejak bayi masih ada di dalam perut, sampai bayi memasuki usia 2 tahun.

 
Probiotik semakin penting pada bayi yang lahir secara sesar, sebab bayi lahir sesar tidak mendapatkan transfer bakteri baik dari ibunya seperti ketika melakukan persalinan secara normal.


Meskipun begitu, bayi yang lahir dengan cara normal pun tetap harus dipantau kebutuhan probiotiknya selama 1000 hari pertama kehidupan (HPH).
 

Menyeimbangkan Bakteri Baik dan Buruk di Tubuh

Terlalu banyak bakteri baik pun tidak sehat untuk tubuh kita. Karena berbagai macam infeksi saluran pencernaan bisa terjadi bila ada terlalu banyak bakteri baik di dalam tubuh. Tidak terkecuali juga bila kekurangan bakteri baik dan terlalu banyak bakteri buruk.


Kondisi seperti ini sangat umum terjadi ketika kita sakit, baik hanya demam maupun yang sampai perlu diperiksakan. Ketika mengkonsumsi antibiotik, artinya seluruh bakteri di dalam tubuh akan dibunuh oleh sel darah putih yang semakin kuat.

 
Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan bakteri dan menyebabkan kita lebih rentan tertular penyakit lagi. Di saat-saat seperti inilah tubuh membutuhkan suplemen probiotik tambahan.

 

Meningkatkan Sistem Imun

Dan yang terakhir, probiotik sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem pertahanan tubuh. Hal ini sebenarnya ada pengaruhnya juga dengan keseimbangan bakteri baik dan bakteri buruk.


Ketika jumlah bakteri buruk terlalu banyak, maka sistem imum akan berfokus pada pengurangan bakteri tersebut. Sehingga mereka tidak bisa menjaga tubuh dari serangan penyakit melalui faktor eksternal seperti mikroba yang masuk lewat makanan.


Oleh karena itu, dibutuhkan suplemen probiotik agar fokus sistem imum tidak teralihkan dari bakteri yang ada di dalam maupun dari luar tubuh.

 

 

Apakah Perlu Minum Suplemen Probiotik?

Suplemen probiotik bukanlah hal baru dalam dunia kesehatan. Tapi belakangan ini, namanya makin terkenal karena memang perannya semakin dibutuhkan.
 
Perkembangan jaman dimana segalanya serba cepat membuat masyarakat kita terlena dengan makanan fast food. Padahal dibalik rasanya yang enak dan penyajiannya yang praktis, fast food adalah biang dari berbagai macam penyakit akibat bakteri buruk.
 
Kalau kita perhatikan, selama pembatasan aktifitas saat pandemi kita bisa memastikan seluruh anggota keluarga hanya makan makanan yang bersih, masakan sendiri, dan bergizi seimbang. 2 tahun pola hidup seperti ini membuat tubuh mereka beradaptasi dengan gaya hidup sehat tersebut.
 
Ketika sudah harus beraktivitas di luar rumah lagi, tubuh yang terbiasa dengan makanan sehat, kemudian kerap menerima junk food sehingga terjadi ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk. Maka perlu mengkonsumsi suplemen probiotik agar sehat saluran cernanya, kuat daya tahan tubuhnya.

interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga

Hati- hati dengan Produk Berlabel "Probiotik" di Kemasannya!

Reisa Broto Asmoro, Brand Ambassador INTERLAC dalam sessie talkshow menjelaskan bahwa tidak semua produk berlabel "Probiotik" baik untuk tubuh.
 
Melihat tingginya kebutuhan asupan probiotik di masyarakat Indonesia, banyak pihak yang menjadi keuntungan akan trend ini. Jadi tak heran jika kita melihat makanan dan minuman mengandung probiotik di pasaran.
 
Oleh karena itu, Reisa Broto Asmoro, Brand Ambassador INTERLAC meminta masyarakat untuk kritis ketika memilih suplemen probiotik, khususnya untuk anggota keluarga mereka. Karena tidak semua suplemen probiotik aman dan cocok untuk dikonsumsi semua usia.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Suplemen Probiotik yang Tepat Manfaat?

Mohamad Nurhadi, Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare, membagikan informasi kepada seluruh peserta sessie talkshow tentang bagaimana cara mengetahui mana suplemen probiotik yang tepat manfaat.
 
Ternyata cara mengetahuinya sangat mudah. Suplemen probiotik yang tepat adalah yang telah melewati uji klinis, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Suplemen probiotik yang tepat adalah untuk semua anggota keluarga, bahkan anak bayi di 1000 hari pertamanya pun, butuh asupan probiotik seimbang, Mohamad Nurhadi, Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare

 
Wah, patut dicurigai bila ada suplemen probiotik yang hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa atau anak di atas 7 tahun saja nih, karena seharusnya suplemen probiotik aman untuk semua usia.
 
 
Derrick Sukamto, Vice Precident PT. INTERBAT dalam kata sambutannya menyatakan bahwa bukti efektivitas dan keamanan adalah 2 hal terpenting saat memilih suplemen probiotik untuk kita dan keluarga. Kualitas dan keamanan INTERLAC untuk seluruh anggota keluarga sudah tidak perlu diragukan lagi.
 
 
interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga

 

 

INTERLAC hadir sebagai suplemen probiotik tepat guna yang bisa melindunggi anggota keluarga di Indonesia, Derrick Sukamto, Vice Precident PT. Interbat
 

INTERLAC, Suplemen Probiotik Terbaik untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Derrick Sukamto, Vice Precident PT. Interbat dalam sambutannya menyatakan bahwa berdasarkan hasil survei Home Tester Club Indonesia pada November 2022 terhadap 247 Ibu : "9 dari 10 Ibu memilih INTERLAC sebagai probiotik untuk menjaga kesehatan saluran cerna keluarganya"

interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga

INTERLAC merupakan suplemen probiotik yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 2012. Produk ini merupakan hasil dari kolaborasi antara PT. INTERBAT bersama BIOGAIA, salah satu perusahaan yang mendalami riset tentang probiotik terbesar di dunia.
 
BIOGAIA ini kini terkenal sebagai World Leader in Probiotics berkat hasil riset, produk, dampak yang mereka berikan ke masyarakat umum maupun dunia medis.
 
INTERLAC diproduksi menggunakan strain-strain lactobacillus reuteri yang sudah diuji klinis hingga melewati standar WHO. Lactobacillus reuteri sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan usus, mencegah diare, konstipasi, dan masalah pencernaan lainnya.

interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga


 
INTERLAC hadir dalam berbagai varian bentuk. Mulai dari sachet, tablet kunyah, tablet hisap dan drop. Sehingga seluruh anggota keluarga bisa mengkonsumsi suplemen ini dengan nyaman.

 
INTERLAC Drop, merupakan suplemen bayi yang bisa digunakan untuk bayi baru lahir sekalipun untuk membantu menjaga saluran cerna bayi dan menjaga imunitas tubuh bayi yang masih sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit, virus dan bakteri.

interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga


 
Melihat kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap asupan Vitamin D, Interlac untuk pertama kalinya mengkombinasikan suplemen probiotik dan Vitamin D. Sehingga kita tidak perlu khawatir lagi kepada anggota keluarga yang harus beraktivitas di luar setelah hampir 2 tahun penuh di rumah seharian.

 
Tahun ini, INTERLAC meluncurkan inovasi kombinasi probiotik dan vitamin pertama di Indonesia: INTERLAC + Vitamin D, kombinasi ini telah teruji klinis memberikan efek sinergis untuk memperbaiki kesehatan saluran cerna, meningkatkan penyerapan Vitamin D dalam tubuh dan memperkuat imunitas.
 
 
INTERLAC + Vitamin D tersedia dalam bentuk tablet kunyah rasa jeruk, cocok digunakan anak-anak hingga dewasa. INTERLAC + Vitamin D merupakan probiotik anak dan probiotik dewasa yang mengandung bakteri baik untuk menjaga saluran cerna dan menjaga imunitas anak.

interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga INTERLAC PRO-D merupakan probiotik anak dan probiotik dewasa yang mengandung lactobacillus reuteri DSM 17938 dan ATCC PTA 5289 dengan berbagai macam manfaat yaitu :
  • Mengurangi bau mulut
  • Meredakan nyeri tenggorokan dan radang gusi
  • Menghindari mulut dan tenggorokan kering serta sehat dari bakteri dan virus patogen
  • Mencegah karies gigi
 
INTERLAC Pro-D untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan tenggorokan, dan aman dikonsumsi anak-anak hingga dewasa.
 

INTERLAC mengandung Lactobacillus Reuteri

Produk suplemen probiotik INTERLAC menggunakan strain-strain Lactobacillus reuteri yang telah dipatenkan, teruji klinis, serta memenuhi syarat probiotik dari WHO.

 
Strain Lactobacillus reuteri yang terkandung dalam INTERLAC telah teruji klinis mendukung pemulihan dari berbagai gangguan kesehatan seperti diare, konstipasi, kolik, dispepsia, infeksi saluran napas, imunitas dan lain-lain.
 
Strain Lactobacillus reuteri adalah strain berpaten dengan uji klinik terbanyak di dunia. Di seluruh dunia, sampai Desember 2022, strain Lactobacillus reuteri yang digunakan Interlac sudah didukung 258 uji klinis pada lebih dari 21.000 partisipan,” Isabelle Ducellier, CEO BioGaia.

interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga

Yang tidak kalah penting dalam memilih suplemen probiotik adalah harus sudah terdaftar di BPOM RI, untuk memastikan keamanan produk INTERLAC pastikan Kata BPOM.
 
Informasi lebih detail tentang produk-produk INTERLAC bisa melalui media sosial :
 
Instagram : @interlacprobiotics 
Pembelian produk melalui E-Commerce Shopee : Interbathealth
 

interlac suplemen probiotik kesehatan keluarga
 
Sekarang kita sudah tahu bagaimana cara memilih suplemen probiotik yang tepat untuk seluruh keluarga. Tetap jalani hidup sehat dengan rutin berolahraga, makan makanan bergizi seimbang serta penuhi asupan probotik dan jaga kesehatan mereka bersama suplemen probiotik INTERLAC ya.. karena INTERLAC suplemen probiotik untuk kesehatan keluarga.
 
Salam hangat,
Elly Nurul








20 komentar

  1. Produknya semakin variatif ya, dan membuka cakrawala baru interlac ini ngga hanya untuk mengatasi sembelit pada anak, tapi banyak ragam masalah pencernaan bahkan jadi suplemen wajib harian untuk menjaga imunitas seluruh anggota keluarga dirumah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga dirumah ya

      Hapus
  2. Saat anakku usia 12 bulan, pernah mengalami sembelit, tidak pup selama 10 hari, DSA menyarankan untuk memberikan interlac untuk mengatasi sembelitnya, Alhamdulillah interlac jadi rekomendasi DSA juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget ceritanya, anakku juga pas sembelit dikasih resep interlac sama DSA

      Hapus
  3. Untuk mengatasi sembelit anak pasti Interlac, dan aku baru tahu kalo interlac sekarang sudah jadi suplemen harian untuk seluruh anggota keluarga dirumah ya.. penasaran sama Interlac Pro D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh Interlac Pro D, untuk suami aku cocok karena beliau sering mengalami gangguan kesehatan pada mulutnya

      Hapus
  4. Baru tau dampaknya kalo jumlah probiotik dalam tubuh kita berkurang, berteman dengan bakteri itu baik, kadang rasa khawatir yang menyebabkan bakteri baik justru berkurang dalam tubuh kita ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, akupun baru tahu, makanya harus seimbang ya antara bakteri baik dan bakteri jahat dalam tubuh

      Hapus
  5. Sekarang kita sudah tahu bagaimana cara memilih suplemen probiotik yang tepat untuk seluruh keluarga. Tetap jalani hidup sehat dengan rutin berolahraga, makan makanan bergizi seimbang serta penuhi asupan probotik dan jaga kesehatan mereka bersama suplemen probiotik INTERLAC ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, tetap jaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan konsumsi interlac untuk seluruh anggota keluarga ya

      Hapus
  6. Masalah pencernaan memang ngga boleh abai ya, karena pencernaan menurut saya sumber segala penyakit, pencernaan baik maka tubuh juga akan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat setuju, pencernaan harus senantiasa dijaga kesehatannya

      Hapus
  7. Interlac aku taunya hanya untuk anak anak lho, buat ngatasin sembelit hehe, ternyata sudah ada varian tambahan vitamin ya.. untuk jaga kesehatan keluarga dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ka, sudah banyak variannya tinggal pilih sesuai kebutuhan anggota keluarga dirumah ya

      Hapus
  8. Sebagai seorang Ibu harus paham ya bagaimana cara mengatasi sembelit pada anak dan juga menjaga daya tahan seluruh anggota keluarga dirumah.

    BalasHapus
  9. Ya ampun pas cari cari suplemen untuk anak ketemu tulisan mba Elly ini, aku tau sih interlac tapi baru tau kali Interlac ada varian lain untuk anggota keluarga yang lain, ngga harus anak bayi hihi sip sip mau coba juga ya Interlac Prod D buat pak suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. MashaAllah.. halo ka Henni, semoga bermanfaat ya infonya

      Hapus
  10. Itu yang Interlac pro D tablet kunyah gitu ya.. praktis ya, buat yang ngga suka minum suplemen cair.. jadi ada cara baru like ngunyah permen gitu yah

    BalasHapus