Resik V Godokan Sirih, Antiseptik Alami Untuk Mencegah dan Mengatasi Keputihan

Cegah gangguan penyakit pada area kewanitaan dengan melakukan perawatan secara rutin dengan Resik V Godokan Sirih

Teringat 7 tahun yang lalu, ketika kali pertama saya berkenalan dengan air godokan sirih atas perkenalan dari Almarhumah Ibu. Saat itu adalah masa nifas selepas saya melahirkan putra pertama. Ibu selalu mempersipkan air godokan sirih, kemudian meminta saya agar membersihkan area kewanitaan dengan air godokan sirih tersebut ketika saya mandi. Dipersiapkan dengan tulus, penuh cinta dan kasih sayang dari seorang Ibu, semata-mata hanya untuk kebaikan putrinya dimasa depan.

Almarhumah Ibu pernah menjelaskan bahwa, air godokan sirih merupakan resep tradisonal yang telah turun menurun dipercaya dan berkhasiat menjaga kesehatan tubuh termasuk kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, dan juga sebagai anti septik alami untuk membunuh kuman dan bakteri.
 

Bicara tentang kuman dan bakteri penyebab penyakit pada area kewanitaan, yuk kita ketahui penyakit apa saja yang muncul pada area kewanitaan jika tidak dibersihkan dengan baik dan tepat.

Penyakit Area Kewanitaan Yang Sering Dialami 

Wanita perlu menjaga area kewanitaan, karena sangat berkaitan dengan organ reproduksi di dalam panggul. Infeksi atau penyakit di area kewanitaan bagian luar dapat menyebar ke dalam dan membawa dampak lebih serius. Ada 2 jenis penyakit area kewanitaan yang timbul karena masalah higienitas dan dialami hampir oleh seluruh wanita yaitu :

Keputihan

Keputihan merupakan cairan yang keluar dari area kewanitaan yang bukan berupa darah, penyebabnya bisa karena infeksi atau non infeksi. Ada 2 jenis keputihan yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patalogis.
  • Keputihan Fisiologis : Sifatnya normal, tidak berbahaya dan terjadi menjelang menstruasi atau setelah menstruasi serta pada masa subur setiap bulannya dan tidak berlangsung dalam jangka waktu yang lama
  • Keputihan Patalogis : Infeksi, bakteri, virus atau parasit yang berada dalam atau sekitar area kewanitaan yang dapat menjalar dan menyebabkan peradangan pada area kewanitaan. Terasa gatal, berbau busuk dan kemerahan atau rasa panas dan nyeri merupakan indikasi adanya penyakit pada area kewanitaan dan ini sifatnya berbahaya.
Kandidiasis

Penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur candida. Jamur candida semacam ragi, terdapat dalam tubuh. Sistem imun yang kuat dapat menolak datangnya penyakit kandidiasis.

Kandidiasis timbul karena pengobatan antibiotik yang sering, penggunaan pil KB, dan obat-obatan lain yang mengubah suhu daerah vagina sehingga timbul jamur candida. Rasa gatal, terbakar, dan keluarnya cairan kental berwarna putih itu adalah ciri seseorang wanita terserang jamur candida. Dan Jamur candida ini tidak bisa dihilangkan tapi bisa dikendalikan agar tidak berlebihan, yaitu dengan sistem kekebalan tubuh seseorang, jika kekebalan tubuh baik maka jamur akan sulit menyerang tubuh.

Membayangkan saja saya tidak berani, apalagi jika penyakit pada area kewanitaan yang berbahaya terjadi pada diri saya. Sungguh tidak cukup berani saya menghadapi kenyataaan itu, yang bisa saya lakukan adalah mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada diri saya.

Arisan Resik V

Bagaimana cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan?, sesuai dengan resep tradisional yang telah turun menurun dalam keluarga saya, tentunya dengan menggunakan air Godokan sirih. Alhamdulillah sampai dengan hari ini daun sirih masih tumbuh subur di halaman belakang rumah saya, jadi bagi saya tidak ada masalah dalam mempersiapkan daun sirih.

Pada Jum’at, 20 Oktober 2017 di Harlequin Bistro, Kemang Jakarta Selatan, saya menghadiri Arisan Resik bersama Indonesia Hijab Blogger. Temanya sangat menarik yaitu Wanita Salehah: “Cantik Resik, Pandai Merawat Diri”. Pada hari itu merupakan kali pertama saya berkenalan dengan Resik V Godokan sirih yang merupakan pertama dan satu-satunya air godokan sirih asli dalam kemasan praktis dan higienis sebagai antiseptik alami untuk mengatasi jamur penyebab keputihan dan bau tak sedap. 

Saya dengan Dress code Arisan Resik "Touch of green"

Beneran nih air godokan sirih asli? Itu adalah pertanyaan yang ada dikepala saya ketika diperkenalkan dengan Resik V Godokan Sirih yang merupakan produk kesehatan wanita terbaru dari PT. Kino Indonesia. Karena saat ini banyak pembersih area kewanitaan, namun produk pembersih dari bahan alami daun sirih sangat jarang ditemukan dan tentunya semua setuju kan, jika daun sirih memiliki kandungan alami yang ampuh membersihkan  daerah kewanitaan, jadi harus benar-benar alami dalam proses produksinya.
 
Narasumber:  Yuna Eka Kristina (Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk), Nadiah Faatimah (Influencer)  dan dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, Sp.OG (Obgyn di RS Hermina Jatinegara)

Dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara menjelaskan bahwa “keputihan tidak normal baik karena infeksi maupun non infeksi bermula dari kebersihan area kewanitaan yang tidak terjaga dengan baik. Pemicu awalnya adalah kondisi area kewanitaan yang lembab, sehingga menjadi media yang baik untuk jamur dapat tumbuh. Membersihkan area kawanitaan sebaiknya tidak menggunakan sabun karena bersifat basa. Lebih baik dengan air biasa atau menggunakan cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai,” 

Dr. Bonti juga menyarankan sebaiknya menghindari douching yaitu menyemprotkan cairan khusus ke dalam area kewanitaan. Lebih baik dibersihkan dengan air atau cairan khusus yang aman bagi area kewanitaan. Vaginal douching hanya diberikan untuk infeksi berat di vagina, dan itupun tidak digunakan secara rutin, tegas Dr. Bonti.

Alhamdulillah saya belum pernah melakukan douching karena khawatir dengan kandungannya yang tidak alami dan belum berani juga sih :).

Kenalan dengan teman setiaku yang kini lebih praktis, yeay salam kenal Resik V Godokan Sirih

Nadiah Faatimah, infulencer dan juga seorang motivator atau ustadzah, menjelaskan pentingnya merawat, menjaga serta membersihkan area kewanitaan, sebagai seorang muslimah tentu sangat diajurkan untuk selalu menjaga kebersihan diri, karena kebersihan merupakan sebagian dari keimananan seseorang. Nadiah juga menambahkan untuk para muslimah agar rutin mencukur bulu kemaluan setiap 40 hari, selain menjaga kesehatan juga keindahan area kewanitaan agar keharmonisan keluarga tetap terjaga juga merupakan anjuran dalam agama Islam.

Yuna Eka Kristina, Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk menjelaskan, PT Kino Indonesia Tbk., mengeluarkan produk Resik V Godokan Sirih sebagai antiseptik alami, solusi untuk memelihara kebersihan organ intim dan mencegah keputihan. Resik V Godokan Sirih dibuat secara alami, kandungan utamanya adalah godokan daun sirih asli, atau daun sirih yang direbus.

Resik V Godokan Sirih dianjurkan digunakan secara teratur di saat haid, atau ketika mengalami keputihan. “Uji klinis dan uji mikrobiologi menunjukkan daun sirih menghambat bakteri  jahat dan hasil uji mikrobiologi 100% menghambat jamur penyebab keputihan. Selain itu, Resik V Godokan Sirih juga menjaga PH normal area kewanitaan yaitu antara 3-4, serta menjaga keseimbangan flora normal”.

Cara Pakai Resik V Godokan Sirih

Gunakan Resik V Godokan Sirih pada saat mandi pada pagi dan sore hari atau saat diperlukan untuk membersihkan area kewanitaan. Ada 2 cara bagaimana menggunakan Resik V Godokan Sirih, yaitu :
  1. Tuangkan resik V Godokan Sirih secukupnya di telapak tangan, basuhkan ke area kewanitaan dan sekitarnya, basuh dengan air. Atau
  2. Tuangkan 5 tutup botol Godokan Sirih pada 1 gayung air hangat, lalu basuhkan air godokan sirih pada area kewanitaan 
Saya lebih menyukai cara pertama karena lebih praktis :)

Gunakan Resik V Godokan Sirih 2x Sehari yaitu Saat Mandi Pagi dan Sore Hari 

Sudah 6 hari saya menggunakan Resik V Godokan Sirih untuk membersihkan area kewanitaan, rasanya tentu lebih percaya diri jika suami mendekat! eaaa.., karena area kewanitaan berbau wangi khas dauh sirih yang sepet-sepet seger gitu deh.
    Keunggulan Resik V Godokan Sirih
    • Praktis, tidak perlu repot merebus daun sirih, bisa dibawa ke manapun, bisa langsung dipakai, tidak perlu dicampur dengan air dan digunakan dengan cara dibasuh
    • Aman dan alami, Antiseptik alami yang aman karena terbuat dari bahan natural yaitu Air Godokan Daun Sirih Asli
    • Diproses dengan menggunakan teknologi canggih
    • Teruji secara mikrobiologi membunuh jamur candida albicons penyebab keputihan
    • Telah mendapatkan sertifikat dari MUI

    Mengapa Godokan Sirih Diperlukan?

    Kesehatan area kewanitaan berpengaruh pada banyak hal, seperti kesuburan dan kehidupan seksual. Jika terjadi gangguan atau masalah pada area kewanitaan, maka berpeluang untuk mendatangkan penyakit. Rasa percaya diri seseorang juga akan mengalamai penurun, khususnya untuk para istri jika area kewanitaannya muncul bau tidak sedap.. setuju kan buat para Istri (juga para suami) :)

    Setiap bulan wanita mengalami siklus bulanan, yaitu menstruasi, juga wanita selepas melahirkan, akan mengalami seperti menstruasi selama 40 hari (nifas). Pada waktu menstruasi dan nifas, area kewanitaan rentan terkena “infeksi” karena penggunaan pembalut, aktifitas yang padat dan faktor hormonal.

    Suasana Arisan Resik, Wanita Shalehah : Cantik Resik Pandai Merawat Diri


    Siapa dan Kapan Saja Godokan Sirih Diperlukan?
    • Setiap wanita yang sudah menstruasi, perlu membersihkan area kewanitaan lebih sering “selama masa menstruasi”
    • Godokan sirih juga cocok merawat daerah kewanitaan selama masa “nifas” atas sehabis melahirkan.
    • Godokan sirih adalah antiseptik alami yang efektif untuk atasi keputihan dan masalah infeksi daerah kewanitaan.

    Berapa Harganya?

    Per botol ukuran 100ml, dijual dengan harga 20rb rupiah.

    Pemenang Arisan Resik 20 Oktober 2017

    Setiap arisan biasanya menghasilkan nama-nama sebagai pemenang arisan, pada Arisan Resik V Godokan Risih tanggal 20 Oktober 2017 ada juga pemenang untuk best question dan juga best dress. Ini dia para pemenangnya.. selamat ya kakak-kakak cantik, makan-makan dimana kita :)

    Pada Pemenang Arisan, Best Question and Best Dress

    Sekilas area kewanitaan hanya tampak seperti organ kecil yang mudah dirawat. Namun, bila dilihat lebih jauh, area kewanitaan berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim. Perawatan area kewanitaan harus dilakukan dengan tepat.

    Berikut adalah tips menjaga kebersihan area kewanitaan.


    Apa Pentingnya Menjaga Kesehatan Area Kewanitaan?
    1. Investasi kesehatan, sejak menstruasi pertama, merawat area kewanitaan sudah dapat dilakukan, tidak hanya perawatan kulit dan wajah saja yang dilakukan sejak usia dini, tapi area kewanitaan juga dong ya
    2. Keharmonisan keluarga, bagi yang sudah menikah, merawat area kewanitaan selain menjaga kesehatan reproduksi wanita juga menjaga keharmonisan bersama suami, ehem tahu dong ya
    Adahkah yang masih enggan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan? semoga tidak ada ya.. dan semoga penjelasan diatas cukup jelas. Jika saat ini, masih merasa area kewanitaan baik-baik saja, tidak ada salahnya untuk mencegahnya. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati yess. Resik V Godokan sirih dapat dicoba ya man teman.. bu ibu.. coba dulu deh yaa.. lalu rasakan khasiatnya.. resik resik resik :)

    Bersama Ibu Ibu Arisan Resik V Godokan Sirih

    Tak kenal, maka kenalan dong.. informasi lengkap tentang Resik V Godokan Sirih melalui :
    Website : http://www.kino.co.id/en/brands/personal-home-care/resik-v/

    Salam Resik,
    Elly Nurul

    Elly Nurul

    Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

    63 komentar:

    1. Yuk Yuk kita makan-makan lagi di Harlequin Bistro ahaaay..
      Btw, salam kenal ya mba elly nurul..
      Seneng bisa bertemu kemarin di acara Resik..

      Alhamdulillah aku cocok pakai Resik V Godokan Sirih, aku suka banget dengan wanginya.. terus kesat lagi wkwkwkwk..

      www.sistersdyne.com

      BalasHapus
      Balasan
      1. Holla Mba Dine salam kenal ya.. congrats ya untuk best dress! Baru kenal Resik V Godokan Sirih aku langsung jatuh hati, emang butuh banget untuk nambah percaya diri didepan suami hehe.. wangi, keset and resik :)

        Hapus
    2. Hai elly post nya lengkap banget deh thank u for sharing ya

      BalasHapus
    3. Akh resik- resik kabeh yo iku peserta. ( sok bisa boso jawa ) iya cara pertama lebih praktis ya pakainya. Perempuan mmg harus peduli akan kebersihan tubuhnya apalagi untuk daerah sensitif.

      BalasHapus
    4. Aku pake rebusan daun sirih pas habis melahirkan. Emang bener ya, daun sirih itu antiseptik alami dan wanginya jg khas banget, tradisional. Sekarang ada resik v ya lebih praktis.

      BalasHapus
    5. resik v ini emang sperti aslinya banget ya mbak. ya wanginya ya teksturnya. jd berasa ngegodok sirih sendiri. bedanya ini tinggal tuang. hihi

      BalasHapus
    6. Saya juga nggak berani douching. Sama alasannya khawtir ga cocok. Skrg semua serba praktis yaa.. sampai2 rebusan air sirih dibuat dala kemasan botol yang resik juga. Ma kasih infonya mba. Lengkap banget. ^_^

      BalasHapus
    7. Ibu emang malaikat tak bersayap ya mbak, gie tipe mager gitu anaknya wkwkwkwkk...jd mama and uyut suka cerewet menjaga kebersihan diri padahal gie males beudh rebus2 hahaha....skrg ga males lagi kan ada resik V.

      BalasHapus
    8. Wah kalau douching aku memang belum pernah dan khawatir salah obat dan caranya. Sekarang ada resik V godokan daun sirih nih. Praktis dan mujarab banget. Jd ga kuatir deh ya pas butuh di luar kota dan tinggal siapin di tas aja. Simple.

      BalasHapus
    9. blm pernah nyobain yg inii.. biasanya beli merk lain, next time boleh jg kayaknya dicobain :D

      BalasHapus
    10. Sirih memang ampuh banget ya mba. Hhehehe. Aku dlu pernah nyoba rebusan daun sirih, mba. Syukurlah skaarang sudah ada yang praktis ya dan kita bisa lebih menjaga kesehatan kewanitaan kita :)

      BalasHapus
    11. Seorang ibu emang tahu yang terbaik buat anaknya yah. Kayaknya hampir setiap emak pasti pernah ngebuatin rebusan sirih untuk anak perempuannya, gitu juga sama mama aku. Hehehe. Mari kita nyirih hahaha. Salam kenal mba Elly. 😉

      BalasHapus
    12. It's konsen trhdp daerah V penting bngt, Aku udah coba resik v selain bikin wangi juga jd nyaman

      BalasHapus
    13. Mba Ellyy.. sama aku juga lebih suka pakai cara yang pertama, lebih praktis dan hemat kayaknya hehe.. Enak ya jadi lebih seger dan bersih gitu

      BalasHapus
    14. Wahh mba Elly makasiihh tips2nya.. patut di coba nih emang hehee..

      BalasHapus
    15. kunjungan pertama ke blognya mbak elly, salam kenal ya mbaaaak

      informasinya komplit dan tipsnya lengkap, noted ah, aku blom pernah nyobain resik v nih

      BalasHapus
    16. Aku juga pakai cairan pembersih vagina yg seperti itu. Baru tau kalo ada yg disemprot.

      BalasHapus
    17. sungguh banyak insight dari ikutan Arisan Resik V bareng IHB, yang bikin aku senang Bu Dokternya sangat sabar dan informatif jawabin semua pertanyaan yang ada

      BalasHapus
    18. ga nyangka ya pengobatan ibu jaman dlu memang berkhasiat. jadi deh dibuat resik v untuk kita ibu ibu jaman NOW

      BalasHapus
    19. Aku pun suka keputihan deh, tapi semoga yang fisiologis aja.. Penting banget ya menjaga area kewanitaan. Ada resik v ini jadi gak repot juga ya mba.. Dan aman kan yaa..?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Insha Allah aman mba, dan juga halal, karena terbuat dari bahan alami daun sirih dan ph nya juga seimbang, jadi jangan khawatir soal ph ya mba

        Hapus
    20. Wah, lagi butuh nih mba, kadang2 keputihan, dan bikin gak nyaman. Huhu, secara organ intim yg penting banget dijaga kesehatannya, thanks mba elly infonya, aku mau beli :)

      BalasHapus
    21. Saya telah lama bersahabat dg air rebusan sirih karena dulu waktu remaja pernah mengalami keputihan dan diatasi.dengan rutin menggunakan air rebusan sirih untuk membersihkan area kewanitaan. Memang terbukti ampuh. Dan sekarang enak ya sdh ada Resik V jadi ngga usah repot2 ngerebus lagi

      BalasHapus
    22. Daun sirih emang manfaatnya banyak ya mbak, buat ngilangin gatal2, juga keputihan ini.
      Sekarang enak ya mbak, gak perlu rebus2/ godok2 daun sirih lagi.
      Btw ini sebaiknya dipakai saat mens aja atau setiap hari juga boleh mbak?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hallo Ka April, ini aman digunakan setiap hari ha, setiap mandi pagi dan sore hari, bersihkan area kewanitaan dengan Resik V Godokan Sirih jangan dengan sabun mandi ya ka :)

        Hapus
    23. Wah lengkap banget. Kadang aku pake yang uap2 gtu memang dari air godokan sirih. Ada yang praktis gini juga yah.

      BalasHapus
    24. Wah lengkap banget. Kadang aku pake yang uap2 gtu memang dari air godokan sirih. Ada yang praktis gini juga yah.

      BalasHapus
    25. Aku nanam daun sirih nggak pernah jadi, emang harus pakai yang instan aja kali yaa..praktis dan sama khasiatnya

      BalasHapus
    26. Setuju banget sama dua poin penting menjaga area kewanitaannya Mba :D

      BalasHapus
    27. Aku pakai resik v nya yg cara pertama juga. Lebih gampang hehehee

      Btw alhamdulillah yah skrg makin praktis berkat si resik v sabun sirih~

      BalasHapus
    28. Huaahh samaan..Mamaku juga suka bikinin rebusan sirih. Untung sekarang sudah ada Resik-V Godokan Sirih yaa yang praktis gapake repot..

      BalasHapus
    29. Arisan berfaedah kaya gini jadi kepengen lagi ga sih Mba? Banyak ilmu dan bs konsultasi sekali sama yang ahli. Resik V aku udah coba juga, wangi daun sirih alami

      BalasHapus
    30. Mau coba ah mb kapan2
      Aku bbrp kali keputihan
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      BalasHapus
    31. Wah, Arisan model baru yak ini?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Arisan Ladies "Jaman Now" lebih tepatnya.. Resik.. Cantik :)

        Hapus
    32. waaaa ini yg aku cari ... aku keputihan soalnya kalo pake ini keknya masalah keputihan ku bisa ilang ... eh bukan buat kulit yg keputihan yak? Duh, kirain buat ngetanned-in kulit ... maaaf gagalpokus ... misiiii. #kabur

      BalasHapus
    33. Makasih Mbak sharingnya, berguna buat istri saya neh.

      BalasHapus
    34. penting banget ya jaga area kewanitaan. jadi pengen coba Resik V ini

      BalasHapus
    35. Wah bisa jadi referensi buat nyokap nih

      BalasHapus
    36. Wah aku lagi haid, kayaknya pas aku cobain ini nih..

      BalasHapus
    37. Mestinya, daun sirih banyak manfaatnya. Dari sisi medis sudah banyak buktinya bahwa daun sirih mampu "membunuh" kuman dan membuat wangi organ vital.

      BalasHapus
    38. Samaaa.. Dulu juga mamaku yang nyiapin godokan sirih pas nifas. Malah sebetulnya dari jaman gadis sih. Pas banget ada pohon sirih di rumah. Sekarang pohonnya udah gak ada. Ribet deh. Untung ada Resik V Godokan Sirih. Jadi gak bingung lagi. :)

      BalasHapus
    39. Resik V ini mayan ngetop ya dimana-mana.. pasti memang manfaatnya bener dirasakan penggunanya. #NotMeOffCourse

      BalasHapus
    40. Wah sharingnya lengkap banget mba Elly :D Salam kenal yaaa... Seneng ya bisa ikut Arisan Resik, banyak informasi penting yang didapat..

      BalasHapus
    41. saya juga memakai resik V godokan sirih karena memang terbukti menjaga area kewanitaan. dan jangan asal pilih pembersih area kewanitaan yang tidak terpercaya. takutnya malah bahaya

      BalasHapus
    42. Asyik banget nih baca tulisannya, Mbak Elly. Aku jadi terpengaruh untuk beli. Selama ini pake air aja karena masih aman-aman aja. Tapi khawatir juga sih ada macem-macem. Ngeri-ngeri tapi perlu tahu! Xie xie Mbak udah sharing :D!

      BalasHapus
    43. Daun sirih pilihan banget deh, di rumah yg dikampung nanem. Pas banget neh ada resik godokan sirih yg baru, coba ah.

      BalasHapus
    44. Emang udh jadi rahasia umum ya kak, godokan sirih berkhasiat untuk area kewanitaan, aku dulu rutin pake, skrg aja nih suka lupa hiks

      BalasHapus
    45. sekarang lebih praktis ya ga usah ngegodog sendiri rebusan sirih buat membersihkan daerah V cukup pakai resik V aja :)

      BalasHapus
    46. Harumnya persis godokan air sirih aslinya ya mbaa...Alhamdulillah sekarang udah lebih praktis dengan adanya Resik V Godokan sirih ini, salam kenal mba Elly Nurul

      BalasHapus
    47. Sirih memang selalu direkomendasikan sama ibu untuk mencuci organ kewanitaan. Selain tentunya diminum dengan jamu. Kalau dalam bentuk kemasan, akan lebih mudah untuk digunakan karena nggak perlu merebus dulu dari daun sirih.

      BalasHapus
    48. Manfaat air sirih emang bagus banget, mamaku juga suka ngasih tau untuk pake air sirih setelah menstruasi, tp kadang aku suka males nyiapinnya. Kayaknya boleh juga ya nyoba resik v godokan sirih ini, lebih praktis.

      BalasHapus
    49. Wah lngkap bgt mba tipsnya. Aku jg harus coba nih resik V godokan daun sirihny, mskipun blm mnikah tp organ kewanitaan hrus ttap dijaga .

      BalasHapus
    50. Bisa2nya aku belum ninggalin komen,hahaha. Aku suka jg pakai rebusan daun sirih tp sering sekip krn ribet kan. Untung ada resik v godokan daun sirih ini ya sekarang. Lafff..

      BalasHapus
    51. Resik V baguss bgt yaaa.. manfaat bgt dtg acara ini. See u again elly������

      BalasHapus
    52. aku salfok sama dandanan lo mba, cakeup pake banget!. Btw, resik v ini solusi banget nih buat gw, simple dan bisa dibawa2 pas lagi nginep kmana2, sukaa..

      BalasHapus
    53. Seneng yaa skr ada yang praktis jd ga perlu rebus2 sirih dulu dan tentunya klo area kewanitaan dirawat yang seneng pastinya suamii. hehehe.

      sampai ktmu lagiii :)

      BalasHapus
    54. Dulu saya juga rajin bikin air godokan sirih, tapi seiring waktu butuh yang praktis macam resik V godokn sirih ini. Supaya area wanita tetap terjaga kebersihannya ya mbk

      BalasHapus
    55. ALhamdulillah udah nyobain pake resik v sabun sirih dan wanginya enaak ya ternyata kak. padahal awalnya aku takut baunya aneh ehhehe

      BalasHapus
    56. Halo mbak Elly :) AKu baru tahu tentang air godokan daun sirih ini kini makin gampag ya. Praktis banget cara pakainya ada 2 macam. Lembab itu masalah utamanya jadi jamur suka nempel di situ. Mau coba ah, lengkap banget infonya, makasih ya.

      BalasHapus
    57. wahh ternyata dalam islampun ada aturan untuk mencukur bulu kemaluan yaa. makin rajin deh skr

      BalasHapus
    58. bikin keharmonisan keluarga jadi lebih terjaga yah mba

      BalasHapus

    Instagram