Hidup Sehat dengan Jurus Sehat Rasulullah



jurus sehat rasulullah
Hidup Sehat dengan Jurus Sehat Rasulullah. Pic source Freepik

Hidup sehat bukan sekedar gaya hidup, tapi jadikan hidup sehat untuk senantiasa bersyukur agar bisa memaksimalkan ibadah untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT

Sehatnya seseorang bermula dari kesehatan qalbunya, semakin sehat qalbunya, semakin sehat juga fisiknya.

"Saat dunia belum mengenal pola tidur yang sehat, saat dunia belum mengerti pentingnya mandi, saat dunia belum tahu cara menjaga diri dari berbagai unsur berbahaya dari luar, Rasulullah sudah mengajarkan itu semua kepada para sahabat". dr. Zaidur Akbar


Holla..

Virus Corona atau Covid-19 menjadi virus yang saat ini sedang mewabah ke seluruh dunia, Indonesia termasuk negara yang sudah menyatakan bahwa ada 2 (dua) warna negara Indonesia positif terkena virus corona.
 
Senin, 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi bahwa ada 2 (dua) orang Indonesia positif terkena Virus Corona (Covid -19). Presiden Joko Widodo juga menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk senantiasa menjaga kesehatan dan segera ke Rumah Sakit jika mengalami demam, batuk dan sesak nafas.

Lalu bagaimana dengan reaksi masyarakat Indonesia bahwa ada 2 (dua) orang Indonesia yang positif terkena Virus Corona (Covid-19)? ada yang menanggapinya secara biasa saja tetapi tetap waspada, dan ada yang menanggapinya secara berlebihan.

Awalnya saya termasuk yang kaget atas berita tersebut, karena dua orang Indonesia yang positif terkena Virus Corona (Covid-19) adalah berdomisi Depok, sama dengan daerah tempat tinggal saya saat ini.

bagaimana pencegahan virus corona
Virus Corona (Covid-19) saat ini sedang mewabah di seluruh dunia. Pic Source Freepik

Namun, perlahan mulai bisa menenangkan diri dan menyakini bahwa semua sudah terjadi atas kehendak Allah SWT dan yang bisa kita lakukan adalah tetap waspada dan tidak berlebihan.

Sesungguhnya kuman, virus dan bakteri tersebar dimana-mana, tetapi tidak semua orang terjangkit penyakit. Orang yang sehat secara fisik sehat, fikiran sehat dan iman yang stabil maka tidak akan terserang kuman, virus dan bakteri.

Maka itu kita harus senantiasa berfikir positif, bahwa tubuh kita sehat dan keyakinan itu berasal dari iman, maka berbaiksangka kepada Allah SWT, bahwa segala penyakit juga Allah yang ciptakan dan yakin akan ada obatnya.

Yang membuat saya tambah yakin untuk senantiasa yakin bahwa Virus Corona (Covid-19) ini akan akan obatnya, setelah membaca buku “Jurus Sehat Rasulullah” karya dr. Zaidul Akbar bahwa virus, kuman dan bakteri jangan dimusuhi, saat tubuh dalam keadaan cemas dan takut, otomatis kondisi tubuh kita akan menurun, imunitas juga menurun.

Imunitas turun, maka tubuh akan menjadi asam, kuman, virus dan bakteri berkumpul pada bagian tubuh yang asam, maka akan timbul berbagai penyakit, leukosit atau sel darah putih juga bisa meningkat.
Bicara tentang dr. Zaidul Akbar, sebenarnya saya mendengar nama beliau sudah beberapa bulan lalu, teman saya bilang bahwa dr. Zaidul Akbar ini mengenalkan tentang kesehatan islami.

Beberapa waktu lalu, Ibu mertua saya mengalami pengapuran dilutut, sudah ke dokter namun masih sering mengeluh sakit pada lututnya. Saat itu saya teringat dr. Zaidul Akbar dan mulai mencari tahu tentang beliau. 

Sejak saat itu saya mulai memfollow instagram beliau @zaidulakbar dan menemukan video beliau di youtube tentang tips kesehatan islami. Sejak saat itu saya sedikit demi sedikit mengikuti resep resep sehatnya yang sering disebut dengan Jurus Sehat Rasulullah.

Bagi saya, dengan mengikuti jurus sehat rasulullah ini merupakan ikhtiar atau usaha saya agar memiliki badan yang sehat dengan cara islami.

Masalah Kesehatan Kita Saat Ini


Menurut dr. Zaidul Akbar bahwa tubuh yang sehat dimulai dari pencernaan yang sehat, jika pencernaan bermasalah, dipenuhi dengan makanan tinggi gula, kurang serat dan tercampur dengan bahan kimia sintesis, bisa dipastikan perut akan menjadi rumah penyakit.

Pencernaanmerupakan inti dari tubuh, jika pencernaan bermasalah akibat kekurangan enzim maka akan timbul berbagai penyakit.

Didalam perut atau pencernaan kita ada sekitar 3 ribu enzim yang bekerja pagi, siang dan malam. Semua enzim tersebut mengatur lebih dari 25 ribu jenis reaksi kimiawi enzim dalam tubuh kita. Jika ada satu yang bermasalah, maka yang lain akan ikut bermasalah juga.

Apa yang menyebabkan enzim kita bermasalah? Penyebabnya adalah seringnya dimasuki bahan bahan “oplosan”. Setiap produk olahan yang menggunakan bakan kimia berupa pengawet, penyedap dan perisa sangat mengganggu enzim, termasuk obat obatan kimia.

"Sehatnya tubuh kita bermula dari “living food” atau makanan alami, tinggi kandungan gizi, tumbuh ditanah bermineral tinggi, mendapat suplai matahari, tidak banyak mengalami pengolahan dan tidak menggunakan bahan sintesis” Info Sehat
Kandungan gizi dari makanan yang dibakar dan digoreng sudah banyak berkurang, maka perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah. Buah dan sayuran bisa menjaga enzim dalam perut tetap stabil dan tidak bermasalah.

Rasulullah Manusia Paling Sehat


Sebagai muslim tentu menyakini bahwa Rasulullah adalah utusan Allah SWT, semua yang dilakukan Rasulullah adalah sebagai panutan hidup bagi umat muslim hingga saat ini.

Rasulullah manusia yang paling mulia, selain piawai dalam segala urusan, mulai dari politik, ekonomi, pertahanan dan lain lain.

Rasulullah juga memberikan petunjuk agar kita semua senantiasa sehat. Beliau selalu menjaga kesehatannya secara optimal, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Konsep kesehatan yang dijalankan Rasulullah selalu berlandaskan pada wahyu Allah SWT, maka dari itu kualitas DNA beliau sangat baik, itu sebabnya, seumur hidup, Rasulullah hanya dua kalo sakit.

Seorang mukmin seharusnya terhindar dari penyakit degeneratif, karena mukmin yang baik akan menjalankan pola hidup yang baik juga.

"Sesungguhnya, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik baiknya." (QS: At Tin, 95:4)

Dari ayat diatas, sudah jelas bahwa tubuh kita adalah tubuh terbaik, sudah seharusnya kita menjaga tubut kita agar tetap sehat agar dapat memaksimalkan ibadah kepada Allah SWT yang telah menciptakan kita dengan sebaik baik ciptaan-Nya.

Karena kesempurnaan ibadah itu ada kaitannya dengan kesehatan dan ternyata sudah dijelaskan oleh Rasulullah dengan mudah dan sederhana

Maka dr. Zaidul Akbar sebagai pakar kesehatan islami mengajak kita semua untuk senantiasa hidup sehat agar bisa maksimal dalam beribadah.

"Rasulullah bersabda: Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara, kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, yaitu Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya" (HR. Malik, Al Hakim, Al Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm)

Launching Buku Jurus Sehat Rasulullah

Saat mendengar bahwa tips sehat dari dr. Zaidul Akbar akan dibuat buku, saya adalah orang yang pertama yang akan membeli buku tersebut hehe agak lebay sih memang, tapi bagi saya buku tersebut bisa menjadi pedoman bagi saya dan keluarga dirumah untuk menerapkan hidup sehat ala Rasulullah.

Alhamdulillah, Sabtu 29 Februari 2020 buku Jurus Sehat Rasulullah karya dr. Zaidul Akbar resmi launching saat Islamic Book Fair 2020 di JCC, Senayan, Jakarta.  Bersyukurnya saya bisa menjadi  1 dari 2000 orang yang pertama mendapatkan buku tersebut.

jurus sehat rasulullah
Buku Jurus Sehat Rasulullah karya dr. Zaidul Akbar
Iyess, menurut informasi dari penjaga stand booth di Syaamil Qur’an yang menerbitkan buku Jurus Sehat Rasulullah bahwa saat launching buku tersebut 2000 pcs buku langsung habis terjual.. MashaAllah.. Allahu Akbar.. ini menunjukan bahwa buku tersebut memang dinanti nanti oleh masyarakat Indonesia.

2000 pcs langsung terjual saat launching buku Jurus Sehat Rasulullah bagi saya bukan hal yang aneh, terliat jelas memang banyak masyarakat yang menghadiri launching buku tersebut, suasana area masjid Islamic Book Fair 2020 dipenuhi pengunjug.

Yang perlu diketahui lagi nih, sebenarnya buku Jurus Sehat Rasulullah ini pernah diterbitkan oleh Syaamil Qur’an pada tahun 2012 lalu, namun tahun 2020 ini diterbitkan kembali dengan cover dan isi yang lebih baru.

"Syaamil Qur’an ini biasanya menerbitkan Al-Qur’an, namun buku Jurus Sehat Rasulullah ini sesuai dengan visi Syaamil Qur’an yang ingin menghidupkan sunah Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari hari termasuk dalam hal kesehatan". Asep Syamsu Romli - Syaamil Qur'an

Isi Buku Jurus Sehat Rasulullah

Buku Jurus Sehat Rasulullah diterbitkan oleh PT. Sygma Media Inovasi atau Syaamil Qur'an, dengan hard cover dan ada 316 halaman.

Dalam buku Jurus Sehat Rasulullah, ada 8 bab tema yaitu:

  1. Masalah kesehatan saat ini
  2. Profil generasi terbaik pada jaman rasulullah
  3. Jurus menyehatkan qalbu ala Rasulullah
  4. Jurus menyehatkan tubuh ala Rasulullah
  5. Mengkonsumsi makanan yang halal dan thoyyib
  6. 5 kunci sehat membangun gen
  7. Pengobatan yang dianjurkan Rasulullah
  8. Mewujudkan generasi baru peradaban emas islam

InshaAllah semua materi yang dibahas dalam buku Jurus Sehat Rasulullahnya ini sangat bermanfaat dan sangat layak untuk dimiliki sebagai bacaan keluarga dirumah.

Jurus Sehat Rasulullah


dr. Zaidul Akbar bilang, sesungguhkan imunitas seseorang itu tergantung keimanannya, jika keimanannya bagus maka imunitasnya juga bagus. Maka jaga keimanan agar kita senantiasa sehat.

Lakukan beberapa hal dibawah ini dalam keseharian kamu, maka InshaAllah hidup akan semakin bermanfaat karena menjalankan apa yang disunnahkan oleh Rasulullah.
  • Bangun pagi shalat shubuh, shalat shubuh di masjid bagi pria.
  • Berdoa mohon kebaikan kepada Allah SWT
  • Perbanyak sujud, istighfar dan sedekah
  • Menjaga hati, iman dan pikiran (positif thingking)
  • Bersyukur, sabar dan berprasangka baik kepada Allah SWT 
  • Beribadah dengan baik dan benar (berwudhu yang besar, shalat tepat waktu dan membaca Al-Qur'an)
  • Menjaga kebersihan pribadi, harian (bersiwak, berwudhu, mandi), mingguan (memotong kuku dan mencukur kumis), bulanan (memangkas bulu kemaluan dan ketiak)
  • Mengkonsumsi herbal dan aromaterapi
  • Buang air kecil dan buang air besar dengan cara yang benar
  • Berolah raga (shalat dengan gerakan yang benar, bergulat, berenang, berkuda, memanah dan berlari

Minum segelas air putih pada waktu waktu berikut :
  • Setelah bagun tidur
  • 30 menit sebelum sarapan
  • 1 jam setelah sarapan
  • 30 menit sebelum makan siang
  • 1 jam setelah makan siang
  • selama waktu istirahat
  • 30 menit sebelum tidur
  • Beberapa saat sebelum tidur

Mengkonsumsi makanan halal dan thoyib:
  • Aman dikonsumsi jangka pendek dan jangka panjang
  • Tumbuh di tanah yang tinggi mineral
  • Bebas dari bahan kimia sintetik
  • Mendapat cahaya matahari
  • Tidak terpapar logam berat
  • Tidak banyak pengolahan

Tidur sesuai sunnah
  • Tidur siang selepas dzuhur 15-30 menit
  • Tidur malam hari dalam keadaan gelap 

Menghindari makanan dan minuman dengan kandungan berikut:
  • Penyedap
  • Pengawet
  • Perisa
  • Pewarna
  • Gula pasir
  • Produk olahan
  • Makanan siap saji
  • Makanan instan 
  • Obat obatan kimia

Percuma Hidup Sehat Jika Tidak Membuat Samakin Taat


Menurut dr. Zaidul Akbar, tujuan beliau menulis buku Jurus Sehat Rasulullah ini adalah untuk mendorong masyarakat untuk kembali kepada panduan kesehatan yang sejalan dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah.

“Percuma hidup sehat, tapi tidak membuat semakin taat” dr. Zaidul Akbar.
Jadi, pola hidup sehat Rasulullah, lalu kita jalankan saat ini dalam rangka menuju ketaan kepada Allah SWT dan Rasulullah. Hidup menjadi sehat dan semakin taat kepada Allah SWT.

Saya sangat setuju dengan apa yang dikatakan oleh dr. Zaidul Akbar bahwa hidup sehat itu bukan untuk gaya gayaan, tapi hidup sehat untuk bersyukur sehingga bisa memaksimalkan ibadah kepada Allah SWT.

Dimana Membeli Buku Jurus Sehat Rasulullah


Buat kamu yang ingin memiliki buku Jurus Sehat Rasulullah karya dr. Zaidul Akbar bisa melalui:

  • Syamil store di no wa 0812 2447 2002
  • Mitra Syaamil Qur’an
  • Agen dan toko buku terdekat.
Info lainnya bisa melalui instagram Syaamil Qur’an ya @syaamil_qur’an.

Syaamil Qur'an
Jl. Babakan Sari I No.71
Kiaracondong
Bandung, Jawa Barat 40283

--

Kesimpulan


  1. Iman adalah kekebalan tubuh kita yang terbaik
  2. Ibadah yang dilakukan oleh seseorang akan menyehatkan jika dilakukan dengan baik dan benar
  3. Perbaiki amal ibadah, perbaharui iman, InshaAllah akan sehat
  4. Muslim yang benar benar menjaga imanya pasti akan menjaga dan melindungi tubuhnya dari berbagai macam bahan berbahaya.
  5. Yuk bersihkan tubuh dengan bersedekah, berbagi, berbuat baik, berpuasa. Isi bahan baku tubuh dengan asam amino seperti  air kelapa, kurma dan madu dan pertahankan produk ciptaan Allah, makan makanan yang telah Allah ciptakan seperti sayuran dan buah buahan dan tidak memakan produk olahan.

jurus sehat rasulullah
Hidup sehat bukan sekedar gaya hidup, tapi bagaimana hidup sehat untuk tambah taat kepada Allah SWT

Tidak ada buku yang sempurna, bahkan buku Jurus Sehat Rasulullah, dr. Zaidul Akbar bilang bahwa buku ini masih jauh dari penggambaran keseluruhan pola kesehatan Rasulullah, namun semoga melalui buku ini membuat kita semakin cinta dan sayang kepada sosok Rasulullah dengan menjalankan sunah sunah Rasulullah.

Buat kamu yang ingin hidup sehat, bacalah buku Jurus Sehat Rasulullah dan ikuti jurus sehat Rasulullah dalam menjaga kesehatannya, mulailah dari sekarang sebelum menyesal.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

25 komentar:

  1. Saya dan keluarga sudah mulai menerapkan mengenai jurus sehat Rosulullah. Sudah banyak sebenarnya kajian-kajian mengenai ini, namun jika kita punya bukunya juga, akan lebih dipermudah untuk menggali ilmunya lebih dalam ya mbak.

    BalasHapus
  2. Saya mengikuti dr. Zaidul ini sejak dulu sebenernya dan rajin bikin minuman mengikuti resepnya. Tapi sayangnya nggak bisa istiqomah. Perlu banget dipacu biar lebih rajin minumnya. Biar imun tubuh juga kuat.

    BalasHapus
  3. Masih susah menjalankan Sunnah tidur siang setelah duhur. Kalaupun tidur, malah kebablasan sampai dua jam hahaha...
    Dan kalau malam, kami ga bisa tidur gelap. Saya sih bisa. Cuma anak yang masih ga bisa

    BalasHapus
  4. semoga mba nurul selalu berada dalam lindunganNYA beserta keluarga, dalam kondisi seperti ini selain menjaga kesehatan kita memang harus berserah dan percaya bahwa Tuhan akan selalu menyertai kita selama kita selalu ingat kepadaNya

    BalasHapus
  5. pelan pelan harus mulai dicoba cara hidup sehat a la Rasulullah... insya Allah

    BalasHapus
  6. Masya Allah...mencerahkan sekali nih reviewnya dan isi bukunya. Insya Allah pelan2 mencoba menerapkan pola hidup sehat Rasulullah

    BalasHapus
  7. Mbaaa, pengen punya buku ini mbaaa. Pengen beli buku ini. Apa yang disampaikan dalam buku ini memang tepat banget. Somoga kita sllau sehat ya mba

    BalasHapus
  8. kayanya bagus buku nya jadi pengen punya, makasi info nya mba.

    BalasHapus
  9. Betul mba, penyakit apapun tidak akan jadi ancaman kalau pola hidup kita sehat

    BalasHapus
  10. Rasullulah memang sudah ajarkan semua ya kak termasuk sehat ala Rasulullah ini, semoga kita bisa mengamalkan dan untuk bencana saat ini semoga kita terus ikhtiar gimana caranya agar terhindar dari itu semua.

    BalasHapus
  11. Ini lagi trend banget ya mba, karena memang sebenarnya utk hidup sehat itu semuanya tersedia di alam, tinggal kitanya aja yaa mau coba dan mau usaha, walopun segala minuman/jus herbal ala Rasulullah ini kadang rasanya pait bukan kepalang, demi sehat ya kan?

    BalasHapus
  12. Wah aku pun sdh mulai ikutan jurus sehat ala Rasul nya dr Zaidul.Akbar nih..lumayan terasa enak ke badan..hehe

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah akhirnya buku official dari Ustd Zaidul Akbar launching juga. Aku dikit dikit nerapin JSR nih. Walau kadang masih suka cheating sekali kali hehehe

    BalasHapus
  14. Aku udah pesan nih mba buku ini, jadi ga sabar nunggu sampai ke rumah. Ternyata dengan kebiasaan baik kita bisa ya menjaga diri dari virus corona yang saat ini bikin semua orang parnoan.

    BalasHapus
  15. Kayaknya saya kalau baca buku ini bakal banyak berasa dijedotinnya. Masih banyak banget PRnya. Tapi, pengen banget bisa menjalankan hidup seperti di buku ini

    BalasHapus
  16. Aku suka banget minum rebusan rempah nya. Enak banget di badan. Meskipun susah ngurangin gorengin ups

    BalasHapus
  17. mashaa Allah bener ya kalo ikutin sunnah tuh insyaa Allah amqn gak usah ragu lagi :)

    BalasHapus
  18. huhuhuu masih susah untuk menerapkan jurus sehat ala Rasulullah.. kadang masih pengen makan yang gurih2 dan manis2... makan buah gak tiap hari juga... bener2 harus diniatin untuk hidup sehat biar gak gagal terus.. jurus hidup sehat yang diajarkan oleh Pak Zaidul Akbar ini otomatis bikin diet juga.. Semangat, pelan2 pasti bisa!

    BalasHapus
  19. Buku jurus sehat ala Rasulullah ini sering banget liat berseliweran di instagram. Jadi penasaran dan bener hidup sehat itu lebih baik apalagi tips sehat dari Rasulullah Sang Panutan

    BalasHapus
  20. Secara menyeluruh, isi buku nya meaningful ya mbak. " Percuma hidup sehat jika tidak menambah ketaatan" qoute ini makjleb banget.

    Oia, suami saya paling sering nonton channelnya dr. Zaidul Akbar

    BalasHapus
  21. Aku suka nih bikin resep JSRnya yg sereh, kunyit, jahe, terus pake jeruk nipis peres sm madu.. Wuih anget2 segerrrr

    BalasHapus
  22. Aku sering baca tentang jurus sehat Rasulullah ini mbak, ternyata dari jaman Rasulullah dulu udah menerapkan hidup sehat ya mbak. Pas aku baca ternyata gak muluk-muluk, malah praktis banget dan gampang dicontoh.

    BalasHapus
  23. MasyaAllah, 2000 exp habis dalam waktu sekejap gitu ya Mbak? Betapi dinantinya buku ini. Pengen juga bisa segera baca buku ini dan menerapkannya dalam hidup.

    BalasHapus
  24. sudah menjadi titahnya emmang, hidup ala Rasul itu sedikit penyakit.

    BalasHapus
  25. sudah setahun ini saya coba terapkan, emang terasa perubahannya ke badan

    BalasHapus

Instagram