Ternyata, Puasa Saat Hamil Memilik Banyak Manfaat

 

manfaat berpuasa saat hamil
Manfaat Puasa Saat Hamil


Saat bulan ramadhan, banyak Ibu hamil memilih untuk tidak berpuasa agar kesehatan diri dan janin di dalam kandungan tetap terjaga.

Dalam hukum Islam, Ibu hamil temasuk mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa atau tidak wajib berpuasa Ramadhan. Namun jika Ibu hamil memilih untuk tetap berpuasa, maka akan banyak manfaat yang didapat jika puasa ramadhan dijalankan dengan baik dan benar.


Holla,


Apa kabar semuanya, semoga senantiasa dalam keadaan sehat ya.. Aamiin.

Postingan saya dalam beberapa waktu kedepan mungkin akan banyak berkaitan dengan kehamilan, karena saat ini Alhamdulillah saya sedang hamil dan ingin berbagi informasi tentang kehamilan saya maupun informasi penting lainnya terkait dengan kehamilan.
 
Berhubung saat ini sedang bulan ramadhan, maka saya akan berbagi informasi tentang kehamilan dan ramadhan. Pada tulisan ini saya akan berbagai informasi terkait puasa saat hamil, apakah saya berpuasa saat hamil atau tidak? dan apa sih manfaat puasa saat hamil.
 
Cerita tentang kehamilan anak ketigaku bisa dibaca disini : Kehamilan Anak Ketiga


Bolehkan Berpuasa Saat Hamil?

Dari segi agama, Ibu hamil tidak diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan. Ibu hamil dapat mengganti puasa di waktu lain atau dalam bentuk fidyah (sedekah).

 
Dari segi medis, ibu hamil diperbolehkan berpuasa di bulan Ramadhan jika dalam kondisi sehat dan tidak ada kendala penyakit lainnya.
 

Sebelum saya memutuskan berpuasa saat hamil, saya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan saya.


Saya “Dok, Ramadhan nanti apakah saya boleh berpuasa”
Dokter “Boleh, kandungan Ibu sehat, jika Ibu kuat berpuasa silahkan, tapi tetap perhatikan asupan nutrisi saat sahur dan berbuka ya.. dan jika saat berpuasa Ibu merasakan mual, muntah, demam, sakit kepala atau sakit menyerupai kontraksi, Ibu bisa membatalkan puasanya”


Alhamdulillah, mendengar penjelasan dari dokter kandungan saya terkait dengan puasa saat hamil membuat saya lebih tenang dan siap menjalankan puasa saat ramadhan.

 
Setelah mendapatkan ijin atau lampu hijau dari dokter kandungan, saya mencari informasi pendukung terkait dengan puasa saat hamil. Seperti apa saja yang harus diperhatikan selama menjalankan puasa saat hamil hingga makanan sehat bernutrisi untuk sahur dan berbuka bagi Ibu hamil agar tidak kekurangan nutrisi.


Jadi, apakah Ibu hamil boleh berpuasa ramadhan? Jawabannya boleh, tapi tetap memperhatikan kondisi kehamilan serta menjaga asupan nutrisi saat sahur dan berbuka puasa.

manfaat puasa bagi ibu hamil
Bolehkan Ibu Hamil Berpuasa?

Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil

Sejatinya puasa itu memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh dalam mendetoks tubuh secara alami dan memberikan kesempatan bagi organ pencernaan untuk istirahat sejenak.

 
Berikut adalah manfaat puasa bagi Ibu hamil yang saya dapatkan dari berbagai sumber :
 

Membantu Detoksifikasi

Puasa sangat berguna untuk membuang racun atau detoksifikasi tubuh. Saat tubuh tidak diberi asupan makanan selama beberapa waktu, pada saat itulah tubuh akan membuang zat-zat berbahaya yang tidak berguna bagi tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

 

Mengontrol Berat Badan

Puasa mampu membantu tubuh untuk membakar sejumlah lemak yang tidak berguna untuk kesehatan tubuh. Ketika tubuh memiliki lemak berlebih, itu akan berdampak buruk bagi kesehatan.


Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Puasa bisa membantu menurunkan kadar gula dan insulin yang sering menjadi pemicu penyakit diabetes. Dengan berpuasa, Ibu hamil bisa mengurangi risiko terkena diabetes pada saat kehamilan.

Baca juga : Tips Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

 

Baik Untuk Psikologis Ibu Hamil

Selama puasa ramadhan, Ibu hamil tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga emosi. Puasa bisa memperbaiki psikologi Ibu hamil yang cenderung sensitif menjadi lebih sabar.


Lalu bagaimana agar Ibu hamil tetap menjalankan puasa ramadhan dengan baik agar kehamilan tetap sehat dan nutrisi untuk janin didalam kandungan bisa tetap terjaga?

manfaat buat bagi ibu hamil
Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil

Tips Aman Puasa Saat Hamil

Buat Ibu hamil yang ingin berpuasa Ramadhan, lakukan beberapa tips berikut agar puasa lancar dan kehamilan tetap sehat.

 

Tidak Melewatkan Makan Sahur

Makan sahur penting sebagai sumber energi ketika Ibu hamil menjalankan puasa, maka jangan melewatkan makan sahur ya Ibu hamil yang ingin berpuasa.

 

Pilih Makanan Tepat Saat Sahur dan Berbuka

Pilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka, saat berbuka jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula, karena dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah dengan cepat sehingga membuat Ibu hamil cepat lelah.

 
Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi air putih, jus tanpa gula, sup hangat, atau buah saat berbuka guna mengembalikan energi dilanjutkan dengan makanan berat yang bernutrisi.

Saat sahur, Ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan makanan yang kaya akan serat seperti sayuran agar dapat melepaskan energi secara perlahan.

 

Baca juga : Camilan Sehat Untuk Menjaga Kadar Gula Darah

Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Sehat

Ibu hamil dapat lengkapi kebutuhan nutrisi sehat dengan makanan bergizi, khususnya makanan yang mengandung tinggi serat, tinggi zat besi, sayur dan buah agar terhindar dari sembelit dan jika diperlukan tambahan suplemen vitamin untuk Ibu hamil.

 

Cukup Istirahat

Nah, istirahat yang cukup ini juga penting bagi Ibu hamil, jangan terlalu capek saat berpuasa, melakukan tidur siang sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

 

Penuhi Kebutuhan Cairan

Pastikan Ibu hamil tercukupi kebutuhan air mineral, minimal 10 gelas atau 2,3 liter setiap hari dapat dilakukan saat sahur dan berbuka sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi.

tips aman puasa saat hamil
Tips Aman Berpuasa Saat Hamil

 

--

Kesimpulan

  1. Puasa diperbolehkan bagi Ibu hamil selama Ibu dan janin dalam kondisi sehat
  2. Disarankan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan sebelum memutuskan untuk berpuasa 
  3. Saat berpuasa Ibu hamil harus tetap memperhatikan asupan nutrisi selama berpuasa
  4. Jika mual, muntah, demam, sakit kepala dan sakit menyerupai kontrasi, Ibu hamil dapat membatalkan puasanya.

 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Ibu hamil yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa meski sedang mengandung ya. InshaAllah berpuasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Ibu hami dan janin

Salam hangat,
Elly Nurul

17 komentar

  1. Wahaaaaa, bener-bener banyak manfaatnya ya memang puasa itu :D

    BalasHapus
  2. Puasa saat hamil in syaa Allah banyak manfaatnya ya Maak asalkan dijalankan dengan catatatn tertentu juga ya, jangan ngasal karena dedek bayi yang juga harus diperhatikan asupan dan tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  3. Selamat atas kehamilannya, Mbak Elly. Semoga sehat selalu. Konsultasi sama dokter sebelum puasa penting banget, ya, Mbak. Buat memastikan kandungannya aman untuk diajak ibadah puasa.

    BalasHapus
  4. Ayo deh kita semangat puasa dengan memperhatikan nasihat dokter agar bisa full sebulan penuh.

    BalasHapus
  5. Saya waktu hamil anak pertama hanya kuat puasa 10hari, anak kedua hanya 2hari, anak ketiga baru bisa puasa agak banyak

    BalasHapus
  6. Mommy Elly makin kincloong, sehaatt dan stay fabulous yaak
    Kehamilan memang sungguh anugerah ya
    Dan ternyata aku baru paham kalo banyak manfaat puasa untuk Bumil.
    Semogaaa selalu sehaaat, lancar bahagiaaa

    BalasHapus
  7. Dulu aku waktu hamil alhamdulillah kuat puasanya. Tapi kalo misal ada keluhan gitu aku jdi batalin puasanya

    BalasHapus
  8. Benar banget, ibadah itu tidak pernah memberatkan ya, mba.
    Selalu ada kelonggaran. Bagi bumil yg sehat, berpuasa malah membawa banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan janin.
    Alhamdulillah, dulu sy jg berpuasa saat hamil, tentunya setelah konsul dengan dokter kandungan juga.
    Semangat berpuasa bumil.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillaah dari dulu aku selalu puasa walaupun sedanh hamil. Kita harus memperhatikan asupan saat berbuka dan sahur biar puasanya lancar. Ternyata banyak manfaatnya yaa kak

    BalasHapus
  10. Zaman hamil dulu pengen puasa apa daya dokter gak mengizinkan krn kondisi kesehatan jd tiap tahunnya dulu bayar denda deh hehe
    Kalau sehat2 aja memang sebaiknya ikut puasa, gk banyak tanggungan jg jdnya, selain tentu bagus utk kesehatan

    BalasHapus
  11. Dulu saya termasuk yang takut ga kuat kalau puasa pas hamil. Tapi ternyata pas hamil anak kedua udah mulai pede dan bolong juga sih sekitar 5 tapi karena pas kurang fit. Seneng bisa ngajarin calon bayi juga puasa ramadhan pas buka puasa nikmat rasanya.

    BalasHapus
  12. Kak Elly, aku seneng banget pas tau kamu hamil lagi masya Allah, semoga sehat dan lancar ya kak sampai persalinan nanti.

    Iya puasa untu bumil memang boleh ya kak manfaatnya juga banyak asal nutrisi tercukupi juga kondisi kita dan baby fit.

    BalasHapus
  13. ibuku waktu hamil aku kan nggak sadar yah.. itu beliau ikut puasa sebulan penuh haha alhamdulillah kuat. nah kalau aku kemarin, nggak diperbolehkan puasa dulu karena kondisi baby yang perlu dipantau. bagaimanapun juga, sebaiknya melihat kondisi ibu dan bayi yah

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah,
    Senantiasa bersyukur yaah, kak Elly.
    Bisa diajak sahur beibinya, alhamdulillah.

    Kalaupun harus tidak berpuasa, bisa mengambil ruksyoh (keringanan).

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah Kakak Elly sedang hamil lagi. Semoga lancar ya puasa saat hamil. Aku dulu juga tetap puasa saat hamil.

    BalasHapus
  16. Selamat menjalankan puasa meskipun hamil. Jika janin kuat dan tubuh fit, alangkah bagusnya berpuasa dan banyak doa positif untuk janin. Konsul ke dokter paling penting.
    Setelah Ramadan berakhir, saatnya mengganti puasa...

    BalasHapus
  17. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    BalasHapus