ASI Bernutrisi Untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa


ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa

 

ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya, dan apa yang menjadi asupan Ibu menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. Maka sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan makanannya agar dapat memberikan ASI yang bernutrisi.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa air susu ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupan seorang anak, dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun.

Holla..

Buat para wanita nih, setuju nggak jika masa kehamilan dan menyusui menjadi masa yang paling indah dan menyenangkan bagi seorang wanita? saya sih yess, karena sebagai seorang wanita kita diberikan anugerah untuk bisa melahirkan dan menyusui buah hati. Maka masa tersebut menjadi masa yang sangat dinanti oleh setiap wanita yang sudah menikah.

Masa kehamilan dan menyusui juga menjadi masa yang sangat menentukan kualitas buah hati, karena 1000 hari pertama kehidupan seorang anak itu dimulai sejak 0 bulan ketika anak berada dalam kandungan seorang Ibu. Maka asupan nutrisi pada masa kehamilan dan menyusui harus diperhatikan dengan baik.

Dalam rangka World Breastfeeding Week saya ingin berbagi pengalaman seputar pengalaman menyusui buah hati dan betapa pentingnya ASI berkualitas dari lancar menyusui seorang Ibu dan tentunya dengan ASI bernutrisi. Karena bagi saya setiap anak itu istimewa maka perlu mendapatkan ASI bernutrisi.

Tentang Masa Kehamilan Saya

Ngidam

Seingat saya, saat kehamilan anak pertama tidak merasakan ngidam lho. Namun, saat kehamilan anak kedua, baru saya merasakan ngidam. Saat itu saya sangat menginginkan makan buah sawo, entah mengapa rasanya ingin makan buah sawo saja.


Ngidam adalah istilah untuk menggambarkan kondisi Ibu hamil yang menginginkan makanan atau minuman tertentu. Kondisi ini tidak diketahui secara pasti penyebabnya, Namun, para ahli kesehatan sepakat bahwa perubahan hormon yang terjadi sangat cepat selama kehamilan adalah salah satu faktor penyebabnya. - Wikipedia


Alhamdulillah punya keluarga yang mendukung, karena saya tinggal bersama mertua, saat itu bapak mertua saya mencari buah sawo di pasar tradisional. Beruntungnya saya, saat itu buah sawo sedang berbuah, jadi tidak kesulitan untuk mendapatkan buah sawo untuk mengatasi ngidam saya.

Nggak terbayang sih, jika makanan yang saya inginkan saat kehamilan tidak ada atau tidak terpenuhi. Mmm.. kira-kira apa yang saya akan lakukan ya? walaupun saat menemukan buah sawo, saya hanya makan beberapa gigitan saja.

Saat hamil anak kedua, berat badan naik hingga 15 kg


Kaki bengkak

Tidak hanya perut yang membesar, tapi saat kehamilan saya juga mengalami kaki bengkak. Itu terjadi pada kehamilan pertama maupun kehamilan kedua. Terutama pada kehamilan pertama karena bobot tubuh saya naik hingga sekitar 20 kg.

Perut membesar, kaki bengkak membuat saya terasa pegal dan lelah, ingin rasanya setiap saat dipijat hehe apalagi dipijat oleh suami, duh rasanya gimana gitu. Tapi saya menyadari bahwa suami pasti capek karena sudah bekerja, nggak mau membuat suami jadi tambah capek sih.

Walaupun sebenarnya suami saya cukup sering menawarkan diri untuk memijat atau sekadar mengelus-elus punggung saya sebelum tidur hehe.. Alhamdulillah saya seneng banget dong dapat perhatian dari suami di masa kehamilan saat itu.

Tapi tak jarang juga saya menolak tawaran pijatan dari suami, karena nggak tega, padahal sih rasanya ingin dimanja terus oleh suami. Tapi beberapa kali saya memanggil tukang pijat untuk meredakan rasa pegal yang saya alami saat kehamilan.

 

Tentang Persiapan Menyusui Buah Hati

Tak hanya berbelanja perlengkapan bayi, namun hal penting lain yang perlu dipersiapkan adalah persiapan menyusui buah hati.

Setiap Ibu tentu menginginkan bisa menyusui buah hatinya selama 2 tahun penuh, agar saya tidak mengalami kesulitan pemberian ASI, saya lakukan beberapa hal berikut:

  1. Mengikuti Kelas Edukasi Menyusui, sejak kehamilan masuk tri semester 3, saya rutin mengikuti kelas edukasi meyusui di RS tempat saya akan melahirkan. Dalam kelas ini saya mendapatkan banyak informasi tentang seluk beluk ASI hingga bagaimana teknik menyusui buah hati.
  2. Berkonsultasi Dengan Konselor Laktasi, bagi saya berkonsultasi dengan ahlinya atau konselor laktasi wajib dilakukan untuk mempersiapkan diri menjelang proses persalinan. Disini saya bisa bebas bertanya sekaligus belajar langsung dari ahlinya. Konselor laktasi ini juga bisa membantu jika kita nanti mengalami masalah menyusui pasca persalinan.  
  3. Mempersiapkan kondisi fisik, agar ASI berkualitas, perlu menjaga asupan nutrisi berkualitas serta tambahan suplemen bernutrisi selama masa kehamilan dan menyusui. Puting susu juga harus dibersihkan menggunakan virgin coconut oil agar tidak ada kerak yang menghalangi keluarnya ASI. Bersihkan secara lembut ya, bukan di pijat payudara, karena pijat payudara tidak disarankan karena dapat menyebabkan kontraksi.
  4. Yakin bisa memberikan ASI bagi buah hati, karena jika tidak yakin makan akan selalu ada kendala dalam keberhasilan pemberian ASI.


Tentang Pengalaman Menyusui Buah Hati

Alhamdulillah proses persalinan kedua anakku berjalan dengan lancar, keduanya bisa dilahirkan secara spontan atau normal, namun proses menyusui anak pertama yang mengalami hambatan.

Ternyata Produksi ASI saat anak pertama tidak berjalan baik, anak pertama saya membutuhkan banyak ASI karena berat lahir yang lumayan besar yaitu 3835 gr.
 
Ditambah dengan kondisi bilirubin anak pertamaku tinggi setelah satu minggu dilahirkan yaitu 18 dan harus masuk NICU (Neonatal Intensive Care Unit) untuk dilakukan penyinaran blue light untuk mengembalikan bilirubin pada level normal yaitu dibawah angka 12.
 

Karena anak pertama saya membutuhkan ASI yang cukup banyak, maka saya belajar untuk memerah ASI karena ASI harus diberikan setiap dua jam sekali. Saat itu anak pertama saya harus menginap di NICU selama 4 malam.

Alhamdulillah, para perawat di NICU dengan sabar mengajari saya untuk merilekskan diri dan berpikir positif ketika memerah ASI agar ASI bisa keluar banyak. Tapi apa daya, karena kebutuhan cairan anakku sangat banyak, maka harus ditambah dengan nutrisi tambahan yaitu susu formula khusus karena anak saya terindikasi alergi (riwayat dari suami).

Sedih, iya pasti.. karena inginya bisa memberikan ASI secara eksklusif, kondisi yang membuat saya untuk tidak idealis, mencoba berfikir realistis dengan mengikuti saran dari teman saya yang juga dokter dengan mempertimbangkan akibat buruk jika anak kekurangan nutrisi dan juga dokter anak saya saat itu serta suami dan orangtua agar bilirubin anak saya kembali normal.

Berbeda dengan anak kedua, Alhamdulillah ASI sudah keluar banyak, walaupun berat lahir lebih ringan dibandingkan dengan kakaknya, namun minum ASI nya pintar alias banyak hehe.. juga mengkonsumsi suplemen bernutrisi lengkap selama menyusui saya lakukan demi menjaga kualitas ASI.

Tentang pengalaman saya menyapih bisa dibaca disini ya.. pengalaman menyapih anak hingga usia 3 tahun.

Menyusui buah hati menjadi momen indah para Ibu


Pentingnya Dukungan Keluarga dalam Proses Menyusui Buah Hati

Dua kali melahirkan dan menyusui, saya sangat merasakan betapa pentingnya dukungan keluarga dalam proses menyusui buah hati.

Yang utama adalah dukungan suami, bagaimana suami bisa menjadi partner yang baik dalam merawat buah hati yang baru lahir, membantu menggendong saat anak menangis atau membantu menyiapkan perlengkapan anak ainnya, bagi saya sudah memberikan suasana tenang dan harmonis.

Karena suasana yang tenang dan harmonis pada masa menyusui mampu meningkatkan kerja hormon oksitosin yang menentukan keluarnya ASI.

Tingkat keberhasilan menyusui lebih tinggi pada ibu yang mendapatkan dukungan dari pasangan serta keluarga besar. Sedangkan ibu menyusui yang tidak mendapatkan dukungan dari suami dan keluarga besar, keberhasilan menyusui lebih kecil.

Selain suami, dukungan sosial dari lingkungan juga mempengaruhi keberhasilan menyusui, seperti nenek dan kakek (orangtua dan papa dan mama mertua). Sikap mereka yang menunjukkan sikap dukungan dan tidak meragukan kemampuan saya dalam memberikan ASI bagi saya itu sudah lebih dari cukup untuk keberhasilan menyusui buah hati.

Tips Agar ASI Lancar

Banyak cara bagaimana bisa sukses menyusui buah hati, berikut adalah tips ASI lancar dari berbagai sumber dan juga pengalaman saya dua kali menyusui buah hati.

Memijat Payudara

Dengan melakukan pemijatan yang benar maka produksi ASI bisa meningkat. Cara memijatnya bisa dipelajari dari kelas laktasi atau bertanya pada konselor laktasi.

Memompa ASI

Rajin memompa ASI, maka akan membuat payudara memproduksi ASI kembali

Menyusui setiap 2-3 jam

Dengan menyusui secara teratur yaitu setiap 2-3 jam dapat membuat produksi ASI akan semakin terangsang sehingga akan memproduksi ASI kembali.

Hindari stres

Jauhkan pikiran dari stres, karena stress akan membuat produksi ASI terganggu akibat dari hormon dalam tubuh yang tidak seimbang.

Makan makanan bergizi

Makanan bergizi dan sehat akan meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Cukupi kebutuhan asupan nutrisi harian ibu menyusui yaitu setiap hari diperlukan tambahan asupan kalori 300 - 500.

Perbanyak Minum Air Putih

Rutin dan cukupi kebutuhan air mineral akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur.

Mengkonsumsi Multivitamin Penambah ASI

Agar kualitas ASI lebih baik, ibu menyusui perlu mengkonsumsi suplemen bernutrisi lengkap yang memiliki kandungan kalsium dan asap folat tinggi.

Memperbanyak makan kacang-kacangan

Dengan banyak mengonsumsi makanan yang berbahan kacang, dipercaya dapat memperlancar ASI. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang dimiliki oleh kacang.

Lengkapi Nutrisi Selama Kehamilan dan Menyusui dengan Blackmores PBFG    

ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya, dan apa yang menjadi asupan Ibu menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan makanannya agar dapat memberikan ASI yang bernutrisi.

Salah satu ciri ASI yang bernutrisi yaitu memiliki warna kekuningan atau putih pucat, dan memiliki kandungan lemak yang cukup. Selain mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup, sebaiknya Ibu menyusui juga melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi suplemen bernutrisi lengkap untuk dapat menghasilkan ASI bernutrisi.

Saat saya hamil dan menyusui anak kedua saya 6 tahun yang lalu, saya mengkonsumsi suplemen bernutrisi lengkap dari Kalbe Blackmores Nutrition yaitu Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG).

Kandungan Nutrisi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold
 


Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan asi bernutrisi, khususnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan si buah hati.

17 kandungan nutrisi esensial dalam Blackmores PBFG antara lain asam folat dan zat besi yang dapat membantu menjaga ibu dari resiko anemia, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu.

Blackmores PBFG juga mengandung Omega 3/DHA tidak berbau sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi. Selain untuk menunjang pertumbuhan otak dan mata buah hati, Omega 3/DHA penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral dan lemak menjadi lebih baik kadarnya.

Dukungan Kalbe Blackmores Nutrition dalam World Breastfeeding Week 2020

Menyadari pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk dapat menyukseskan pemberian ASI, dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week 2020, Kalbe Blackmores Nutrition, memberikan serangkaian edukasi di media sosial, bagi sesama ibu hamil dan menyusui, mengenai pentingnya ASI dan masa menyusui serta pemenuhan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi. 

Kalbe Blackmores Nutrition juga mengajak para ibu untuk berbagi pengalaman dan tantangan di masa-masa menyusui serta dukungan lingkungan dan orang-orang terdekat dalam membantu menghadapi tantangan di masa-masa menyusui.

Komitmen berkelanjutan Kalbe Blackmores Nutrition dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui juga telah dibuktikan melalui kerjasama Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat, organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak.

Kerjasana Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation

 

Sejak 2017, Kalbe Blackmores Nutrition bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua. 

Untuk informasi lainnya seputar Kalbe Blackmores Nutrition bisa melalui sosial media Blackmores Indonesia ya:

Website : www.blackmores.co.id

Instagram @blackmoresid


--

Semoga sharing ini bermanfaat ya.. please jangan membandingkan kelancaran ASI kita dengan ibu yang lainnya, karena tubuh setiap wanita pasti berbeda-beda. Jadi, jangan menyerah dalam memberikan ASI eksklusif, karena seberapa pun jumlah ASI yang diberikan, ASI tersebut akan memberi banyak manfaat untuk buah hati.

Nah, agar ASI bernutrisi saya merekomendasikan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk menyusui, yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan sehingga ASI bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang istimewa.

Kami bisa membeli produk Blackmores di E-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shoopee yang bertuliskan Official Store ya..

ASI bernutrisi untuk Ibu dan bayi yang istimewa


Dengan berbagi pengalaman saya berharap para ibu hamil dan menyusui menyadari bahwa mereka tidak sendiri, semoga para Ibu hamil dan menyusui yang membaca tulisan ini dapat lebih percaya diri menjalani masa-masa menyusui dan memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati.


Salam hangat,
Elly Nurul



Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

95 komentar:

  1. Saya juga mengalami masalah dengan ASI sewaktu masa menyusui Fahmi putra semata wayang kami. Saat itu maklum di kampung, belum.mengenal produk seperti sekarang. Tahunya cuma perbanyak konsumsi makanan manis, sayur daun katuk, dan sejenisnya.
    Tapi betul, dukungan keluarga itu penting banget ... Saya sering uring-uringan karena keluarga tidak mendukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di kampung emang makanannya simpel. Yang jarang didapat emang dukungan itu. Tetanggaku aja akhirnya gak ngasih ASI

      Hapus
  2. Selalu terharu kl baca ttg pengalaman hamil, melahirkan, dan menyusui para ibu. Apapun kondisinya, para ibu hebat apa adanya. Semoga aku jg segera diberi amanah sm Allah. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Saya ikut mendoakan ya Mbak. Semoga kita segera diberi amanah untuk menjaga momongan yg Soleh dan Solehah. aamiin...

      Hapus
  3. Pengalamannya agak mirip sama saya,,naik 20kg..kaki bengkak....pen hamil lagi...tetapiiiii masih mikir perjalanan kehamilan itu lho wkwkw

    BalasHapus
  4. kalau baca perjuangan ibu2 dalam memberi ASi buat anaknya, saya sering terharu mbak, karena saya pribadi nggak bisa ngasih ASI buat anak saya waktu kecil :( cuma bisa ngaish ASI 2 bulan aja, itu juga seling2 sama sufor huhuuu

    BalasHapus
  5. Perjuangan jadi ibu masya Allah.. terharu.. ga ada ibu yang gak hebat.. semuanya super women.. blackmores emang banyak yg bilang bagus.. insyAllah nanti aku minum juga

    BalasHapus
  6. Wah menarik semua ibu pasti punya cerita dan perjuangan yg berbeda tapimau aku save ah blognya. Untuk tambahan ilmu aku nanti

    BalasHapus
  7. Andai waktu bisa diulang, ga mau ya masa menyusui terhambat gara gara kita ga dapat dukungan keluarga, atau kurangnya nutrisi dan asupan. Menjadi ibu menyusui adalah pengalaman yang sangat berharga. Kalau bisa tidak ingin ada cela dan kecewa

    BalasHapus
  8. Tipsnya semua oke dan beberapa aku jalanin waktu menyusui dulu. Ohnya Blackmkres ini banyak yang riview emang bagus yes buat kualitas ASI.

    BalasHapus
  9. Baru tahu Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang sangat dibutuhkan ibu menyusui. Bagus banget ya kalau busui bisa mengonsumsinya secara teratur selama menyusui.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap sekali kandungan nutrisinya ya kak. Keingat waktu menyusui dulu saya gak kepikiran mau makan yang bergizi, mikirnya ya yang penting makan dan kenyang..padahal kan makan makanan bergizi tuh penting banget y~

      Hapus
  10. Mba yang pijat payudara sejak hamil itu setahuku boleh dan ga menyebabkan kontraksi? Karena akh sendiri juga pijat payudara sendiri sejak hamil. Apa mgkn mulai minggu keberapa gitu baru boleh? Atau pijatan payudara yg seperti apa yg ga boleh?

    BalasHapus
  11. Pengalaman hamilnyaa hampir samaa, aku ga ngidam, ga pusing, ga mual muntah, ahh pokonya aman sampe lahiran, tapi kaki bengkak dan gatal2 kulit kering gakukuhahaaa. Tapi seruuuu.

    Bener banget Mak, ASI yang dibutuhkan bayi harus berkualitas, emaknya yang kudu rajin makan yang bernutrisi dan minum suplemen untuk mendukung kualitas ASI.

    Selalu asik kalo mengenang kembali masa2 hamil

    BalasHapus
  12. Kak Elly, aku juga lagi nunggu kelahiran anak kedua nih
    Doain semoga semua lancar ya kak, doain aku bisa mengASI hi secara eksklusif paling tidak 6 bulan pertama kehidupannya 🥰

    BalasHapus
  13. belom punya anak dan belom ngerasain sendiri giman jadi ibu, makasih mbak ilmuku jadi bertambah biar someday kalo jd ibu bisa diaplikasiin ilmunya hehe

    BalasHapus
  14. Jadi inget masa lalu, Mba
    Sempet kuning jg bayiku dan difototerapi juga
    :(
    Btw blackmore nih udah aku konsumsi sejak sblom hamil malah, ada yg versi untuk vitamin persiapan hamil
    Lengkap y Mbaa
    Bisa dibilang sebelum dan setelah jd ibu, produknya adaaa
    Alhamdulillah

    BalasHapus
  15. Masa kehamilan saya semuanya gak merasakan seperti bumil pada umumnya. Gak ngidam, gak mual sama sekali, dll. Paling perut aja yang makin gede hehehe.

    Enaknya segala asupan jadi bisa masuk dengan mudah. Semua saran dokter, saya turutin. Alhamdulillah ASI lancar dan saya menikmati banget momen ini.

    Blackmores bagus, nih. Saya juga mengkonsumsi suplemen dari emrk ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem sama chi aku juga, tau2 gedee ajaaa..
      Belom ada blackmores pulaaa.

      Hapus
    2. sama, mbaa
      aku pun
      malah enggak tahu kalau hamil karena seolah enggak terjadi apa2 xixixi

      Hapus
  16. Alhamdulillah ya mba, diberikan kelancaran memberikan ASI pada anak-anak. Kalo sekarang dukungan nggak datang dari suami dan keluarga aja. Tapi ada suplemen seperti Blackmores yang bisa jadi booster ASI agar berlimpah

    BalasHapus
  17. Bener banget tipsnya, ketika aku menyusui juga memakai tips yang sama mbak, jadi asi tetap lancar dan buah hatipun senang :)

    BalasHapus
  18. Lengkap tipsnya mbak buat persiapan nanti si Adek. Aku pun juga sudah mulai mempersiapkan ASI walau kehamilan masih jalan masuk bulan ke 8. Supaya nanti pas lahiran gak kelabakan lagi.. hehehe

    BalasHapus
  19. Demi kecukupan ASI mah inget banget loh dulu akutuh hampir tiap hari makan sayur katuk, untung sekarang ada yang praktis kaya Blackmores yaa yang kandungan nutrisinya lengkap untuk kebutuhan ASI si kecil

    BalasHapus
  20. Adikku juga punya pengalaman yang sama dengan Ely, malah anak pertama nggak konsumsi ASI sama sekali karena ASI nya nggak keluar tapi anak kedua Alhamdulillah lancar ASI berkat. Memang kondisi setiap ibu beda ya, setuju sekali jangan pernah membandingkan.

    BalasHapus
  21. Blackmores ini tuh andalannya bu ibu dan anakanak banget. Variannya lengkap. Sering lihat di toko perlengkapan ibu dan anak. Tapi saya malah baru ngeh kalau ini produknya Kalbe.

    Mau ah cobain suplemennya kapankapan, tapi karena emang lagi ga hamil dan masa menyusui. Jadi nanti cari varian untuk menjaga imunitas aja.

    BalasHapus
  22. Huwaaa masuk NICU sampai 4 hari, duh sedih banget itu mba, mana baru anak pertama.
    Kalau Uno, bilirubinnya mepet banget batas tapi kata dokter ga usah dirawat, coba ASI dan jemur aja.

    BalasHapus
  23. Waktu tahu Blackmores masuk Indonesia secara resmi aku termasuk yang senang walaupun enggak rutin konsumsi, tapi aku tahu bahwa banyak teman yang udah cocok sama suplemen ini sampai kadang pada pakai jastip buat beli di negara asalnya. Kalau sudah ada importir resmi begini kan lebih nyaman juga yaa, terjamin dan bisa konsultasi pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw ketinggalan, aku saluut sama persiapan Mbak yang matang banget sejak sebelum melahirkan. Memang sebaiknya begitu sih ya, karena kalau dadakan tuh kadang jadi ngeblank. Sudah belajar pun tidak menjamin tidak panik, apalagi kalau belum.

      Hapus
  24. Samaaa...kak Elly.
    Perjuangan banget di anak pertama karena gak bisa menyusui langsung. Dan alhamdulillahnya Rumah Sakit kami pro-ASI. Jadi selama Ibunya belum mengantar ASI, tidak akan diberi sufor.
    Oh iya, anakku juga sempat kuning, jadi mesti dirawat seminggu.
    ((makin stres))


    Alhamdulillah kini ada Blackmores yaa..
    Dengan kandungan untuk memberikan kandungan ASI terbaik untuk Ibu dan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau rumah sakitnya pro ASI memang mendukung banget ya. Say waktu melahirkan anak kedua, sudah dibukain susu kaleng sama perawat. Untungnya suami dengar mereka kasak-kusuk dan bilang kami gak mau pakai sufor.

      Dalam kondisi Mak Elly di atas, para perawat di NICU dengan sabar mengajari untuk merilekskan diri dan berpikir positif sewaktu memerah ASI ... wah membantu banget ya.

      Hapus
    2. Iyaa...rejeki yaa...alhamdulillah.
      Biasanya memilih rumah sakit yang pro ASI, kak Niar.
      Jadi satu visi sama orangtua.

      Hapus
  25. Masa hamil dan menyusui emang perlu asupan nutrisi yang cukup ya biar ibu dan si bayi sehat, perjuangan banget ya untuk bisa memberikan ASI pada bayi, alhamdulillah ada blackmores yang memberi asupan nutrisi untuk ibu dan bayi

    BalasHapus
  26. Persiapan sebagai ibu menyusui banyak juga yang dilakukan ya Kak El, ini masukan buat daku kelak nih, makanya sekarang mengumpulkan bekal ilmu parenting.

    BalasHapus
  27. Ilmu mengenai ASI ini tuh membuat aku terharu banget sama perjuangan semua ibu untuk bisa memberikan kebutuhan nutrisi yg terbaik

    BalasHapus
  28. Karena belum berkeluarga aku ga kebayang mba, ibuku cerita waktu hamil bersyukur banget ngidamnya bukan makanan yg susah dicari. Sehat selalu ya mba buat mba dan keluarga, aamiin

    BalasHapus
  29. kasih ASI buat bayi selain keinginan yang kuat bener banget harus ada dukungan keluarga terdekat adan nutrisi yang mencukupi. Kalau dibutuhkan boleh ditambah suplement kaya dari Blackmores ini ya, variannya banyak ya ternyata ada buat ibu menyusui

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa..baru tahu nih..kandungan di dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini tuh komplit banget. Bisa tuh jadi pilihan buat kado kalau pas ada teman yang lahiran. Pasti sangat bermanfaat.

      Hapus
    2. bukan kado buat aku kan :-D Jaman aku menyusui belum kenal blackmores sih. Sekarang busi harus makin semangat kasih asi buat baby nya ya

      Hapus
  30. Aku pas hamil pakai inii hehehe, kerasa banget ASInya lebih kental dan Rio langsung cepet kenyang hehehe

    BalasHapus
  31. Mba Elly barokallah ya kisah waktu hamil dan menyusui bikin aku pengen belajar banyak
    soalnya aku sdang menantikan juga pengen punya dedebayi

    BalasHapus
  32. Aku waktu nyoba minum balcmores pregnan ini gak tau kenapa kok perasaannya lapar mulu. Jadi takut juga baby nya over. Haha
    Akhirnya ku stop

    BalasHapus
  33. ASI memang hak anak, makanya harus kita penuhi. Ikhtiarnya minum2 suplemen kek gini ya.Wah bagus nih programnya Blackmores, semoga membantu para ibu hamil di Denpasar, Aceh, Papua untuk bisa menjalani kehamilan dengan sehat ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senengnya liat poto anak masih bayi :D
      Jadi kangen gak sih sama masa2 menyusui? haha
      Sekarang anak yang dulu di gendongan udah susah digendong ya :D

      Hapus
  34. semangat mengASIhi ya kak, selama baca kayanya nyer-nyeran aku kak, hihi masih berasa gitu perjuangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum merasakan perjuangannya tapi juga udah degdegan mba wkwkkw
      bismillah pasti bisa ya, ada Allah. Maksaih mba Elly tipsnya dan blackmores harus dicatat bener-bener nih

      Hapus
  35. yay semangat mengasihi kitaa.. aku pun masih menyusui anakku yang udah 22 bulan mba hihi belum mau berhenti dianyaa

    BalasHapus
  36. Dulu pas lagi hamil Kelvin, sudah janji buat kasih dia full ASI walau aku ibu bekerja. Alhamdulillah saat memberikan ASI pertama berjalan lancar, mungkin saking happynya. Eh, pas hari ketujuh harus masuk rumah sakit karena dia kuning, bilirubinnya tinggi. ASI sempat susah tuh tapi alhamdulillah Kelvin tetap minum ASI, aku dikasih booster juga sama mamahku.

    BalasHapus
  37. wah andalan dulu pas hamil dan menyusui :) semoga lancar ya sampai lulus ASI 2 tahun :)

    BalasHapus
  38. Wahhh daku jadi ingat jaman hamil nih Mak. Samaaaa keluhannya wkqkqk
    Terutama pas kaki bengkak, duh.
    Btw SpoG ku juga rekomen BlackMores ini.

    BalasHapus
  39. Karena Asi nutrisi yang sangat penting buat bayi, jadi ibu juga harus memperhatikan betul yaa asupan yang dimakan biar asinya berkualitas. Bisa dibantu juga sama suplemen seperti Blacmores ini tentunyaa

    BalasHapus
  40. Aku pernah merasakan anak BR tinggi mba Elly..berusahan pumping dan anter ke rs. Perjuangan yaa mba tapi terbayarkan. Kini anak sehat dan tumbuh kuat.. perlu juga mengkonsumsi suplemen Blackmores yang udah terbukti bagus. Insya Allah pejuang ASI smakin lancaar

    BalasHapus
  41. Catat tipsnya. Mbakku sedang hamil besar untuk anak ketiga. Dua anak lain gak pernah bermasalah saat NgASI. Semoga nanti tetap lancar

    BalasHapus
  42. Anak lanangku yang pertama dulu waktu lahir juga harus disinar karena bilirubinnya cukup tinggi. Saat itu aku pun harus berjuang memompa ASI ku karena belum bisa menyusui bayiku secara langsung. Walaupun saat itu cuma 10 ml yang kudapat sekali perah namun kandungan kolostrum di awal menyusui membuat anakku cepat menurun bilirubinnya dan sudah diperbolehkan pulang

    BalasHapus
  43. jadi inget masa mengASIhi, bener mba kalau saya stress atau banyak pikiran asi nya jadi lebih dikit, mana anak saya doyan asi, perjuangan ibu ya mba :)

    BalasHapus
  44. Yes, aku setuju, ASI yang bernutrisi itu penting untuk anak yg istimewa.
    btw keren banget sih menyusuinya sampai 3 tahun :)

    BalasHapus
  45. Blackmores ini memang bermanfaat banget ya mba. Aq juga minum soalnya dan kerasa asi jadi tambah banyak

    BalasHapus
  46. Setuju, enggak perlu membanding-bandingkan dengan orang lain ya... Keren nih programnya blackmores :)

    BalasHapus
  47. Anakku Pertama kejadiannya sama, ketahan di RS karena bilirubin ya tinggi. Jadi butuh perjuangan juga untuk meras ASI saat sehabis melahirkan. Alhamdulillah dulu ASI banyak dan lancar.

    BalasHapus
  48. Kesalahan aku waktu hamil dulu..gak ada konsultasi masalah laktasi sama dokter..sampai lahiran asi minim banget. ..dan akhirnya ke susu formula.

    Buat ibu2 yang lagi hamil ..penting banget ...cari informasi tentang asi..

    BalasHapus
  49. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini banyak direkomendasikan para SpOG
    Karena memang sebaguusss itu
    InsyaALLAH bisa membuat kualitas ASI jadi baik.
    Ibu dan bayi makin sehaaaattt

    BalasHapus
  50. Sama nih kayak anak pertama saya yang sempat masuk NICU karena bilirubinnya tinggi. Poin-poin yang ditulis di sini udah lengkap infonya. Semoga aja semakin banyak ibu yang sedang bersiap menyusui jadi lebih paham bagaimana mempersiapkannya, ya

    BalasHapus
  51. Saya dulu hanya hamil pertama kayaknya, kaki saya bengkak banget, hamil kedua nggak terlalu bengkak, cuman mabok berat.
    Anak pertama premature, masuk inkubator aja sih, anak kedua Alhamdulillah sehat :)

    Dan anak kedua tuh yang berhasil ASI ekslusif, meski dengan segala macam dramanya :)

    BalasHapus
  52. penting banget nutrisi untuk ibu hamil ya mbak, produk ini bisa aku rekomendasikan juga ke temen temen nih

    BalasHapus
  53. Alhamdulillah lancar ya kak ASI nya, kalau saya dulu waktu masih ngasih ASI , jika ASI nya dikit makan dan minum yang banyak terus minum suplemen juga sih hehe.

    BalasHapus
  54. ASI yang bernutrisi memang penting banget ya Mak untuk tumbuh kembang bayi. Saya belum pernah komsumsi Blackmores, sih. Tapi baca-baca testimoni teman-teman bloger termasuk maksmak Elly, memang bagus banget deh ini buat menutrisi ASI :)

    BalasHapus
  55. aku juga minum ini Mba Elly,huhu duh jadi mellow nih, sebentar lagi nyapih aksara, 2 tahun tu ga berasa banget ya alloh

    BalasHapus
  56. Adik iparku kan mau melahirkan. Aku mau usulkan konsumsi ini mba biar dia produksi ASI bertambah. Dan anak pun sehat

    BalasHapus
  57. Langsung ah rekomendasikan ke temen yang sedang menyusui, blackmores ini.

    BalasHapus
  58. Saya dulu mengalami kaki bengkak di kehamilan anak pertama. Di kehamiln anak ketiga baru mengalami ngidam tapi ngidam pengen nyiumin sabun, sabun apa saja terus-menerus. Aneh ya hahaha. Btw, penting memang support system, utamanya suami dan suplemen yang mumpuni.

    BalasHapus
  59. Aku juga pengen banget kalau punya anak nanti bisa menyusui. Kayanya mendengar cerita menyusui itu tuh buat haru gimana gitu kak huhu. Dan untuk busui memang harus perhatiin banget nih kak nutrisinya, sehat sehat terus yah kakk :3

    BalasHapus
  60. blackmores kayaknya bagus banget ya utk melancarkan asi. solusi bgt nih buat ibu2 yang lg menyusui

    BalasHapus
  61. Blackmores ini jadi vitamin aku ketika hamil dan sekarang menyusui. Asupan makanan bergizi penting, vitamin buat melengkapi biar ASI lebih bernutrisi. Kalau ASI nya bernutrisi, si baby jugs bakal sehat yaa kak

    BalasHapus
  62. Aku selama menyusui selalu minum Blackmores.. karena bermanfaat banget agar ASI menjadi lebih bernutrisi. Waktu awal-awal hamil juga sempat minum.

    BalasHapus
  63. saya malah pas hamil ga ngidam sama sekali mbak :) karena nggak bisa makan apapun, muntah mual terus sepanjang kehamilan sampai melahirkan hahaaa

    BalasHapus
  64. pengalaman menyusui anak emang pengalaman yang manis dan istimewa dan sulit buat dilupakan. Spesial banget deh pokoknya

    BalasHapus
  65. Aku minum blackmores jg tapi yg untuk persiapan kehamilan. Enak krn tabletnya kecil bgt jadi gak susah buat diminum hehehe

    BalasHapus
  66. kalo ngomongin momen menyusui inget dulu perjuangan banget demi bisa ngasih asi eksklusif, terus lanjut sampai 2 tahun bareng MPASI. Inget tiap hari loh aku makan sayur katuk demi asi lancar jaya hihi

    BalasHapus
  67. Selalu menyenangkan baca kisah para bumil dan busui. Challengenya tuh ada aja. Cerita ngidam Mba Elly ternyata yaa ngidam sawo! untung sedang musimnya. Kalo ga, ngiler deh.

    BalasHapus
  68. Keren banget ceritanya kak. Selalu amazed dengan perjuangan seorang Ibu dari masa hamil sampe anaknya udah gede. It looks like such a fulfilling journey.

    xx,
    Tia

    BalasHapus
  69. Alhamdulillah sudah ada suplemen pelancar ASI ya mba..sehingga para BUSUI tak perlu khawatir lagi produksi ASInya kurang memcukupi tuk buah hatinya

    BalasHapus
  70. hehehe, ngga apa-apa kali kak dipijit mumpung ditawarin, tapi emang sih keluhan paling sering selama kehamilan itu mudah pegel ya kak

    BalasHapus
  71. saya tiap hamil itu malah mendambakan ngidam Mbak, tiga kali hamil gak pernah merasakannya, hihihih, Alhamdulillah. tapi penasaran gitu sih, hehehh
    dari sebelum melahirkan emang wajib tahu tentang seluk beluk ASI, minta dukungan juga ke orang terdekat terutama Suami ya biar niatan kita tuk memberikan full ASI bisa terlaksana gak stress sendiri :)
    Blackmores ini bagus banget ya manfaatnya, kandungannya juga lengkap tuk penuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan Bayi :)

    BalasHapus
  72. Got another tips. Meskipun bukan ibu menyusui, tapi aku suka banget tips-tips kayak gini karena pasti berguna banget buat aku ntar pas udah punya anak. Thank you for sharing mbak.

    BalasHapus
  73. Kita harus benar - benar rajin ya mba dan perhatikan asylan gizi kita terutama saat menyusui

    BalasHapus
  74. Banyak faktor ya mak kenapa ASI ibu bisa nggak lancar, kayak adikku sempat gitu anak pertama ASI nya nggak lancar Alhamdulillah anak kedua saat ini sedang menyusui dan ASI lancar

    BalasHapus
  75. Pas banget,saya yg baru melahirkan kemarin nanya ttg suplemen buat ibu menyusui, eh Blackmores ada rupanya

    BalasHapus
  76. Senangnya busui zaman sekarang banyak dimanjakan dengan berbagai fasilias termasuk suplemen utk ASI ini ya... mantaps nih...

    BalasHapus
  77. komplit banget ini mbaa, aku suka artikelnya.
    trus akupun konsumsi blackmores waktu hamil dan menyusui, rasanya enak dan di badan terasa bgt efeknya. juga asi jd lancar :)

    BalasHapus
  78. Dulu sempat sedih lho karena ASIku ga banyak ketika anak udah usia beberapa bulan. Perasaan ya udah makan yang bergizi dan sayur-sayuran juga. Coba ya dulu udah ada Blackmores tentu bakal bantu banget ASI tetap banyak.

    BalasHapus
  79. Selalu terinspirasi kalau baca pengalaman para ibu saat menyusui anak-anaknya.
    :">

    BalasHapus
  80. Alhamdulillah sekrang ada black mores ya mbak, suplemen untuk ibu menyusui, mendukung ibu menyusui.

    dulu saya belum tahu tentang blackmores, tapi alhamdulillah rejeki anak anak yaa, berhasil juga mengasihi anak anak sampai usia 2 tahun.

    BalasHapus
  81. Asi bernutrisi, anak sehat dan ceria menjadi dambaan ya Mbak beruntung ya kita sebagai busui ada pilihan untuk menyempurnakan pemberian ASI ke buah hati tercinta.

    BalasHapus
  82. Sungguh Allah maha mulia Dan pengasih menciptakan ASI yangvtiada duanya. Beruntunglah Ibunyang mengASIhi Anaknya sampai 2 tahun penuh

    BalasHapus
  83. Toss, Mak
    Kita sama sama konsumsi Blackmores
    Insya Allah aman untuk bayi dan masa depannya
    Semangat terus mengASIhi

    BalasHapus

Instagram