Hamil Anak Ketiga, Cerita Trisemester Pertama Kehamilan

 

hamil anak ketiga

Mengalami perubahan kebiasaan, mulai dari mager alias males bergerak, lebih lelah dari biasanya hingga mengalami keluhan pada kulit wajah dengan muncul jerawat. Peningkatan produksi hormon membawa perubahan dalam tubuh saya dan baru saya alami pada awal kehamilan anak ketiga.

Alhamdulillah kini sudah melewati masa awal kehamilan trisemester pertama kehamilan anak ketiga. Kehamilan kali ini memang sangat berbeda dari kedua kehamilan sebelumnya, mengalami beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh karena peningkatan produksi hormon.


Holla..
 
Setelah sekian lama mager alias malas gerak, InshaAllah saya kembali menjalankan rutinitas yang sempat tertunda, termasuk tulisan ini yang memang saya tulis setelah sebulan tidak membuat tulisan baru untuk blog ini.
 
Kali ini cerita tentang kehamilanku yang ketiga hehe.. buat penganut “dua anak cukup” mohon maaf saya nambah anak nih.. saya menyebutnya rezeki dari Allah SWT, apalagi disaat situasi pandemi saat ini, semua serta tidak pasti, tapi Allah SWT memberikan saya rezeki yang menjadi harapan banyak para penjuang garis dua yang belum memiliki keturunan.
 

Tentang Rencana Menambah Anak

Dalam beberapa kesempatan saat saya bertemu dengan teman maupun saudara, pertanyaan ini pernah beberapa kali saya terima.


Teman “Ada rencana menambah anak lagi nggak?”
Saya “Ingin, tapi belum tahun kapan”

 
Iyess, saya memang menginginkan memiliki anak kembali alias nambah anak hehe, tapi memang belum tahu kapan. Jika ditanya ingin anak laki-laki atau perempuan, maka saya akan menjawab anak perempuan, karena kedua anak yang telah saya lahirkan berjenis kelamin laki-laki.
 
Sebagai seorang manusia, sangat wajar mengharapkan hadirnya anak perempuan, rasanya kurang lengkap jika dalam keluarga kecil saya belum ada anak perempuan. Namun semua saya serahkan kepada Allah SWT, diberi amanah anak laki-laki atau perempuan, saya harus bersyukur, karena setiap anak membawa rezeki masing-masing.


Saat Hasil Test Pack Menunjukan Garis Dua

Sudah sejak awal tahun 2020 saya menjalankan hidup sehat, seperti rutin berolahraga, makan makanan yang sehat dan juga tidak KB.
 
Kenapa tidak KB lagi? saya memilih KB alami saja, agar bisa merasakan haid atau menstruasi, karena KB yang saya pilih selama ini adalah KB suntik 3 bulan dan membuat saya tidak haid.
 
Saya pilih KB Suntik 3 bulan selepas melahirkan anak kedua karena dipercaya tidak mempengaruhi produksi ASI, karena memang saya memilih untuk memberi ASI kepada anak-anak saya.
 
Walaupun setelah proses pemberian ASI selesai, saya tetap memilih KB suntik 3 bulan, karena bagi saya lebih praktis dan tidak membuat saya haid atau menstruasi.
 
Namun akhirnya setahun yang lalu saya memutuskan untuk melepas KB suntik 3 bulan, karena saya ingin merasakan kembali haid setelah sekian tahun tidak mengalami haid atau menstruasi.
 
Setelah lepas KB suntik 3 bulan, Alhamdulillah saya merasakan haid atau menstruasi kembali dan jadwal haid sangat lancar setiap bulannya sejak awal Januari 2020. Namun, haid terakhir saya rasakan yaitu pada 24 Oktober 2020. Seharusnya 24 November 2020 saya haid dong, tapi itu tidak terjadi.
 
Awalnya saya mengira hanya perubahan jadwal haid biasa saja, saya menunggu minggu demi minggu, hingga akhirnya menunggu selama 2 bulan, tapi haid tak kunjung datang. Curiga dong, lalu saya bilang ke suami dan pak suami menyarankan untuk coba mengunakan tes kehamilan atau test pack.
 
26 Desember 2020 pagi hari setelah bangun tidur saya langsung mencoba test peck yang paling akurat dong hehe karena penasarannya.. Alhamdulillah hasilnya menunjukan “garis dua”.
 
Tanggal 28 Desember 2020, saya bersama suami ke RS untuk memastikan kehamilan saya dan Alhamdulillah usia saat itu sudah 9 week, ukuran 2cm sudah sesuai dengan usianya.
 
Saya dan pak suami tidak mengira diberi amanah secepat ini, pak suami juga merasa baru sekali “kebablasannya” hehe karena selama ini kami memilih KB alami saja. Tapi alhamdulillah, Allah SWT memberikan amanah yang sangat luar biasa disaat masih banyak pasangan yang berjuang menanti keturunan.

Kehamilan Ketiga, Apa Yang Berubah?

Kehamilan pertama dan kedua boleh dibilang menjadi kehamilan yang wajar, karena tidak mengalami mual-mual dipagi hari, tidak males bergerak dan tidak muncul permasalahan pada kulit wajah saya. 
 
Mungkin karena kehamilan pertama dan kedua saya masih aktif menjadi pekerja kantoran sehingga rasa mager atau males gerak dan mual-mual saat hamil tidak saya rasakan.
 
Berbeda dengan kehamilanku yang ketiga ini, saya sudah tidak menjadi pekerja kantoran lagi, menjadi ibu rumah tangga yang banyak beraktivitas di dalam rumah saja, terlebih dalam situasi pandemi yang mengharuskan kita semua beraktivitas dari rumah.
 

Yang berubah pada kehamilanku yang ketiga:

Mager Parah dan Mudah Lelah
 
Mager alias males gerak ini bukan saya banget, karena saya terbiasa beraktivitas seperti olahraga dipagi hari, namun sejak hamil saya jadi males bergerak. Inginnya selalu rebahan diatas kasur hehe jadi kaum rebahan juga nih saya akhirnya.
 
Mudah lelah ini juga yang saya rasakan, jika pagi hari saya tidak terlalu lelah, tapi sudah menjelang siang hari, ingin tidur.. menurut beberapa literasi yang saya dapatkan dari info seputar kehamilan mudah lelah ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron yang dapat menyebabkan kantuk.

Lalu apa yang saya lakukan saat mager parah dan mudah lelah? saya tetap mengikuti rasa mager yang saya rasakan, karena saya yakin rasa mager ini merupakan bagian dari proses kehamilan, Allah SWT memberikan saya nikmat berupa rasa mager dan jangan disia-siakan dong ya.
 
 
Walaupun mager dan mudah lelah saya tetap menjalankan peran saya sebagai seorang Ibu dan istri, tapi memang banyak dimaklumkan oleh anak anak dan suami karena sedang hamil. Termasuk dalam berkomunitas, Alhamdulillah masih bisa menjalankan beberapa event virtual yang diselenggarakan oleh komunitas yang saya ikuti.
 
Mager parahnya cukup 3 bulan aja deh yaa dek.. setelah melewati trisemester pertama, alhamdulillah kondisi mager mulai berkurang, sehingga saya bisa kembali berolahraga dan tentunya menulis di blog lagi deh.

Ingin Makan Ini, Ingin Makan Itu
 
Jika kebanyakan wanita hamil mengalami rasa mual saat makan atau saat mencium bau sesuatu, tapi itu tidak terjadi pada saya. Justru saya ingin makan makanan yang selama ini justru jarang sekali saya makan.
 
Inilah yang disebut dengan ngidam, ingin makan sesuatu.. rasanya hanya ingin saja, lalu setelah di makan ya biasa aja hehe. KFC Winger, Mie Ayam Yamin, Mpek-Mpek dan Pizza. Itulah beberapa makanan yang saya ingin makan saat tri semester pertama.
 
Uniknya lagi nih, sekarang kan semua serba mudah ya.. bisa pesan makanan secara online, tapi saya nggak mau makan makanan yang dipesan secara online, maunya makan langsung di tempat, duh bumil bumil apa aja deh diikutin ya hehe.
 
Alhamdulillah semua makanan tersebut sudah berhasil saya makan, Allah SWT berikan banyak kemudahan dengan tidak ngidam yang aneh aneh dan memang ya rasanya puas setelah mengikuti rasa “ngidam” ini.

Wajah Lesu dan Berjerawat
 
Walaupun saya tidak merasakan mual, tapi wajah saya terlihat lesu. Memiliki wajah cerah ceria sudah menjadi bagian dari diri saya, namun saat hamil anak ketiga ini saya akui wajah saya terlihat lesu, kurang cerah ceria hingga berjerawat.
 
Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang paling jarang saya rasakan, tapi saat kehamilan ketiga ini jerawat bermunculan diwajah saya. Jerawat kehamilan ini sempat membuat saya kurang percaya diri, maklum karena saya paling jarang punya jerawat di wajah huhu.
 
Ada jerawat satu aja saya nggak betah, apalagi ini jerawat hampir sewajah saya huhu.. tapi teman baik saya bilang, dinikmati aja, InshaAllah nanti juga hilang dan wajah kembali normal dan glowing.. Aamiin 
 
trisemester pertama kehamilan
Jarang Jerawatan, Alhamdulillah timbul jerawat nih.. nikmatin aja yaa

 
Berdasarkan literasi yang saya dapatkan dari info seputar kehamilan bahwa muncul jerawat saat kehamilan ini merupakan fluktuasi hormon dan biasanya tidak bisa diobati hingga usai melahirkan. Jerawat kehamilan bisa dikurangi dengan menggunakan beberapa jenis obat jerawat yang aman untuk ibu hamil dan juga sesuai dengan anjuran dokter.

Setelah Melewati Trisemester Pertama Kehamilan

Alhamdulillah saat ini usia kandunganku memasuki 14 weeks, artinya sudah memasuki trisemester kedua.. perjalanan mengandung kehamilan anak ketiga masih beberapa bulan lagi. Harapanku semoga bisa menjalani kehamilan setiap minggunya dengan baik dan lancar.

Adek bayi yang belum diketahui jenis kelaminnya ini senantiasa sehat dalam kandungan saya, berkembang sesuai dengan usianya serta sempurna tidak kurang satu apapun.

Mohon doanya ya teman-teman, semoga kehamilan ketiga ini dimudahkan, terpenuhi nutrisi penting untuk adek bayi, adek bayi dan saya sehat, dilancarkan dalam proses melahirkan maupun menyusui nanti dan seterusnya.. Aamiin YRA.

Itulah cerita hamil anak ketiga saat trisemester pertama yang berbeda dari kehamilan saya sebelumnya, setiap ibu hamil punya cerita kehamilan masing masing, dan berbagi cerita tentang kehamilan sangat baik dilakukan oleh ibu hamil agar tetap sehat dan produktif.

Salam hangat,
Elly Nurul

16 komentar

  1. wah ka elly hamil anak ketiga, selamat ya.. semoga akan terus diberi kesehatan hingga persalinan nanti, ibunya juga sehat semua dilancarkan aamiin.

    BalasHapus
  2. Mba Elly ya ampuunn aku baru tau kamu hamil lagi. Semoga sehat-sehat aelalunya inu dan dedek bayinya. Kakak-kakaknya pasti happy banget tuh bakal punya adek bayi. Jd selisih berapa tahun mba sama anak kedua?

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, selamat ya Mbak, semoga debaynya di dalam perut mommy sehat selalu. Aamiin ya rabbal'alamin

    BalasHapus
  4. Di foto pertama, terpancar sekali aura bahagia bumilnya mbak :)\Congraaaat. Semoga kehamilan sehat dan lancar sampai lahiran yaaa. Selamat juga sudah melewati masa mager parah.
    Haha...jadi ingat masa ngidam nih baca cerita Mbak Elly.

    BalasHapus
  5. Selamat ya say atas kehamilannya semoga sehat-sehat ibu dan Baby, dilancarkan semua. Anyway adikku juga gitu sewaktu hamil jerawatan patah tapi Alhamdulillah berangsur2 hilang kata dokter itu bawaan hamil atau perubahan hormon. Sehat2 selalu Elly :)

    BalasHapus
  6. Selamat ya mbak atas kehamilannya, sehat selalu dan aman sampe lahiran dst ya semoga dapat cowok ya

    BalasHapus
  7. Selamat ya Mbak Elly utk kehamilan anak ketiganya. Semoga sehat, lancar dan heppi selalu.

    Ah jadi mbayangin gimana rasanya (ngalamin) lihat Test Pack yang menunjukan Garis Dua. Mbayangin gimana rasanya ngidam, gimana rasanya kemana-mana ada di calon dekbay yang bersama saya.

    Btw, sekali lagi ikut bahagia dengan kehamilan Mbak Elly yang ketiga ini, doa terbaik semoga semuanya sehat dan lancar, rumah semakin riuh dengan keriangan sang buah hati.

    BalasHapus
  8. Waah, selamat ya, Mak atas kehamilan anak ketiganya.
    Semoga dedek bayi dan bundanya sehat-sehat terus. Diberi kemudahan dan kelancaran semua proses perawatan kehamilan dan persalinannya. Aamiin.

    BalasHapus
  9. Waaah selamaat ya Mbak Elly atas kehamilannya. Emang pas hamil anak ketiga empat setengah tahun lalu emang beda dibanding 2 kehamilan sebelumnya. Badan sakit dan dada terasa sesak selama trisemester pertama. Tersiksa sekali pokoknya. Mungkin karena usia juga bisa. Pas hamil anak ketiga 4.5 th lalu aku udah 37 mau 38

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah masih dikasih kepercayaan sama Allah... selamat atas kehamilannya ya, Mba Elly. Sehat dan lancar sampai persalinan nanti. Aku belum punya pengalaman hamil dan melahirkan, tapi liat adikku yang hamil tempo hari juga mager dan agak jerawatan. Efek hormon kayaknya ya. Yang penting tetap jaga asupan makanan, rutin bergerak, dan jangan lupa bahagia ya, Mba.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, seneng banget bacanya. Selamat mbk Elly.. Semoga sehat selalu ya dan dilancarkan sampai persalinan aamiin.
    Khas banget bumil, mager, pingin ngemil terus hihi..

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah~
    Barakallahu fiikum, kak Elly dan keluarga.
    Bersiap menyambut anggota baru.

    AKu tukeran uleg-uleg aja apa...sama kak Elly.
    Aku pen anak laki, kak Elly.

    Buat kak Elly keshayangan, semoga hamilnya lancar.
    Bisa dine in di semua yang diinginkan dan sehat selalu.
    Ketjuuppp mama canttiikk nan baik hati.

    BalasHapus
  13. Masya Allah ka Elly.. akupun pengen hamil lagi.. Semoga dikabulkan Allah diwaktu yang tepat. Dan lemas mudah lelah itu gejalanya sama banget jaman aku hamil anak pertama ka. Semoga sehat selalu ya ka Elly dan calon baby nya

    BalasHapus
  14. wah ngidam Pizza tapi makan dine in ya :p sehat selalu untuk kakak dan keluarga yaa

    BalasHapus
  15. Akhirnya publish juga pengumuman hamil. Sehat sehat terus ya bumil...semangat.

    BalasHapus
  16. Uwoooo masyaAllah TabarokAllah

    Senangnyaaaa hamil anak ketigaaa

    Semoga lancaarrr, ibu dan Debay sehaatt selalu yaa

    Berkaahh berkaahh

    BalasHapus