Rayakan Kebaikan NusantaRun Chapter 10

rayakan kebaikan nusantarun chapter 10
Rayakan Kebaikan NusantaRun Chapter 10 (Foto oleh Alif Ghifari @lifgift)

Mengusung kampanye #AutisBerdaya, NusantaRun mengajak pelari untuk berlari sekaligus menjadi fundraiser NusantaRun Chapter 10. Nikmati lari sejauh 123 kilometer (Blitar ke Bromo).

 

Rayakan Kebaikan NusantaRun Chapter 10 merupakan acara puncak sekaligus penutup NusantaRun Chapter 10. Dihadiri oleh pelari, relawan, donatur, mitra program serta media pada Sabtu, 4 Februari 2023 di Kopi Kalyan Wijaya, Jakarta Selatan.


"Wow sudah chapter 10, kemana aja saya selama ini huhu!" itu adalah reaksi saya ketika kali pertama melihat informasi tentang penyelenggaraan NusantaRun Chapter 10 berlari sejauh 123 KM (Blitar-Bromo) di instagram @nusanta.run dan rasa kagum terhadap para pelari yang mampu menyelesaikan lari dengan jarak ratusan kilometer bukan 42KM (marathon).

 
Sebagai pelari baru, saya cukup terkesan dengan kegiatan ini, selain mempromosikan gaya hidup sehat dengan berlari jarak jauh (ultra marathon) tapi juga peduli dengan pendidikan di Indonesia.
 
Wah, ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi saya, kapan lagi bisa berlari sambil menjadi fundraiser untuk pendidikan di Indonesia. Elly Nurul - Peserta Virtual Challenge NusantaRun Chapter 10

 
Menyadari belum bisa berlari jarak jauh secara langsung 123 kilometer (dengan waktu yang ditentukan), maka saya memilih sebagai peserta virtual saja, karena larinya bisa dicicil hehe
 
Nah, sebelum saya bercerita tentang Rayakan Kebaikan NusantaRun Chapter 10, kita kenalan dulu yuk dengan NurantaRun supaya tambah sayang dan siapa tahu kamu tertarik juga untuk menjadi pelari sekaligus fundraiser untuk NusantaRun Chapter 11.
 
 

Tentang NusantaRun

NusantaRun merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Yayasan Lari Nusantara
yang menyatukan tiga pilar yaitu, cinta Indonesia dengan mengunjungi tempat-tempat terbaik dan terindah di sepanjang rute lari; mempromosikan gaya hidup sehat dengan berlari jarak jauh atau ultramarathon; serta peduli dengan pendidikan Indonesia.

 
NusantaRun diprakarasai oleh Christopher Tobing dan Jurian Andika pada 2013. Selama delapan tahun berlari, NusantaRun sudah menempuh jarak kurang lebih 872,5 kilometer yang terbentang dari Jakarta hingga Jawa Timur.
 
NusantaRun akan terus berlari mengelilingi Indonesia. Secara kuantitatif, 1564 pelari; 25164 donatur; 1386 relawan; dan 10 mitra program berkontribusi menyukseskan event NusantaRun sekaligus ambil bagian mengakselerasi pendidikan Indonesia.
 
Mengusung misi menggalang dana untuk program pendidikan dengan cara berlari, NusantaRun sudah berhasil mengumpulkan donasi sebesar 11,2 miliar rupiah untuk berbagai program pendidikan yang melibatkan guru, siswa, dan orang tua sebagai penerima manfaat program.
 

Sejak pandemi Covid-19, tepatnya pada 2020, event NusantaRun diselenggarakan secara virtual dengan menggandeng JawaraVR. Tahun 2022, NusantaRun kembali diselenggarakan secara virtual dengan pertimbangan kesehatan dan keselamatan. 

 
Karena saya sebagai peserta virtual challenge, maka saya akan berbagi info tentang virtual challenge ya.. walaupun ada kategori lain yaitu full dan half course


 

Kategori Virtual Challenge NusantaRun Chapter 10

Ada dua kategori virtual challenge NusantaRun Chapter 10, yaitu :

  • Individu
  • kelompok yang terdiri dari 4 (empat) orang Peserta.
 
Peserta virtual challenge baik individu maupun kelompok harus berlari dengan jarak minimal 123 km dalam waktu maksimal 20 hari dan maksimal 20 aktivitas lari, yaitu dalam rentang waktu tanggal 2-21 Desember 2022.
 

Untuk kategori individu, peserta tersebut harus menempuh seluruh 123km sendiri. Sedangkan untuk kategori kelompok, masing-masing peserta yang merupakan anggota kelompok menempuh jarak 31km.

 
Peserta bebas menentukan jarak lari per hari, pemilihan rute dan rentang waktu berlari, karena keputusan menjadi tanggung jawab peserta.
 

Virtual Challenge Start and Finish

  • Virtual start: 2 Desember 2022
  • Virtual finish: 21 Desember 2022

 
Peserta mulai berlari pada tanggal 2 Desember 2022 sampai dengan tanggal 21 Desember 2022 (20 hari). Jika peserta individu ingin menempuh jarak minimal 123 km dalam waktu 20 hari, maka peserta individu dapat berlari 6.15 km per hari.

 
Untuk peserta yang tergabung dalam kategori kelompok (4 orang), pemilihan rute masing-masing peserta anggota kelompok tidak harus sama lho, intinya dalam waktu 20 hari setiap orang dalam kelompok sudah menyelesaikan lari dengan jarak 31km (123 km dibagi 4 peserta).

Baca juga ; Yuk Ah, Jangan Mager


Pendaftaran Virtual Challenge

  • Peserta mendaftarkan diri melalui JawaraVR.
  • Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.
  • Peserta menjamin bahwa sepanjang pengetahuannya, Peserta tidak sedang menderita penyakit yang diakibatkan, baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh infeksi virus COVID-19, baik pada saat mendaftar maupun saat mengikuti Acara.
  • Peserta SANGAT DISARANKAN untuk meminta saran medis dari dokter jika Peserta merasa ragu atas kondisi kesehatannya sebelum berpartisipasi dalam Acara.
  • Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing dapat mendaftar untuk Acara ini.
  • Siapapun yang ingin berpartisipasi dalam Acara sebagai Peserta harus berusia 18 (delapan belas) tahun ke atas pada tanggal 2 Desember 2022.
  • Peserta harus menghubungkan activity tracker Peserta dengan JawaraVR. Sinkronisasi antara perangkat pencatatan aktivitas masing-masing Peserta dengan JawaraVR adalah kewajiban setiap Peserta.
  • Akurasi data aktivitas Peserta menjadi tanggung jawab Peserta. Penyelenggara Acara tidak bertanggung jawab akan perbedaan jarak antara perangkat pencatatan aktivitas Peserta dengan JawaraVR.
  • Peserta harus memasukkan bukti pencatatan aktivitasnya, antara lain berupa URL activity tracker nya atau screenshot selama periode pelaksanaan Acara.

 

 Baca juga : Catatan Pelari Baru Tentang Jakarta Marathon


Penggalangan Dana

Ini yang menarik buat saya, dengan mendaftar sebagai peserta virtual challenge NusantaRun Chapter 10, berarti peserta telah terikat untuk menggalang dana melalui www.kitabisa.com yang diawasi oleh Penyelenggara Acara. Periode penggalangan dana adalah tanggal 2 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

 
Peserta (kategori individu dan masing-masing individu dalam kategori kelompok) harus mencapai donasi minimum sebesar Rp500.000 (lima ratus ribu Rupiah) selambatnya pada tanggal 8 Januari 2023 (Donasi Minimum).
 

Jika peserta gagal untuk mencapai donasi minimum yaitu Rp. 500.000,- pada tanggal 8 Januari 2023 akan mempengaruhi kemungkinan peserta untuk berpartisipasi pada acara virtual challenge NusantaRun mendatang.

 

rayakan kebaikan nusantarun chapter 10
Total donasi dalam NusantaRun Chapter 10

 

Rayakan Kebaikan NusantaRun Chapter 10

Alhamdulillah, saya sebagai peserta virtual challenge kategori individu sudah berhasil menyelesaikan berlari sejauh 123 KM, dengan catatan waktu 16:22:51 dan berada di posisi ke 7.

Bagi saya pencapaian ini sangat luar biasa, dimana saya harus menyemangati disi sendiri untuk bisa menyelesaikan tantangan berlari sejauh 123 KM.

rayakan kebaikan nusantarun chapter 10
Rayakan Kebaikan NusantaRun Chapter 10

 

Sebagai wujud rasa syukur, NusantaraRun mengadakan acara Rayakan Kebaikan NusantaRun Chapter 10 pada Sabtu, 4 Februari 2023 di Kopi Klayan Wijaya, Jakarta Selatan yang dihadiri oleh pelari, relawan, donatur, mitra program serta media.

 
Acara Rayakan Kebaikan NusantaRun Chapter 10 dimulai dengan berlari sejauh 5K, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, pengumuman total donasi, pengumuman top 10 fundraiser serta pengumuman NusantaRun Chapter 11.
 
 
Sebelum acara ditutup, kita semua dikejutkan dengan kehadiran spesial guest yaitu RAN. Yeah!!! menyanyikan dua buah lagu dengan sangat apik.

rayakan kebaikan nusantarun chapter 10
Rayakan Kebaikan Nusantarun Chapter 10 bareng RAN (Foto Alif Ghofari @lifgift)


Walaupun hanya dua lagu, tapi semua peserta yang hadir nampak bahagia karena bisa merayakan kebaikan NusantaRun Chapter 10 dengan sangat baik.
 
 
Harapan saya, NusantaRun dapat terus berjalan setiap tahun dan semoga semakin banyak para pelari yang berpartisipasi sehingga semakin banyak juga orang orang baik yang mau berdonasi untuk pendidikan di Indonesia.

rayakan kebaikan nusantarun chapter 10
Alhamdulillah peringkat 7 dalam Virtual Challenge Individu NusantaRun Chapter 10

 

Sampai jumpa di Rayakan Kebaikan NusantaRun Chapter 11 ya.. Aamiin YRA semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat sehingga dapat terus melakukan kebaikan.
 
Untuk informasi terbaru tentang NusantaRun silahkan follow instagram @nusanta.run
 
Salam hangat,

Elly Nurul

 

Tidak ada komentar