Serunya Germas “Healthies Run 5K”, Yuk Ah Jangan Mager

germas-jangan-mager

Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) seperti melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari, mengonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, serta cek kesehatan secara berkala.



Healthies Run 5K sebagai salah satu kegiatan aktifitas fisik dalam germas sekaligus mengajak masyarakat untuk jangan mager.


Holla,

Akhirnya, Minggu 6 Oktober 2019 saya kembali menyelesaikan olahraga lari 5K. Duh baru 5K aja udah bangga sih? bangga dong daripada cuma dirumah aja alias mager, yuk ah jangan mager.

Menjadi seorang Ibu dengan 2 anak itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, walaupun aktifitas harian yang saya kerjakan sudah lumayan banyak melakukan aktifitas fisik, namun rutin melakukan olahraga bisa membuat fisik dan pikiran menjadi lebih segar.

Olahraga lari merupakan hobby saya sejak saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), entah siapa yang membuat saya menyukai olahraga lari. Sampai akhirnya sering mengikuti lomba lari maraton dan punya punya kebiasaan baik, yaitu selalu olahraga lari dengan keliling GBK di minggu pagi sebelum saya mengikuti ujian sekolah.

Karena bagi saya, ujin sekolah akan berjalan lancar jika fisik dan pikiran kita juga sehat. Seperti mendapat energi baru untuk menghadapi ujian sekolah dan Alhamdulillah saya mendapatkan manfaat dari olahraga lari tersebut.

Duh kok saya jadi curhat gini sih tentang manfaat lari sebagai pemicu semangat belajar saya hehe.. ngga apa apa ya semoga aja ada yang mau coba untuk menerapkan hal tersebut ke anak anaknya atau diri sendiri juga boleh.

germas-jangan-mager
Ibu Nila Moeloek, Menteri Kesehatan RI saat mengikuti Healthies Run 5K


GERMAS "Healthies Run 5K" Jangan Mager

Biasanya mengikuti olahraga lari di daerah Sudirman, namun kali ini berlari menelusuri jalan HR. Rasuna Said dan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Healthies Run 5 K ini merupakan rute lari baru bagi saya dan saya begitu bersemangat, karena bisa mengikuti olahraga lagi yang digagas oleh Kementerian Kesehatan RI dan infonya akan diikuti juga oleh Menteri Kesehatan Ibu Nila Moeloek.

germas-jangan-mager
Rute Healthies Run 5K


Uniknya lagi dalam Healthies Run 5K ini ada perlombaan dengan kostum terbaik dan juga kreatif dengan tema kesehatan lho, tentunya peserta yang mengikuti perlombaan ini harus memenuhi syarat dan ketentuannya.

Syarat dan Ketentuan Lomba

  • Berkreasi lari dengan konstum terbaik yang unik dan kreatif dengan tema kesehatan.
  • Lari wajib menggunakan nomor BIB tertempel di kostum maupun kaos lari official
  • Apalagi peserta menggunakan kostum full body, tetap wajib membawa kaos lari official.
  • Upload foto di instagram tag dan mention @kemenkes_ri dan hastaq #Healthiesrun5k #JanganMager #GenerasiSehat
germas-jangan-mager
Lari dengan Kostum Terbaikmu di Healthies Run 5K

Seperti event event lari lainnya, sebelum melepas para pelari untuk menyelesaikan lari dengan waktu terbaiknya, ada sambutan dari pihak penyelenggara, saat itu Menteri Kesehatan Ibu Nila Moeloek memberikan kata sambutan sekaligus pesan pesan kepada peserta yang hendak mengikuti Healthies Run 5K.

"Mari bersama membudidayakan GERMAS untuk memulai hidup bersih dan sehat" Nila Moeloek, Menteri Kesehatan RI

Para peserta Healthies Run 5K tidak perlu khawatir kehabisan energi, saat di rute 2,5 KM ada water station, disini pelari dapat sedikit melepas dahaga dengan minum air mineral. Dan juga disediakan mobil ambulance yang siap berjaga jika ada pelari membutuhkan.

germas-jangan-mager
Water Station di Healthies Run 5K


Selepas Healthies Run 5K, beserta menerima medali sebagai bukti telah menyelesaikan lari sejauh 5K, tak hanya itu pelari juga dimanjakan dengan cek kesehatan, minum jamu gratis dan juga zumba lho.

germas-jangan-mager
Minum Jamu Gratis setelah Healthies Run 5K


germas-jangan-mager
Cek Kesehatan Gratis Setelah Healthies Run 5K

germas-jangan-mager
Zumba setelah Healthies Run 5K

Nah, sebelum pengumuman pemenang lomba, Ibu Nila melepas balon sebagai tanda sekaligus harapan bahwa GERMAS harus dilakukan mulai sekarang sebagai awal untuk memulai pola hidup bersih dan sehat.

Inilah sang juara, ada pelari tercepat, tertua, termuda, dan terunik. Selamat untuk para pemenang.

germas-jangan-mager
Pemenang Lomba Lari Tercepat, Kostum Terbaik dan  Pelari Termuda

--

Kesimpulan

  1. Kegiatan Healthies Fun Run 5K ini dalam rangka kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diikuti 1000 peserta yang terdiri dari berbagai macam komunitas.
  2. GERMAS adalah gerakan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk mengajak masyarakat Indonesia melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari, mengonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, serta cek kesehatan secara berkala.
  3. Tujuan GERMAS untuk menjalani gaya hidup lebih sehat
  4. Gaya hidup sehat banyak manfaatnya lho, seperti meningkatkan kualitas kesehatan, meningkatkan produktivitas, mengurangi resiko PTM dan mengurangi biaya berobat.
germas-jangan-mager
Medali Healthies Run 5K

Gimana nih, minggu pagi kamu masih dilakukan dengan aktifitas dirumah saja, yuk ah jangan mager, lakukan aktifitas fisik, olahraga secara teratur dan kamu bisa melakukan olahraga lari seperti aku juga lho.

Sudahkah kamu membudayakan germas dalam kehidupan sehari-hari? yuk ah jangan mager.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

8 komentar:

  1. seru banget ya healthy run ini, semoga sehat selalu Mba

    BalasHapus
  2. Sahabatku yang kerja di Jakarta rutin banget ikutan acara lari ini, aku ga tahu deh ikutan ga yang event ini bahkan acara yang di Yogya aja dikejarin salut deh sama motivasinya aku udah ga kuat euy lari2 hanya bisa lari di tempat hahaha

    BalasHapus
  3. Sudah lama banget, tak pernah lari.
    Paling banter jalan cepat, bahahaha

    Baidewei,
    Itu acaranya seru banget, usai lari, ada zumba pulak!
    Alamak!
    Asoi geboy, hihihi.

    Seru banget harimu ya, mba!

    BalasHapus
  4. Pantes aja Elly selalu terlihat fresh dan bodynya tetap ok, rupanya karena rajin berolahraga, terutama lari yaa.

    Olahraga lari ini sepertinya dalam 3 tahun belakangan ini emang lagi marak yaa. Makanya sering ada lomba marathon.

    Saya sih paling gak bisa lari lama atau jauh, karena pasti punggung saya langsung nyeri. Entah kenapa... Jadi kalo olahraga, paling jalan santai aja atau ikut aerobic di yutub. Hehehe...

    BalasHapus
  5. Mbak elly kok samaan sih hobinya lari dari sejak dulu masih sekolah. Akupun dulu pas masih sekolah paling suka olahraga lari ketimbang olahraga lainnya hihi.
    Tapi kalo sekarang lebih seringnya olahraga zumba sih. Lari palingan yaaa seminggu sekali doang hehehe.

    Itu acaranya seru bangeeet. Dan ada zumba nya juga pulaaa

    BalasHapus
  6. Aku tuh udah jarang olahraga kayak gini...rasanya mager apalagi 5k

    Padahal penting banget olahraga gini bisa bikin kurus dan sehat

    BalasHapus
  7. Huehehe aku nih mba, udah semingguan mager buat olahraga hiks. Wuih ternyata hobi lari mbanya udah sejak lama ya. Keren ini acara lari 5k. Ada cek kesehatan gratis, minum jamu dan zumba. Mana ada lomba kostum lari unik pula.

    BalasHapus
  8. Seneng banget kalau ada giat begini. Kt sehat dan sejenak mingle sama org2 tanpa harus sibuk trs sama gadget.

    Trs badan bugar n jd segar jg sehat. So happy. Ak pgn jd sehat jg nih, tp ak malas makan sayur. Suka kecewa kadang sayur yg kumakan bau pestisida.

    Jd mikir gmn bs kt sehat, sayur kadang ngga layak. Jd ak suka beli yg hydroponik. Tp ga tiap hari. Mahallll.

    Cuma sekarang kurang bgt olahraganya. Semoga abis liat ini ak jd semangattt lari lg.

    BalasHapus

Instagram