Sun Life Resolution Run Indonesia, Resolusi Sehat Awali Tahun Barumu

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu

Tak sedikit orang yang paham risiko dari gaya hidup tak sehat. Namun seberapa yang benar-benar tergerak untuk mulai memperhatikan kesehatan? Resolusi sehat, merupakan aksi nyata dan lebih dari sekedar komitmen.

Komitmen dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan sejalan dengan kampanye “Live Healthier Lives”, Sun Life ingin menginspirasi keluarga Indonesia untuk hidup sehat dan aktif lewat acara seru Sun Life Resolution Run Indonesia.


Dear Healthy People,

Berbicara tentang resolusi, adakah yang memiliki resolusi sehat di tahun 2019 ini? lalu, bagaimana dengan resolusi tahun lalu? apakah semua resolusi sudah terwujud?

Setiap orang tentu memiliki resolusi setiap tahunnya, dan tak jarang resolusi untuk menjadi lebih sehat menjadi harapan banyak orang. Lalu apakah resolusi menjadi lebih sehat sudah dijalankan dengan maksimal?

Termasuk saya nih, tahun lalu punya resolusi hidup sehat dengan mengurangi makanan yang mengandung minyak, gula dan garam. Duh, tapi pada kenyataannya, sering banget ngelanggar, tetap makan gorengan, minuman manis dan lainnya.

Ditambah dengan aktifitas harian saya yang lebih banyak duduk, berlama-lama di depan laptop, serta didampingi makanan dan minuman. Hal tersebut membuat saya kurang banyak bergerak.

Asupan makanan dan minuman banyak, tetapi tidak diimbangi dengan aktifitas fisik dan olahraga, alhasil berat badan saya naik 5 kilo ditahun 2018 lalu.

Apa yang saya alami, ternyata banyak dialami oleh orang lain juga lho.. angka prevalensi kelebihan berat badan (overweight) yang dialami masyarakat di Indonesia mengalami peningkatan di tahun 2018.

Hasil RISKESDAS 2018 tentang Overweight dan Obesitas

Hasil RISKESDAS 2018 ini disampaikan oleh Ibu Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia saat menggelar jumpa pers tentang Sun Life Resolution Run Indonesia di CGV, FX Sudirman, Jakarta (17/01/19).
  • Angka prevalensi kelebihan berat badan (overweight) pada generasi produktif Indonesia (usia di atas 18 tahun) mengalami peningkatan, dari 11,3% pada 2013, menjadi 13,6% pada 2018.
  • Angka prevalensi obesitas, dari 14,8% di 2013 menjadi 21,8% di 2018

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu
 Ibnu Jamil, Event Ambassador Sun Life Resolution Run Indonesia, Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia, Dr. Grace Joselini, Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018 dan Kelly Tandiono, Event Ambassador Sun Life Resolution Run Indonesia


Tingginya prevalensi overweight dan obesitas yang terjadi di masyarakat Indonesia, berbanding lurus dengan kurangnya aktivitas fisik dan ditunjukkan dengan peningkatan jumlah masyarakat yang dinilai kurang gerak - dari 26,1% pada 2013, menjadi 33,5% di 2018.

Fakta ini sejalan dengan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index yang menemukan bahwa profesional muda di Asia saat ini terancam masuk dalam kategori ‘Generasi O’ yaitu generasi yang :
  • Terlalu banyak bekerja (overworked)
  • Banyak makan tidak sehat (overeating)
  • Hidup makin kewalahan (overwhelmed)

Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur, Kurangi Risiko Penyakit

Dr. Grace Joselini, yang merupakan Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018 menjelaskan, “Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kondisi kesehatan, serta kualitas hidup secara menyeluruh". 

Sebagai langkah awal, olahraga mendasar seperti lari dapat dijadikan pilihan yang tepat. Karena jika dilakukan secara rutin, dengan intensitas sedang hingga tinggi (3-5 kali per minggu), olahraga lari dapat membantu mencegah obesitas, meningkatkan kebugaran tubuh, hingga akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas.

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu
Dr. Grace Joselini, Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018

Fakta!, Minat Masyarakat Terhadap Olahraga Lari Sangat Tinggi.

Berdasarkan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index di 2016/2017, 60% responden memilih melakukan olahraga lari, dibanding jenis olahraga lainnya.

Hal ini juga dibuktikan dengan catatan jumlah kompetisi lari yang digelar di Indonesia sepanjang 2018 mencapai lebih dari 340 kompetisi. Wow, banyak juga ya kompetisi lari di Indonesia.

“Ajang kompetisi dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat dan motivasi berolahraga, karena dilakukan secara bersama-sama, serta dapat membantu memacu diri untuk terus berlatih”. Dr. Grace Joselini, Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018

Sun Life Resolution Run Indonesia

Berangkat dari kepedulian akan kesehatan generasi saat ini, Sun Life menggelar ‘Sun Life Resolution Run 2019’ yang mengajak masyarakat untuk mengambil langkah pertama dalam menerapkan gaya hidup sehat, sebagai resolusi penting dalam mengawali tahun yang baru

Kegiatan ini sekaligus mempertegas komitmen Sun Life Indonesia dalam mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial.”

“Digelar di awal tahun, ‘Sun Life Resolution Run 2019’ menjadi momentum yang pas untuk memulai resolusi hidup yang lebih sehat. Melalui kegiatan ini, Sun Life juga ingin mengajak dan memotivasi berbagai generasi untuk mencapai resolusi yang mereka tetapkan, karena resolusi lebih dari sekedar komitmen, ini tentang melakukan aksi nyata” Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu
Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia

‘Sun Life Resolution Run’ sendiri merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Sun Life di 5 negara di Asia yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan Vietnam.

Waktu Penyelenggaraan Sun Life Resolution Run 2019

Hari & Tanggal : Minggu, 20 Januari 2019
Tempat : ICE, BSD, Tanggerang Selatan

Kategori Lomba Sun Life Resolution Run Indonesia

Di Indonesia, ini adalah kali pertama ‘Sun Life Resolution Run Indonesia’ digelar, dan akan hadir dalam 3 kategori lomba yaitu
  • 5K
  • 10K
  • Family Run 1.5K

Tata Cara Pengambilan Perlengkapan Lomba Sun Life Resolution Run Indonesia

  • Hari/Tanggal : Kamis-Jum’at/17-18 Januari 2019
  • Jam : 11:00 – 20:00 WIB
  • Lokasi : FX Sudirman F3, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta
Membawa dokumen-dokumen berikut pada saat pengambilan perlengkapan lomba:
  • Print out email konfirmasi pendaftaran
  • Identitas asli (KTP/KITAS/Kartu Pelajar)
  • Fotocopy Identitas (KTP/KITAS/Kartu Pelajar)
sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu
 Pengambilan Perlengkapan Lomba Sun Life Resolution Run Indonesia di F3,FX Senayan, Jakarta
 

Apakah pengambilan perlengkapan bisa diwakilkan? Tentu saja bisa, pastikan orang yang mewakili kamu harus membawa:
  • Print out email konfirmasi pendaftaran
  • Fotocopy Identitas peserta dan yang mewakili
  • Surat kuasa
So, pastikan kamu mengambil perlengkapan lomba pada tanggal dan jam yang telah ditentukan ya, karena pengambilan perlengkapan pada hari H tidak akan dilayani.

Shuttle Bus

Untuk mudahkan akses transportasi menuju area acara Sun Life Rosulution Run Indonesia, kamu juga bisa menggunakan shuttle bus.

Jangan lupa daftarkan diri kamu untuk shuttle bus pilihan saat pengambilan perlengkapan lomba di FX Sudirman F3 pada tanggal 17-18 Januari 2019.

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu


Keberangkatan
  • Halte Gelanggang Olahraga Rawamangun, pukul 03:30 WIB
  • Depan Cilandak Town Square, pukul 04:00 WIB
  • Halte FX Sudirman, pukul 04:00 WIB
Kepulangan
Lokasi lomba di ICE BSD, pukul 10:15 WIB (Berlaku untuk seluruh titik keberangkatan)

Catatan:
  • Bagi yang ingin menggunakan shuttle bus, harap mendaftar pada saat pengambilan perlengkapan lomba
  • Hanya ada 1 bus untuk setiap titik keberagkatan, harap hadir sesuai jadwal keberangkatan

Cut Off Time

Untuk mendukung kelancaran acara, harap para peserta dapat hadir tepat waktu, sesuai dengan jadwal kategori lomba yang diikuti.

Ini dia waktu dimulainya lomba lari dan cut off time:
  • Kategori 10K : 06:00 WIB (cut off time: 2 jam)
  • Katogori 5K: 06:15 WIB (cut off time: 1,5 jam)
  • 1,5K Family Run: 07:00 WIB (cut off time: 30 menit)
Para peserta disarankan untuk mulai berkumpul di lokasi pada jam 05:00 WIB

Peta Rute dan denah Race Village Sun Life Resolution Run

Selain fisik yang bugar, lari juga memerlukan strategi agar target bisa tercapai. Tak hanya strategi kecepatan, mengetahui rute lintasan lari juga sama pentingnya.

Ini dia rute lintasan yang akan dilalui oleh peserta sesuai kategori jarak lari.

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu 

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu 

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu

Medali dan Jersy

Dalam kompetisi lari, selain membersiapkan diri, medali dan jearsy kompetisi sangat dinanti-nanti oleh peserta kompetisi. Ini dia medali dan kaos jersy yang akan didapatkan oleh seluruh peserta Sun Life Resolution Run Indonesia pada tanggal 20 Januari 2019.

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu 

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu 

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu


Be Healthy and Have Some Fun

Tidak hanya menjadi lomba lari yang membantu mewujudkan resolusi sehatmu, Sun Life Resolution Run Indonesia adalah event yang super fun! karena akan ada beragam aktivitas menarik di booth Sun Life, Resolution Wall, 180 photo booth, mini games, free juice dan merchandise Sun Life.

Wah jadi tambah penasaran nih, udah ngga sabar buat datang keacaranya... Oh iya setelah lomba lari selesai, jangan lewatkan untuk menikmati berbagai aktivitas menarik di lokasi lomba.

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu


Gerakan Kolektif untuk Melawan Diabetes

Selain menjadi ajang perwujudan resolusi untuk diri sendiri, ‘Sun Life Resolution Run 2019’ juga mengajak pesertanya untuk ambil bagian dalam gerakan kolektif untuk melawan diabetes.

Karena, seluruh biaya pendaftaran yang dibayarkan peserta, akan didonasikan untuk mendukung edukasi dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia.

Sun Life ajak peserta Sun Life Resolution Run 2019 untuk ambil bagian dalam gerakan kolektif untuk melawan diabetes.

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu


Event Ambassador Sun Life Resolution Run Indonesia

Selain melibatkan masyarakat umum, turut berpartisipasi pada kegiatan ini, dua public figure yang juga terus mengampanyekan pentingnya hidup sehat, dan telah rutin melakukan aktivitas olahraga lari yaitu  Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono.

Bersama Sun Life, Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono terlibat aktif menggaungkan semangat ‘Live Healthier Lives’, untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

10 Tips Cegah Cedera Saat Lari dari Ibnu Jamil, Event Ambassador Sun Life Resolution Run Indonesia

  • Saat latihan, tingkatkan jarak lari secara bertahap
  • Kenali medan berlari
  • Lakukan olahraga lain selain lari
  • Istirahat yang cukup
  • Mengkonsumsi nutrisi bergizi seimbang
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan
  • Lakukan peregangan sebelum memulai lomba lari
  • Jangan memaksakan untuk menyelesaikan lomba apabila kondisi tubuh sudah tidak mendukung
  • Apabila mengalami cedera, jangan memaksakan berlari
sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu 
Ibnu Jamil, Event Ambassador Sun Life Resolution Run Indonesia

5 Tips untuk persiapan lomba lari oleh Kelly Tandiono, Event Ambassador Sun Life Resolution Run Indonesia

  • Lakukan latihan 1 bulan sebelum lomba, setidaknya 2-3 kali seminggu
  • Latihan tidak hanya berlari, tetap juga dikombinasikan dengan strength and core training
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan multivitamin seperti omega 3
  • Sebelum lomba, beristirahat yang cukup dan lakukan pemanasan serta peregangan supaya tidak cedera
  • Berolahraga seharusnya menjadi kegiatan yang menyehatkan dan menyenangkan. Dengarkan tubuh dan kenali batasan anda
Jadi dalam berlari kita juga harus mengenali batasan masing-masing, karena sejatinya olahraga adalah aktivitas yang menyenangkan, bukan menyiksa.

sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu 
Kelly Tandiono, Event Ambassador Sun Life Resolution Run Indonesia

Persiapan Sun Life Resolution Run Indonesia

Banyak persiapan yang dilakukan oleh Sun Life Indonesia dalam mewujudkan Sun Life Resolution Run Indonesia, diantaranya yaitu :

Kompetisi Resolusi Sehat

Kompetisi ini diadakan di Instagram, yaitu peserta diminta untuk membagikan cerita tantangan hidup sehatnya, cerita tentang apa saja usaha yang sudah dilakukan untuk mencapainya dan bagaimana hasilnya. Cerita dengan foto yang menggambarkan isi cerita tantangan hidup sehatnya.

Peluncuran Acara Sun Life Resolution Run 2019

Acara ini digelar pada tanggal 8 November 2018 yang diikuti oleh seluruh karyawan Sun Life dan dihadiri pula oleh rekan-rekan media.

Office to Office

Dalam rangka sosialiasai acara Sun Life Resolution Run, diadakan program office to office periode bulan November – Desember 2018 yaitu:
  • Menara Karya (12-16 November 2018)
  • Menara Sentrya (26-30 November 2018), Sampoerna Strategic Square (3-7 Desember 2018) dan
  • Thamrin Nine (10-14 Desember 2018).
Dalam program office to office tidak hanya melakukan pendaftaran lomba, tetapi juga seru-seruan bareng tim Sun Life, seperti main Nintendo Wii dan menyelesaikan berbagai tantangan juga.

--
sun life resolution run indonesia resolusi sehat awali tahun barumu


Bagaimana healthy people, event yang seru dan inspirasif ya.. sangat membantu banget untuk mengawali resolusi sehatmu diawal tahun 2019 ini.

Agar kamu mendapatkan hasil maksimal dalam kompetisi lari, ada 3 (tiga) hal penting yang perlu diperhatikan untuk meraih hasil yang maksimal pada saat berkompetisi dan di luar kompetisi, antara lain:
  • Menjaga asupan yang sesuai
  • Mengenali kondisi diri
  • Serta melakukan latihan secara rutin.
Namun perlu diingat, menjalani pola hidup sehat bukan sekedar mampu menyelesaikan kompetisi dengan baik, namun merupakan komitmen berkelanjutan yang membutuhkan kesinambungan antara aktivitas fisik rutin, dengan aspek kesehatan lain seperti pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup ya..

Yuk, buat dan wujudkan resolusi tahun barumu dimulai dengan mengikuti ajang lomba lari Sun Life Resolution Run 2019. Karena resolusi lebih dari sekedar komitmen, ini tentang aksi nyata.

Setiap orang punya motivasinya sendiri untuk selalu sehat dan bisa bekerja dengan baik. Nah, bagimana dengan kamu?
Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

23 komentar:

  1. Halooo mb Elly pa kabar? Waaaahhh asik nih ada lari2an lagi dari Sun life. Paling enak sih yg Family Run ya hanya 1,5 km. Lainnha kan 3 n 5 km �� Memang sih diabetes itu penyakit yang bisa diturunkan dari orangtua. Tapi kita bisa meminimalisasi bahkan mencegahnya jika rajin olahraga. Seputar Sudirman enak nih keliling2 sambil cuci mata gedung bertingkat hihihi... Daftar ah.

    BalasHapus
  2. Iyes, ku setuju banget deh sama pernyataan "Karena resolusi lebih dari sekedar komitmen, ini tentang aksi nyata". Well, resolusi itu harus dibarengi dengan komitmen dan aksi nyata. Kalau udah komitmen untuk hidup sehat ya, mulai dengan memperhatikan menu gizi seimbang, berolahraga secara teratur dls.

    Bisa juga ikut sun life resolution ini, kapan lagi lari sambil berdonasi juga? Keren nda tuh :) Btw Motivasiku untuk hidup sehat sih, ingin menua dalam keadaan sehat bugar dan nda ngerepotin banyak orang :)

    BalasHapus
  3. Setuju sekali dengan pernyataan di awal tulisan ini. Resolusi dan apapun yang terkait komitmen memang tidak mudah dijalani. Namun tiada gunanya bila segala rencana indah itu tidak diwujudkan dengan aksi nyata.

    BalasHapus
  4. Setuju bangat Mba Elly, betapa pentingnya gerak aktif agar kita terhindar dari berbagai penyakit.

    Dan asyik bangat ini Sun Life Resolution Run 2019, saya jadi pengen ikutan tapi yang 5K aja hehehe

    BalasHapus
  5. Wah ada lomba lari lagi? Kali ini dari sunlife ya. Jadi kalau dari Depok berangkatnya dari Detos ya. Suka sama tipsnya. Olahraga adalah kegiatan yang menyenangkan jadi kenali tubuh dan batasannya. Yes, banget itu. Jadi kita punya alarm tubuh kita ya, Mba

    BalasHapus
  6. Duh aku udah lama banget nggak olahraga. Ngebayangin lari aja aku udah mager duluan kaak. Hehehe. Mungkin karena nggak terbiasa olahraga lari ya, tapi emang olahraga itu harus dipaksain sih untuk kesehatan diri.

    BalasHapus
  7. Mbaa, aku pun merasa kurang olahraga nih :( Bergerak pun seringkali aku merasa kurang. Membaca tulisan ini sungguh memotifasi aku buat bergerak dan beraktifitas lebih banyak. Sun life memang oke banget mendorong orang buat hidup sehat

    BalasHapus
  8. Resolusi saya ingin berat badan kembali ideal huhu, olahraga memang lebih seru dilakukan ramai-ramai ya, seperti fun run yg diadakan Sun Life ini 😁

    BalasHapus
  9. Makin sering diadain event lomba lari, berarti semakin banyak orang yang peduli untuk hidup sehat dengan berolahraga.

    BalasHapus
  10. Sama nih Elly, aku lagi ngurangin garam dan gula, perjuangan banget lho ini, malah suka bikin aku sakit kepala macam vertigo. Mungkin cara ngurangin yg efektif itu ya memang dengan berolahraga seperti berlari ini kali ya

    BalasHapus
  11. Wah ada lomba lari juga...jadi aware banget abis baca tulisan ini untuk menjaga pola makan dari gorengan maupun gula untuk hidup sehat

    BalasHapus
  12. Menarik banget ajang lari dari sun life ini. Ga hanya mengajak untuk mulai menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga saja, tapi juga mulai dengan kesadaran melalui charity utk diabetes dan obesitas.
    Benar sih resolusi harus di imbangi dengan komitmen dan aksi nyata.
    duuhhh..jd pingin lebih rutin lagi olahraga lari. Sebab banyak manfaatnya juga ya

    BalasHapus
  13. Tahun ini pokoknya mesti lebih disiplin memulai pola hidup sehat dibanding tahun kemarin yang masih suka on off. Semoga.

    BalasHapus
  14. Aku lagi dikasih sakit nih dari awal tahun 2019, alhamdulillah, jadi semacam wake up call buat kembali hidup sehat

    BalasHapus
  15. Obesitas, stroke, Kolesterol saat ini jadi penyakit yang sering muncul kepada siapapun, tidak orang kota, tidak orang desa. Olahraga dan gaya hidup sehat sudah seharusnya kit terapkan tanpa harus ditawar ya.

    BalasHapus
  16. Wah acara mantaps nih semoga gaya hidup sehat bisa kita terapkan. Dgn berbagai fasilitas, kondisi skrg memang membuat kita agak sulit menerapkannya kalau komitmen kurang kuat..hehe..

    BalasHapus
  17. Duh, bikin kepengen ikut event lari ini deh. Tapi sekarang mah udah susah. Gak kayak dulu zaman kuliah. Btw, medalinya keren ya

    BalasHapus
  18. Keren ya evennya sunlife... kapan ya ada di Makassar. Semoga dengan event ini, makin banyak org yang mampu memahami arti oenting menjaga kualitas hidup dengan berolahraga dan menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  19. Keren nih Sun Life Resolution Run’ ternyata diselenggarakan di 5 negara di Asia yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan Vietnam bahkan menjadi agenda rutin setiap tahun, jadi pengen ikut yang 5K jika nanti saat diadakan lagi hehehe

    BalasHapus
  20. Aku suka lihat Kelly Tandiono. Muda, berbakat dan energik. Cocok dipilih sebagai brand ambass. Kita memang harus bergerak aktif supaya sehat dan terhindar dari penyakit.

    BalasHapus
  21. Semoga resolusi sehat gak sekadar resolusi aja ya mbak, mesti bertekad buat menjaga pola hidup sehat. Terlenih cuaca sedang gak menentu gini

    BalasHapus
  22. Iya ya..terakhir belakangan ini semakin banyak orang yang gemar berolahraga terlihat dari tempat gym yang ramai pun acara running yang kian banyak diadakan. Semoga sih kesadaran akan sehat itu bukan sekedar untuk kompetisi tapi juga lebih prioritas pada kesehatan. Semoga saja sunlife mengadakan kegiatan.bermanfaat semacam ini

    BalasHapus
  23. Lets run together, go go go... kegiatan olahraga semacam ini paling suka, simple dan tentunya stamina tubuh akan tetap terjaga

    BalasHapus

Instagram