Catatan Pelari Baru Tentang Jakarta Marathon 2022

catatan pelari baru tentang jakarta marathon 2022

Mengikuti lomba lari on ground atau offline race menjadi salah satu langkah para pelari baru untuk menambah pengalaman. Tentunya setiap  on ground atau offline race memiliki cerita atau pengalaman tersendiri sebagai pembelajaran.

 

Jakarta Marathon 2022 merupakan lomba lari on ground atau offline race ketiga saya dalam 10K race. Ada banyak catatan dari saya sebagai pelari baru tentang penyelenggaraan Jakarta Marathon 2022. Semoga bisa menjadi catatan yang bukan sekedar catatan, tapi menjadi perbaikan untuk penyelenggaraan berikutnya serta langkah bijak bagi pelari baru sebelum mengikuti lomba lari.


Holaa..

 

Catatan ini saya tulis jelang seminggu setelah penyelenggaraan Jakarta Marathon 2022. Sebagai pelari baru dan sudah mengikuti dua kali lomba lari on ground atau offline race tentunya kerap membandingkan lomba lari satu dengan lomba lari lainnya.

 

Membanding-bandingkan disini tentunya dengan sangat objektif lho ya.. memang dari apa yang saya lihat dan saya rasakan sebagai peserta dan dari peserta lain, bukan katanya-katanya apalagi kata orang yang bukan peserta Jakarta Marathon 2022.

 

Sharing ini merupakan catatan saya sebagai pelari baru, bagaimana pengalaman saya mengikuti Jakarta Marathon 2022 pada Minggu, 16 Oktober 2022 di Jakarta. Ada cerita atau pengalaman apa sehingga bisa menjadi gambaran bagi pembaca blog ini khususnya pelari baru tentang Jakarta Marathon 2022.


Okey khawatir prolognya kepanjangan, saya mulai catatan saya tentang Jakarta Marathon 2022 ya.

 

Baca juga : Persiapan Sebelum Ikut Race Lari 

 

Alasan Ikut Jakarta Marathon 2022

Sebagai pelari baru, mengikuti Jakarta Marathon 2022 menjadi kebanggaan sendiri. Jakarta Marathon menjadi salah satu event marathon pertama di Indonesia dan menjadi event road race satu-satunya di Indonesia yang telah mendapat sertifikasi rute oleh World Athletic - AIMS dengan grade A, keren banget kan!


Ahey, bangga dong bisa menjadi peserta ajang lari bergensi di kota kelahiran sendiri hehe, tentunya selain menambah pengalaman dan pembelajaran dalam berlari, wajib ikut Jakarta Marathon 2022 dong.. yang jauh ke luar kota Jakarta saja saya ikut apalagi di Jakarta, wajib ikut!.

 

Biaya

Bukan harga yang murah sih untuk mengikuti Jakarta Marathon 2022, tapi bagi saya mendapatkan pengalaman dan pembelajaran dalam setiap lomba lari itu yang lebih mahal apalagi setelah 2 tahun,  Jakarta Marathon terhenti akibat pandemi covid-19. Jadi semakin penasaran deh dengan keseruan serta kemeriahannya.


Saya mendaftar melalui official website Jakarta Marathon untuk 10K race saya membayar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) dan resmi menjadi peserta Jakarta Marathon 2022 setelah mendapat konfirmasi pembayaran diterima oleh penyelenggara.


Pengambilan Racepack

Saya mengambil racepack di hari pertama, tapi tidak di pagi hari.. saya ambil di siang hari, saat itu suasana tidak terlalu ramai, tidak ada antrean panjang dan saya dengan leluasa mengambil racepack Jakarta Marathon 2022.

 

Tapi, banyak pemberitaan di media sosial bahwa pengambilan racepack di hari pertama lumayan banyak peserta yang kurang puas, khususnya pengambilan di pagi hari. Peserta diminta menunggu lebih dari 1 jam dari jadwal yang sudah diinformasikan dengan alasan "jersey belum datang" huhu.

 

Dalam pemberitahuan yang diterima oleh peserta, racepack dapat diambil mulai Kamis, 13 Oktober 2022 jam 09:00 WIB. Wajar dong jika peserta datang tepat waktu.. karena berbagai alasan tentunya (mau jadi yang pertama, males antree dll) yang nggak wajar itu racepacknya ternyata belum siap, sedangkan peserta sudah siap ambil racepack dengan suka cita.

 

Luapan kekecewaan peserta saat pengambilan racepack hari pertama di pagi hari bisa dilihat dalam link video ini https://www.instagram.com/p/Cjp83DUOwue/


Racepack Bag

Catatanku lainnya adalah tentang racepack bag, jadi peserta Jakarta Marathon 2022 selain mendapatkan nomor BIB, Jersey dan produk sponsor, juga mendapatkan kantong plastik daur ulang atau cassava bag (plastik ramah lingkungan).

 

Jujurly kaget sih, kok racepacknya sederhana banget yaa.. ngga sebanding sama biaya pendaftaran racenya.. mungkin ekspektasi aku yang terlalu berlebihan kali ya dengan event lari bergensi ini.

 

Sebenernya sudah menjadi langkah bagus untuk branding bahwa Jakarta Marathon 2022 ramah lingkungan, tapi sayangnya bagnya nggak dibranding, minimal logo Jakarta Marathon 2022 supaya lebih kece gitu.


Seharusnya juga, diinformasikan di official media sosial Jakarta Marathon tentang “what will you get on racepack", ada gambarnya (jadi peserta nggak kaget saat menerima racepack bag) padahal ini jadi kesempatan bagus buat Jakarta Marathon 2022 branding go green.

catatan pelari baru tentang jakarta marathon 2022

 


Minim Informasi

Catatanku, ya walaupun official sosial media nggak digunakan untuk layanan customer, setidaknya tetap diinfokan ke peserta, harus ke channel mana jika ada hal hal yang ingin ditanyakan seputar Jakarta Marathon 2022.

 

Peserta nggak punya akses untuk kontak langsung panitia, official sosial media no respons (saya DM Instagram Jakarta Marathon tanya tentang surat keterangan sehat untuk kategori race mana aja? nggak dijawab-jawab dong sampai sekarang), bahkan follower nggak bisa komen di Instagram.

 

Saya sebagai pendaftar menerima 3 email (menunggu pembayaran, pembayaran berhasil dan race kit distribution).


jakarta marathon 2022 minin informasi


Rute

Pada Jakarta Marathon 2022 saya mengambil 10K race, dan rute 10K kali ini berbeda dengan rute Milo Indonesia Active Race yang sebelumnya saya ikuti (area CFD) yang memang steril dari kendaraan bermotor.


Catatanku pada rute Jakarta Marathon, karena bukan area CFD jadi peserta harus berbagi jalur dengan kendaraan bermotor (Mobil, Motor, Bus TransJakarta dll) sampai sini kebayang nggak? sayangnya saya ngga sempat foto-foto, fokus sama lari huhu.

 

Keadaan jalan di beberapa titik rute 10K, ada jalan yang rusak dan juga ada genangan air (sehari sebelumnya hujan), kondisi tersebut membuat beberapa pelari hilang keseimbangan dan hampir terjatuh.

 

Pada rute juga minim penanda (marking) kilometer lho, saya melihat beberapa pelari salah jalur dong.. ada peserta 5K masuk jalur 10K.. mana sudah jauh.. huhu kasiah banget harus puter balik menuju jalur yang seharusnya.

 

Mungkin karena petugasnya sibuk mengarahkan kendaraan bermotor kali ya.. karena memang beneran kita lari beriringan dengan kendaraan bermotor, jadi arahan ke pesertanya kurang jelas.. jadi banyak pelari yang tersasar deh.

 

Situasi rute Jakarta Marathon 2022 bisa disimak pada video berikut https://www.instagram.com/p/CjwuRUtpWRD/
 

Race Lari Anak (Maratoonz)

Ini sih kasian banget sih, ngga kebayang kalo saya yang jadi orangtua anak anak yang sudah semangat banget mau ikutan lomba lari, tapi nyatanya harus menerima "pembatalan" karena alasan tempat digunakan pihak lain.. heloww

 

Menurutku ya emak yang masih awam dalam dunia lelarian.. arusnya kan sudah booking tempat jauh jauh hari ya.. apalagi event besar lho ini.. masa bisa batal karena lokasi digunakan pihak lain!, sebenernya gimana, sudah booking atau belum? atau memang harus mengalah demi pihak lain? itu juga yang menjadi catatan saya.

 

Catatan lain, gimana rasanya jadi peserta yang mendapatkan informasi pembatalan saat sudah berada di lokasi?. Menurut informasi dari salah satu orangtua bahwa pada Kamis, 13 Oktober 2022 mendapat email pemberitahuan bahwa race lari anak diundur yang awalnya Minggu, 16 Oktober 2022 menjadi Sabtu, 15 Oktober 2022.

 

Pada hari H nih setelah dimajukan menjadi Sabtu, 15 Oktober 2022, peserta sudah datang sejak jam 6 pagi, tapi panitia belum datang dong. Lalu, jam 8 pagi (setelah menunggu 2 jam) panitia baru menginformasikan bahwa dibatalkan, karena tempatnya digunakan oleh pihak lain.

 

Gimana terima ngga? jika saya sebagai orangtua yang sudah mendaftarkan anaknya ya nggak terimalah, apalagi infonya mendadak, sudah semangat lomba lari tau tau dibatalin.. sedihhh.

 

Orangtua taunya race lari anak di majuin bukan dibatalin lho ya.. Tapi akhirnya race lari anak tetap dijalankan dengan seadanya setelah orangtua marah-marah ke panitia.

 

Video tentang informasi pembatan race lari anak dapat disimak di link ini https://www.instagram.com/p/CjuLHE9SGOu/


Informasi Penting Tidak ada di BIB

Informasi penting ini seharusnya ada di nomor BIB, untuk aspek keselamatan peserta saat mengikuti race, namun jika tidak ada dan peserta tidak ingin terekspose, bisa ditulis pada bagian belakang BIB.

  • Nama dan nomor kontak emergency
  • Golongan darah
  • Riwayat penyakit, jika ada

 

informasi penting pada nomor BIB

Itulah beberapa catatan saya sebagai pelari baru tentang penyelenggaraan Jakarta Marathon 2022, bukan untuk membanding-bandingkan tapi sebagai catatan untuk perbaikan penyelenggaraan berikutnya serta sebagai langkah bijak untuk para pelari baru sebelum mengikuti lomba lari.

 

Baca juga : Manfaat Lari Saat Hamil

 

Salam Hangat,

Elly Nurul

Pelari Baru dan Peserta Jakarta Marathon 2022

 

Tidak ada komentar