Persiapan Jelang Pocari Sweat Run 2022 Bandung

persiapan pocari sweat run 2022 bandung

Semakin dekat menuju Pocari Sweat Run 2022, ada beberapa hal yang harus saya persiapkan sebagai peserta event lari ke-9 dari Pocari Sweat Run Indonesia 2022.

Walaupun membawa konsep hybrid (menggabungkan konsep event virtual dan offline) yang dilakukan secara serentak di waktu yang sama, namun perlu persiapan untuk hasil terbaik dan tentunya #Saferunning


Pocari Sweat Run 2022 adalah event lari offline pertama saya setelah pandemi dan event perdana saya mengikuti Pocari Sweat Run setelah 9 tahun acara ini digelar.. adudu kemana aja saya selama ini hehe
 

Bicara tentang olahraga lari, saya suka lari itu sejak akhir tahun 2019, dimana saat itu saya memulai untuk hidup lebih sehat, mulai dari makan makanan sehat dilanjutkan dengan rutin berolahraga.

Baca juga : Jurus Sehat Ala Rasulullah

Mulai dari rutin jalan kaki sebanyak 10 ribu langkah perhari, lanjut jogging santai dan baru berani lari dengan pace ala happy runner sejak merasa kebugaran tubuh sudah cukup baik untuk menjalankan olahraga lari.

Karena telalu asik jalanin olahraga lari, sampai saat saya hamil juga tetap olahraga lari lho hehe. Menurut beberapa jurnal kedokteran yang saya baca, olahraga baik untuk siapa saja, tidak terkecuali bagi Ibu hamil, tapi ya kembali lagi disesuaikan dengan kebugaran tubuh masing masing dan juga atas ijin dokter kandungan ya.

Baca juga : Manfaat Olahraga Lari Saat Hamil

Alhamdulillah dokter kandungan saya mengijinkan, karena saya sudah terbiasa dengan olahraga lari, tapi untuk ibu hamil yang tidak terbiasa olahraga lari, tapi mau ikutan olahraga lari saat hamil, sangat tidak dianjurkan ya.

persiapan pocari sweat run 2022
Racepack Pocari Sweat Run 2022

Persiapan Jelang Mengikuti Pocari Sweat Run 2022 Bandung


Ajang Pocari Sweat Run 2022 bagi saya sebagai latihan untuk menuju event lari lainnya yang mulai diadakan kembali selepas pandemi covid-19.

Lalu apakah saya santai tanpa persiapan? oh tentu tidak, bagi saya apapun butuh persiapan, termasuk event lari, dengan persiapan maka kita lebih siap untuk menjalaninya.

Apa saja persiapan yang saya lakukan jalang Pocari Sweat Run 2022 Bandung

Latihan Secukupnya

Latihan jelang event lomba lebih ditujukan untuk menjaga kondisi kebugaran tubuh. Latihan pada 1-3 minggu jelang lomba atau taper week adalah berlatih secukupnya.

Jadi latihan secukupnya saja, karena, sekeras apapun latihan yang dilakukan di periode ini tak akan mengubah kondisi secara secara signifikan bahkan cenderung berisiko cedera.

Fokus Latihan Bebas cedera

Semakin dekat ke hari lomba semakin harus berhati-hati.. jangan sampai gagal berlari karena cedera huhu.. utamakan latihan bebas cedera.

Cedera akan mengganggu latihan bahkan bisa membuat kondisi tubuh menurun, kalo lari tapi kondisi tubuh ngga fit kan gimana gitu ya.. alias ngga maksimal.

Jaga Kesehatan

Saat ini seharusnya memasuki musim kemarau, tapi cuaca masih belum menentu kadang panas kadang hujan lebat,  apalagi covid-19 cenderung naik seperti sekarang maka harus ekstra hati-hati.

Jangan sampai latihan selama ini ambyar lantaran sakit, karena pasca sakit tubuh perlu waktu untuk me-restart lagi. Jadi ngga bisa tuh tiba-tiba ikutan lomba apalagi jarak lomba larinya panjang huhu.

Jaga Makan

Cukupkan makan dan sebisa mungkin clean eating, nah ini jadi PR banget buat saya hihi (belum bisa move on dari peyek) haha. Usahakan tidak makan sembarang apalagi yang pedas karena rawan menyebabkan diare.

Diare adalah penyakit yang paling sering dialami pelari huhu, ngga asik kan pas lari sakit perut dan harus ke toilet adudu bisa kena cut off nanti.

persiapan jelang pocari sweat run 2022
Jelang Race Pocari Sweat Run 2022 - Latihan Secukupnya

Perbanyak Tidur

Perbanyak tidur, jangan begadang jelang lomba lari, karena saat tidur tubuh memperbaiki segala kerusakan yang terjadi pada tubuh kita.

Pelari yang lebih banyak tidur akan mengambil keuntungan lebih banyak dibanding pelari yang tidur kurang atau pas-pasan.

Kurangi Stres

Apalagi Ibu rumah tangga seperti saya, anak anak tahun ajaran baru, persiapan ini itu, saya ikutan lomba lari dan harus ke Bandung untuk ikutan event Pocari Sweat Run 2022 hehe. 

Usahakan atur pekerjaan rumah tangga sebaik mungkin, DL (dead line) kerjaan juga harus rampung.. sehingga membuat tubuh bisa lebih rileks. Stres membuat tubuh mudah letih dan menekan performa.

Sembuhkan Keluhan

Jangan anggap remeh keluhan di tubuh terutama kaki meskipun minor. Untuk bisa lari di target pace tertentu apalagi di jarak 21-42K, tubuh harus benar-benar fit. Keluhan minor bisa menjadi gangguan serius saat lomba. Segera hubungi dokter untuk penyembuhan/konsultasi.

Persiapkan tubuh sebaik-baiknya hingga hari lomba. Jangan sia-siakan latihan berbulan-bulan yang sudah dijalani. 

Perhatikan Tata Tertib Lomba

Gunakan atribut sesuai aturan seperti runing jersey yang sudah dibagikan panitia, BIB jangan ketinggalan karena dari BIB untuk mengetahui keakuratan data peserta lomba, tempat parkir kendaraan, tempat start lomba, waktu cut off setiap jarak lari, termasuk jam berapa flag off dari masing masing jarak lari yang diperlombakan.

Perhatian Kelengkapan Lari

Gunakan sepatu khusus lari supaya larinya nyaman, jersey lari, kacamata lari biar lebih kece, topi, celana lari, running belt yang muat hape, KTP dan duit secukupnya dan jangan lupa pakai sunscreen sebelum start ya.

--

Persiapan Pocari Sweat Run 2022 Bandung
Persiapan Pocari Sweat Run 2022 Bandung
 

Itulah beberapa persiapan yang saya lakukan jelang mengikuti Pocari Sweat Run 2022 di Bandung, semoga bermanfaat ya buat kamu yang ingin mengikuti event lomba lari.. intinya tidak apa persiapan yang sia sia.

Salam hangat,
Elly Nurul


Tidak ada komentar