Membangun Momen Bonding Bermakna dengan Anak, Sederhana Tapi Berkesan

momen bonding bermakna
Membentuk kepribadian anak yang bagus dan matang dibutuhkan peran orang tua dengan pendekatan intensif. Salah satunya dengan melakukan momen bonding bermakna.


Bonding merupakan keterjalinan emosional anak dan orang tua yang kuat. Cara membangun momen bonding bermakna dengan anak cukup sederhana, jadi tidak perlu bingung menerapkannya.

 

Lalu, kenapa bonding itu penting? Bonding berperan membentuk skill attachment sehingga anak menjadi lebih siap dan berani beradaptasi sekaligus mengekspresikan diri di lingkungannya.


Membangun bonding bermakna dengan anak tentu saja menjadi perhatian yang cukup diprioritaskan para orang tua. Jadi, sebagai pendidik anak yang baik jangan sampai sepelekan aktivitas sederhana untuk membangun ikatan emosional dengan anak.

 

Keresahan Ibu Millenials Tentang Gambaran Ideal Parenting

Pada momen hari Ibu 22 Desember 2022, saya mengikuti webinar Festival Momen Bonding Bermakna yang diselenggarakan oleh TheAsianParent.
 
Dalam festival momen bonding bermakna, hadir Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga yang menjelaskan tentang keresahan para Ibu Millenials tentang parenting di tengah gempuran informasi melalui media sosial.
 
Studi Priory Group memperlihatkan 40% dari 1.000 orang tua menganggap gambaran ideal mengenai parenting yang tersebar di social media telah memicu kecemasan mereka.  Di tengah fenomena ini, tekanan sebagai orang tua ternyata lebih banyak dirasakan oleh para ibu.
 
Menurut studi Cornell University, para ibu merasa lebih stres menjalani peran sebagai orang tua dibanding ayah, salah satunya karena selalu ingin menyesuaikan  mereka dengan konsep “ibu yang baik”.
 
Bahkan, studi lain dari BabyCenter menunjukkan bahwa 80% ibu millennials merasakan tekanan dari sekitar mereka untuk menjadi ibu yang sempurna.
 
momen bonding bermakna
Festival Momen Bonding Bermakna, 22 Desember 2022

Dalam Festival Momen Bonding Bermakna, Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga juga menjelaskan bahwa “Keinginan untuk menjadi sosok yang sempurna dapat menimbulkan beragam dampak negatif seperti mudah cemas, rentan terhadap stres bahkan depresi, selalu merasa ’kurang‘ dalam menjalankan peran sebagai ibu, hingga terjebak dalam mompetition atau mom shaming, yang ternyata dialami oleh 88% ibu millennials dan Gen-Z di Indonesia".
 
Menyikapi hal tersebut, penting bagi orang tua untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar dan meyakini bahwa sebetulnya, hal terpenting dari perjalanan sebagai orang tua adalah membangun ikatan emosional yang erat dengan anak mereka, yang dapat diciptakan melalui momen-momen bonding yang bermakna.

"Manfaat dari momen bonding bagi pertumbuhan emosional Si Kecil, seperti membuat anak selalu merasa aman dan tenang, lebih percaya diri mengeksplorasi berbagai hal baru, membentuk rasa percaya pada orang lain, memiliki self-awareness yang baik, merasa dirinya berharga, hingga mampu berempati pada orang lain,” Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga

 

Cara Membangun Momen Bonding Bermakna dengan Anak yang Sederhana

Bagaimana cara membangun momen bonding bermakna dengan anak? Berikut ini aktivitas sederhana yang membantu membentuk momen bonding bermakna dengan anak:

 

Mengajak Anak Bercerita/Berkomunikasi

Jalin komunikasi yang baik dengan anak sejak dini, ajak anak berkomunikasi, mulai dari bertanya tentang keadaannya hingga anak bisa menyampaikan sesuatu apa yang dirasa dan dilihatnya.
 
Selain itu, bisa juga dengan meminta anak bercerita mengenai aktivitasnya selama di rumah atau bermain dengan teman.
 
Cara sederhana tersebut jika rutin dilakukan akan membentuk pribadi anak yang terbuka kepada kedua orang tua sehingga berani untuk mengungkapkan apa yang anak rasakan.
 
Membangun kedekatan yang seperti ini membuat bonding anak dan orang tua menjadi terbentuk. Manfaat bonding jadi lebih berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

Peluk dan Gendong Anak

Aktivitas sederhana yang berkesan dan efektif membangun momen bonding bermakna bersama anak adalah dengan memeluk dan menggendong anak. Pelukan yang tulus akan membuat anak merasa diperhatikan dan lebih tenang.
 
Selain itu, dengan memberikan pelukan pada anak akan membuat suhu tubuhnya stabil. Pelukan dengan sambil menggendong anak saat usianya masih di bawah 3 tahun ini menjadi cara yang tepat untuk membangun momen bonding bermakna bersama anak.
 

Memandikan dan Memijat Anak

Meskipun aktivitas mandi terdengar sederhana tetapi ternyata cukup efektif untuk membangun momen bonding bermakna dengan anak. Sebab, bila orang tua memandikan anak membuat anak merasa diperhatikan dan nyaman.
 
Supaya dapat membangun bonding yang kuat cobalah ditambah dengan memijat lembut tubuh anak setelah dimandukan. Ini tidak hanya membuat anak merasa nyaman tetapi lebih rileks. Tentunya aktivitas ini sangat baik untuk emosional anak.
 

 

momen bonding bermakna
Mengapa Bonding Penting?

Bermain Bersama Anak

Aktivitas bermain bersama merupakan cara membangun momen bonding bermakna dengan anak yang sederhana tapi berkesan. Usahakan untuk mendampingi anak bermain meskipun sebentar selain aktivitasnya lainnya seperti sekolah dan lain lain.


Cara ini akan membuat anak semakin dekat dengan orang tua dan sangat baik untuk kecerdasan kognitif anak. Apalagi jika bermain ditambah dengan bernyanyi bersama lagu-lagu anak ini akan membuatnya merasa damai sehingga emosi anak lebih teratur.

momen bonding bermakna
Mengajak Anak Bermain, Cara Sederhana Membangun Bonding Bermakna dengan Anak

Membacakan Buku Cerita Anak

Mengingat manfaat bonding yang bagus untuk tumbuh kembang anak, maka aktivitas membentuknya penting diperhatikan. Aktivitas sederhana seperti membacakan buku cerita anak juga menjadi salah satu cara yang bisa diterapkan.


Cara membangun momen bonding bermakna dengan anak juga bisa dengan membacakan anak buku cerita sebelum tidur atau pada waktu waktu lainnya.


Dengan membacakan buku cerita anak, ikatan anak dan orang tua menjadi lebih kuat. Manfaatnya membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang penuh imajinasi dan kreatif.

 


 

Momen Bonding Bermakna Melalui Skin to Skin Contact

Dalam Festival Momen Bonding Bermakna, hadir Mahnessa Siregar (Nessa), Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia yang menyampaikan bahwa Zwitsal memahami bahwa salah satu bentuk momen bonding paling efektif adalah melalui skin to skin contact yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman.
 
Hal ini sejalan dengan brand purpose Zwitsal: menjadikan momen perawatan bayi sehari-hari menjadi momen bonding bermakna melalui skin to skin contact antara orang tua dan anak.
 
Karena menyadari pentingnya momen bonding bermakna melalui skin to skin contat, maka Zwitsal menghadirkan formula baru Zwitsal Baby Bath Hair & Body yang mengandung 4x Prebiotic Moisturizer yang melembapkan kulit bayi sehingga tetap lembut dan sehat. Dilengkapi keharuman lembut khas Zwitsal, inovasi ini membuat momen mandi menjadi momen bonding yang bermakna.
 
Ada juga Zwitsal Minyak Telon yang memberikan kehangatan dan kelembutan pada Si Kecil di setiap usapan dan pijatan, untuk menemani momen bonding bermakna dengan anak sebelum tidur. 
 
momen bonding bermakna
Momen bonding bermakna melalui skin to skin contact

--
 
Nah, aktivitas sederhana di atas mampu membangun momen bonding bermakna antara orang tua dan anak. Jadi, tidak perlu bingung mengumpulkan aktivitas bersama anak yang ribet dalam mewujudkan tujuan meningkatkan tumbuh kembang anak.
 
Orang tua cukup menerapkan cara membangun momen bonding bermakna dengan anak seperti mengajak anak bercerita dan berkomunikasi, memandikan dan memijat, menggendong dan memeluk, bermain bersama serta membacakan buku cerita anak bersama, hal tersebut sudah mampu membentuk karakter anak.
 
Selain itu, dengan momen bonding bermakna dengan anak, anak akan merasa lebih nyaman dan tenang dalam mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.
 
Salam hangat,
Elly Nurul


Tidak ada komentar