Pentingnya Komitmen dan Kualitas dalam Momen Kebersamaan Ibu dan Anak

Jangan sampai menyesal apabila banyak kehilangan waktu kebersamaan dengan anak!


Sebagai orang tua, terkadang tidak menyadari bahwa kebersamaan antara Ibu dan anak merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Seorang Ibu memiliki peran dalam pembentukan karakter serta kemandirian anak. Ibu yang terlalu sibuk dengan karir, gadget atau urusan lainnya dapat melalaikan Ibu dari tugas utamanya.

Momen kebersamaan antara Ibu dan anak, banyak terjadi pada saat anak masih usia balita (bawah lima tahun) yang merupakan periode emas tumbuh kembang anak. Jangan mengira bahwa setelah anak usia 5 tahun, maka tugas orang tua dalam mendidik anak selesai lho ya.

Anak diatas usia 5 tahun juga perlu momen kebersamaan antara Ibu dan anak, walaupun dengan tata cara berbeda karena anak sudah memiliki keasikan sendiri dan mulai sulit untuk diajak bicara.

Waktu begitu cepat berlalu, rasanya baru kemarin melahirkan anak dan tahun depan anak sudah kelas 3 SD. Lalu saya bertanya-tanya pada diri saya, sudahkah memberi kasih sayang serta mendidik anak dengan baik? apakah momen kebersamaan dengan anak sudah cukup atau masih kurang?. Dan saya tidak ingin menyesal, karena kehilangan waktu momen kebersamaan dengan anak.

Momen Kebersamaan Saya Bersama Anak

Alhamdulillah, memiliki 2 (dua) anak berusia 8 tahun dan 3 tahun merupakan anugerah terindah bagi saya, walaupun membutuhkan kesabaran tingkat tinggi karena keduanya laki-laki dan sangat aktif.

Walaupun dilahirkan dari rahim yang sama, namun keduanya memiliki karakter atau sifat dasar yang berbeda. Anak pertama cenderung pendiam atau menutup diri dan anak kedua sangat ceriwis dan mudah beradaptasi dengan siapa saja.

Karena memiliki sifat dasar atau karakter yang berbeda, maka saya harus pintar menciptakan momen kebersamaan dengan anak, tentunya disesuaikan dengan keadaan masing-masing anak. Saat anak-anak sedang dalam kondisi senang atau bahagia adalah moment yang paling tepat untuk kebersamaan dengan anak. Ketika anak dalam kondisi senang, anak lebih mudah untuk diajak bicara lho moms, setuju ngga?.

Menurut Ibu Vera Itabiliana, psikolog anak dalam Gathering bersama Lotte Choco Pie Indonesia di Harlequin Bistro, Kemang Jakarta Selatan (10/12/2017) bahwa dalam momen kebersamaan antara Ibu dan anak dibutuhkan kualitas dan konsisten. Misalnya dengan menyisihkan waktu minimal 9 menit sehari terutama pada saat Ibu dan anak dalam suasana rileks  yaitu pada saat bangun tidur, pulang sekolah dan sebelum tidur.



Premium Bondingku dengan Anak Pertama
(Usia 8 tahun, kelas 2 SD)
  • Menemani belajar dan membantu menyelesaikan tugas sekolah
  • Mengajak menceritakan kambali aktifitas hariannya,mulai dari aktititas disekolah hingga menjelang tidur
  • Mengajak ke tempat-tempat edukasi untuk memperluas pengetahuannya
  • Memberi penguatan akan tugas dan kewajibannya sebagai seorang kakak
  • Memberi penguatan akan tugas dan kewajibannya atas barang-barang milik sendiri

Menemani belajar dan membantu menyelesaikan tugas sekolah

Premium Bondingku dengan Anak Kedua
(Usia 4 tahun)
  • Membacakan buku cerita atu dongeng untuk melatih imajinasi anak
  • Menemani saat bermain dan belajar
  • Memberi penguatan untuk menjauhkan barang-barang yang membahayakan 
  • Melibatkan anak dalam aktifitas harian, seperti : merapihkan tempat tidur , merapihkan mainan setelah digunakan
  • Memberi penguatan akan kebiasaan baik, seperti : mengucap salam, menghormati kakak, melakukan tidur siang, rutin mengosok gigi.

Masih banyak atifitas untuk membangun kebersamaan dengan anak, diatas adalah beberapa contoh yang sudah saya lakukan bersama anak-anak.

Kebersamaan dengan Anak bagi Ibu Bekerja

Bagi Ibu bekerja, harus  pintar membagi waktu antara pekerjaan dan mengurus anak-anak. Kebersamaan dengan anak yang utama adalah kualitas, bukan seberapa  lama atau seringnya aktifitas Ibu bersama anak. Sebentar tapi berkualitas itu lebih baik, jadi, bagi Ibu bekerja jangan khawatir soal waktu ya.

Selain kualitas, konsisten seorang Ibu juga diperlukan dalam momen kebersamaan dengan anak. Bagaimana dengan Ibu bekerja yang harus berangkat kerja pagi hari dan pulang malam hari?  Tenang, masih bisa dilakukan, minimal ketika pulang ke rumah anak-anak belum tidur, saat itu adalah saat yang paling tepat untuk premium bonding dengan anak. Dilkukan dengan konsisten ya moms, jangan alasan sibuk atau lelah.

“Together, more” bersama Lotte Choco Pie

Setelah sukses ditahun 2016, maka tahun 2017 ini Lotte Choco Pie kembali mengajak para Ibu untuk memaknai setiap momen kebersamaan Ibu dan anak yang lebih berkualitas melalui “Together, more.”
"Harapannya agar para ibu dapat lebih terinspirasi sehingga momen kebersamaan dapat lebih bermakna dengan menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan, terbuka dan akrab dalam keluarga, ungkap Uci Maharani, Brand Manager Lotte Choco Pie Indonesia pada saat Blogger Gathering, di Harlequin Bistro, Kemang Jakarta Selatan (10/12/2017)"
(Kiri-kanan) Mr. Hiroaki Ishiguro, Prident Director of Lotte Choco Pie Indnesia, Ibu Uci Maharani, Brand Manager Lotte Choco Pie Indonesia, Carissa Puteri (Brand  Ambassador Lotte Choco Pie Indonesia dan Ibu Vera Itabilina, Psikolog Anak.
dalam Blogger Gathering, di Harlequin Bistro, Kemang Jakarta Selatan (10/12/2017)

Lotte Choco Pie Photo Competition

Lotte Choco Pie memberikan kesempatan kepada para Ibu  untuk mengabadikan momen kebersamaan si kecil dengan mengikuti kompetisi, “Mother Day, Together” yang diselenggarakan dari 22 November 2017 – 22 Desember 2017.

Yuk ikut Online Foto & Story Contes bersama anak, caranya mudah lho, berikut adalah langkah-langkahnya ya:
  • Kunjungi Situs Mother’s Day
  • Daftarkan diri anda dengan mengisi form/Facebook login
  • Upload foto anda bersama anak dan pilih desain frame yang diinginkan
  • Share foto di Facebook dan Instagram
Ini dia hadiahnya, dijamin adrenalin meningkat!, dan hadiahnya adalah :
  1. Paket liburan keluarga ke Jepang (untuk 4 orang)
  2. Smart Phone
  3. Kitchen Appliances
  4. Voucher Belanja dan Tumbler Ekslusif
  5. Dan hadiah mingguan lainnya.
Info lengkap,yuk langsung kunjungi :
mothersday.lottechocopieindonesia.com

Yuk ikutan!, siapa tahu beruntung bisa liburan keluarga ke Jepang :)

Special Video

Ingin menyebarkan inspirasi kebersamaan untuk keluarga Indonesia secara lebih luas lagi. Video bertajuk komitment, video ini juga sebagai apresiasi atas inisiatif para Ibu di Indonesia yang telah mendedikasikan dirinya untuk keluarga ditengah kesibukannya sehari-hari.


Selain itu, melengkapi komitmen untuk memberikan inspirasi kebersamaan, Lotte Choco Pie Indonesia menyiapkan tayangan lain sebagai kejutan untuk disaksikan tepat pada moment hari Ibu mendatang, nantikan pada 21 Desember 2017.

Gimana, penasaran ngga? saya juga penasaran banget! sabar yess tanggal 22 Desember sebentar lagi datang.

Foto bersama narasumber dan blogger dalam Blogger Gathering with Choco Pie Indonesia (10/12/17)

Salam hangat,
Elly Nurul


Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

39 komentar:

  1. Bonding sama anak memang perlu diciptakan ya, kalau nunggu sisa waktu mah ga akan ada sisanya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju mba, selama masih diberi kesehatan dan waktu yg cukup, untuk anak harus menjadi prioritas!

      Hapus
  2. Seru banget ya acaranyaaa.. dapet banyak pelajaran berharga juga tentang parenting ya kitaaa :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. InshaAllah ilmunya bermanfaat khususnya untuk Ibu Ibu jaman now ya mba.. semangat menciptakan momen kebersamaan dengan anak!

      Hapus
  3. terima kasih informasinya bu, saya baru jadi Bapak muda masih tahap belajar semoga bisa menjaga kebersamaan dengan keluarga walau pagi - sore ngider, diusahain wekend full untuk anak dan istri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, salut pak, masih muda tapi mau belajar tentang parenting, tugas mengurus anak memang bukan pada Ibu saja, tapi bapak juga berperan. Semoga bermanfaat ya pak. Semangat!

      Hapus
  4. Beda umur, beda lagi penguatannya yaa ... Tantangan tersendiri utk ibu yg multitasking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess banget mbak, selain. esa
      umur beda karakter juga berpengaruh. Tetap semangat!

      Hapus
  5. Aku suka banget makan chocopie, apalagi anakku. Inget tuh ya kualitas dan konsisten dalam membangun premium bonding time sama anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Premium bonding dengan anak sambil ngemil Choco Pie ya mbak, sangat berkualitas!

      Hapus
  6. Komit memang datang dari kesadaran diri sendiri ya jadi enak jalanin tugas sebagai ibu yang multitalenta hahaha. jangan lupa me time sambil ngemil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, sadar diri maka ikhlas menjalankan peran sebagai Ibu dan ngemil choco pie itu luar biasa enaknya

      Hapus
  7. Iya..bonding harus dibuat secara konsisten ya..kalo sesaat atau sesekali percuma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan Konsisten maka hasilnya akan lebih maksimal!

      Hapus
  8. Yang penting kualitas dan konsistensinya ya. 9 menit sehari masa ga bisa sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbakku.. ngga perlu lama-lama ya.. yg penting berkualitas! InshaAllah bisa, semangat!

      Hapus
  9. Mba Elly kayaknya karakter anakku mirip sama anakmu mba. Kakak lebih anteng, kalo adek wes gak bisa diem blas.. :D Setujuuuu, bonding secara konsisten itu penting banget yaa.. *umpetin hp wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Mba, toss dulu deh ya soal karakter anak hihi
      Konsisten dan kualitas harus seimbang dan seirama agar hasilnya maksimal mba, semangat untuk masa depan anak yg lebih baik!

      Hapus
  10. bonding dengan anak, emang lucu dan berkesan kalau di foto ya mba, sayangnya kelewat mau ikut lomba ini, nunggu next semoga ada lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonding dengan anak penting, abadikan momen dengan berfoto juga penting.. yuk mba semangat premium bonding moment bersama anak!

      Hapus
  11. Waah bonding kedua anak itu sama dengan bonding saya.kecuali bacakan dongeng. Saya lebih suka nyanyi dan joged bersama utk adek-nya. Dan saya punya kebiasaan baru sama anak2 untuk kulineran ke tempat baru.. xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Mba Ade, wah seru juga ya kalo joget dan nyanyi.. dicoba seh nanti walaupun suara pas pasan demi anak apa aja boleh ya mba.. kuliner juga asik nampaknya, kalo anak-anakku mau ngga ya aku ajak kuliner bareng?

      Hapus
  12. Lho anaknya 2 to mbak Nurul. Baru tahu diriku wakakakaka, sepantaran pula ya anak kita umurnya 8 tahun hehe. Bener banget tuh walau dilahirkan dalam rahim yang sama, tapi karakternya masing-masing anak berbeda-beda. Duhh masih ada waktu nih buat jadi ibu yang lebih baik buat mereka ya mbak, mumpung belum terlambat. Btw nemenin bantu tugas sekolah pun juga bisa jadi andalan lho ya membuat bonding time pada anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Febri salim dulu ah sesama anak dua hehe
      Selama masih diberikan kesehatan dan kesempatan bersama anak yuk kita maksimalkan

      Hapus
  13. Waktu yang terbatas, terutama kalau buat working mom udah gak lagi jadi alasan utk bisa menciptakan bonding berkualitas dengan anak ya mbak. Yg penting kualitas dalam pertemuan dan komitmen utk nyediain waktu buat anak/ keluarga TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga bisa alesan lagi... buat anak masa banyak alesan ya ka.. semangat membangu premium bonding dengan anak!

      Hapus
  14. Aku udah ikutan lomba foto nya lho hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay.. semoga menang ya mba, juara berapapun dan terima kasih sudah ikutan lombanya

      Hapus
  15. premium bonding moment mengingatkan kembali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, Reminder yang sangat penting buat para Ibu yang sangat memiliki peran penting bagi keluarga khususnya anak-anak

      Hapus
  16. Ide Lotte Choco Pie untuk mempererat keluarga Indonesia keren ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idenya keceh ya ka, semoga tahun berikutnya semakin bertambah kreatifitas untuk keluarga Indonesia

      Hapus
  17. Vera ita wktu itu salah satu psikolognya Babam enak kalau jelasin. To the point dan detail senang kalau event parenting bisa lebih mempererat rasa memiliki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik dan sabar banget Ibu Vera, selembut coklat lotte choco pie hihi kapan ya ketemu Ibu Vera lagi

      Hapus
  18. Tipsnya sangat bermanfaat nih, premium bonding momen memang harus dilakukan setidaknya sebelum tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum tidur itu memang saat yang paling sering digunakan untuk membangun premium bonding dengan anak, karena situasi anak dan ibu sedang rileks, InshaAllah kebersamaan Ibu dan anak dapat lebih berkualitas

      Hapus
  19. Meski bekerja gak boleh ngeluh karena alasan gak ada waktu ya mba, tetap harus bisa bagi waktu main sama anak biar bondingnya kebangun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mba, pada dasarnya buka. seberapa lama kebersamaan dengan anak dirumah, tp Ibu bekerja yang memaksimalkan kebersamaan dengan dengan anak yang berkualitas itu jauh lebih bagus, semangat mbak!

      Hapus
  20. Rayyan yang masih bayi aja doyan banget. Sayang aku belom berani kasih macem2 hahaha.

    BalasHapus

Instagram