Adaptif dengan Teknologi Melalui Aplikasi Ibu dan Anak Ruangmom

 

aplikasi ibu dan anak

Sebagai seorang Ibu memang banyak tantangannya apalagi di era digital, salah satunya mendapatkan informasi fakta tentang parenting di tengah banyaknya mitos yang beredar. Jangan sampai mendapatkan informasi palsu atau hoaks, tidak berdasarkan data dan fakta yang benar apalagi sumber informasi bukan dari para expert.

Era digital mengharuskan semua orang beradaptasi dengan cepat, termasuk seorang Ibu, harus bisa  beradaptasi dengan pekembangan zaman. Seperti mendapatkan informasi seputar kesehatan fisik, mental dan finansial melalui platform digital salah satunya melalui aplikasi Ibu dan Anak Ruangmom.


Dear Moms,


Setuju ngga sih, kalo era digital seperti sekarang menuntut kita semua untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan zaman, tidak hanya orang dewasa tapi juga anak anak dan perempuan harus adaptif dengan teknologi.


Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, apalagi pada masa pandemi yang mengharuskan jika semua belajar, bekerja dan beribadah dari rumah. Menurut laporan We Are Social, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia per Januari 2022 dan hal ini menjadikan Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi pengguna internet terbesar di dunia.

 

aplikasi ibu dan anak
Jumlah Pengguna Internet di Indonesia per Januari 2022 (databoks.katadata.co.id)


Penggunaan internet yang tinggi di Indonesia itulah yang mengharuskan perempuan untuk adaptif dengan teknologi. Teknologi berjalan dengan cepat, maka perempuan harus bisa mengikutinya atau bahkan berlari, tentunya tanpa mengabaikan sisi lain teknologi yaitu sisi negatif yang mungkin saja kita alami atau bahkan keluarga kita alami.

Perempuan dan Teknologi

Teknologi itu ibarat pisau bermata dua, ada sisi positif dan negatif. Apalagi teknologi internet yang sangat mudah diakses oleh semua orang. Teknologi internet tidak selalu menyuguhkan keindahan tapi ada sisi gelap yang akan semakin gelap jika tidak membekali diri dengan literasi digital yang baik.

 
Perempuan dalam teknologi sebagai salah satu kelompok rentan, mengapa? Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan, perkembangan teknologi yang semakin canggih serta masifnya penggunaan media sosial dapat dapat menghadirkan bentuk baru kekerasan berbasis gender, salah satunya adalah kekerasan berbasis gender online (KBGO).


Berdasarkan data dalam laporan tahunan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan, selama tahun 2020 terdapat 940 laporan kasus KBGO. Angka ini meningkat daripada tahun sebelumnya, yaitu 241 kasus.


Kasus kekerasan berbasis gender online merupakan salah satu sisi negatif dari penggunaan internet, untuk itu perempuan harus memiliki pemahaman dan kemampuan bahwa penggunaan teknologi internet adalah hal yang krusial.

Mengenal Ruangmom

Media sosial merupakan salah satu platform digital yang paling banyak digunakan di Indonesia. Masyarakat Indonesia bisa menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari untuk mengakses berbagai informasi di media sosial.

 
Berdasarkan laporan We Are Sosial, rata-rata pengguna internet yang mengakses media sosial menghabiskan waktu antara 60 menit hingga 180 menit lebih dalam sehari.


Laporan tersebut juga menunjukkan, semakin muda usia pengguna media sosial maka semakin lama durasi menggunakan media sosial. Dari semua kelompok usia, pengguna media sosial dengan durasi terlama yakni dari kategori perempuan.


Perempuan menjadi kelompok pengguna media sosial dengan durasi terlama, untuk itu perempuan harus memiliki kemampuan untuk memilih dan memilah media sosial atau platform digital mana yang baik untuk perempuan.

aplikasi ibu dan anak
Rata-Rata Waktu Penggunakan Media Sosial (Januari 2022) databoks.katadata.co.id


Salah satu aplikasi Ibu dan anak yang membantu perempuan untuk berkembang adalah Ruangmom karena menyediakan informasi kesehatan fisik, mental, dan finansial untuk perempuan. Ruangmom menghadirkan berbagai informasi dan fitur untuk membangun ekosistem yang sehat agar perempuan bisa saling membantu untuk berkembang.


Ruangmom sebagai sahabat setia mom hadir dalam bentuk Mobile Apps, Website, Instagram dan Community
sehingga lebih banyak pilihan perempuan untuk saling membantu untuk berkembang.


Apa itu Ruangmom's Expert?

Sebagai aplikasi Ibu dan anak, Ruangmom berkomitmen untuk memberikan informasi yang valid dari sumber yang terpercaya. Karena itu, Ruangmom bekerjasama dengan beberapa expert seperti dokter, psikolog dan juga certified financial planner untuk memberikan edukasi sesuai dengan kebutuhan para Ibu.


Jadi para Ibu tidak perlu khawatir lagi nih, semua informasi tentang parenting maupun keuangan bisa didapatkan dari para expert yang sudah tidak diragukan lagi.. wah ruangmom expert ini beneran jadi sahabat setia mom.


Semua informasi mengenai kegiatan ruangmom expert serta konten-konten lainnya dapat dilihat di aplikasi Ruangmom yang tersedia di android dan ios, yuk download aplikasi ruangmom disini ya https://bit.ly/dowloadruangmom


Fitur Apa Saja Dalam Aplikasi Ruangmom

Banyak fitur yang bisa mom dapatkan di aplikasi ruangmoom, semua fiturnya akan menjadi sahabat setia mom, mulai dari perencanaan kehamilan hingga pengelolaan keuangan.

aplikasi ibu dan anak
Ragam fitur dalam aplikasi ruangmom

 

Setelah mendownload aplikasi Ruangmom, mom akan mendapatkan banyak benefit, antara lain :

Fitur kalender masa subur

Pada fitur kalender masa subur, mom bisa menyimpan riwayat siklus haid dan menghitung perkiraan masa subur dengan praktis. Mom bisa merencanakan kehamilan dengan kalender masa subur, sehingga mom tidak perlu bolak balik ke dokter.

 

aplikasi ibu dan anak
Fitur Kalender Masa Subur

Tracking tumbuh kembang janin

Pada fitur tumbung kembang janin, mom dapat memantau perkembangan janin dalam perut, mulai dari usia, kisaran berat dan besar janin dalam kandungan hingga perkiraan kapan waktu janin dapat dilahirkan.

aplikasi ibu dan anak
Tracking Tumbuh Kembang Janin


Kalkulator dana pendidikan dan Biaya melahirkan

Pada fitur kalkulator dana pendidikan dan biaya melahirkan, mom bersama suami bisa menyiapkan perkiraan biaya biaya untuk menyambut kelahiran si kecil termasuk perencanaan dalam dana pendidikan si kecil dimasa mendatang

aplikasi ibu dan anak
Fitur Kalkulator Dana Pendidikan dan Biaya Melahirkan


Kelas dari para expertTukar poin dengan diskon partner atau hadiah

Mom dapat mendapatkan berbagai informasi seputar event atau kelas yang disediakan dan tentunya mom bisa bergabung jika kelasnya sesuai dengan minat atau kebutuhan mom

Artikel yang ditulis atau di review oleh para expert

Pada fitur ini mom bisa mendapatkan artikel dari para expert, mom bisa mendapatkan informasi yang valid seputar parenting maupun keuangan.

aplikasi ibu dan anak
Fitur Event dan Artikel dari Para Expert


Siapa saja Expert Ruangmom?

Mom bisa mendapatkan berbagai informasi seputar kebutuhan Ibu dan anak bersama para expert  :

  1. Nadia Harsya CFP
  2. dr. Amarylis Febrina Choirin Nisa Fathoni,Sp.OG, IBCLC
  3. dr.Citra Amelinda, Sp.A,IBCLC,M.Kes
  4. Yasmine Edwina M.Psi
aplikasi ibu dan anak
Inilah Para Ruangmoms Expert


Banyak artikel menarik yang ditulis atau di review oleh para expert lho, jadi ngga perlu ragu lagi tentang validasi dari atikel-artikel yang ada di ruangmom.

Kesimpulan

  1. Teknologi internet mengajak kita semua khususnya perempuan untuk adaptif terhadap teknologi salah satunya dengan memilih platform digital yang membantu perempuan untuk berkembang
  2. Ruangmom sebagai aplikasi ibu dan anak hadir sebagai sahabat setia mom untuk mendapatkan berbagai informasi sesuai kebutuhan para Ibu
  3. Bersama para expert ruangmom, para moms mendapatkan informasi yang valid seputar kebutuhan mom sehingga menjadi sahabat setia mom
ruangmom
Ruangmom's Expert Lauch, 19 April 2022


Semoga informasi diatas saya dapatkan saat menghadiri Ruangmom's Expert Launch pada Selasa, 19 April 2022 di Twin House, Cipete Jakarta Selatan. Semoga bermanfaat ya!

Yang belum download aplikasi Ibu dan Anak ruangmom yuk download.. beneran deh ruangmom ini bakal jadi sahabat setia mom.

Salam hangat,
Elly Nurul

39 komentar

  1. Wah aku baru tau nih ada aplikasi Ruangmom, berguna sekali nih buat para ibu ya. Fitur-fiturnya menarik. Apalagi Ruangmom bekerjasama dengan beberapa expert seperti dokter, psikolog dan juga certified financial planner untuk memberikan edukasi sesuai dengan kebutuhan para Ibu. Jadi informasi yang diberikan pastinya valid, bukan hoax.

    BalasHapus
  2. Era digital membuat para ibu sangat melek teknologi informasi. Nah hangout di sosmed, misalnya, emang menyenangkan, karena kita bisa bertemu dengan siapa saja, dari mana saja, dan kapan saja. Tapi selayaknya waktu yang dihabiskan di ruang digital itu memberi manfaat untuk diri sendiri dan lingkungan ya Mbak. Nah Ruang Mom menyediakan informasi yang dibutuhkan seputar parenting dan keuangan. Hangout di sini akan memberi nilai tambah pada diri sendiri

    BalasHapus
  3. Bener deh era digital seperti sekarang mengharuskan perempuan melek literasi digital juga. Aplikasi Ruang Mom ini penting banget deh, karena isinya informasi kesehatan fisik, mental, dan finansial untuk perempuan. Sesama perempuan bisa saling support dan berbagi cerita untuk tumbuh bersama di era digital.

    BalasHapus
  4. wah keren... semua info lengkap ya ada dalam 1 aplikasi Ruangmom. Dulu banget suka galau cari berbagai info yg bisa dipercaya. sekarang semuanya bisa dicari di Ruangmom

    BalasHapus
  5. Bertambah lg aplikasi utk para moms..g
    Horeee...semoga bener2 bisa mjd atmosfer yg baik utk para moms. Jujur saja, kadang konten utk perempuan itu malah dihiasi komentar2 toksik yg berasal dr para perempuan sendiri. Kekerasan berbasis gender online ternyata tidak hanya dilakukan oleh lawan jenis.

    BalasHapus
  6. Mbak Elly, aku udah pernah install aplikasinya. Udah pernah lihat-lihat fiturnya, juga baca-baca artikelnya. Memang banyak sekali gunanya, terutama para mom baru dan mom dengan anak-anak yang masih butuh pengasuhan. Semoga kini makin banyak yang pasang dan pakai ya.

    BalasHapus
  7. Super duper excited pastinya dgn kehadiran app RuangMom ini.
    sangat berfaedah dan fitur2nya ulalaaaa, bermanfaat banget utk moms jaman now.
    Bismillah, semoga kita bisa menjadi ibu yg lebih baik, dgn panduan konten RuangMom ini yaaa

    BalasHapus
  8. Sebagai oang yang berkecimpung (((berkecimpung))) didunia digital tentu aku sangat suka karena teknologi digital itu memberikan kemudahan juga kak. Apalagi sekarang dengan hadirnya aplikasi yang ditujukan untuk para ibu baru ya, jadi menambahkan mereka bekal informasi lebih mudah lagi.

    BalasHapus
  9. Dennise Sihombing30 April 2022 pukul 13.42

    Aplikasi ruang mom manfaat sekali untuk ibu muda dalam mengasuh tumbuh kembang anak. Fitur di aplikasinya juga lengkap ya

    BalasHapus
  10. Asik banget, kini ada aplikasi Ibu dan anak, Ruangmom yang membantu mendukung perjalanan seorang ibu atau bisa jadi calon Ibu yaa..
    Dengan kelas-kelas yang dibuka sesuai passion yang layak banget untuk diikuti sebagai aktivitas positif para moms di sleuruh Indonesia.

    BalasHapus
  11. Saya yakin dengan adanya RuangMom baik itu aplikasi maupun media sosial dan websitenya akan banyak membantu saya dan para ibu lain untuk bisa menambah ilmu, wawasan dan berjejaring sehingga bisa lebih produktif.

    BalasHapus
  12. Aplikasi ruang mom bermanfaat sekali untuk ibu muda dan pasangan yg baru menikah. Keren banget nih.

    BalasHapus
  13. wah aplikasi kayak gini seharusnya jadi bagian dari KIA ya hehehe. Aku tuh gemes lo banyak banget aplikasi untuk membantu para ibu dan perempuan tapi suport dari pemerintah masih gitu2 aja.

    BalasHapus
  14. Wah keren nih RuangMom. Isi dan fiturnya lengkaaap. Gak perlu banyak aplikasi nih para ibu. Berbagai kebutuhan ada ya di aplikasi ini. Cus install ah, kepengen explore semuanya.

    BalasHapus
  15. Pingin nyobain fitur kalkulator pendidikan, Maak. Donlot dlu yaaa.

    BalasHapus
  16. Wah lengkap banget fitur dari aplikasi RuangMom ini
    Sangat membantu ibu dalam menjalani perannya ya mbak
    Apalagi dipandu oleh para expert

    BalasHapus
  17. Bagus banget nih RuangMom untuk para ibu dan perempuan, biar wawasan kita makin bertambah ya nggak ada lagi pemberian bubur bayi di usia 1 bulan dan kekonyolan lainnya yang sering kita dengar..

    BalasHapus
  18. Aplikasinya keren nih, saya baru tahu, untuk tracking perkembangan anak juga bisa yah

    BalasHapus
  19. Senangnya kini ada ruangMom sebagai apliaksi yang menghadirkan berbagai informasi dan fitur untuk membangun ekosistem yang sehat agar perempuan bisa saling membantu untuk berkembang. Bisa jadi rujukan berbagai hal dengan konten tepercaya ini ya. Menarik sekali!

    BalasHapus
  20. Waah baru tau ada aplikasi Ruangmom. Waaaah ini lengkap banget. Dari janin sampai menghitung dana pendidikan anak ada. Kayak gini nih yang dibutuhkan para mommies

    BalasHapus
  21. Wah bagus banget ada kalkukator buat ngitung dana pendidikan juga ternyata. Anw aku kangen dateng event kaya begini 🥺🥺 semoga bisa segera bertemu ya mbak

    BalasHapus
  22. ibu jaman now memang sering banget mengandalkan teknologi digital untuk mendapatkan informasi dan juga saling mendukung satu sama lain

    BalasHapus
  23. Saya yang merasa miskin teman dan komunitas offline seharusnya bergabung dengan RuangMom ini sepertinya. Akan ada banyak ilmu dan wawasan baru ya. Terimakasih informasinya Mbak Elly

    BalasHapus
  24. Wah, ada aplikasi Ruangmom nih. Meanrik sekali dan aku juga ingin segera mengunduhnya :D Di era digital para perempuan sudah harus melek teknologi. Mencari berbagai info seputar anak, keluarga pokoknya parenting dll itu semakin mudah saja. Kehadiran Ruangmom membawa angin segar buat kita para ibu agar semakin efektif dan mendapat informasi terupdate tentunya :)

    BalasHapus
  25. Penting banget tuh perkiraan biaya kelahiran. Soalnya mau lahiran banyak yang dibeli dan hakikah. Ruang mom membantu ibu muda buat belajar

    BalasHapus
  26. Jadi makin penasaran dengan aplikasi ruang mom ini. Dari kemarin bersliweran di beranda medsos. Pingin tau lebih detail dan merasakan sendiri manfaatnya. Makasih sharingnya

    BalasHapus
  27. Komplit banget ya fiturnya, bener-bener seperti "ruang" buat para ibu. Sangat membantu peran kita sebagai ibu, misalnya untuk memperhatikan kesehatan fisik dan kesehatan finansial keluarga kita.

    BalasHapus
  28. Beneran engak bakal rugi deh unduh aplikasi Ibu dan Anak ruangmom, fiturnya lengkap bener, nambah ilmu, pengalaman, dan teman...Jadi sahabat setia Ibu nih ya

    BalasHapus
  29. Menjadi ibu itu penuh tantangan ya mbak
    Makanya perlu support sistem yang baik
    Salah satunya ya aplikasi RuangMom ini
    Info yang disajikan lengkap, dari para expert juga

    BalasHapus
  30. kalau ada ruang mom, ibu jadi tahu harus bagaimana ya mbak termasuk dalam parenting anak. apalagi infonya dari para orang yang bisa dipertanggung jawabkan. kita jadi ga bisa menerima info apapun seputar parenting. ssuatu support system apik

    BalasHapus
  31. Ikutan download aplikasi Ruangmom agar banyak informasi positif yang mengedukasi dan menikmati banyak perjalanan belajar kembali proses menjadi istri dan Ibu terbaik untuk keluarga.

    BalasHapus
  32. Data di atas benar-benar menunjukkan bahwa pengguna internet tuh setiap tahunnya semakin bertambah. Kehidupan kini gak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Itulah mengapa segala sesuatunya pun harus menyesuaikan, harus hi-tech. Salah satunya ya ini, dengan hadirnya aplikasi ibu dan anak, Ruangmom, sebuah aplikasi yang memuat segala sesuatunya perihal ibu dan anak. Mulai dari tumbuh kembang anak, kesehatan ibu, hingga urusan finansial. Komplit!

    BalasHapus
  33. Apalagi ini, ada kekerasan berbasis gender online, emang mesti hati-hati ya walau berinteraksi di dunia maya. Tetap ada etika yang mesti kita terapkan.

    Alhamdulillah tambah satu lagi nih aplikasi yang bermanfaat untuk kaum perempuan menambah ilmu dan wawasan, RuangMom

    BalasHapus
  34. Wah sekarang semakin banyak platform digital yang memberikan kesempatan pada semua moms untuk berkembang dan bisa menggunakan media digital untuk hal-hal yang positif serta membuka wawasan ya. Yah...bagaimana pun ibu adalah sosok penting dalam mendidik anak sehingga harus mengakses banyak informasi serta referensi terbaik dari sumber yang terpercaya.

    BalasHapus
  35. Wah tambah mudah cari informasi ya mak Elly,

    semua info lengkap ya ada dalam 1 aplikasi Ruangmom. Dulu banget suka galau cari berbagai info yg bisa dipercaya. sekarang semuanya bisa dicari di Ruangmom

    BalasHapus
  36. Ini yang namanya memanfaatkan teknologi dalam segala hal dengan terobosannya. Apa aja yg dibutuhkan wanita dalam dunia digital ada dan ditampung oleh Ruang Mom yg di dedikasikan oleh wanita wanita hebat yg peduli pada sesama wanita ya. Pastinya akan sangat membantu banyak wanita dengan aplikasinya ini

    BalasHapus
  37. Dengan hadirnya Ruangmom, perempuan Indonesia bisa dengan mudah mendapatkan informasi terpercaya, ya Mbak. Bisa banget dipakai untuk menambah wawasan, mencari perbandingan, dan media upgrade diri

    BalasHapus
  38. satu aplikasi banyak manfaat, ibu-ibu wajib banget unduh aplikasinya. Karena fiturnya pun lengkap dan memang diperlukan sekali untuk sumber informasi. Apalagi disana juga ada fitur masa subur, dana untuk melahirkan dan dana untuk pendidikan. Jadi aplikasinya pasti kepake banget ini

    BalasHapus
  39. Sekarang semuanya jadi lebih canggih ya,
    teknologi tidak hanya bisa digunakan untuk sarana mencari hiburan,
    ternyata banyak juga manfaat lainnya untuk berkomunikasi dan mencari informasi bermanfaat.

    Salam kenal

    BalasHapus