Pentingnya Transformasi Digital Bagi UMKM Perempuan

 

transformasi digital umkm perempuan
Transformasi Digital UMKM Perempuan

Transformasi digital bagi pelaku UMKM Perempuan adalah keharusan, jika tidak maka UMKM Perempuan akan tertinggal dan tidak mendapatkan keuntungan.

UMKM perempuan harus melakukan inovasi dan kreatifitas sehingga dapat menghadapi berbagai kondisi. Menjadi jawaran di level nasional serta kompetitif di level global, karena peran UMKM Perempuan sangat strategis sebagai pahlawan ekonomi.


Holla..

Bicara tentang teknologi digital nih, manfaat apa saja yang sudah kamu rasakan dengan teknologi digital saat ini?

Iyess “Kemudahan” dalam berbagai hal yang sudah dirasakan oleh banyak orang dalam menggunakan teknologi digital, apalagi yang tinggal di kota besar, dimana akses teknologi digital begitu mudah serta sudah berkembang luas.

Kemudahan yang dirasakan dalam berbagai bidang, seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial maupun budaya. Sebagai contoh dalam hal ekonomi, saat ini hampir semua transaksi penjualan sudah menggunakan teknologi digital, antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung, namun transaksi bisa dilakukan secara online dengan menggunakan teknologi digital.

Dalam tulisan saya kali ini akan fokus membahas bagaimana peran penting teknologi digital bagi para pelaku UMKM Perempuan. Lho, kenapa UMKM Perempuan? apa sih istimewanya UMKM Perempuan?.

Informasi ini saya dapatkan saat mengikuti webinar Danone Indonesia dan Fecebook Indonesia pada Jum'at, 18 Desember 2020 dengan tema "Perempuan Pelaku UMKM: Berkembang Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital" yang menghadirkan beberapa narasumber yaitu :

  1. Destri Anna Sari -  Asisten Deputi Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia
  2. Vera Galuh Sugijanto -  Vice President General Secretary Danone Indonesia
  3. Dora Songco -  Product Marketing Manager for Brand & Reputation Google Indonesia
  4. Jonathan End -  Digital & Growth Consultant
 

Fakta Tentang UMKM Perempuan Saat Ini

Tahukah kamu bahwa berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia :

  • UMKM menyangga 99,9% sektor usaha Indonesia
  • UMKM menyerap hampir 97% jumlah tenaga kerja
  • Lebih dari 60% UMKM dikelola oleh perempuan
  • 9,1% PDB Indonesia berasal dari kontribusi UMKM perempuan

 

transformasi digital umkm perempuan
Fakta UMKM Perempuan di Indonesia

Dari data diatas jelas UMKM Perempuan memiliki kekuatan besar dalam ekonomi bangsa. Walaupun dalam situasi pademi yang penuh dengan ketidakpastian, ternyata banyak UMKM yang mampu bertahan, bertransformasi sehingga hadir sebagai pahlawan ekonomi.

 

Tantangan UMKM Perempuan

Disatu sisi pelaku UMKM Perempuan memiliki peran penting dalam perekonomian bangsa, namun si sisi lain para pelaku UMKM Perempuan ini masih memiliki tantangan atau kendala sehingga belum berkembang.

Menurut Ibu Dora SongcoProduct Marketing Manager for Brand & Reputation Google Indonesia, para pelaku UMKM Perempuan masih memiliki beberapa tantangan dalam mengembangkan usahanya, seperti :

  • Kekurangan keterampilan praktis, seperti keterampilan marketing dan relasi bisnis
  • Akses ke sumber modal terbatas
  • Takut gagal dan ngga percaya diri
  • Kewajiban untuk berkeluarga
  • Sudah nyaman dengan pekerjaan saat ini

 

transformasi digital umkm perempuan
Tantangan UMKM Perempuan

Tantangan-tantangan para pelaku UMKM Perempuan akan selalu menjadi hambatan, jika para pelaku UMKM Perempuan tidak mau mengembangkan dirinya dengan mengikis sedikit demi sedikit tantangan tersebut sehingga menjadi motivasinya untuk berkembang.

Saatnya para pelaku UMKM Perempuan mengikis tantangan serta membuktikan bahwa semua tantangan bisa dilalui dengan keberanian untuk memulai bukan hanya menunggu bahkan tidak bergerak.

 

Harapan Pelaku UMKM Perempuan

Menurut Dora Songco, pelaku UMKM sangat bisa untuk berkembang jika mau belajar dan tentunya percaya diri untuk bisa mengikis tantangan-tantangan yang ada, karena banyak hal yang bisa didapatkan pelaku UMKM Perempuan dalam menjadi seorang wirausaha.

Para pelaku UMKM Perempuan sesungguhnya memiliki harapan saat memilih untuk menjadi seorang wirausaha, seperti:

  • Menambah penghasilan
  • Memberikan stabilitas keuangan bagi keluarga
  • Mencapai kemandirian financial
  • Memiliki jam kerja yang fleksibel agar bisa memiliki lebih banyak waktu berkualitas bareng keluarga

 

transformasi digital umkm perempuan
Harapan UMKM Perempuan

Bagaimanapun juga para pelaku UMKM Perempuan juga ingin selalu menjalankan perannya sebagai seorang Ibu dan Istri. Ingin tetap produktif, mencapai kemandian financial, namun tetap memiliki waktu yang berkualitas bersama keluarga.

 

Pentingnya Transformasi Digital Bagi UMKM Perempuan

Menurut Ibu Destry dari Kementerian Koperasi dan UKM, pada masa awal pandemi pelaku UMKM sadar bahwa digitalisasi sangat penting. Awal tahun 2020, 8 juta UMKM masih dengan segala keterbatasan.

Lalu Kementerian Koperasi dan UKM bergerak dengan membuat gerakan “bangga buatan Indonesia” bekerjasama dengan market places yang ada di Indonesia sehingga ada 2,9 juta UMKM terbantu dengan gerakan tersebut.

Ternyata produk UMKM bisa diterima oleh masyarakat lho, tidak melulu produk import yang menjadi pilihan. UMKM bisa mendapat tempat di hati masyarakat dengan menjaga standarisasi internasional.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa dengan segala keterbatasan, pembatasan PSBB dan semua harus dirumah, maka UMKM perlu pasar yang lebih luas yaitu dengan menggunakan teknologi digital.

Tak hanya cukup masuk dalam dunia digital, tapi UMKM Perempuan juga perlu memiliki pemahaman mendalam tentang digitalisasi sehingga bisa mengurangi efek negative digitalisasi.

transformasi digital umkm perempuan
Pentingnya Transformasi Digital bagi UMKM Perempuan

Jika UMKM Perempuan tidak bergerak, maka ekonomi pasti tidak akan bergerak, dengan dukungan dengan berbagai pihak, UMKM bisa maju tentu perlu adanya kolaborasi.

Situasi pandemi saat ini memaksa pelaku UMKM untuk bertansformasi digital, bergerak maju serta memperhatikan kualitas.

Transformasi digital merupakan suatu keharusan bagi pelaku UMKM dalam menjalankan aktivitas ekonomi mereka, jika tidak maka UMKM akan tertinggal dan sulit mendapatkan keuntungan usaha

 

Mengapa Digital Marketing?

Mengapa para pelaku UMKM harus memanfaatkan teknologi digital dan memahami pentingnya digital marketing sebagai upaya untuk memperluas pasar UMKM.

Menurut Jonathan End selaku Digital & Growth Consultant, jika saat ini pelaku UMKM baru sebatas menggunakan gadget untuk berkomunikasi saja, sudah saatnya menggunakan gadget sebagai sumber penghasilan mereka untuk memperluas pasar.

Faktanya bahwa dari 272,1 juta penduduk Indonesia :

  • 175,4 menggunakan internet (64%) durasi rata-rata 7 jam 59 menit
  • 160 jam menggunakan sosial media (59%)  durasi rata-rata 3 jam 26 menit

 

transformasi digital umkm perempuan
Digital Marketing Untuk Memperluas Pasar UMKM Perempuan

Dari fakta diatas, pelaku UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa memasarkan produknya kepada pasar yang lebih luas.

Internet dan sosial media bisa menjadi media para pelaku UMKM untuk memperluas pasar mereka. Hal ini menjadikan transformasi digital bagi pelaku UMKM Perempuan merupakan keharusan untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas sehingga bisa meraih keuntungan sebesar-besarnya.

 

Dukungan Danone Terhadap UMKM Perempuan

Danone sebagai perusahaan makan dan minuman terbesar di Indonesia memiliki beberapa program inisiatif untuk pelaku UMKM Perempuan dengan memperdayaan sosial melalui ekonomi dengan supporting UMKM Perempuan.


2 inisiatif Danone untuk UMKM Perempuan di Indonesia

Warung Anak Sehat (WAS)

Warung Anak Sehat ini menyasar nutrisi edukasi kepada para pengelola Ibu kantin sekolah, agar para Ibu kantin menyediakan menu yang sehat, sehingga bisa menghasilkan bangsa yang sehat dari anak anak yang sehat.

Sudah lebih dari 6000 Ibu yang mendapatkan edukasi nutrisi sehat sehingga mereka dapat menyediakan makanan sehat kepada anak anak di sekolah maupun anaknya sendiri dalam keluarganya.

Tentang bagaimana Warung Anak Sehat bisa tetap produktif di tengah keterbatasan bisa dibaca pada artikel Warung Anak Sehat Danone

Aqua home service (AHS)

Program ini mengajak Ibu Ibu dirumah untuk belajar wirausaha, dengan menyediakan produk hidrasi Aqua sekaligus berikan edukasi tentang hidrasi sehat.

Melalui program WAS dan AHS ini diharapkan para perempuan merasa lebih percaya diri karena memiliki peranan dengan edukasi sehat dan aktif untuk memperkenalkan produk hidrasi sehat untuk lingkungannya.

Bagaimana Aqua Home Service menjadi salah satu bisnis yang dapat dilakukan Ibu Ibu dari rumah disaat pandemi bisa dibaca para artikel Aqua Home Service Peluang Usaha di Tengah Pandemi

--

Kesimpulan

  1. UMKM Perempuan memiliki kekuatan besar dalam ekonomi bangsa. 
  2. Jika UMKM Perempuan tidak bergerak, maka ekonomi pasti tidak akan bergerak, dengan dukungan dengan berbagai pihak, UMKM bisa maju tentu perlu adanya kolaborasi.
  3. Transformasi digital merupakan suatu keharusan bagi pelaku UMKM Perempuan dalam menjalankan aktivitas ekonomi mereka, jika tidak maka akan tertinggal dan sulit mendapatkan keuntungan usaha
  4. Para pelaku UMKM Perempuan juga ingin selalu menjalankan perannya sebagai seorang Ibu dan Istri. Ingin tetap produktif, mencapai kemandian financial, namun tetap memiliki waktu yang berkualitas bersama keluarga.
  5. WAS (Warung Anak Sehat) dan AHS (Aqua Home Service) merupakan dua program inisiatif Danone untuk UMKM Perempuan di Indonesia

Salam hangat,

Elly Nurul




 

 




3 komentar