AQUA Home Service, Peluang Usaha Di Masa Pandemi

aqua home service
AQUA Home Service, Peluang Usaha di Masa Pandemi

Situasi pandemi karena covid-19 membuat semua orang mengalami ketidakpastian. Namun, rasa khawatir saja tidak menjawab situasi ketidakpastian. Mencari ide baru dengan memulai bisnis AQUA Home Service bisa menjadi solusi bagi perempuan khususnya ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis dari rumah.

Dengan menjadi mitra resmi AQUA Home Service, selain mengembangkan potensi diri untuk menjadi UMKM perempuan, mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga, juga turut menjadi duta kebaikan dengan menyebarkan informasi akan pentingnya hidrasi untuk kesehatan.

“Partisipasi perempuan dalam ekonomi dapat memacu produktivitas dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan,” Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

 

Sebuah kata pengantar yang membuka wawasan saya bahwa perempuan dan kesuksesan bisnis memiliki kaitan yang sangat erat. UMKM perempuan dan Bisnis UMKM menjadi sangat erat karena peran perempuan didalamnya.

Bapak Indra Gunawan dari KemenPPPA menyatakan bahwa perempuan memiliki peran dalam mendukung ekonomi keluarga melalui usaha mikro, dengan perempuan berdaya maka dapat memperkuat ketahanan keluarga.

Saya kembali teringat alasan saya berhenti bekerja kantoran beberapa tahun lalu yang ingin memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga dan juga menjadi perempuan lebih produktif dari rumah.

Sebagai perempuan, tentu inginnya tidak jauh dari keluarga, tetap ingin didalam rumah, tapi bisa mengembangkan potensi diri sehingga bisa berdaya dengan mendapatkan penghasilan walaupun dari rumah.

Bisnis, iyes ini sebuah peluang yang sangat layak dijalankan bagi perempuan khususnya ibu rumah tangga.

Bagaimana peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh perempuan, bagaimana memulai bisnis dan bagaimana mengelola keuangan bisnis menjadi hal yang harus dipelajari bagi perempuan jika ingin memulai bisnis. Lalu, seperti apa peran perempuan dalam mendukung ekonomi keluarga?.

Beruntungnya saya bisa menghadiri diskusi Webinar "Pemberdayaan Perempuan melalui Usaha Mikro dalam Mendukung Ekonomi Keluarga" yang di gagas oleh Danone-AQUA pada, Selasa, 13 Oktober 2020.

aqua home service
Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Mikro Dalam Mendukung Ekonomi Keluarga


 

Diskusi yang begitu hangat dipandu oleh Mas Rory Asyari, dan menghadirkan beberapa narasumber, yaitu:

  1. Indra Gunawan, S.K.M, MA, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat KemenPPA
  2. Tasya Kamila, Mompreneur
  3. Ratih Retno Purwaningrum, Emerging Channel Director Danone AQUA
  4. Eva Lusiana, VP Sales Operation Danone AQUA

 

Peran Perempuan dalam UMKM di Indonesia

Perempuan dan kegiatan ekonomi memiliki kaitan yang sangat erat, data menunjukan bahwa indeks pembangunan manusia dapat didukung lewat partisipasi perempuan salah satunya dalam kegiatan perekonomian.

Data Bank Indonesia menyebutkan bahwa total Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tahun 2018 mencapai 57,83 juta dengan lebih dari 60% dikelola oleh perempuan dan jumlah pelaku UMKM perempuan di Indonesia mencapai 37 juta.

 

peran perempuan dalam umkm di indonesia
Peran Perempuan dalam UMKM di Indonesia


Data Kementerian Koperasi dan UMKM menunjukkan jumlah Bisnis UMKM di Indonesia mencapai 64.194.057 unit usaha dengan kontribusi pada PDB 2018 mencapai 61,07%. Sementara, tenaga kerja yang diserap pada tahun 2018 saja sudah mencapai 116.978.631 orang.

Angka UMKM Perempuan, terutama ibu rumah tangga, diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan tren ekonomi yang bergerak ke arah ekonomi domestik di tahun 2020 ini termasuk dalam situasi pandemi saat ini.

Dari data-data diatas, ternyata perkembangan UMKM di Indonesia juga tak jauh dari peran perempuan di dalamnya ya.. bangga banget sebagai perempuan Indonesia, karena punya peran penting dalam perekonomian negara.

Apa Itu AQUA Home Service

Ada yang sudah mengetahui apa itu AQUA Home Service? atau baru tahu juga seperti saya?

"Aqua Home Service, Usaha Mikro Mendukung Ekonomi Keluarga dalam Masa Pandemi" Danone-AQUA.

Tak kenal maka kenalan hehe.. jadi ternyata sejak tahun 2008 Danone-AQUA memiliki sebuah inisiatif bernama AQUA Home Service yang memberdayakan ibu-ibu rumah tangga dengan menjadikan mereka duta kebaikan AQUA lho.

AQUA Home Service membawa komitmen untuk menyajikan kebaikan alam dan kebaikan hidup setiap hari bersama ibu-ibu rumah tangga sebagai duta kebaikan AQUA dengan memenuhi kebutuhan hidrasi harian keluarga.

AQUA Home Service
Mengenal AQUA Home Service


 

Seneng deh mengetahui bahwa ternyata Danone-AQUA sangat peduli terhadap penberdayaan perempuan, dengan mengajak para pelaku UMKM terutama perempuan untuk tidak berpangku tangan apalagi menyerah sehingga tidak produktif.

Jadi, melalui AQUA Home Service, kaum perempuan atau ibu rumah tangga difasilitasi untuk dapat mengembangkan bisnis dan memeroleh penghasilan tambahan bagi ekonomi keluarga dengan cara menjadi agen untuk menyalurkan produk-produk AQUA kepada konsumen

 

Manfaat Bergabung Dalam AQUA Home Service

Setelah mengetahui apa itu AQUA Home Service, apakah berminat untuk bergabung dengan AQUA Home Service?

Dalam website AQUA Home Service, saya temukan beberapa testimoni anggota yang sudah bergabung lho.

“Dengan adanya Aqua Home Service, saya juga merasa membantu lingkungan. Yang tadinya belinya jauh, jadi dekat, yang tadinya ambil sendiri jadi diantar. Banyak keuntungannya bisa buat bayar sekolah anak, ditabung dan buat piknik“ Silvia AHS Setia Jaya.

Saat webinar berlangsung, juga menghadirkan salah satu mitra AQUA Home Service untuk berbagi pengalaman selama bergabung dalam AQUA Home Service.

“Ingin mendapatkan income tambahan dan tidak tergantung pada pendapatan suami”

manfaat aqua home service
Manfaat Bergabung Dalam AQUA Home Service

 

Kesimpulannya, dengan menjadi anggota AQUA Home Service, makan akan mendapatkan manfaat sebagai berikut :

  1. Berkontribusi secara aktif terhadap komunitasnya
  2. Memiliki kredibilitas sebagai partner bisnis resmi Danone-AQUA
  3. Menginisiasi aktivasi dan edukasi pada komunitas
  4. Mendapatkan penghasilan tambahan

Terkait dengan penghasilan tambahan nih, anggota AQUA Home Service berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang bervariasi berdasarkan pembagian kelompoknya, yaitu :

Silver

Penjualan dibawah 750 galon dengan keuntungan minimal sebesar Rp. 1.000.000 per bulan

Gold

Penjualan 750 – 1500 galon dengan keuntungan sekitar 5 juta per bulan

Diamond

Penjualan >1500 galon dengan keuntungan sekitar Rp. 15.000.000 – Rp. 20.000.000 per bulan 

 

penghasilan aqua home service
Kesempatan Mendapatkan Penghasilan dengan AQUA Home Service


Keuntungan bergabung dalam AQUA Home Service, semua anggota akan mendapatkan:

  1. Kesempatan Mengembangkan bisnis dan mendapakan penghasilan tambahan untuk keluarga
  2. Kekuatan Merk AQUA sebagai pionir Air Minum Dalam Kemasan memudahkan mitra bisnis untuk memudahkan mitra bisnis untuk memasarkan produk kepada konsumen
  3. Kredibilitas menjadi mitra resmi dalam mendistribusikan AQUA, menjamin kualitas serta keaslian produk melalui pelayanan yang unggul kepada konsumen.
  4. Professional, dukungan professional tidak hanya kepada mitra bisnis AQUA Home Service, melainkan juga tim pengiriman
  5. Pertumbuhan, terus mengembangkan jumlah pelanggan, area distribusi dan jasa kepada pelanggan
 

Menjadi Duta Kebaikan Melalui AQUA Home Service

Kapan lagi para perempuan khususnya ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang tambahan dari rumah sekaligus menjadi duta kebaikan dengan menyebarkan pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar.

Melalui AQUA Home Service, nantinya akan ada 1.000 AQUA Home Service yang mendapatkan edukasi #Bijakberplastik setiap tahunnya. Bahkan, 10 AQUA Home Service sudah bersedia untuk menjadi collection point sampah kemasan botol PET lho!

Wah, program AQUA Home Service ini angat menarik untuk diikuti oleh perempuan khususnya ibu rumah tangga yang ingin berdaya selama dirumah karena pandemik nih.

 

duta kebaikan AQUA Home Service
Menjadi Duta Kebaikan Melalui AQUA Home Service


Pendampingan Bisnis Melalui AQUA Home Service

Buat yang masih awam tentang bisnis, tenang, semua anggota yang tergabung dalam AQUA Home Service akan mendapatkan berbagai training bisnis.

Tidak hanya pendampingan tentang pengetahuan bisnis, bagaimana mengelola bisnis juga mendapat pendampingan tentang pengelolaan keuangan bisnis lho. Paket komplit ya AQUA Home Service ini. 

Hingga 2019, tercatat sudah ada 7.500 wanita yang tergabung dalam AQUA Home Service lho. Wah, semoga melalui AQUA Home Service semakin banyak wanita Indonesia terdorong untuk semakin berkembang ya.. Aamiin

aqua home service
Pendampingan Bisnis Melalui AQUA Home Service


 

Cara Bergabung dengan AQUA Home Service

Berminat untuk bergabung dengan AQUA Home Service? untuk pendaftaran bisa melalui :

cara bergabung aqua home service
Cara Bergabung Dalam AQUA Home Service


--

Kesimpulan

  1. Perempuan dan Bisnis memiliki hubungan yang erat dalam perekonomian keluarga
  2. UMKM perempuan melalui Bisnis UKM meningkat di tahun 2020 di masa pandemi
  3. Aqua Home Service, Usaha Mikro Mendukung Ekonomi Keluarga dalam Masa Pandemi.
  4. Sejak tahun 2008, Danone-AQUA melakukan upaya pemberdayaan perempuan melalui program AQUA Home Service
  5. Melalui AQUA Home Service, perempuan khususnya ibu rumah tangga bisa berkesempatan untuk mengembangkan dirinya sebagai partner bisnis resmi Danone-AQUA, serta sebagai duta kebaikan.
  6. Selain mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga, anggota AQUA Home Service turut menyebarkan akan pentingnya hidrasi untuk kesehatan.
  7. Untuk bergabung dalam AQUA Home Service bisa mendaftar melalui Website Sehat AQUA www.sehataqua.co.id/aqua-home-service/ atau WA 081110616789

Kapan lagi bisa berdaya mendapatkan uang tambahan dari rumah sekaligus menjadi duta kebaikan dan pendampingan bisnis selama dirumah saja.

AQUA Home Service memang menjadi peluang usaha di masa pandemi nih.

Salam hangat,

Elly Nurul


Elly Nurul

59 komentar:

  1. Oke juga programnya Aqua. Yang punya toko, bisa nih ikutan AQUA Home Service. Kalau aku belum kayanya. Di daerahku udah berjejer toko

    BalasHapus
  2. Ide brilian banget ini.
    Banyak ibu2 rumah tangga yg sangat bisa bantu perekonomian keluarga dgn gabung di program ini ya.
    AQUA memang terbaiiik!

    BalasHapus
  3. ibu masa kini harus pintar cari peluang ya kak, apalagi saat pandemi seperti sekarang ini. Jadi selain bisa memanfaatkan rumah yang bisa dijadikan tempat usaha juga bisa membantu perekonomian keluarga.

    BalasHapus
  4. memang banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh ibu - ibu yaaa mba.. dan AHS ini adalah salah satu peluang yang bagus

    BalasHapus
  5. Jadinya jualan gitu, ya? Tapi untuk angkat galon tetep butuh bapak2, sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sementara Ibu-ibu bagian melayani.
      Kalau servis anter, harus punya pegawai.
      Tapi asik juga kalau ada info usaha begini..langsung dari tangan pertama Aqua.

      Hapus
  6. Keren banget sih programnya AQUA ini...Jadi pengen join hahaha....Aku cek dulu ah syarat-syarat dan testimoni lainnya yang sudah join...

    BalasHapus
  7. Aku baru tau kalau Donone Aqua punya Aqua home service gini. Lumayan ngebantu nih buat yang mau usaha.

    BalasHapus
  8. Wah ternyata para ibu bisa berbisnis lebih gampang ya lewat program ini Mbak, keren deh...

    BalasHapus
  9. Wah peluangnya menarik ya, karena kan sekarang semua orang rata-rata perlu aqua galon loh dirumahku aja seminggu bisa 3-5 galon hihi

    BalasHapus
  10. Wah bisa dapet 20 juta sebulan dari bisnis air minum. Ini bisnis basahnya asik banget El. Biar pandemi gini yang namanya kebutuhan air minum mah tetep aja ga bisa ditunda

    BalasHapus
  11. jadi pas banget kak, kakak ku sempat tanya soal AQUA home service ini cuma aku ngga tau infonya, eh ada webinarnya kemarin jadi berasa dikasih jawaban gitu

    BalasHapus
  12. Perempuan juga bisa berbisnis walaupun dari rumah ya & bisa meningkatkan ekonomi keluarga juga. Boleh juga ya ide Aqua Home Service ini untuk menambah penghasilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener yaa mbak. Kepoin websitenya dulu ah, siapa tahu bisa buka usaha Aqua Home Service gini di rumah. Kan lumayan~

      Hapus
  13. Waah...skema usahanya sudah jelas dan in syaa Allah bisa menjadi ladang rejeki bagi para keluarga yang ingin memiliki usaha dirumahaja.

    BalasHapus
  14. Programnya bagus dan skema usahanya jelas... Pengen coba daftar deh buat nambah2 pemasukan juga nih dr rumah

    BalasHapus
  15. Wah, bisa jadi peluang keren nih, apalagi di masa pandemi kayak gini butuh banget yg namanya usaha buat nambah uang jajan...

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah yaa, jadi peluang usaha terutama di masa pandemi gini. Semoga banyak yang terbantu dengan membuka usaha Aqua Home Service ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget deh, apalagi ini bisa dilakukan di rumah jadi tugas domestik aman terkendali ya kak.

      Hapus
  17. Alhamdulillah...
    Keren program ini...
    Bantu bisnis makin lancar meski ada pandemi

    BalasHapus
  18. Jualan galon ini memang sangat menguntungkan, apalagi di pemukiman padat penduduk. Karena ya, siapa yang nggak butuh air.

    BalasHapus
  19. Wah udah lama juga ya sejak 2008 tapi aku baru tahu tentang aqua home servis ini. Lumayan juga penghasilan nya kalau bisa lebih dari 1500 galon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem mbak daku juga baru tahu informasinya, dan ini bisa sekaligus sosialisasi juga agar banyak yang tahu dan bisa ikutan juga untuk memajukan ekonomi keluarga bareng Aqua

      Hapus
  20. Wow dr 57jt umkm 60%nya dikelola wanita. Iya mgkn membantu usaha suami atau memang mau berdikari sendiri ya. Memang patut dikembangkan nih pemberdayaan perempuan di Indonesia.

    BalasHapus
  21. aku baru tahu nih ada Aqua home services dan lumayan yah mba keuntunganya jika jadi member minimal member dibawah penjualan 750 galon saja udah dpt fee 1 juta mantappp

    BalasHapus
  22. Iya sama aku juga baru tahu inovasi Aqua HOme Service setelah baca cerita mba Elly. Cerdas juga nih ibu-ibu yang tergabung dalam usaha ini. Bisa nambah income dari rumah ya mbak

    BalasHapus
  23. Galon aqua di rumah ada tiga, biasnyabiasbiasanya kalo mau isi ulang harus ke minimarket atau warung, eh sekarang ada aqua home service yaa

    BalasHapus
  24. This program is very helpful for women who also want to help their income and household economy. good program

    BalasHapus
  25. Bagus juga ya mba untuk pemberdayaan perempuan jadi mereka lebih punya peluang untuk tumbuh. Dan benar selama ada kemauan selalu ada jalan untuk menjadi lebih baik. Bagus program danone ini

    BalasHapus
  26. Menarik ini, sepertinya boleh dicoba nih buat saudaraku di kampung. Biar lebih gampang juga.

    BalasHapus
  27. Senang banget ya mbak bisa jadi duta kebaikan melalui AQUA apalagi sebagai IRT bisa jadi penghasilan tambahan selama pandemi. Wah 750 galon bisa punya penghasilan bisa keuntungan sampai 1 juta.

    BalasHapus
  28. aku baru tau nih tentang aqua home service ini, emang bener bener peluang usaha yang oke di masa pandemi gini yaaaa..

    BalasHapus
  29. Jadi pengin ikutan gabung mbaaaa.
    Kebetulan aku juga pakai air galonan AQUA di rumah, tiap minggu selalu beli buat air minum. Ahh asli ngiler dengan programnya

    BalasHapus
  30. Masa pandemi begini memang harus bisa mencari celah bisnis rumahan yang aman yaa. menjadi aqua home service lumayan juga yaa. cuma kalau harus antar antar repot juga sih ya. harus dipikirkan cara penjualan yang amannya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik banget jajakan menjadi aqua home service apalagi dengan skema pendapatan bersih yang jelas dan transparan itu. makasih infonya ya mbak

      Hapus
  31. Bagus juga ini program dari Aqua. Memberi kesempatan bagi ibu rumah tangga untuk memeroleh penghasilan dari rumah. Bisa dicoba nih..

    BalasHapus
  32. Program menarik dari Aqua, selain peluang usaha juga mendapatkan home service

    BalasHapus
  33. Keren juga nih programnya aqua sekarang, semoga makin banyak yang bergabung sehingga dapat menggerakkan perekonomian.. . Yuk niat ki

    BalasHapus
  34. Bisa banget nih dijadikan pilihan utk usaha. Huhuhu, maunya sih jg bs kerja dr rmh kak...semoga bisa menyusul seperti dirimu ya. Aku mau bisa jd IRT yg bijak gtu lho haha

    BalasHapus
  35. Menarik ya, ternyata sebagian besar pelaku UMKM adalah perempuan. Ada korelasinya dengan "perempuan kerja di rumah aja biar tetap bisa ngurus anak" kali, ya.

    BalasHapus
  36. Asyik banget nih peluang bisnis yang lumayan menggiurkan yah. Pantesan di depan rumah tuh sering banget mobil AQUA yang ngirim ternyata penjualnya semangat banget karena keuntungannya lumayan juga ya..

    BalasHapus
  37. Ide dari Aqua selalu menghadirkan inovasi positif apalagi Home Services ini yang menjadikan perempuan dapat semakin berdaya.

    BalasHapus
  38. Keren banget ya Aqua Home Service, jadi memudahkan pelanggan untuk membeli galon Aqua. Soalnya kalau disini harga jualnya sering buat mainan pedagang, kalau ada AHS mungkin harganya lebih stabil.

    BalasHapus
  39. Untuk ikut Aqua Home Service apakah harus punya toko jualan dulu atau yang penting punya rumah? Lumayan nih buat ibu2.

    BalasHapus
  40. Cocok juga untuk usaha di perumahan atau cluster baru, ya...
    Biasanya cukup sulit untuk beli air galon, mesti ke minimarket. Kalau ada AQUA Home Service kan jadi memudahkan. 😊

    BalasHapus
  41. Cocok nih usaha galon aqua apalagi di kompleks gitu ya, jadi ga perlu ke minimarket. Memudahkan banget!

    BalasHapus
  42. Saya tertarik nih untuk ikutan jadi duta nya. Terima informasinya ya. Sepertinya persyaratan juga banyak yg cocok... Semoga ya

    BalasHapus
  43. Walau gak zaman pandemi pun ibu2 juga banyak ya yang bikin usaha mikro utk menambah pendapatan. Program AQUA bagus banget bisa memberi pelatihan supaya usaha mikro makin bisa berkembang maksimal.

    BalasHapus
  44. Program aqua home service sudah ada sejak 2018, dan saya baru tahu sekarang.
    Mau kasih tahu kakak saya ah, biar dia daftar. Programnya menarik ini.

    BalasHapus
  45. Y ampun aku liat campaighn ini berseliweran di IG. Dan salut banget akan campaign yg ingin memberdayakan ibu rumah tangga utk ikut abdil dlm prosesnya. Tapi anak muda masih bisa ikutan g ya??

    BalasHapus
  46. Btw di Aceh ada ga ya Aqua Home service ini? Bagus banget nih programnya untuk memberdayakan ibu rumah tangga.

    BalasHapus
  47. Aku tau AHS udah lama sih, jaman dulua masih jadi anak ahensi pernah pitching untuk projectnya Aqua soalnya hihi, jadi memang tau bagusnya program AHS ini

    BalasHapus
  48. Wah, sudah ada sejak tahun 2008 ya ternyata sistem home service ini ada. Bisa bertahan selama itu sebagai salah satu lini bisnis Aqua, pastinya banyak yang jadi terbantu juga ya.

    BalasHapus
  49. Program Dari Aqua INI membuka peluang usaha bagi masyarakat yang terkena dampak dari pandemi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen deh buka usaha galon aqua ini juga, yuk lah ka aie, kita patungan apa ya?

      Hapus
  50. Wow jujur baru tahu soal AQUA Home Service ini, jadi peluang banget buat para ibu berbisnis dari rumah ya. Cara daftarnya pun cukup mudah.

    BalasHapus
  51. aku baru tahu kalau aqua ada program home service, yang keuntungannya gak cuma buat pelanggan tetapi juga buat para distributor.Bisa jadi peluang usaha ini mbaa sepertinya bagi teman-teman yang masih bingung mau buka usaha apa.

    BalasHapus
  52. Masya ALlah sekarang udh makin mudah ya mau bisnis apapun, asal mau dijalani serius :)

    BalasHapus
  53. Menarik banget. Alhamdulillah di situasi kayak gini, banyak juga pihak yang peduli salah satunya dengan cara seperti ini. Meskipun gak memberikan bantuan langsung sih, tapi seenggaknya bisa untuk jangka panjang.

    BalasHapus

Instagram