Jenis dan Manfaat Air Minum Dalam Kemasan Untuk Pemenuhan Hidrasi Sehat

jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat

Bagaimana pemenuhan hidrasi sehat serta perbedaan jenis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang beredar di Indonesia dan bagaimana cara memastikan air minum dalam kemasan yang dibeli aman untuk di konsumsi.



Air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat harus dalam kemasan berkualitas baik, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa sebelum diminum dan tidak mengandung bahan berbahaya.


Dear Healthies,

Tahukah kamu bahwa jumlah air yang diminum dalam tubuh kita harus cukup, karena jika kurang makan akan menimbulkan risiko dehidrasi. Dehidrasi dapat memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan, antara lain berpengaruh pada fungsi kognitif dan mood lho.

Air menjadi salah satu zat makro esensial dan berperang penting dalam fungsi fisiologis tubuh, karena berbagai organ dalam tubuh seperti ginjal, otak dan otot mengandung 70-80% air dan kurang lebih 50-60% tubuh manusia tersusun dengan air.

Oleh karena itu, hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebab dapat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran serta kinerja seseorang.

Pada Selasa, 14 Mei 2019 saya menghadiri edukasi kesehatan “Hydration Talk” di The Hermitage Hotel Jakarta. Hadir beberapa narasumber :
  1. Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK - Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG)
  2. dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK - Dokter Gizi Klinis & Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM
  3. Rosalina Privita - Vice President Research & Innovation PT. Tirta Investama (Danone-AQUA)
  4. dr. Tria Rosemiarti - Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA)

Fungsi Air Bagi Tubuh

Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK, menyatakan bahwa “air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif, untuk itu minum air yang cukup sangatlah penting”.

jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat
 Narasumber "Hydration Talk" dr. Tria Rosemiarti - Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK - Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) dan dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK - Dokter Gizi Klinis & Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM. Jakarta (14/5/19)


Berikut adalah fungsi air bagi tubuh, yaitu:
  • Mengatur suhu tubuh
  • Melembabkan, membasahi Mukosa (mulut, mata dan hidung)
  • Lubrikan pada sendi
  • Melindungi organ dan jaringan pada tubuh
  • Mencegah konstipasi
  • Melarutkan zat gizi dan membawanya ke pelbagai bagian tubuh
  • Membawa oksigen dan zat gizi ke pelbagai jaringan tubuh
  • Membuang sisa metabolisme serta pengatur proses biokimia
Selain itu, dalam rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI di Tumpeng Gizi Seimbang, selain memenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, juga harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi delapan gelas sehari.

Pemenuhan kebutuhan air dengan delapan gelas sehari untuk mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat
Fungsi air untuk melarutkan zat gizi dan membawanya ke pelbagai bagian tubuh.
(Sumber foto instagram @kemenkesri)

Dehidrasi dan Gejalanya:

  • Defisit cairan tubuh
  • Diikuti dengan gangguan elektrolit
  • Gejala: haus sehingga penurunan kesehatan

Dampak Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang 

Jangka pendek
  • Dehidrasi jangka pendek sangat mengganggu fungsi kognitif dan mood
  • Mudah cemas dan tegang
  • Konsentrasi menurun
  • Daya ingat visual sesaat menurun
  • Mudah mengantuk dan lelah
Jangka Panjang
  • Gangguan Ginjal (batu ginjal, penyakit ginjal kronis)
  • Ifeksi saluran kemih
  • Risiko kegemukan dapat meningkat

jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat
Rutin Minum air akan berdampak positif terhadap kesehatan ginjal.
(Sumber foto instagram @sehataqua)
 

Tahukah kamu bahwa, dehidrasi 2% saja sudah dapat mengganggu fungsi dan performa tubuh lho. Bagi anak anak dan remaja dapat menyebabkan fungsi kognitif terganggu, yaitu konsentrasi, alertness, memori jangka pendek.

Dari satu juta orang Indonesia, sekitar 6000 orang menderita penyakit batu ginjal. Dehidrasi merupakan salah satu faktor risiko batu ginjal penelitian menunjukan minum air paling sedikit 3L sehari dapat membantu mengurangi risiko kekambuhan batu ginjal.

Tipe Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia

Air minum dalam kemasan adalah air baku yang telah diproses dikemas, dan aman diminum mencakup air mineral dan air demineral (SNI AMDK 01-3535-2006).

Agar kebutuhan air untuk tubuh (hidrasi) tidak merusak tubuh, maka masyarakat perlu memahami perbedaan dan manfaat Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) untuk kesehatan.

Air yang layak diminum adalah air yang jernih, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung kuman, tidak mengandung logam berat dan tidak menimbulkan endapan

Berikut adalah tipe air mineral dalam kemasan (AMDK)

  • Air Mineral tidak melalui proses pembuatan tambahan, dg pH 6,5 - 8,5
  • Air Demineral melalui proses destilasi/reverse osmosis/deionisasi, memiliki pH 5,0 - 7,5 tidak mengandung mineral dan asupan jangka panjang tidak baik bagi kesehatan
  • Air Beroksigen melalui proses pembuatan tambahan (AMDK yg sudah ditambahkan oksigen) dengan pH 6,5 - 8,5 (berupa air mineral), pH 5,0 - 7,5 (air demineral). Air jenis ini tidak terbukti dapat meningkatkan performa fisik
  • Air Alkali mendapat tambahan elektrolisis atau penambahan garam dengan pH 8,5 - 9,97 mengandung mineral dan tidak terbukti dapat meningkatkan pH darah

Mitos dan Fakta Seputar Tipe Air

Mitos
  • Air beroksigen dapat tingkatkan performa fisik. Belum terbukti secara ilmiah penyerapan oksigen dalam tubuh hanya oleh organ paru paru dan bukan melalui organ usus
  • Asupan air demineral dapat turunkan berat badan. Air demineral dapat tingkatkan produksi urin yana akan meningkatkan rasa haus yang pada akhirnya akan meningkatkan asupan air. Kalaupun terjadi penurunan berat badan hanya bersifat sementara
  • Asupan air mineral setiap hari tidak baik bagi tubuh karena mineral akan menumpuk dalam tubuh. Jumlah mineral yang terkandung dalam air mineral hanya sedikit (sesuai peraturan yang berlaku) dan tidak akan menyebabkan penumpukan mineral dalam tubuh. Air mineral bantu mencukupi asuapan mineral dalam tubuh
jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat
 (Sumber foto instagram @sehataqua)

Fakta
  • Air alkali tidak dapat tingkatkan pH darah. Konsumsi air alkali atau air asam tidak akan mengubah pH darah kecuali jika terdapat gangguan pada ginjal atau paru. Minum air alkali/asam kemungkinan dapat mengubah pH urin
  • Asupan air demineral jangka panjang tidak dianjurkan. Air demineral memiliki derajat keasaman (pH) dibawah air mineral. Sesuai panduan WHO, konsumsi air demineral dalam jangka panjang 
Jika kamu hendak mengonsumsi air minum dalam kemasan, harus diperhatikan best before nya, bahwa maksimal dalam jangka waktu 2 tahun, air mineral dalam kemasan masih layak konsumsi jika tidak terkontaminasi zat lain.

Agar Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diminum bermanfaat, masyarakat diharapkan hati-hati membeli AMDK dengan memperhatikan kemasan, tanggal kadaluarsa, izin, serta kredibilitas perusahaan yang memproduksinya.

Kamu juga perlu mengetahui hasil cek uji klinisnya, jangan asal percaya rumor atau info yang belum terbukti kebenarannya terkait air mineral.

Air Minum Mineral Dapat Menurunkan Berat Badan

jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehatMinum lebih banyak air dapat menyebabkan penuruanan asupan kalori dan mengurangi kenaikan berat badan.
(Sumber foto instagram @sehataqua)

Air mineral dapat membakar kalori lebih banyak

Minum 0,5 liter air dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar, setidaknya satu jam. Beberapa penelitian menunjukan bahwa dapat menyebabkan penurunan berat badan sederhana

Minum air mineral sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan

Minur air sebelum makan dapat mengurasi nafsu makan pada individu paruh baya dan lebih tua. Hal ini mengurangi asupan kalori, yang menyebabkan penurunan berat badan

Minum Banyak Air Mineral

Minum lebih banyak air dapat menyebabkan penuruanan asupan kalori dan mengurangi kenaikan berat badan dan obesitas jangka panjang, terutama pada anak-anak.

Jadi, Air dapat membantu untuk menurunkan berat badan karena:
  • 100% bebas kalori
  • Membantu membakar lebih banyak kalori
  • Menekan nafsu makan, jika dikonsumsi sebelum makan.

jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat




Minum Air Saat Puasa Ramadan

Kamu suka minum air dingin atau air hangat? Minum air itu jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin, karena minum air yang terlalu panas dapat mempercepat pergerakan usus dan jika minum terlalu dingin akan membuat perut keram.

Menurut dr. Diana, lambung kondisinya diciptakan hangat dan dapat menetralkan makanan yang masuk. Jadi minumlah air dalam keadaan suhu ruang ya atau minum air hangat boleh, asal jangan minum air yang terlalu panas.

Untuk memenuhi hidrasi di bulan Ramadan, maka sebaiknya bagi yang berpuasa untuk memenuhi kecukupan air yaitu:
  • 2 gelas saat sahur
  • 4 gelas setelah berbuka hingga sahur
  • 2 gelas saat berbuka puasa

 
jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehatCukupi kebutuhan air mineral saat puasa ramadan dengan metode 2-4-2
(Sumber foto instagram @sehataqua)
 

Tips and Trick Agar Tidak Dehidrasi

  • Selalu membawa air di dalam tas, di sisi tempat tidur dan di meja kerja
  • Mulai setiap istirahat dengan air
  • Jangan menunggu harus untuk minum
  • Mulai dan akhiri hari dengan segelas air
  • Perhatikan saat dimana tubuh membutuhkan air lebih banyak seperti saat suhu panas, sebelum-sesaat-setelah aktivitas fisik

Hidrasi Sehat Danone-AQUA

Sebagai merek kelahiran Indonesia, selama lebih dari 46 tahun Danone-AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan air kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sekaligus memelihara keberlangsungan alam.

Danone-AQUA memiliki visi untuk memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Visi Danone-AQUA “One Planet One Health” bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang juga sehat” dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA)

jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat
 Rosalina Privita - Vice President Research & Innovation PT. Tirta Investama (Danone-AQUA)


Ibu Tria Rosemiarti menjelaskan bahwa Danone-AQUA terus berkomitmen untuk merawat sumber air dan lingkungan sekitarnya dari hulu hingga ke hilir, seperti:
  • Menjaga kemurnian produk mulai dari sumber mata air, proses produksi, hingga kontrol kualitas di pasar.
  • Menjaga keaslian air seperti di sumbernya dengan menggunakan sistem terintegrasi yang dilakukan secara otomatis sehingga membuat produk AQUA lebih higienis dan terjaga kualitasnya sesuai standar keamanan pangan dan regulasi yang berlaku di Indonesia
  • Bekerjasama dengan IHWG dan beberapa Universitas di Indonesia untuk terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia.

 
jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat Danone-AQUA terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia.

Kesimpulan

  1. Air merupakan zat makro esensial dan berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh
  2. Dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang
  3. Air minum dalam kemasan menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidrasi air
  4. Tipe air minum dalam kemasan di Indonesia adalah air mineral, air demineral, air beroksigen dan air alkali
  5. Minumlah air minum dalam kemasan yang berkualitas, tidak berwarna, tidak berbau, tidak terasa saat diminum dan tidak mengandung bahan berbahaya
  6. Danone-AQUA menjaga kemurnian produk mulai dari sumber mata air, proses produksi, hingga kontrol kualitas di pasar
  7. Cukupi kebutuhan hidrasi sehat saat puasa ramadan dengan metode 2 4 2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah berbuka dan menjelang sahur dan 2 gelas saat sahur.

jenis dan manfaat air minum dalam kemasan untuk pemenuhan hidrasi sehat
 Bersama Ibu Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK - Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG), salah satu narasumber Hydration Talk (14/5/19)

--

Semoga informasi seputar jenis jenis air minum dalam kemasan (AMDK) dan manfaat air minum untuk pemenuhan hidrasi sehat dapat bermanfaat ya.

Untuk mendapatkan informasi lengkap seputar air minum dalam kemasan Danone-Aqua bisa melalui website dan sosial media Danone-AQUA.

Facebook : Sehat AQUA
Instagram: @sehataqua
Twitter: @sehatAQUA

 
Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

25 komentar:

  1. air putih sangat berguna bagi tubuh kita, seperti aqua yang telah memberikan banyak manfaat untuk kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA BERKAT BANTUAN AKI SOLEH
      MAKANYA SENGAJA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET !!!

      assalamualaikum wr, wb, saya IBU NUR INTAN saya Mengucapkan banyak2
      Terima kasih kepada: AKI SOLEH
      atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan "4D"
      alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
      dan berkat bantuan AKI SOLEH saya bisa melunasi semua hutan2…
      orang tua saya yang ada di BANK BRI dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah,
      sekarang saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.
      Itu semua berkat bantuan AKI SOLEH sekali lagi makasih banyak ya, AKI
      yang ingin merubah nasib
      seperti saya...?
      SILAHKAN GABUNG SAMA AKI SOLEH No; { 082-313-336-747 }

      Sebelum Gabung Sama AKI Baca Duluh Kata2 Yang Dibawah Ini
      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini...!!
      1: Di kejar2 tagihan hutang..
      2: Selaluh kalah dalam bermain togel
      3: Barang berharga sudah
      terjual buat judi togel..
      4: Sudah kemana2 tapi tidak
      menghasilkan, solusi yang tepat..!
      5: Sudah banyak dukun ditempati minta angka ritual blom dapat juga,
      6: Pelet pemikat hati untuk pria
      7: Pesugihan tanpah tumbal
      8: Dukun santet paling ampuh
      satu jalan menyelesaikan masalah anda..
      Dijamin anda akan berhasil
      silahkan buktikan sendiri
      Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
      No WA Aki : 082313336747

      TERIMA KASIH YANG PUNYA
      ROOM ATAS TUMPANGANYA SALAM KOMPAK SELALU

      "http://angkaramalantogel.blogspot.co.id/"

      Hapus
  2. Di masa menyusui gini, kebutuhan air minumku otomatis lebih banyak dibandingkan saat belum menyusui. Apalagi di bulan puasa gini, terasa banget mbak hausnya kalau kurang minum tuh

    BalasHapus
  3. Mengantuk dan mudah lelah termasuk tanda-tanda dehidrasi....mungkin inilah yang saya alami selama bulan puasa ini. Betapa pentingnya air untuk tubuh kita, berarti kita harus memperhatikan asupan air dalam tubuh agar tubuh tidak terserang dehidrasi. Namun saat mengkonsumsi AMDK utamanya air putih harus memperhatikan faktor-faktor sprti tgl kadaluwarsa agar air yang kita minum bener2 bersih dan sehat... Terimakasih sharing ya mbak, jadi nambah pengetahuan tentang air, air minum dalam kemasan dan cara mencegah dehidrasi....

    BalasHapus
  4. Pantesan hari ini aku ngantuk, mba. Kayaknya pas sahur aku kurang minum air putih deh. Jadinya agak dehidrasi gitu

    BalasHapus
  5. Terima kasih tips sehatnya mba.. duh, aku masih harus membiasakan diri untuk minum air putih nih.. susah sekali buatku yg tidak terbiasa ini. Tp demi sehat..aku akan terus berusaha ..

    BalasHapus
  6. Yang sering terlupakan, minum ketika baru terasa haus padahal seharusnya minum dulu sebelum merasa haus,..tubuh ternyata kandungan airnya banyak ya 50 - 60 persen, jadi sangat berbahaya kalau kurang minum. Untung ada Aqua yg praktis di bawa kemana-mana

    BalasHapus
  7. Sesungguhnya pas puasa ini saya masih bisa tahan lapar, tapi hausnya menggelagar, mungkin terbiasa minum banyak kali ya.
    Alhasil setiap buka puasa, saya kalap minum berkali-kali sampai bolak balik ke toilet :D

    BalasHapus
  8. Betul sekali. Kebutuhan air yg paling tinggi bagi tubuh ya. Kudu cermat memilihnya.

    BalasHapus
  9. Re-hydrated ssngat penting diperhatikan ya mbak, jangan sampai komposisi air ditubuh tidak cukup, biar individual sel-sel ditubuh tidak kekeringan dan kekurangan supply kebutuhannya

    BalasHapus
  10. Wah bahaya juga kalau sampai dehidrasi. Bisa lemas . minum itu penting bagi kesehatan tubuh dan otak.

    BalasHapus
  11. Metode 242 ini yang harus saya garis bawahi. Secara jujur sekarang saya masih jauh mendekati 8 liter. Baru setengah gelas saja terasa sudah full.

    BalasHapus
  12. Aku selalu berusaha memaksa diri buat bisa minum air putih. Termasuk sediakan air mineral kemasan, mba

    BalasHapus
  13. Penting banget air mineral untuk tubuh kita. Hebat ya Aqua mempertahankan kualitas mutunya hingga sekarang...

    BalasHapus
  14. Buat ibu menyusui kayak aku kebutuhan minum air putih meningkat jadi 3 liter perhari, penting banget nih untuk diperhatika

    BalasHapus
  15. Selama puasa aku minum lebih dari 8 gelas sehari, sama sih kayak hari biasa. Cuma diatur waktunya. Bangun sahur minum 600 ml, nanti selama sahur sampe imsyak bisa 600 ml lagi atau lebih. Waktu berbuka juga 600ml. Nanti selama tarawih aku suka sangu air mineral, dan itu satu botol bisa habis sebelum tarawih selesai, wkwkwkk. Jadi bisa sampai 3 liter lebih kayak hari biasa gitu

    BalasHapus
  16. Aku selama puasa ini kadang kalo sahur minumnya dikit. Perutnya udah kembung duluan. Kudu dipaksa minum air putih agak banyak

    BalasHapus
  17. Ramadhan ini.agak kewalaham minum banyak2 ke.toilet jg jd tambah sering ke.toilet he

    BalasHapus
  18. Eh..beneran kak, minum air alkali tidak dapat meningkatkan pH dalam darah?

    Jadi ga manfaat donk yaa..punya mesin yang mengubah air menjadi air alkali?

    Aku sampai sekarang juga mikir logikanya siih..ples reaksi kimianya.
    Soalnya, mereka kan klaimnya Change Your Life, Change Your Water.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah dapet ilmu keren soal mengonsumsi mineral. Dan tos banget samaan makenya aqua. Jadi pengen punya mesin yang bisa ngubah air menjadi air alkali

    BalasHapus
  20. Duh, selama puasa ini, aku rada kurang nih konsumsi air putih. Abisnya suka keburu kenyang. Huhuhu... semoga nanti bisa dibanyakin lagi deh

    BalasHapus
  21. Iyes bener banget kalau ga cukup minum air bisa merusak ginjal, papa ku tuh ginjalnya rusak ya karena kurang minum air makanya selepas cuci darah dia sehari bisa 2 liter lebih.

    BalasHapus
  22. Yaampuuun, dehidrasi 2% saja ternyata bisa mengganggu performa tubuh ya Mbak, beneran nih harus lebih rajin minum air, lah banyak manfaatnya gini untuk tubuh. Thanks for remind ya Mbak :)

    BalasHapus
  23. Terimakasih untuk tipsnya, memang harus diingat saat bulan puasa ini rajin minum. kadang suka khilaf minumnya esss teross yang berwarna

    BalasHapus
  24. Harus banget dibiasakan minum air putih ya Mba meski kadang males
    soalnya memang berguna banget buat tubuh. Aku juga sedang membiasakannya

    BalasHapus

Instagram