Sajian Menu Piring Gizi Seimbang dengan Bahan Dasar So Good!, Kenapa tidak?


www.ellynurul.com
Pola makan sangat mempengaruhi keadaan gizi seseorang dan keadaan gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat.

Hallo Bunda,

Pernah mendengar tentang “gizi seimbang”? apa sih gizi seimbang itu? dan bagaimana membuat sajian menu piring gizi seimbang?

Sebagai bunda jaman now, jangan sampai kudet alias ketinggalan informasi ya tentang istilah-istilah kekinian seperti “gizi seimbang” dan setelah mengetahuinya, jangan lupa untuk langsung dipraktekin alias menerapkan gizi seimbang pada menu makanan sehari-hari.

Apa Itu Gizi Seimbang

Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. Permenkes RI No. 41 Tahun 2014.

Bunda tentu menginginkan anak-anak dapat tumbuh berkembang optimal, suami dan bunda sendiri juga  mendapatkan asupan gizi yang baik. Dan untuk memenuhi kebutuhan gizi, yang utama adalah memenuhi kalori, kenapa? karena kalori merupakan sumber energi bagi tubuh.

Dalam memenuhi asupan kalori, seringkali kita mengira bahwa cukup dengan mengkonsumsi karbohidrat atau satu jenis makanan saja. Padahal untuk mencapai gizi seimbang, sumber kalori dapat terpenuhi dari karbohidrat, lemak, protein dan serat

Masing-masing jenis kalori memiliki fungsi yang berbeda-beda yang diperlukan oleh tubuh, yaitu :
  • Kalori berfungsi sebagai energi utama bagi manusia agar dapat menjalankan aktifitas sehari-hari
  • Protein berfungsi sebagai pembentukan sel tubuh dan membuat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Karbohidrat berfungsi sebagai sumber kalori utama dan berperan untuk mengatur metaboisme
  • Lemak berfungsi sebagai sumber energi, melindungi kesehatan tubuh serta membantu otak untuk bekerja lebih baik
  • Serat berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dan mencegah penyakit
  • Air berfungsi seagai pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit
Jadi, gizi seimbang hanya dapat dicapai dengan menu makanan yang bervariasi. Nah loh, sudah kah menu makanan kita bervariasi?

Problematika asupan gizi masyarakat Indonesia adalah kekurangan makan sayur dan buah, padahal sayur dan buah merupakan sumber serat, vitamin dan mineral.

 Foto sumber : Instagram So Good

Pedoman Gizi Seimbang

Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2014 merilis bahwa ada 4 (empat) pilar gizi seimbang yang bisa diterapkan sebagai pedoman sehari-hari, yaitu mengkonsumsi beragam makanan bernutrisi seimbang, menjalankan perilaku hidup bersih, melakukan akifitas fisik dan memantau kondisi tubuh dengan mempertahankan berat  badan normal.

Mengkonsumsi Beragam Makanan Bernutrisi

Konsumsi buah dan sayur sangat penting, karena mengandung serat yang tinggi, vitamin dan mineral, yang mengatur metabolisme energi, pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Dalam memilih buah dan sayur juga harus memperhatikan kualitas buah (bagus dan segar), bebas peptisida dan zat berbahaya lainnya.

Porsi Makan Buah dan Sayur
  • Buah-buahan dimakan 2-3 kali sehari, dengan memakan berbagai macam buah, akan memperkaya variasi zat besi yang terkandung dalam buah.
  • Sayur dimakan 2 porsi setiap hari, 1 porsi sama dengan 1 mangkuk sayuran segar atau setengah mangkuk sayuran matang
Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat
  • Cuci tangan ketika hendak makan dan minum
  • Tidak memakan makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet
  • Tidak memakan makanan yang telah dipanaskan (masakan harus langsung habis)
  • Tidak memakan makanan yang mengandung MSG 
  • Tidur yang cukup
  • Tidak merokok, karena rokok adala salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Saat btang rokok terbakar, asapnya mengeluarkan 4000 jenis bahan kimia yang siap menghancurkan tubuh manusia.
Melakukan Aktifitas Fisik

Aktifitas fisik atau olahraga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, cukup 30 menit sehari seperti berjalan kaki, bersepeda, membersihkan rumah atau membersihkan kebun.

Olahraga bagi saya termasuk hal yang sulit dilakukan, walaupun sulit memang harus dipaksakan. Investasi kesehatan mahal ya bunda.. jadi jangan malas olahraga, karena olahraga untuk diri sendiri juga kok, bukan untuk orang lain alias ngga rugi

Menjaga Berat Badan Ideal

Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sewajarnya atau tidak berlebihan, InsyaAllah berat badan akan ideal, bukan berarti tidak makan dan tidak minum loh ya.. tapi menjaga asupan makanan sesuai kebutuhan, bukan sesuai dengan keinginan karena hal yang berbeda.
Hayoo pilih mana? makan sesuai kebutuhan atau keinginan? kalo aku sih sesuai kebutuhan.. karena ngga mau kelebihan berat badan.  

Sajian Menu Piring Gizi Seimbang dengan So Good

Sesungguhnya menyajikan menu makanan untuk keluarga menjadi daya tarik tersendiri bagi saya, sejak menjadi Full Time Mother, mau tidak mau dan suka tidak suka, saya harus menjadi bunda yang bisa memasak dan memberikan sajian menu makanan sehat dan bergizi.

Alhamdulillah, So Good menjadi teman setia saya dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga khususnya untuk gizi protein hewani. So Good sangat praktis, ada bahan makanan siap olah dan ada bahan masakan siap saji, tidak mengandung bahan pengawet yang paling penting adalah halal.

Ada 2 menu sajian piring gizi seimbang yang saya buat dengan menggunakan bahan dasar So Good, 2 menu ini bukan termasuk menu yang sulit untuk dibuat sih, tapi InsyaAllah sudah memenuhi sajian piring gizi seimbang untuk keluarga.

Chicken Barbeque with Mashed Potatoes

www.ellynurul.com

Bahan-Bahan dan Cara Membuat Chicken Barbaque with Mashed Potatoes

Mashed Potato

Bahan:
  • kupas kentang, potong bentuk dadu dan rendam dalam air garam.
  • Mentega, 4 sendok makan.
  • Garam, secukupnya.
  • Merica bubuk, secukupnya.
Cara Membuat:
  • Kukus kentang hingga matang dan terasa empuk.
  • Siapkan mangkuk, hancurkan kentang yang sudah matang dengan garpu.
  • Tambahkan mentega selagi kentang tersebut masih dalam keadaan panas. Aduk hingga mentega yang dicampurkan meleleh dan tercampur sempurna dengan kentang tersebut.
  • Kemudian, tambahkan garam dan merica secukupnya. Aduk hingga kentang serta bumbunya tercampur rata.
  • Panaskan panci kecil, kukus kentang yang sudah dihaluskan
  • Angkat dan sajikan
www.ellynurul.com
 Chicken Barbeque with Mashed Potatoes

Chicken Barbeque

Menggunakan So Good Ayam potong berbumbu, ayam di goreng menggunaka margarin hingga berwarna kecoklatan, angkat ayam goreng, sajikan bersama saus barbeque.

Sayuran

Menggunakan buncis dan wortel yang direbus dahulu sebelumnya.

Nasi Goreng Nugget Ektra Sayuran

www.ellynurul.com

Cara Membuat Nasi Goreng Nugget Ekstra Sayuran

Bahan :
  • Nasi 600 gr
  • Nugget So Good secukupnya
  • Daging ayam 125 gr cincang halus
  • Daun sawi hijau, iris secukupnya
  • Kol, iris secukupnya
  • Telur 1 butir, dikocok
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah 3 buah
  • Daun bawang 1 batang, iris halus
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng
Cara membuat :
  • Goreng nugget So Good secukupnya, tiriskan
  • Goreng telur menjadi orak-arik lalu sisihkan.
  • Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah ke dalam cobek kemudian haluskan.
  • Bumbu yang telah dihaluskan kemudian di tumis dengan minyak secukupnya, tumis hingga harum.
  • Masukkan ayam cincang, telur, dan daun bawang ke dalam bumbu, tumis hingga merata.
  • Masukkan sayuran sawi hijau da kol, tumis hingga merata
  • Tambahkan kecap, garam, aduk hingga rata.
  • Masukkan nasi dan aduk hingga rata.
  • Nasi goreng siap disajikan
  • Timun dan wortel potong halus sebagai sayuran penyemangat makan
www.ellynurul.com
Nasi Goreng Nugget Ekstra Sayuran

Manfaat Daging Ayam

Dalam sajian menu piring gizi seimbang, saya menggunakan bahan dasar ayam dari So Good, karena ayam merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak manfaat seperti :
  • Meningkatkan sistem imun
  • Dapat meningkatkan nafsu makan
  • Memperkuat tulang dan menambah masa otot
  • Membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang

 Sumber Foto : Instagram So Good


 Manfaat Vitamin dan Serat dalam Sayur dan Buah

Bunda, dalam setiap sayuran dan buah itu mengandung vitamin dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, jadi jangan lewatkan sayur dan buah dalam setiap sajian menu piring gizi seimbang sehari-hari ya bunda.

Vitamin A : Untuk Memelihara kesehatan mata
Vitamin B : Mencegah penyakit beri-beri
Vitamin B12 : Meningkatkan nafsu makan
Vitamin C : Meningkatkan daya tahan tubuh terhada infeksi
Vitamin D : Untuk Kesehatan Tulang
Vitamin E : Kesuburan dan awet muda
Vitamin K : Untuk Pembekuan darah

Manfaat Makanan Berserat :
  • Mencegah diabetes
  • Menurunkan berat badan
  • Membantu proses pembersihan racun
  • Memperindah, kulit, rambut dan kuku
  • Membantu mengatasi anemia
  • Memperlancar buang air besar
  • Membuat awet muda
  • Mencegah kanker
  • Membantu perkembangan bakteri baik dalam usus
Dua Sajian Menu Piring Gizi seimbang diatas semoga dapat menjadi inspirasi para bunda yang hendak mengolah bahan dasar So Good sebagai sumber protein dalam memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Informasi lengkap tentang produk So Good dapat melalui website resmi So Good http://www.sogood.id/

Salam hangat,
Elly Nurul
 

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

6 komentar:

  1. Aku suka juga mashed potatoes mba. PAs banget perpaduannya ama So Good :)

    BalasHapus
  2. wah liat foto-fotonya jadi laper pengen buat dirumah apalagi masih ada stok so good

    BalasHapus
  3. Resep2nya bisa dipraktekkan nih, sehat bergizi dan simple ya. Nyummm!

    BalasHapus
  4. Ketinggalan ikutan aku ini. Lupa full ngajar. Akh nikmat ya produk bergizi dan praktis tapi memiliki nilai gizi

    BalasHapus
  5. Kalo konsisten pakai sajian piring seimbang ini bisa langsing jg nih.

    BalasHapus
  6. aku memang nyetok sih masih banyak banget di kulkas. paling suka nugget biar bisa langsung goreng simpel dan rasanya udah enak. kalau ada menu baru kaya gini kapan kapan nyoba.

    BalasHapus

Instagram