Cara Mewujudkan UMKM Perempuan Go Digital Bagi Ibu Warung Anak Sehat

 

umkm perempuan, umkm digital, go digital

Situasi ketidakpastian saat ini dialami semua orang, tidak memandang usia bahkan status sosial. Lalu bagaimana dengan para pelaku usaha khususnya usaha mikro yang mengandalkan hasil penjualan produk harian sebagai sumber pendapatan untuk keluarganya?

Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan oleh sekolah sekolah di Indonesia membawa dampak bagi sejumlah pengelola kantin sekolah, tidak terkecuali para Ibu Pengelola Kantin Warung Anak Sehat binaan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia.


Holla..

Apa kabar semuanya.. semoga senantiasa dalam keadaan sehat ya.. khususnya untuk para Ibu yang tugasnya semakin banyak sejak semua aktivitas dilakukan dari rumah.

Situasi ketidakpastian seperti saat ini dialami setiap orang, tidak memandang usia bahkan status sosial, semua merasakannya. Lalu apakah kita hanya berdiam diri saja? apakah kita tahu kapan situasi ketidakpastian ini akan berakhir?

Mau tanya nih kepada para Ibu, sejak anak anak mengikuti pembelajaran jarak jauh (pjj) atau belajar dari rumah (bdr) pernahkan memikirkan para pengelola kantin sekolah? bagaimana pendapatan mereka sekarang? bagaimana jika pendapatan mereka hanya mengandalkan anak-anak kita ketika datang ke sekolah saja?

warung anak sehat danone
Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

 

Fakta tentang Pengelola Kantin Sekolah Saat Ini

Faktanya ada ratusan bahkan ribuan pengelola kantin sekolah di seluruh Indonesia yang turut merasakan dampak penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ).
 
Jujur saya tidak sampai sejauh itu memikirkan bagaimana nasib pengelola kantin sekolah karena terlalu fokus mendampingi anak-anak belajar dari rumah.

Kita memang tidak pernah tahu kapan situasi pandemi karena covid-19 akan berakhir, tapi bukan berarti kita hanya berdiam diri saja menunggu ketidakpastian ini selesai.

Bagi para pelaku usaha yang teredukasi tentu sudah mulai bergerak untuk bisa tetap produktif dan menghasilkan walaupun dari rumah. Bagaimana dengan para pelaku usaha mikro seperti pengelola kantin sekolah yang belum mengetahui bagaimana cara memasarkan produk-produknya selama penerapan PJJ?.

warung anak sehat danone
Bagaimana dengan pengelola kantin sekolah saat penerapan PJJ?

 

Apalagi bagi para pengelola kantin sekolah dasar binaan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia yang diberi sebutan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS), selama ini mereka sudah berperan besar dalam menuhan nutrisi keluarga dan orang orang disekitar lho.

Lalu, bagaimana para Ibu pengelola Warung Anak Sehat tetap bisa produktif dan menghasilkan selama penerapan pembelajaran jarak jauh? bukan para Ibu jika tidak memiliki 101 cara untuk menggerakan ekonomi dari rumah.

Tapi sebelum kita mengetahui apa saja yang dilakukan oleh Ibu Warung Anak Sehat saat pemberlakukan PJJ, mari kita mengenal apa itu Warung Anak Sehat, agar lebih kenal karena tak kenal maka kenalan hehe.

Mengenal Warung Anak Sehat Binaan Danone SN Indonesia

Apa itu Warung Anak Sehat?

Warung Anak Sehat (WAS) adalah sebuah program sosial oleh PT Sarihusada Generasi Mahardhika yang bertujuan untuk membentuk kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi pada anak-anak usia sekolah dasar.

Sejak tahun 2011, Danone SN Indonesia rutin melakukan binaan kepada ratusan pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Indonesia yang diberi sebutan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS).

Hingga 2018, program ini telah memberdayakan 350 Ibu kantin dimana 72% diantaranya mendapatkan peningkatan pendapatan sebanyak lebih dari 50%. Selain itu, kenaikan pendapatan yang diperoleh para Ibu pengelola kantin ini juga telah memberikan manfaat kepada 1092 anggota keluarganya.

warung anak sehat
Warung Anak Sehat Merupakan Program Binaan Danone SN Indonesia kepada Pengelola Kantin Sekolah Dasar di Indonesia Sejak Tahun 2011
 

Sampai dengan saat ini warung anak sehat sudah menyasar ke 446 sekolah yang tergabung dari beberapa kota di Indonesia yaitu Ambon, Bandung, Bogor dan Yogyakarta.

Baca juga Bagaimana Penerapan Makan Sehat dengan Gizi Seimbang Selama PJJ

Apa Tujuan Warung Anak Sehat?

Tujuan warung anak sehat yaitu :

  • Memberikan akses mudah kepada anak-anak agar bisa membeli jajanan sehat dengan harga terjangkau
  • Membangun kesadaran orangtua akan pentingnya hidup sehat
  • Meningkatkan rasa bangga wirausaha perempuan dengan mengelola kantin di dalam sekolah
  • Memberikan peningkatan pendapatan bagi Ibu Warung Anak Sehat (IWAS) sebagai duta perbaikan gizi anak Indonesia
warung anak sehat
Tujuan Warung Anak Sehat untuk Membentuk Kebiasaan Makan Sehat Bernutrisi

Apa Saja Aktivitas Warung Anak Sehat?

Melalui Warung Anak Sehat, setiap Ibu warung anak sehat mendapatkan pelatihan, pendampingan, dan peningkatan kemampuan bisnis yang meliputi bagaimana caranya mencatat penjualan serta keuntungan dan mendapatkan saran rekomendasi pengembangan usaha.

Selain itu Ibu warung anak sehat juga bisa mengembangkan diri menjadi pengusaha yang profesional, menjalin koneksi bisnis dengan pengusaha perempuan lainnya, sekaligus menjadi duta nutrisi yang mengedukasi pengetahuan nutrisi ke sekolah-sekolah.

Baca juga manfaat Soya Sebagai Alternatif Pangan Bernutrisi


101 Cara Ibu Warung Anak Sehat Bertahan di Tengah Pandemi

Para Ibu selalu punya 101 cara untuk ekonomi keluarganya, termasuk para Ibu Warung Anak Sehat yang selama ini sudah menyediakan asupan nutrisi sehat bagi anak anak di sekolah.

Dengan berkurangnya kegiatan belajar mengajar di sekolah, para Ibu Warung Anak Sehat binaan Danone ini mulai mengembangkan usaha kantin mereka lho, tentunya berdasarkan pengalaman mereka dalam menyediakan pilihan asupan nutrisi sehat untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar anak anak di sekolah.

Selama penerapan pempelajaran jarak jauh, para Ibu Warung Anak Sehat menjual homemade food dan menjajakannya secara door to door maupun online lho.

warung anak sehat
Selama Penerapan PJJ Apakah Para Ibu Warung Anak Sehat Hanya Berdiam Diri Saja?

 

Situasi ketidakpastian seperti sekarang ini menuntut kita untuk terus kreatif, produktif dan menghasilkan ya.. walupun ditengah keterbatasan tapi harus berusaha tidak hanya berpangku tangan saja.

Lalu apakah para Ibu Warung Anak Sehat sudah cukup puas dengan mengembangakan usahanya selama penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ)? ternyata tidak lho! mereka mengakui bahwa pengetahuan dan pelatihan dalam bisnis dan bagaimana memasarkan produk secara daring masih mereka perlukan.

Bagaimana agar produk mereka bisa terjangkau lebih luas lagi oleh masyarakat untuk bisa meningkatkan pendapatan mereka? itu masih menjadi kendala para pengelola kantin sehat dan memang membutuhkan edukasi berupa diskusi dan pelatihan agar bisa menerapkannya dalam usaha mereka.

Baca juga Peluang Usaha di Masa Pandemi

 

Pelatihan Digitalisasi Pengembangan Bisnis Bagi Ibu Warung Anak Sehat

Untuk memenuhi kebutuan para pengelola kantin sehat binaannya, Danone SN Indonesia menyiapkan berbagai program UMKM Perempuan dan UMKM Digital untuk mengedukasi pengelola kantin sekolah agar mampu beradaptasi dan menggerakan ekonomi dari rumah.

Alhamdulillah ya.. doa dan harapan para pengelola warung anak sehat terkabul nih.. mendapatkan perhatian dari Danone SN Indonesia yang konsen banget dengan UMKM Perempuan khususnya UMKM Digital.

warung anak sehat danone
Para Ibu Warung Anak Sehat (IWAS) yang telah mendapatkan pelatihan pemanfaatan platform digital

Lalu edukasi dan pelatihan apa saya yang didapatkan oleh para pengelola kantin sekolah?

Pengembangan Wawasan

Para pengelola kantin sekolah mendapatkan pelatihan untuk menguatkan edukasi digitalisasi untuk pengembangan bisnis UMKM khususnya UMKM Perempuan. Tujuannya adalah agar bisnis para pengelola kantin sekolah dapat menjangkau konsumen lebih luas dan efektif.

Pemanfaatan Platform Digital

Para pengelola warung anak sehat juga mendapatkan pelatihan pemanfaatan platform digital, agar para pengelola warung anak sehat lebih terampil lagi dalam mengembangkan usaha kecil mereka bisa berkembang lebih besar lagi dengan penggunaan platform digital.

Kesiapan Mental

Selain wawasan, pengetahuan dan pemanfaatan platform digital untuk memperluas jangkauan usaha, peserta pengelola warung anak sehat juga dibekali dengan kesiapan mental yang kuat agar dapat mengelola bisnisnya dengan maksimal.

“Situasi saat ini menuntut kami untuk menjadi semakin kreatif di tengah kompetisi dan jumlah penjualan yang tidak pasti. Di luar tantangan tersebut, kami tetap berkomitmen untuk memprioritaskan kualitas produk yang sehat bagi konsumen daripada hanya kuantitas. Saya merasa bersyukur Danone SN Indonesia terus memberikan dukungan di luar kantin  sekolah, termasuk pelatihan mengenai strategi bisnis, pemasaran, hingga pelatihan finansial. Kami bangga bisa menjadi bagian dari upaya mengubah pandangan masyarakat luas mengenai nutrisi.” Nuriyani Rahayu, IWAS Yogyakarta

Dukungan Danone SN Indonesia Senilai Lebih 1 Miliar Rupiah

Penerapan pembelajaran jarak jauh telah memberikan dampak yang cukup signifikan bagi para pengelola kantin sekolah, selain dukungan diskusi dan pelatihan, selama pandemi Danone SN Indonesia telah mendistribusikan dukungan senilai lebih dari 1 Miliar Rupiah.

Dukungan tersebut diberikan kepada 234 perempuan penggiat kantin sekolah aktif di kota Ambon, Bandung, Bogor dan Yogyakarta yang mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi.

warung anak sehat danone

Seluruh upaya ini dilakukan agar para Ibu pengelola warung anak sehat mampu terus menghadrikan pangan sehat untuk pelanggannya, maupun memenuhi nutrisi keluarga dan anak anaknya dirumah.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang program Ibu Warung Anak Sehat dan juga program Danone SN Indonesia lainnya dapat melalui sosial media Sari Husada yaitu :

Website: www.sarihusada.co.id

--

Kesimpulan

  1. Penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) membawa dampak bagi sejumlah pengelola kantin sekolah tidak terkecuali para Ibu Pengelola Kantin Warung Anak Sehat binaan Danone SN Indonesia
  2. Danone SN Indonesia menyediakan berbagai program untuk mengedukasi pengelola kantin sekolah agar mampu beradaptasi dan menggerakan ekonomi dari rumah
  3. Pelatihan penguatan edukasi digital diharapkan dapat mengembangkan bisnis UMKM Perempuan khususnya para pengelola kantin warung anak sehat
  4. Danone SN Indonesia telah mendistribusikan dukungan senilai lebih dari 1 Miliar Rupiah kepada 234 perempuan penggiat kantin sekolah aktif di Ambon, Bandung, Bogor dan Yogyakarta
  5. Semoga edukasi dari Danone SN Indonesia diharapkan para Ibu Warung Anak Sehat selalu menghadirkan pangan sehat untuk pelanggan maupun memenuhi nutrisi keluarga dan anak-anaknya di rumah.
warung anak sehat danone
UMKM Perempuan, UMKM Digital, Go Digital


Saya sangat mengapresiasi cara Danone SN Indonesia untuk mewujudkan UMKM Digital khususnya bagi Ibu Warung Anak Sehat pada Sekolah Dasar di Indonesia, semoga program ini dapat menggerakan ekonomi para UMKM perempuan dari rumah.

Harapan saya juga agar program seperti ini terus berkelanjutan dan juga bisa diikuti oleh perusahaan lain agar UMKM perempuan di Indonesia semakin maju, go online go digital.

Salam hangat,
Elly Nurul



51 komentar

  1. Oh iya ya..para ibu warung sekolah juga sangat terdampak PJJ ini ya.. Salut sekali dg Danone yg punya program bagus ini. Semoga sukses..

    BalasHapus
  2. Jadi ingat ibu kantin di sekolah anak-anak .... gak ada penghasilan selama pandemi ini.
    Bagusnya program Warung Anak Sehat (WAS) dari PT. Sarihusada Generasi Mahardhika ini, ya ... sayangnya belum menjangkau Makassar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu Warung Anak Sehat sampai ke Makassar ... semoga bisa dirasakan manfaatnya oleh lebih banyak ibu kantin lagi.

      Hapus
  3. Ini program bagus. BTW tetap lanjutkah saat ini? Mengingat lagi ribut-ribut boikot produk Perancis? Bukankah danone salah satu di antaranya?

    BalasHapus
  4. Salut sama berbagai program yang diselenggarakan sama Danone. Mereka sebagai perusahaan benar2 membimbing bukan hanya disaat sebelum masa sulit melanda tapi juga ketika corona seperti ini pun mereka menyiapkan program untuk membina para IWAS agar bisa beradaptasi di berbagai kondisi.

    BalasHapus
  5. oke bangeet ya mba program ini.. dan penting untuk membantu ibu - ibu selalu produktif ya

    BalasHapus
  6. Wah keren banget ya program Danone SN Indonesia, ternyata telah menyuport ibu kantin sejak lama. Bahkan di masa pandemi pun tidak terlupakan. Tetap memberi bantuan dalam berbagai bentuk. Harapanku semoga makin banyak ibu kantin dari berbagai kota yang bisa menikmati bantuan ini

    BalasHapus
  7. luar biasa program inj. Program inj sangat support ibu kantin yah kak. Dikampus kantin nggak ada buka slama pandemi. semoga ibu kantin disitu dapat menikmati juga bantuan ini

    BalasHapus
  8. Kalau semua kantin bisa kayak gini, duh yakin deh emak gak pada ribut mempermasalahkan makanan disekolah yang dibeli sama anak-anak. Dan benar, orang tua juga jadi ikut belajar memberikan makanan sehat kepada anak itu penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bener dan lebih enak krn gak usah repot nyiapin bekal, udah percaya sama ibu kantiinya yang udah pasti kasi jajanan enak dan sehat buat anak2 yaa

      Hapus
  9. Alhamdulillah ya seneng deh rasanya adanya program macam ini mba Elly. Jadi terbantukan dan pembekalan skill bikin makin keren.

    BalasHapus
  10. keren deh salut ancungin jempol deh pokoknya sama danone sama program kerennya ini, seneng banget sekarang jadinya ibu ibu kantin bisa terbantu banget sama bantuan ini

    BalasHapus
  11. Bagsu programnya. Emang ibu kantin tuh terdampak sekali ya dengan adanya pandemi kyk gini, apalagi kalau gk punya pendapatan lain selain mengandalkan jualan di sekolah :(
    Semoga makin banyak yang terjangkau oleh program pelatihan kyk gini ya mbak

    BalasHapus
  12. Ishh, terbaik emang DANONE ini.
    Selalu memberikan terobosan dengan benefit yg luar biasa.
    Salute!

    BalasHapus
  13. bener-bener dipperhatikan ya mak nutrisinya dari segala penjuru. tapi sebenarnya makanan di rumah ttp bagus biar gak jajan ya mak xixixi

    BalasHapus
  14. kalau ud bikin warung anak sehat,,next qt nongkrong di warung kopi ya kak (hihi)

    BalasHapus
  15. Beberapa waktu lalu di WAG otm juga sempat ngebahas tentang penjual kantin di sekolah anak-anak saat SD. Meskipun udah pada lulus, grupnya masih ada. Dan makanan kantin suka bikin kangen.

    Sejak pandemi memang jadi berhenti jualan. Kasihan juga sebetulnya. Makanya keren banget nih DANONE pedulu dengan hal ini

    BalasHapus
  16. warung anak sehat memungkinkan gizi anak Indonesia bisa terpenuhi dengan baik ya.. keren deh ini programnya, gak hanya memperhatikan gizi anak-anak tapi juga memberdayakan perempuan Indonesia

    BalasHapus
  17. Senang sekali dengan adanya Warung Anak Sehat, jadi anak-anak bisa makan makanan yang sehat di kantin sekolah. Salut sekali dengan program dari Danone ini. Semangat buat para IWAS.

    BalasHapus
  18. Wah Danone nih kereen! Tahun lalu yang saya tahu, Danone ambil bagian melestarikan potensi air hujan di beberapa wilayah. Ada pelatihannya juga. Daan baru tau banget nih kalau Danone juga menaruh perhatian pada ibu-ibu warung, hebat banget!

    Semoga kita juga bisa ikut berkontribusi, tentunya sesuai dengan kemampuan kita sendiri :D

    BalasHapus
  19. SubhanaAllah sekalipun pandemi masih blm berakhir tapi ini namanya manusia harus bisa beradaptasj dgn keadaan dan jujur senwng bgt kalau ada brand besar yg mengadakan campagin spti ini utk membantu wagra yg terdampak

    BalasHapus
  20. Wah iya kak, kadang kita nggak kepikiran soal ibu2 kantin sekolah ya. Upaya danone ini wajib kita apresiasi, agar mereka tetap berdaya dan punya potensi penghasilan juga.semangat semuanya

    BalasHapus
  21. Perusahaan sebesar danone, wajar banget mengadakan program sperti ini. Jadi kita tuh nggak cuma merasakan manfaat dr produk2nya aja, juga membantu perempuan indonesia utk tetap produktif.

    BalasHapus
  22. Iya, kepikiran banget ya para ibu kantin dan penjual makanan di sekolah. Dengan cepat, mau gak mau kudu ubah strategi nih. Dan ini program yang bagus.

    BalasHapus
  23. iya mba di sekolah anakku juga hanya ada kantin sehat dan kini sejak PJJ ya sudah ga ada lagi..ini program keren bisa bantu ibu2 untuk terus usaha lagi ya

    BalasHapus
  24. Iya, terdampak banget ini ibu kantin, teman saya yang penyedia makanan di sekolah langsung banting setir jualan makanan online, semoga para ibu kantin juga tetap survive dan semangat ya...

    BalasHapus
  25. Di sekolah anak saya enggak ada kantinnya mak, harus bekal dari rumah... Tapi tetap kepikiran sama ibu kantin di sekolah yang lain... Ada tetangga yang jualan di kantin SMA, sekarang jualan di halaman rumahnya, tapi belum go digital nih...

    BalasHapus
  26. Program Warung Anak Sehat Danone ini akan rutin diselenggarakan yaa..?
    Senang sekali saat ini perempuan gak hanya di rumah aja dan bisa terus berkarya dan produktif sesuai dengan ketertarikannya.

    BalasHapus
  27. Saya harap bisa lebih meluas ke berbagai kota kabupaten lainnya. Jangan hanya di kota besar saja. Supaya pelaku usaha di kampung pun memiliki skill dan kemampuan untuk membuat jajanan sehat dan menjalankan usahanya

    BalasHapus
  28. ah keren sekali ya program danone ini...
    sangat membantu di masa pandemi seperti ini

    BalasHapus
  29. Dengan adanya program pelatihan digital untuk para Ibu Warung Anak Sehat ini, tentunya sangat berimpact positif agar mereka bisa mengepakan sayapnya berjualan secara online.

    BalasHapus
  30. Programnya kece banget. Jadi ibu-ibu kantin sekolah dibekali ilmu ya buat menyajikan makanan sehat. Ortu jadi nggak akan khawatir lagi deh anak-anaknya di sekolah jajan sembarangan.

    BalasHapus
  31. Program Ibu Warung Anak Sehat ini bagus sekali ya ...
    Selain bisa menambah penghasilan ibu-ibu, juga bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan

    BalasHapus
  32. Oh udah dari tahun 2011 ya Warung Anak sehat ini, mba?
    Tapi belum merata di seluruh kota di Indonesia ya kayaknya. Di Semarang aku nggak tahu ada WAS ini juga atau enggak

    BalasHapus
  33. Masa pandemi begini memang kita dituntut berani mencoba hal baru yaa. salah satunya melek platform digital untuk mengembangkan usaha.

    BalasHapus
  34. Banyak program ya untuk kesejahteraan masyarakat dan juga meningkatkan skill perempuan semoga pandemic ini segera berakhir

    BalasHapus
  35. That's a good idea and hopefully it will be a solution for healthy children's snacks so that our generation grows healthy and strong

    BalasHapus
  36. IWAS ini salah satu yang tak apresiasi nih dari Sari Husada. Keren banget programnya. Sekarang semakin ke sini programnya ga cuma untuk jajanan sehat aja

    BalasHapus
  37. Keren banget loh ini konsepnya Warung Anak Sehat, bikin ortu gak worry karena anak-anak jadi gak jajan sembarangan di sekolah karena ada WAS dan memberdayakan dan mengedukasi ibu-ibu kantin, dua jempol deh buat Danone

    BalasHapus
  38. Program CSR Danone dalam bentuk Warung Anak Sehat ini bagus banget menurutku. Selain memberdayakan pengusaha mikro juga bisa membuat anak sekolah punya opsi jajanan sehat di kantin. Semoga pandemi cepet selesai dan sekolah kembali dibuka, sehingga anak-anak sekolah juga menikmati hasil dari Warung Anak Sehat.

    BalasHapus
  39. Ah iya benar banget ya, tentang pengelola kantin di masa pandemi seperti ini. Tentunya mereka harus mencari cara bagaimana agar terus berkelanjutan.

    Program Danone ini bagus sekali, untuk memberdayakan ibu kantin.

    Hal yang sederhana yang nggak semua orang bisa pikirkan. Good job Danone.

    BalasHapus
  40. Selama PJJ atau pembelajaran jarak jauh para penjual kantin sekolah menjadi tidak ada pemasukan ya, nah dengan adanya program CSR dari Danone yang bernama Warung Anak Sehat ini membangkitkan semangat para pemilik kantin untuk berdaya dan menghasilkan pundi-pundi rupiah

    BalasHapus
  41. Teknologi memang menawarkan banyak kemudahan ya. Termasuk buat UMKM yang memerlukan agar bisa lebih menjangkau pasar yang luas. Kalau di sekolah anakku, ada juga inisatif market day virtual buat saling dukung di tengah masa yang menantang ini.

    BalasHapus
  42. Wah, ini membantu banget di perekonomian yang lagi gak bagus kayak sekarang. Programnya keren, salut banget ada program semacam ini disini. Semoga kedepannya makin banyak pihak yang memberikan peluang usaha seperti ini.

    BalasHapus
  43. wah ini jadi program yg membantu banget ya, semoga bermanfaat :) Masa pandemi ini memang benar-benar harus terus bertahan dan maju terus. Untungnya di era teknologi banyak mempermudah kesempatan usaha :)

    BalasHapus
  44. Keren banget programnya Danone.. aku cuma bisa iba karena gak bisa bantu banyak org2 yg terkena dampak covid dari segi ekonomi.. intinya kreativitas dan tahan banting harus dimiliki pada masa suram begini

    BalasHapus
  45. Bener ya ngga sampai kepikiran soal mereka, akupun, Huhu. Padahal nyata terdampak mereka tu.. alhamdulillah inisiator Danone ngebantu banget.

    BalasHapus
  46. Aku baru tau tentang warung anak sehat ini & di bandung jg udah ada ya emang keren banget sih, Danone ngebantu banget ya

    BalasHapus
  47. Salut ya Mbak ama Danone ini yang tetap terus memberikan support kepada Ibu Warung Anak Sehat agar tetap bisa terus bertahan di masa pandemi seperti sekarang ini, meski anak-anak belajar dari rumah, kantin sekolah yang tutup tapi mereka tetap bisa terus menjajakan jualan dengan cara online ya. Otomatis nambah pengetahuan baru juga ya buat mereka.

    BalasHapus
  48. Salut untuk pihak-pihak yang sudah bekerja keras dan mengabdi untuk masyarakat, tetap semangat!

    BalasHapus
  49. penasaran jd hal utama yg banyak membantu pertumbuhan ekonomi, jd gak bingung lg walau masa pandemi begini. cara termudah dg hubungi wali murid atau masuk ke WAG kelas dan promo makanan, niscaya bs banyak membantu ya kak

    BalasHapus