Halal LifeStyle di Era Milenial, Mungkinkah?

halal lifestyle di era milenial

Indonesia negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia juga memiliki konsumen produk halal terbesar di pasar Internasional.



Bukan tidak mungkin halal LifeStyle di Era Milenial dapat terus berkembang dan terus mendorong optimalisasi produk halal buatan sendiri seperti makanan dan minuman halal, pariwisata halal, fesyen muslim, media dan rekreasi halal serta farmasi dan kosmetik halal.


Assalamualaikum Wr, Wb.

Adakah yang pernah mendengar tentang halal lifestyle? apa itu halal lifestyle? apa yang dimaksud dengan keuangan syariah, ekonomi syariah dan industri halal? lalu, bagaimana mewujudkan halal lifestyle di negara Indonesia dengan jumlah penduduk mayoritas muslim?.

Saya sendiri pernah mendengar tentang halal lifestyle, tapi memang belum mempelajarinya lebih mendalam hehe.. nah, dibulan ramadan ini, bulan yang penuh berkah dan kebaikan saya sedikit demi sedikit mempelajarinya. Selain untuk mengisi waktu berbuka puasa, InshaAllah akan bermanfaat tidak hanya untuk diri saya tapi juga buat orang lain.

Selain itu, saat ini kita hidup di era milenial, jadi ngga ada salahnya memahami apa itu halal lifestyle, bagaimana halal lifestyle di era milenial, supaya ngga dibilang kudet alias kurang update.

Sebelum menemukan apa itu halal lifestyle dan mungkinkah bisa diterapkan di era milenial sekarang? Ada baiknya kita terlebih dahulu memahami apa itu keuangan syariah, ekonomi syariah dan apa itu industri halal.

Tentang Keuangan Syariah

Keuangan syariah atau manajemen keuangan syariah adalah cara menciptakan dan menjaga nilai ekonomi atau kesejahteraan, konsekuensinya, serta semua pengambilan keputusan harus difokuskan pada penciptaan kesejahteraan yang dijalankan sesuai dengan prinsip syariah.

Manajemen keuangan syariah sebagai penata kelolaan keuangan dari sisi cara memperolehnya sampai dengan cara pembelanjaannya yang dijalankan sesuai dengan prinsip syariah.

halal lifestyle di era milenial
Sumber buku saku tentang Ekonomi Syariah Bank Indonesia

Tentang Ekonomi Syariah

Pada dasarnya sistem ekonomi islam adalah sistem ekonomi yang mendorong adanya pengendalian harta masyarakat agar tidak menumpuk dan terus mengalir menuju:
  • Investasi secara optimal (larangan riba) dan produktif (larangan judi)
  • Partisipasi masyarakat melalui dana ISWAF untuk berkontribusi bagi kepentingan publik.
  • Distribusi harga melalui dana zakat untu meningkatkan daya beli kelompok masyarakat tertentu.
  • Untuk mengembangkan perekonomian yang transparan, adil, berbagi risiko, tidak membahayakan dan tidak mengandung zat yang haram, maka harus mengimplementasikan lima prinsip dasar yaitu: melalui instrumen zakat, kepemilihan harta diatas nisab (batas maksimal), dikendalikan sekaligus didorong untuk mengalir menuju investasi atau jual beli

 
halal lifestyle di era milenial

 Sumber buku saku tentang Ekonomi Syariah Bank Indonesia

halal lifestyle di era milenial

Sumber buku saku tentang Ekonomi Syariah Bank Indonesia

Apa Itu Industri Halal

Industri halal yaitu industri yang di dalamnya semua industri menerapkan atau sesuai dengan standar Islam mulai dari hulu sampai hilir.

Produk halal bukan hanya identik bagi masyarakat muslim saja, namun sudah dikonotasikan dengan treatment yang lebih baik, mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi, packaging, dan logistiknya.

Tentang Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS)

Untuk mengembangkan potensi sekaligus menjawab tantangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, pemerintah membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) melalui Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah.

Komite ini dipimpin langsung oleh Presiden RI dan Wakil Presiden RI, dengan 10 Dewan Pengarah yang terdiri atas Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Agama, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan dan Majelis Ulama Indonesia.

Tugas KNKS

KNKS dibentuk bukan tanpa tujuan, KNKS bertugas mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan keuangan syariah dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional.

KNKS juga berfungsi sebagai katalisator pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk skala nasional maupun internasional.
halal lifestyle di era milenial

Penyelenggaraan Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest) 2019

Jum'at, 26 April 2019, Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menyelenggarakan Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest) 2019 dengan tema “Halal Lifestyle di Era Milenial” di Trans Hotel Grand Ballroom, Bandung.

IIEFest 2019 diselenggarakan dalam rangka pra-peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia.
IIEFest 2019 bertujuan untuk memperkenalkan perkembangan industri halal kepada masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran untuk menjalankan gaya hidup halal, serta potensi manfaatnya terhadap perekonomian Indonesia.

Acara IIEFest 2019 dihadiri dan diresmikan oleh Menteri PPN/Bappenas, Prof. Bambang Brodjonegoro. Ada 16 para pelaku pasar dari berbagai Industri kreatif syariah sebagai narasumber Talkshow yang dibagi menjadi beberapa topik bahasan yaitu:
  • Industri digital halal
  • Industri pariwisata halal
  • Islamic edutainment
  • Muslim modest fashion

halal lifestyle di era milenial
Prof. Bambang Brodjonegor, Menteri PPN/Bappenas


Selain talkshow, IIEFes 2019 juga diselenggarakan pameran industri halal yang diramaikan oleh para pelaku industri, regulator, start-up milenial, UMKM, dan masyarakat umum.
Berbicara tentang ekonomi dan keuangan syariah, dalam tiga dasawarsa terakhir, ekonomi dan keuangan Syariah berkembang pesat secara global maupun nasional. Alhamdulillah tahun 2019 Indonesia dinobatkan sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI).

halal lifestyle di era milenial
 Menteri Pariwisata RI, Bapak Arief Yahya saat menerima penghargaan dari GMTI 2019
(Foto sumber Kemenpar RI)


Tercatat 10 besar negara destinasi wisata halal terbaik dunia versi GMTI 2019 sebagai berikut:
  1. Indonesia : 78
  2. Malaysia : 78
  3. Turki : 75
  4. Arab Saudi : 72
  5. Uni Emirat Arab : 71
  6. Qatar : 68
  7. Maroko : 67
  8. Bahrain : 66
  9. Oman : 66
  10. Brunei Darussalam : 65

IIEFest 2019 merupakan salah satu bentuk promosi kepada masyarakat untuk secara langsung mengetahui, memahami, dan merasakan Halal Lifestyle itu sendiri. Di rangkaian acara IIEFest terdapat Halal Expo yang terdiri dari para pelaku UMKM bersertifikasi halal dari berbagai bidang.

halal lifestyle di era milenial

foto sumber Instagram @knks.id

Milenial Bukan Hanya Konsumen Tapi Produsen Produk Halal

Tahukah kamu, berdasarkan data The State of Global Islamic Economy Report 2018/19, peningkatan jumlah penduduk muslim di dunia mencapai 1,84 miliar orang dan akan terus meningkat hingga 27,5% dari total populasi dunia di tahun 2023.

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia menjadi negara dengan konsumen halal terbesar di pasar internasional. Untuk mengoptimalkan pengembangan ekonomi syariah, Indonesia perlu mendorong optimalisasi produk halal buatan sendiri dan menangkap peluang global.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, kalangan milenial seharusnya tidak hanya menjadi konsumen produk halal saja melainkan juga berpeluang untuk menjadi produsen. Jangan sampai perkembangan ekonomi syariah di Indonesia tidak sama dengan di belahan dunia lain. 

halal lifestyle di era milenial
Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional

Launching Buku Master Plan

Presiden Joko Widodo meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Masterplan yang disusun bersama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) ini menjadi acuan bagi pengembangan ekonomi syariah di dalam negeri, termasuk industri dan sistem keuangan syariah.
halal lifestyle di era milenial
 Presiden Joko Widodo meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024


Bahkan, Presiden memasang target untuk menjadikan Indonesia salah satu kekuatan ekonomi syariah terbesar dunia. Presiden membagi fokus pengembangan ekonomi syariah Tanah Air ke dalam lima sektor industri, yakni:
  1. Makanan dan minuman
  2. Tata busana
  3. Pariwisata
  4. Media dan rekreasi
  5. Farmasi dan kosmetika.
Kelima sektor industri diatas sebagai langkah pendukung, pemerintah berkomitmen untuk menguatkan keuangan syariah, UMKM berbasis produk syariah, hingga ekonomi digital yang melayani produk syariah.

halal lifestyle di era milenial
Presiden Joko Widodo, saat peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 

"Saya sangat senang sekali dengar saat ini sudah ada marketplace yang tawarkan produk halal. Saya kira ini menjadi sebuah step, agar kita tidak hanya menjadi negara konsumen terbesar, namun produsen terbesar dari produk halal yang akan masuk ke negara lain," Jokowi Dodo - Presiden RI

halal lifestyle di era milenial
Konferensi Pers Peluncurkan Buku Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia, Jakarta 14 Mei 2019

Dalam sambutannya, Presiden menyebut bahwa dalam 25 tahun ke depan Indonesia digadang-gadang menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terkuat keempat dunia lho.

Mmm... bukan perkara mudah untuk mewujudkan negara berkekuatan ekonomi besar. Menurut Bapak Presiden, ada tiga hal yang harus segera diselesaikan, yakni:
  • Pembangunan infrastruktur penunjang ekonomi syariah
  • Penyiapan sumber daya manusia (SDM) di bidang ekonomi syariah
  • Reformasi birokrasi.

Peran Milenial dalam Wujudkan Halal Lifestyle


Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar dunia, ekonomi syariah sebagai motor penggerak ekonomi nasional dan sumber kesejahteraan umat.

Berdasarkan catatan Global Islamic Economics, nilai perdagangan masyarakat dunia di sektor syariah mencapai 3 triliun dolar AS atau setara Rp 45 ribu triliun pada 2023 mendatang. Artinya, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu pemimpin pasar di industri syariah global

Ditambah dengan telah diluncurkannya Masterplan Ekonomi Keuangan Syariah oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) maka diharapkan dapat mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Jadi milenial memiliki peran penting dalam mewujudkan halal lifestyle, mulai dari hal yang paling sederhana, paling kecil, mulai dari makanan, minuman, salah satunya tidak menjadi konsumen lagi, tetapi menjadi produsen sendiri di industri halal.

Industri Makanan, Minuman dan Pariwisata Halal



Total populasi Muslim diperkirakan akan meningkat dari 23 persen saat ini menjadi sekitar 30 persen dari seluruh total penduduk dunia pada 2030. Selain itu, kepercayaan konsumen pada merek halal juga menjadi faktor yang berpengaruh dalam pembelian produk makanan halal.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah membuat Undang-undang nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa, produsen makanan dan minuman di Indonesia wajib mendaftarkan produknya.

Langkah pemerintah ini sebenarnya agak terlambat dibanding negara Asia Pasifik lainnya yang lebih dulu membuat regulasi produk makanan dan minuman halal.

Dengan adanya UU tersebut diharapkan dapat meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap produk makanan dan minuman halal di Indonesia saat ini, seta tidak menganggap terlalu rumit untuk mendapat sertifikat halal.




Alhamdulillah sudah terlihat halal lifestyle di era milenial di Indonesia, mulai bermunculan tempat makan, minuman dan tempat wisata halal. Tempat makan dan minum yang sering saya kunjungi memiliki masjid yang sangan nyaman juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.


halal lifestyle di era milenial


halal lifestyle di era milenial
Outlet Hoka Hoka Bento di seluruh Indonesia sudah mendapatkan sertifikat haal dari MUI


 Masjid Al Ikhlas, Kokas (Foto: Fay Irvanto via Google Maps)



Untuk mengembangkan pariwisata halal, Kementerian Pariwisata memberikan bimbingan teknis dan lokakarya terhadap perwakilan dari 10 provinsi di Indonesia yang menjadi destinasi wisata halal. 


Sepuluh provinsi itu adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.


Jogjakarta memiliki potensi berkaitan dengan wisata halal. Unsur wisata halal harus diperhatikan, seperti unsur hotel atau akomodasi, karena di dalamnya memuat unsur makanan dan minuman.

Makan dan minuman hotel atau food and beverage :

  1. Tidak ada alkohol dan sejenisnya yang mengandung unsur haram
  2. Makanan, minuman dan restoran yang berada di dalam hotel harus bersertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).
halal lifestyle di era milenial
Makanan, minuman dan restoran yang berada di dalam hotel harus bersertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

halal lifestyle di era milenial
 Saya saat berada di Bukit Panguk Kediwung, Mangunan Dlingo, Jogjakarta. Jogyakarta masuk dalam 10 Kota di Indonesia yang memiliki potensi wisata halal


Informasi lebih lengkap tentang Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dalam melalui website atau sosial media, yaitu:


Website: www.knks.go.id
Instagram: @knks.id


--

Kesimpulan

  1. Komite Nasional Keuangan Syariah IKNKS) dibuat untuk komitmen pemerintah dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia
  2. Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFes) 2019 bertujuan untuk memperkenalkan perkembangan industri halal kepada masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran untuk menjalankan gaya hidup halal, serta potensi manfaatnya terhadap perekonomian Indonesia.
  3. Buku Masterplan Ekonomi Keuangan Syariah memiliki emapat strategi utama yang mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia
  4. Indonesia negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia juga memiliki konsumen produk halal terbesar di pasar internasional
  5. Ditangan generasi milenial Indonesia dapat terus mengembangkan ekonomi syariah dan mendorong optimalisasi produk halal buatan sendiri
  6. Senantiasa mengecek unsur halal dalam makanan, minuman maupun tempat wisata, seperti tidak mengandung alkohol dalam makanan dan minuman serta harus mendapatkan sertifikat halal dari MUI pusat.

halal lifestyle di era milenial
 Ketika saya di Pantai Tanjung Kalayang Belitung, keindahannya menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, InshaAllah memiliki potensi wisata halal Indonesia


Demikian, semoga informasi tentang halal lifestyle di Indonesia dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lebih memahami apa itu keuangan syariah, ekonomi syariah dan juga industri halal.

Semoga penghargaan yang telah diraih Indonesia sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI) menjadi pemicu semangat kaum milenial Indonesia untuk mewujudkan halal lifestyle di Indonesia semakin meluas, sehingga halal lifestyle di era milenia ini, sangat mungkin terwujud.

Salam hangat,
Elly Nurul

23 komentar

  1. Halal lifestyle harus kita jadikan pijakan dalam mengarungi hidup.
    Bravo untuk KNKS!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Aku sepakat sekali dengan adanya halal lifestyle ini dan berharap bisa merata ada di berbagai sektor Indonesia

    BalasHapus
  3. Allhamdulillah sekarang ada KNKS yang mendukung halal lifestyle di Indonesia semoga aja di semua hal ya bisa halalnya jadi bikin nyaman umat muslim

    BalasHapus
  4. Mendukung sekali dengan gerakan dan program KNKS ini. Senang membaca kalau Indonesia berada di atas Arab, di atas Brunei dan negara lainnya. Semoga target tercapai dan dukungan kita semakin maksimal. Amin.

    BalasHapus
  5. mudah2an industri halal di Indonesia makin maju, hidup modern boleh tapi gak boleh meninggalkan prinsip syariah ya

    BalasHapus
  6. Mungkin bangeet dong.. penduduk musim kitabaja ratusan juta lho. Semoga master plannya jalan

    BalasHapus
  7. Senang Indonesia sekarang mengusung konsep gaya hidup halal dalam keseharian, terutama bidang ekonomi keuangan. Penting banget kita dukung konsep demikian karena generasi milenial akan banyak tantangan dalam kehidupan mendatang. Kita dukung demi berperan serta untuk kebaikan.n

    BalasHapus
  8. Mbak, sekarang ini kan sedang happening segala-gala tentang syariah. Dari fashion sampai travel pakai embel-embel syariah. Adakah cara buat mengecek memang bisnis atau produk tersebut sesuai syariah? Semacam nomer BPOM gitu?

    BalasHapus
  9. Halal lifestyle harus mulai menjadi ciri khas gaya hidup muslim yang tinggal di negeri kita. Semoga semakin marak dan meluas ke berbagai aspek ya. Ekonomi halal yang bebas riba insyaallah nggak hanya menguntungkan bagi muslim saja, tapi juga bagi seluruh masyarakat dengan latar belakang agama apapun.

    BalasHapus
  10. Suka dan dukung banget ekonomi dan keuangan syariah. Sekarang ini halal sudah jadi gaya hidup, baik yang muslim atau tidak. Semoga makin banyak yg berbau halal ya

    BalasHapus
  11. Pasti bisa insyaAllah mbak, saya sangat mendukung sekali program ini. Memang perlu transparansi soal halal ini mbak, jadi kita lebih nyaman dalam berwisata kemana pun termasuk di dalam negeri

    BalasHapus
  12. Kemarin pas ngurus PIRT ini juga kami, produsen UMKM dikenalkan perihal ini mbak. Ini salah satu upaya mewujudkan industri halal dari hulu ke hilir ya :)

    BalasHapus
  13. Insya Allah bisa kalau diusahakan bersama sama
    Apalagi sudah ada KNKS yang jadi lembaga untuk support penuh halal lifestyle ini

    BalasHapus
  14. Semoga halal lifestyle ini semakin berkibar dan terus menyeluruh ke seluruh aspek kehidupan..

    BalasHapus
  15. Semoga tergarap dengan baik ya potensi wisata halal di Indonesia ini sehingga traveler Muslim lebih tenang.

    BalasHapus
  16. semoga makin banyak program-program yang mengedepankan halal lifesyle yaa.. supaya masyarakat terbiasa hidup halal dalam setiap aktivitasnya

    BalasHapus
  17. Mungkin banget..
    Aku percaya Indonesia memiliki potensi besar dari segala lini, hanya tinggal mendorong sistem pemerintah beserta undang-undangnya yang mengatur kebijakan Perekonomian Syariah di Indonesia.

    BalasHapus
  18. Semoga dengan dukungan pemerintah, halal lifestyle ini makin berkembang pesat. Meski telat yaa, karena negara lain bahkan Korea SElatan aja udah punya konsel wisata halal.

    BalasHapus
  19. Wah ternyata pariwisata Indonesia di nomor 1 halalnya ya. Baru tahu aku Mbak. Keren ih. Suport sistem dari stake holder memamg penting banget sih

    BalasHapus
  20. Wah baru tau bahwa Indonesia peringkat no 1 di industri pariwisata halal. Alhamdulillah, semoga lini halal yg lain segera menyusul supaya nyaman mengkonsumsinya.

    BalasHapus
  21. Kabar baik
    Nama saya LILOW YETTY, warga negara Indonesia, dari jakarta selatan. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran penting kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman dengan sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, Beberapa pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang dan merobek uang hasil jerih payah mereka, tetapi Ibu Yuliana adalah berbeda
    Beberapa bulan yang lalu, saya benar-benar membutuhkan pinjaman tetapi bank tidak dapat menawarkan saya, karena mereka membutuhkan jaminan nyata, yang tidak dapat saya berikan. Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online dan saya menipu sekitar 19 juta, mencoba membayar biaya tak berujung yang saya tidak pernah tahu adalah semua kebohongan dan bagaimana mereka menipu orang tak berdosa yang membutuhkan bantuan. Saya hampir mati, sampai seorang teman merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mother yuliana, pemilik ANTHONY YULIANA LENDERS, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan mereka meminjamkan saya jumlah pinjaman Rp 700.000.000 dalam waktu kurang dari 48 jam pemrosesan dengan tingkat bunga 1% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya saya mengetahui bahwa jumlah yang saya ajukan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    Saya memutuskan untuk mengingatkan dan membagikan kesaksian saya tentang Bunda Yuliana agar orang-orang dari Melayu dan Indonesia dapat memperoleh pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Bunda Yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    nomor whatsapp +13234026088
    BBM INVITE (E37F9BCC)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lilowyetty21@gmail.com) dan Ibu Hendra yang memperkenalkan saya dan memberi tahu saya tentang Bunda yuliana, Dia juga menerima pinjaman dari Bunda yuliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (hendramay77 @ gmail.com) Sekarang saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis besar di kota saya, Semoga Allah terus memberkati Bunda Yuliana untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  22. CEO PERUSAHAAN PINJAMAN GRAND ALEXANDER
    Email PERUSAHAAN: gracealexanderloancompany@gmail.com
    CEO Tel.: +1(407)792-5682
    WhatsApp: +1(407)792-5682
    Penguji: Ny.Yung kun Eugene
    Alamat: Bangka Belitung, Indonesia
    Hibah Pinjaman: Rp. 100.000.000
    Bank Central Indonesia
    Penguji email: yungkuneugene@gmail.com

    Saya Ny. Yung kun Eugene dari Bangka Belitung, ini email saya jika Anda ingin menghubungi saya: yungkuneugene@gmail.com. Saya ingin membagikan kisah nyata saya di platform ini tentang bagaimana saya mendapat pinjaman modal ventura sebesar Rp. 100.000.000 dari pemberi pinjaman yang sah. Saya selalu gagal dan saya bahkan scam sampai saya melihat kesaksian Ny. Rahma Henny di platform ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari GRACE ALEXANDER LOAN COMPANY.

    Saya menghubungi CEO, Ms. Grace Alexander, minggu lalu, saya mengajukan pinjaman dari Mother Grace dan saya terkejut, pinjaman saya disetujui dan setelah 2 jam aplikasi saya, jumlah Rp100.000.000 ditransfer ke bank BCA saya Akun. Saya ingin menyarankan semua orang untuk menghubungi perusahaan pinjaman PERUSAHAAN GRACE ALEXANDER LOAN yang sah.

    BalasHapus
  23. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus