Tips Cerdas Menggunakan Kosmetik pada Jaman Milenial

tips cerdas menggunakan kosmetik pada jaman milenialMenggunakan produk skin care dan kosmetik yang terdaftar pada Badan POM merupakan cara agar terhindar dari kosmetik berbahaya.

Banyak jenis bahan kosmetik yang berbahaya untuk kulit, maka jaman milenial yang serba digital, sangat mudah diketahui apakah skin care dan kosmetik yang kita gunakan aman atau tidak untuk kulit.


Dear Ladies,

Siapa sih wanita yang tidak ingin terlihat cantik, memiliki kulit wajah sehat, terawat dan jauh dari kulit kusam apalagi rusak.

Semua wanita tentu menginginkan kulit yang sehat dan terawat, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan skin care dan kosmetik secara rutin.

Tentunya harus menggunakan produk-produk skin care dan kosmetik yang tidak berbahaya, agar kulit tidak rusak dan jangan pernah menggunakan cara instan ya ladies untuk menghasilkan kulit idaman, karena yakin deh yang instan itu tidak akan abadi, tsahhh.

Bicara tentang kosmetik berbahaya, memang beneran ada ya? mmm... ternyata ada dan sangat banyak lho jumlahnya... hayoo apakah kita termasuk menggunakan skin care atau kosmetik yang tidak aman?

Lalu, seberapa penting sih kita mengetahui tentang kosmetik berbahaya? apalagi buat para ladies yang sering mereview skin care atau kosmetik di blog atau instagram pribadi.

Menurut hasil penelitian dari PT. Social Bella bahwa sebanyak 65% faktor keputusan masyarakat Indonesia membeli kosmetik karena review dari dari beauty blogger dan influncer.

Wah, disatu sisi para beauty blogger dan influencer bisa berbangga hati, namun di sisi lain bisa berdampak negatif jika memberikan informasi yang salah tentang kosmetik kepada masyarakat.

Tips Agar Terhindar dari Kosmetik Berbahaya

Perubahan pola perdagangan kosmetik yang semula jual beli dilakukan secara konvensional di tempat, kemudian penjualanan langsung/MLM Multilevel Marketing dan kini jual beli secara online, yang menjadi tren saat ini sesuai dengan gaya hidup generasi milenial.

Pola fikir masyarakat terhadap kosmetik juga mengalami perubahan lho ladies yaitu motivasi masyarakat dalam memilih produk, ada yang memilih efek instan, harga murah, branded oriented bahkan import oriented.

Jika ladies sering mereview produk skin care dan kosmetik, coba deh lakukan beberapa tips berikut agar terhindar dari kosmetik berbahaya untuk diri sendiri maupun orang lain :

Cek Notifikasi Produk ke BPOM

Ladies jangan mudah percaya dengan produk-produk skin care dan kosmetik yang mengaku telah mendapatkan ijin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM, karena nomor tersebut bisa saja dipalsukan lho.

Ladies bisa kok memeriksa sendiri keaslian nomor notifikasi produk lewat http://notifkos.pom.go.id/
tips cerdas menggunakan kosmetik pada jaman milenial

Cukup ketik nomor notifikasi atau nama produk pada kolom yang telah disediakan, lalu klik 'cari'. Jika produk tidak terdaftar atau terdaftar atas nama lain, sebaiknya ladies berhati-hati ya.

Jangan Tergiur dengan Produk yang Menjanjikan Hasil Instan

Ladies, semua produk perawatan kulit itu sudah dirancang untuk memberikan hasil secara bertahap yang dapat dimaksimalkan dengan pemakaian teratur. Namun, ketika sebuah produk menjanjikan hasil yang instan tanpa cara kerja kandungan yang jelas, ladies harus curiga.

Menurut situs Alodokter, merkuri adalah kandungan yang sangat populer dalam produk pemutih karena kemampuannya menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat.

Padahal ya.. merkuri sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Selain itu, penggunaan beberapa bahan pemutih kulit harus dibawah pengawasan dokter kulit lho ya.

Ladies bisa membeli produk perawatan kecantikan dari merk dan penjual yang sudah terpercaya, yang sudah tentu menjual produk yang tidak berbahaya.

Lakukan Cek KLIK

Slogan Cek KLIK dicetuskan oleh BPOM sebagai pegangan masyarakat dalam menentukan produk-produk kecantikan yang aman, yaitu :
  • Kemasan produk harus dalam keadaan baik (tidak rusak/cacat/luntur), memiliki warna, bau dan konsistensi yang baik dan stabil, serta tidak ada bercak kotoran.
  • Label produk utuh dan mencantumkan nama kosmetik; kegunaan; cara penggunaan; komposisi; nama dan negara produsen; nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi; nomor BETS; ukuran, isi atau berat bersih; tanggal kedaluwarsa; peringatan/ perhatian dan keterangan lain yang dipersyaratkan serta nomor notifikasi.
  • Ijin Edar berupa notifikasi yang bisa diakses melalui notifkos.pom.go.id
  • Kadaluwarsa belum lewat.

tips cerdas menggunakan kosmetik pada jaman milenial

--

Bagaimana tipsnya, ngga sulit kan ya? ladies dapat mencari merk dan produsen skincare atau kosmetik yang hendak digunakan melalui situs BPOM yaitu cekbpom atau dengan mendownload aplikasi di play store Cek BPOM.

Saya pribadi sebagai blogger yang sering me-review produk skin care dan kecantikan sangat terbantu dengan adanya informasi cek notifikasi dan cek klik ini, InshaAllah menjadi lebih teliti lagi dalam menggunakan skin care dan kosmetik yang aman untuk kulit dan terhindar dari produk palsu apalagi belum terdaftar di Badan POM.

Pastikan ladies mendapatkan barang yang asli dengan cara membeli di counter atau agen resmi yang tercantum ya.. dan review produk skin care dan kosmetik menjadi lebih aman, nyaman dan tenang, karena sudah dilakukan cek notifikasi dan lakukan Cek Klik

Thank you Badan POM RI, dengan adanya cek notifikasi dan Cek Klik semoga masyarakat Indonesia lebih peduli terhadap dirinya dengan lebih teliti lagi sebelum menggunakan skin care atau kosmetik, jaman milenial ini semua serba mudah, ngga mau kan menggunakan produk palsu apalagi ilegal!.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

16 komentar:

  1. Kosmetik beragam mulai dari yang dari luar negri sampai lokal.

    Pemilihan kosmetik untuk generasi milenial memang harus di lindungi lembaga pemerintah. Bpom yang mudah d akses dan di hubungi

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah skrg aku udh punya skin care yg cocok dan jadi andalan, dan udah dpt sertifikat aman dari bppom. Tapi masih heran sama yang mau pake krim racikan, pengen putih instan tapi malah gunain racun yaa buat wajah sendiri

    BalasHapus
  3. Waaahhh ternyata sekarang mudah ya mengecek keaslian dan izin edar kosmetik. Dan satu lagi nih yang terpenting menurut aku, pembeli juga jangan terbujuk harga murah kosmetik. Masa kosmetik ternama yang di mall harganya jutaan, dijual di bawah lima puluh ribu yaaa....

    BalasHapus
  4. Halo mbaa Elly. Sekarang makin banyak produk kosmetik yang jujur pengen aku coa. Tapi pengecekan dari BPOM tuh memang harus tahu ya agar makin cerdas pilih kosmetik :)

    BalasHapus
  5. Waaah ada solusi nih kalo kita beli kosmetik ya. Kudu cek notifikasi, cek klik dulu biar yakin aman ga nih sesuai BPOM ga nih? Memang deh jangan tergiur harga yg jd murah apalagi diakonnya gede banget hehe bahaya ngeri ya merusak kesehatan kulit apalagi kalo wajah iiih serem ☺

    BalasHapus
  6. Zaman sekarang itu informasi udah banyak jadi kita memang yang harus aware ya terhadap berbagai macam produk kosmetik bukan asal pakai dan beli

    BalasHapus
  7. Bener ih, ngeri klo beli yang asal aja. Apalagi di pasar bebas, ngeri ada bahan berbahayanya

    BalasHapus
  8. Aku yg termasuk gak ngerti banyak ttg kosmetik atau skin care. Sekalinya mau coba pakai pasti kebingungan banget produk mana yang cocok buatku. Bersyukur skr makin dimudahkan untuk dapetin informasi mengenai itu, banyak review juga untuk bahan pertimbangan. Setidaknya gak salah milih produk berbahaya, dampaknya mengerikan ternyata ya :(

    BalasHapus
  9. Aku pun sekarang cek klik dulu sebelum beli make up karena bahaya ya kalo ga ada izin edar.

    BalasHapus
  10. Membeli kosmetik mesti cermat ya mbak. Apalagi akhir2 ini suka beredar kosmetik palsu.
    Kalau saya biasanya beli di toko offline/ online yang terpercaya.
    Kalau terpaksa beli di toko kurang begitu dikenal emang baiknya cek2 dulu yaaa

    BalasHapus
  11. Selama ini alhamdulillah gak pernah tergiur kosmetik hasil instan, pasti ada yg gak bagus krn hrs dipaksakan, kita memang harus lebih banyak cari info ya mbak, biar makin cerdas memilih produk

    BalasHapus
  12. Emang ngeri ya mbak sekarang banyak banget beredar kosmetik palsu. Atau yang hasilnya instan padahal kandungannya ngeri banget

    BalasHapus
  13. Cek klik dalam memilih kosmetik penting banget ya mbak, apalagi buat wajah kita. Jangan sampai salah pilih produk

    BalasHapus
  14. Ini juga yang selalu aku lakukan, cek notifikasi BPOM sebelum membeli produk atau sebelum menerima tawaran kerjasama dari suatu brand kosmetik. Soalnya kalau udah ada nomor BPOM tuh rasanya aman dan nanti kalau ada apa2 kita tahu harus ke mana (amit-amit deh jangan sampai).

    Cuma susahnya kalau untuk brand luar negeri yang belum resmi masuk Indonesia ya kadang emang belum ada bpom-nya. Huhuhu

    BalasHapus
  15. Bener mbak Ely, hal pertama yang saya lakukan dalam membeli kosmetik, seperti sunscreen biasanya saya cek dulu ada logo halalnya ga, kalau ada insyaAllah produk selamat.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah sekarang bisa ceki-ceki dulu ya, biar ngga salah pilih produk make up atau skincare. Karena kan akan dipakai di kulit ya booo,kalo ngga aman serem amat.

    BalasHapus

Instagram