Halal LifeStyle di Era Milenial, Mungkinkah?

halal lifestyle di era milenial

Indonesia negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia juga memiliki konsumen produk halal terbesar di pasar Internasional.



Bukan tidak mungkin halal LifeStyle di Era Milenial dapat terus berkembang dan terus mendorong optimalisasi produk halal buatan sendiri seperti makanan dan minuman halal, pariwisata halal, fesyen muslim, media dan rekreasi halal serta farmasi dan kosmetik halal.


Assalamualaikum Wr, Wb.

Adakah yang pernah mendengar tentang halal lifestyle? apa itu halal lifestyle? apa yang dimaksud dengan keuangan syariah, ekonomi syariah dan industri halal? lalu, bagaimana mewujudkan halal lifestyle di negara Indonesia dengan jumlah penduduk mayoritas muslim?.

Saya sendiri pernah mendengar tentang halal lifestyle, tapi memang belum mempelajarinya lebih mendalam hehe.. nah, dibulan ramadan ini, bulan yang penuh berkah dan kebaikan saya sedikit demi sedikit mempelajarinya. Selain untuk mengisi waktu berbuka puasa, InshaAllah akan bermanfaat tidak hanya untuk diri saya tapi juga buat orang lain.

Selain itu, saat ini kita hidup di era milenial, jadi ngga ada salahnya memahami apa itu halal lifestyle, bagaimana halal lifestyle di era milenial, supaya ngga dibilang kudet alias kurang update.

Sebelum menemukan apa itu halal lifestyle dan mungkinkah bisa diterapkan di era milenial sekarang? Ada baiknya kita terlebih dahulu memahami apa itu keuangan syariah, ekonomi syariah dan apa itu industri halal.

Tentang Keuangan Syariah

Keuangan syariah atau manajemen keuangan syariah adalah cara menciptakan dan menjaga nilai ekonomi atau kesejahteraan, konsekuensinya, serta semua pengambilan keputusan harus difokuskan pada penciptaan kesejahteraan yang dijalankan sesuai dengan prinsip syariah.

Manajemen keuangan syariah sebagai penata kelolaan keuangan dari sisi cara memperolehnya sampai dengan cara pembelanjaannya yang dijalankan sesuai dengan prinsip syariah.

halal lifestyle di era milenial
Sumber buku saku tentang Ekonomi Syariah Bank Indonesia

Tentang Ekonomi Syariah

Pada dasarnya sistem ekonomi islam adalah sistem ekonomi yang mendorong adanya pengendalian harta masyarakat agar tidak menumpuk dan terus mengalir menuju:
  • Investasi secara optimal (larangan riba) dan produktif (larangan judi)
  • Partisipasi masyarakat melalui dana ISWAF untuk berkontribusi bagi kepentingan publik.
  • Distribusi harga melalui dana zakat untu meningkatkan daya beli kelompok masyarakat tertentu.
  • Untuk mengembangkan perekonomian yang transparan, adil, berbagi risiko, tidak membahayakan dan tidak mengandung zat yang haram, maka harus mengimplementasikan lima prinsip dasar yaitu: melalui instrumen zakat, kepemilihan harta diatas nisab (batas maksimal), dikendalikan sekaligus didorong untuk mengalir menuju investasi atau jual beli

 
halal lifestyle di era milenial

 Sumber buku saku tentang Ekonomi Syariah Bank Indonesia

halal lifestyle di era milenial

Sumber buku saku tentang Ekonomi Syariah Bank Indonesia

Apa Itu Industri Halal

Industri halal yaitu industri yang di dalamnya semua industri menerapkan atau sesuai dengan standar Islam mulai dari hulu sampai hilir.

Produk halal bukan hanya identik bagi masyarakat muslim saja, namun sudah dikonotasikan dengan treatment yang lebih baik, mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi, packaging, dan logistiknya.

Tentang Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS)

Untuk mengembangkan potensi sekaligus menjawab tantangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, pemerintah membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) melalui Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah.

Komite ini dipimpin langsung oleh Presiden RI dan Wakil Presiden RI, dengan 10 Dewan Pengarah yang terdiri atas Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Agama, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan dan Majelis Ulama Indonesia.

Tugas KNKS

KNKS dibentuk bukan tanpa tujuan, KNKS bertugas mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan keuangan syariah dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional.

KNKS juga berfungsi sebagai katalisator pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk skala nasional maupun internasional.
halal lifestyle di era milenial

Penyelenggaraan Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest) 2019

Jum'at, 26 April 2019, Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menyelenggarakan Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFest) 2019 dengan tema “Halal Lifestyle di Era Milenial” di Trans Hotel Grand Ballroom, Bandung.

IIEFest 2019 diselenggarakan dalam rangka pra-peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia.
IIEFest 2019 bertujuan untuk memperkenalkan perkembangan industri halal kepada masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran untuk menjalankan gaya hidup halal, serta potensi manfaatnya terhadap perekonomian Indonesia.

Acara IIEFest 2019 dihadiri dan diresmikan oleh Menteri PPN/Bappenas, Prof. Bambang Brodjonegoro. Ada 16 para pelaku pasar dari berbagai Industri kreatif syariah sebagai narasumber Talkshow yang dibagi menjadi beberapa topik bahasan yaitu:
  • Industri digital halal
  • Industri pariwisata halal
  • Islamic edutainment
  • Muslim modest fashion

halal lifestyle di era milenial
Prof. Bambang Brodjonegor, Menteri PPN/Bappenas


Selain talkshow, IIEFes 2019 juga diselenggarakan pameran industri halal yang diramaikan oleh para pelaku industri, regulator, start-up milenial, UMKM, dan masyarakat umum.
Berbicara tentang ekonomi dan keuangan syariah, dalam tiga dasawarsa terakhir, ekonomi dan keuangan Syariah berkembang pesat secara global maupun nasional. Alhamdulillah tahun 2019 Indonesia dinobatkan sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI).

halal lifestyle di era milenial
 Menteri Pariwisata RI, Bapak Arief Yahya saat menerima penghargaan dari GMTI 2019
(Foto sumber Kemenpar RI)


Tercatat 10 besar negara destinasi wisata halal terbaik dunia versi GMTI 2019 sebagai berikut:
  1. Indonesia : 78
  2. Malaysia : 78
  3. Turki : 75
  4. Arab Saudi : 72
  5. Uni Emirat Arab : 71
  6. Qatar : 68
  7. Maroko : 67
  8. Bahrain : 66
  9. Oman : 66
  10. Brunei Darussalam : 65

IIEFest 2019 merupakan salah satu bentuk promosi kepada masyarakat untuk secara langsung mengetahui, memahami, dan merasakan Halal Lifestyle itu sendiri. Di rangkaian acara IIEFest terdapat Halal Expo yang terdiri dari para pelaku UMKM bersertifikasi halal dari berbagai bidang.

halal lifestyle di era milenial

foto sumber Instagram @knks.id

Milenial Bukan Hanya Konsumen Tapi Produsen Produk Halal

Tahukah kamu, berdasarkan data The State of Global Islamic Economy Report 2018/19, peningkatan jumlah penduduk muslim di dunia mencapai 1,84 miliar orang dan akan terus meningkat hingga 27,5% dari total populasi dunia di tahun 2023.

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia menjadi negara dengan konsumen halal terbesar di pasar internasional. Untuk mengoptimalkan pengembangan ekonomi syariah, Indonesia perlu mendorong optimalisasi produk halal buatan sendiri dan menangkap peluang global.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, kalangan milenial seharusnya tidak hanya menjadi konsumen produk halal saja melainkan juga berpeluang untuk menjadi produsen. Jangan sampai perkembangan ekonomi syariah di Indonesia tidak sama dengan di belahan dunia lain. 

halal lifestyle di era milenial
Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional

Launching Buku Master Plan

Presiden Joko Widodo meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Masterplan yang disusun bersama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) ini menjadi acuan bagi pengembangan ekonomi syariah di dalam negeri, termasuk industri dan sistem keuangan syariah.
halal lifestyle di era milenial
 Presiden Joko Widodo meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024


Bahkan, Presiden memasang target untuk menjadikan Indonesia salah satu kekuatan ekonomi syariah terbesar dunia. Presiden membagi fokus pengembangan ekonomi syariah Tanah Air ke dalam lima sektor industri, yakni:
  1. Makanan dan minuman
  2. Tata busana
  3. Pariwisata
  4. Media dan rekreasi
  5. Farmasi dan kosmetika.
Kelima sektor industri diatas sebagai langkah pendukung, pemerintah berkomitmen untuk menguatkan keuangan syariah, UMKM berbasis produk syariah, hingga ekonomi digital yang melayani produk syariah.

halal lifestyle di era milenial
Presiden Joko Widodo, saat peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 

"Saya sangat senang sekali dengar saat ini sudah ada marketplace yang tawarkan produk halal. Saya kira ini menjadi sebuah step, agar kita tidak hanya menjadi negara konsumen terbesar, namun produsen terbesar dari produk halal yang akan masuk ke negara lain," Jokowi Dodo - Presiden RI

halal lifestyle di era milenial
Konferensi Pers Peluncurkan Buku Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia, Jakarta 14 Mei 2019

Dalam sambutannya, Presiden menyebut bahwa dalam 25 tahun ke depan Indonesia digadang-gadang menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terkuat keempat dunia lho.

Mmm... bukan perkara mudah untuk mewujudkan negara berkekuatan ekonomi besar. Menurut Bapak Presiden, ada tiga hal yang harus segera diselesaikan, yakni:
  • Pembangunan infrastruktur penunjang ekonomi syariah
  • Penyiapan sumber daya manusia (SDM) di bidang ekonomi syariah
  • Reformasi birokrasi.

Peran Milenial dalam Wujudkan Halal Lifestyle


Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar dunia, ekonomi syariah sebagai motor penggerak ekonomi nasional dan sumber kesejahteraan umat.

Berdasarkan catatan Global Islamic Economics, nilai perdagangan masyarakat dunia di sektor syariah mencapai 3 triliun dolar AS atau setara Rp 45 ribu triliun pada 2023 mendatang. Artinya, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu pemimpin pasar di industri syariah global

Ditambah dengan telah diluncurkannya Masterplan Ekonomi Keuangan Syariah oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) maka diharapkan dapat mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Jadi milenial memiliki peran penting dalam mewujudkan halal lifestyle, mulai dari hal yang paling sederhana, paling kecil, mulai dari makanan, minuman, salah satunya tidak menjadi konsumen lagi, tetapi menjadi produsen sendiri di industri halal.

Industri Makanan, Minuman dan Pariwisata Halal



Total populasi Muslim diperkirakan akan meningkat dari 23 persen saat ini menjadi sekitar 30 persen dari seluruh total penduduk dunia pada 2030. Selain itu, kepercayaan konsumen pada merek halal juga menjadi faktor yang berpengaruh dalam pembelian produk makanan halal.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah membuat Undang-undang nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa, produsen makanan dan minuman di Indonesia wajib mendaftarkan produknya.

Langkah pemerintah ini sebenarnya agak terlambat dibanding negara Asia Pasifik lainnya yang lebih dulu membuat regulasi produk makanan dan minuman halal.

Dengan adanya UU tersebut diharapkan dapat meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap produk makanan dan minuman halal di Indonesia saat ini, seta tidak menganggap terlalu rumit untuk mendapat sertifikat halal.




Alhamdulillah sudah terlihat halal lifestyle di era milenial di Indonesia, mulai bermunculan tempat makan, minuman dan tempat wisata halal. Tempat makan dan minum yang sering saya kunjungi memiliki masjid yang sangan nyaman juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.


halal lifestyle di era milenial


halal lifestyle di era milenial
Outlet Hoka Hoka Bento di seluruh Indonesia sudah mendapatkan sertifikat haal dari MUI


 Masjid Al Ikhlas, Kokas (Foto: Fay Irvanto via Google Maps)



Untuk mengembangkan pariwisata halal, Kementerian Pariwisata memberikan bimbingan teknis dan lokakarya terhadap perwakilan dari 10 provinsi di Indonesia yang menjadi destinasi wisata halal. 


Sepuluh provinsi itu adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.


Jogjakarta memiliki potensi berkaitan dengan wisata halal. Unsur wisata halal harus diperhatikan, seperti unsur hotel atau akomodasi, karena di dalamnya memuat unsur makanan dan minuman.

Makan dan minuman hotel atau food and beverage :

  1. Tidak ada alkohol dan sejenisnya yang mengandung unsur haram
  2. Makanan, minuman dan restoran yang berada di dalam hotel harus bersertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).
halal lifestyle di era milenial
Makanan, minuman dan restoran yang berada di dalam hotel harus bersertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

halal lifestyle di era milenial
 Saya saat berada di Bukit Panguk Kediwung, Mangunan Dlingo, Jogjakarta. Jogyakarta masuk dalam 10 Kota di Indonesia yang memiliki potensi wisata halal


Informasi lebih lengkap tentang Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dalam melalui website atau sosial media, yaitu:


Website: www.knks.go.id
Instagram: @knks.id


--

Kesimpulan

  1. Komite Nasional Keuangan Syariah IKNKS) dibuat untuk komitmen pemerintah dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia
  2. Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFes) 2019 bertujuan untuk memperkenalkan perkembangan industri halal kepada masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran untuk menjalankan gaya hidup halal, serta potensi manfaatnya terhadap perekonomian Indonesia.
  3. Buku Masterplan Ekonomi Keuangan Syariah memiliki emapat strategi utama yang mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia
  4. Indonesia negara dengan populasi muslim terbesar, Indonesia juga memiliki konsumen produk halal terbesar di pasar internasional
  5. Ditangan generasi milenial Indonesia dapat terus mengembangkan ekonomi syariah dan mendorong optimalisasi produk halal buatan sendiri
  6. Senantiasa mengecek unsur halal dalam makanan, minuman maupun tempat wisata, seperti tidak mengandung alkohol dalam makanan dan minuman serta harus mendapatkan sertifikat halal dari MUI pusat.

halal lifestyle di era milenial
 Ketika saya di Pantai Tanjung Kalayang Belitung, keindahannya menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara, InshaAllah memiliki potensi wisata halal Indonesia


Demikian, semoga informasi tentang halal lifestyle di Indonesia dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lebih memahami apa itu keuangan syariah, ekonomi syariah dan juga industri halal.

Semoga penghargaan yang telah diraih Indonesia sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI) menjadi pemicu semangat kaum milenial Indonesia untuk mewujudkan halal lifestyle di Indonesia semakin meluas, sehingga halal lifestyle di era milenia ini, sangat mungkin terwujud.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

22 komentar:

  1. Halal lifestyle harus kita jadikan pijakan dalam mengarungi hidup.
    Bravo untuk KNKS!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA BERKAT BANTUAN AKI SOLEH
      MAKANYA SENGAJA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET !!!

      assalamualaikum wr, wb, saya IBU NUR INTAN saya Mengucapkan banyak2
      Terima kasih kepada: AKI SOLEH
      atas nomor togelnya yang kemarin AKI berikan "4D"
      alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI
      dan berkat bantuan AKI SOLEH saya bisa melunasi semua hutan2…
      orang tua saya yang ada di BANK BRI dan bukan hanya itu AKI alhamdulillah,
      sekarang saya sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari2.
      Itu semua berkat bantuan AKI SOLEH sekali lagi makasih banyak ya, AKI
      yang ingin merubah nasib
      seperti saya...?
      SILAHKAN GABUNG SAMA AKI SOLEH No; { 082-313-336-747 }

      Sebelum Gabung Sama AKI Baca Duluh Kata2 Yang Dibawah Ini
      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini...!!
      1: Di kejar2 tagihan hutang..
      2: Selaluh kalah dalam bermain togel
      3: Barang berharga sudah
      terjual buat judi togel..
      4: Sudah kemana2 tapi tidak
      menghasilkan, solusi yang tepat..!
      5: Sudah banyak dukun ditempati minta angka ritual blom dapat juga,
      6: Pelet pemikat hati untuk pria
      7: Pesugihan tanpah tumbal
      8: Dukun santet paling ampuh
      satu jalan menyelesaikan masalah anda..
      Dijamin anda akan berhasil
      silahkan buktikan sendiri
      Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
      No WA Aki : 082313336747

      TERIMA KASIH YANG PUNYA
      ROOM ATAS TUMPANGANYA SALAM KOMPAK SELALU

      "http://angkaramalantogel.blogspot.co.id/"

      Hapus
  2. Aku sepakat sekali dengan adanya halal lifestyle ini dan berharap bisa merata ada di berbagai sektor Indonesia

    BalasHapus
  3. Allhamdulillah sekarang ada KNKS yang mendukung halal lifestyle di Indonesia semoga aja di semua hal ya bisa halalnya jadi bikin nyaman umat muslim

    BalasHapus
  4. Mendukung sekali dengan gerakan dan program KNKS ini. Senang membaca kalau Indonesia berada di atas Arab, di atas Brunei dan negara lainnya. Semoga target tercapai dan dukungan kita semakin maksimal. Amin.

    BalasHapus
  5. mudah2an industri halal di Indonesia makin maju, hidup modern boleh tapi gak boleh meninggalkan prinsip syariah ya

    BalasHapus
  6. Mungkin bangeet dong.. penduduk musim kitabaja ratusan juta lho. Semoga master plannya jalan

    BalasHapus
  7. Senang Indonesia sekarang mengusung konsep gaya hidup halal dalam keseharian, terutama bidang ekonomi keuangan. Penting banget kita dukung konsep demikian karena generasi milenial akan banyak tantangan dalam kehidupan mendatang. Kita dukung demi berperan serta untuk kebaikan.n

    BalasHapus
  8. Mbak, sekarang ini kan sedang happening segala-gala tentang syariah. Dari fashion sampai travel pakai embel-embel syariah. Adakah cara buat mengecek memang bisnis atau produk tersebut sesuai syariah? Semacam nomer BPOM gitu?

    BalasHapus
  9. Halal lifestyle harus mulai menjadi ciri khas gaya hidup muslim yang tinggal di negeri kita. Semoga semakin marak dan meluas ke berbagai aspek ya. Ekonomi halal yang bebas riba insyaallah nggak hanya menguntungkan bagi muslim saja, tapi juga bagi seluruh masyarakat dengan latar belakang agama apapun.

    BalasHapus
  10. Suka dan dukung banget ekonomi dan keuangan syariah. Sekarang ini halal sudah jadi gaya hidup, baik yang muslim atau tidak. Semoga makin banyak yg berbau halal ya

    BalasHapus
  11. Pasti bisa insyaAllah mbak, saya sangat mendukung sekali program ini. Memang perlu transparansi soal halal ini mbak, jadi kita lebih nyaman dalam berwisata kemana pun termasuk di dalam negeri

    BalasHapus
  12. Kemarin pas ngurus PIRT ini juga kami, produsen UMKM dikenalkan perihal ini mbak. Ini salah satu upaya mewujudkan industri halal dari hulu ke hilir ya :)

    BalasHapus
  13. Insya Allah bisa kalau diusahakan bersama sama
    Apalagi sudah ada KNKS yang jadi lembaga untuk support penuh halal lifestyle ini

    BalasHapus
  14. Semoga halal lifestyle ini semakin berkibar dan terus menyeluruh ke seluruh aspek kehidupan..

    BalasHapus
  15. Semoga tergarap dengan baik ya potensi wisata halal di Indonesia ini sehingga traveler Muslim lebih tenang.

    BalasHapus
  16. semoga makin banyak program-program yang mengedepankan halal lifesyle yaa.. supaya masyarakat terbiasa hidup halal dalam setiap aktivitasnya

    BalasHapus
  17. Mungkin banget..
    Aku percaya Indonesia memiliki potensi besar dari segala lini, hanya tinggal mendorong sistem pemerintah beserta undang-undangnya yang mengatur kebijakan Perekonomian Syariah di Indonesia.

    BalasHapus
  18. Semoga dengan dukungan pemerintah, halal lifestyle ini makin berkembang pesat. Meski telat yaa, karena negara lain bahkan Korea SElatan aja udah punya konsel wisata halal.

    BalasHapus
  19. Wah ternyata pariwisata Indonesia di nomor 1 halalnya ya. Baru tahu aku Mbak. Keren ih. Suport sistem dari stake holder memamg penting banget sih

    BalasHapus
  20. Wah baru tau bahwa Indonesia peringkat no 1 di industri pariwisata halal. Alhamdulillah, semoga lini halal yg lain segera menyusul supaya nyaman mengkonsumsinya.

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    BAGAIMANA CARA MENGENAI KREDIT PINJAMAN JAMINAN
    (a) Peminjam palsu tidak perlu meminta cagaran dan tidak ada laman web
    (b) Peminjam palsu tidak mempunyai sijil perniagaan
    (c) Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan anda yang membuat anda layak mendapat pinjaman
    (d) Peminjam palsu tidak menggunakan Gmail, tidak ada dominan
    (e) Peminjam palsu tidak mempunyai alamat pejabat fizikal
    (f) Peminjam palsu meminta yuran pendaftaran dan bayaran trans
                                             Daftar sekarang
    DAFTAR SEKARANG: info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    laman web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ::: + 447456405237. Saya mendapat pinjaman sebanyak Rm 2.4 juta dengan kadar faedah pinjaman sebanyak 1% dari PINJAMAN AASIMAHA ADILA AHMED. Semoga Allah memberkati mereka. InsyaAllah, dengan setia
    Jurjani baik
    Pengerusi Eksekutif / PENGENALAN Pegawai, VENTURES HARTA TANAH Email.jurjanibude0811@gmail.com

    BalasHapus

Instagram