Mengisi Liburan Dengan Aktivitas Seru Bersama Anak

mengisi liburan dengan aktifitas seru bersama anak

  Masa yang paling menggembirakan bagi anak-anak adalah ketika mereka terbebas dari rutinitas tugas sekolah.  Liburan sekolah atau liburan akhir tahun menjadi momen kegembiraan anak.

Saat liburan sekolah atau liburan akhir tahun, maka anak memiliki waktu untuk bermain, rekreasi ke tempat hiburan, berkunjung ke rumah keluarga lainnya, dan berbagai aktivitas lain yang menyegarkan pikiran.


Dear Moms,

Sudah memasuki liburan sekolah dan liburan akhir tahun nih, aktivitas liburan apa saja yang sudah dilakukan bersama anak?

Berbicara tentang liburan, tidak hanya orang dewasa, ternyata anak-anak juga rentan terserang kejenuhan akan aktivitas sehari-hari lho. Rasa jenuh merupakah hal yang tidak baik bagi kesehatan serta pertumbuhan.

Jadi, Moms perlu memanfaatkan momen liburan untuk membantu anak-anak melepaskan kejenuhan. Lalu, bagaimana cara mengisi liburan sekolah atau liburan akhir tahun dengan kegiatan yang bisa mencerdaskan anak namun tetap santai dan menyenangkan?

6 aktivitas liburan seru dan menyenangkan bersama Anak

Moms, Berikut adalah beberapa aktivitas kegiatan seru yang dapat moms lakukan bersama si anak di rumah selama masa liburan:

Berkreativitas bersama

Untuk mengisi waktu liburan yang berkualitas, pilih kegiatan yang memacu kreativitas anak, seperti menggambar, melukis, mewarnai atau menciptakan prakarya yang bisa anak nikmati sendiri hasilnya.

Selain membuat anak lebih kreatif, berkesenian bersama anak juga dapat membuat ikatan antara orangtua dan anak semakin kuat dengan adanya kerja sama dan saling mendukung.

mengisi liburan dengan aktifitas seru bersama anak

Bermain alat musik

Sediakan berbagai jenis alat musik yang mudah dimainkan oleh anak seperti gitar kecil, drum kecil, atau piano. Berikan sedikit pengetahuan bermain musik lalu biarkan anak memainkan alat musik dengan gayanya sendiri.

Berdasarkan beberapa buku yang saya baca, anak-anak yang diperkenalkan dengan alat musik sejak dini, memiliki aktivitas otak yang lebih baik. Selain itu, bermain musik juga baik untuk memperbaiki mood anak lho moms.

Berolah raga

Kegiatan ini tidak hanya mampu membuat tubuh anak semakin bugar, tapi juga membantu perkembangan otaknya menjadi lebih baik

Aktivitas olahraga dapat memperbaiki aliran darah dan suplai oksigen ke otak yang dapat membuat kegiatan berpikir semakin lancar dan memudahkan anak menemukan ide-ide menarik yang dapat membantunya berprestasi.
mengisi liburan dengan aktifitas seru bersama anak

mengisi liburan dengan aktifitas seru bersama anak

Membuat Kue

Aktifitas liburan bersama anak bisa dengan hal sederhana, seperti membuat kue bersama. Membuat kue tidak hanya untuk anak perempuan saja, tetapi anak laki-laki juga bisa diajarkan membuat kue.

Proses menyiapkan bahan, mengolah hingga kue siap dihidangkan, bisa menjadi edukasi kepada anak-anak bagaimana proses membuat kue. Kegiatan ini mengasah motorik kasar, mengenalkan proses dan sebab akibat.

mengisi liburan dengan aktifitas seru bersama anak

Berkunjung ke Museum

Pilih museum-museum yang bisa membuat anak tertarik dan menyenangkan. Dengan membawa anak-anak ke museum, akan memberikannya banyak wawasan baru yang meningkatkan kinerja otaknya agar semakin cerdas.

Berkunjung ke Tempat Wisata Bermain dengan Binatang

Kenalkan anak kepada beragam jenis binatang darat, laut dan jenis makanannya. Beri kesempatan anak untuk memberi makan binatang agar ia tahu bahwa semua makhluk hidup perlu makan. Ajarkan juga bahwa sebagai sesama makhluk hidup, kita perlu saling menyayangi dan menjaga terhadap hewan-hewan.

mengisi liburan dengan aktifitas seru bersama anak


Moms, dalam melakukan aktifitas liburan diatas, tentunya kita sebagai orangtua harus tetapa waspada terhadap segara resiko yang mungkin saja terjadi. Risiko bisa terjadi pada anak atau juga bisa terjadi pada kita sebagai orangtua.

Kita tentu berharap liburan tanpa ada resiko yang mengancam, namun kita sebagai orangtua perlu melakukan perlindungan asuransi untuk memberikan jaminan apabila tertanggung (orangtua) meninggal dunia karena kecelakaan.

--

Aktifitas liburan bersama anak penting, namun memiliki asuransi santunan pendidikan berupa jaminan pandidikan anak juga penting, karena kita tidak tahu resiko apa saja yang mungkin terjadi pada diri kita sebagai orangtua.

Asuransi santunan pendidikan berupa jaminan pendidikan anak, dapat membantu anak tetap dapat melanjutkan pendidikan walaupun orangtuanya meninggal dunia karena kecelakaan.

Semoga kita semua terhindar dari resiko yang tidak kita inginkan ya moms, selamat mengisi liburan dengan aktifitas seru bersama anak.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

10 komentar:

  1. Beberapa waktu lalu saya mengajak anak lanang berkunjung ke kebun binatang, bener banget mbak, saya ingin mengajarkan bahwa sebagai sesama makhluk hidup, kita perlu saling menyayangi dan menjaga terhadap hewan-hewan.

    BalasHapus
  2. Wah emang asyik berkumpul seru dgn kekuarga. Manfaatkan sast2 bersama dgn optimal kalaubsdh ada yg jauh spt anakku sdh susah deh kumpulnya...

    BalasHapus
  3. Mak-mak milenial memang penting banget tahu info beginian, soalnya di jaman kayak gini interaksi sama anak itu wajib. Terutama saat mereka memasuki masa2 berkembang secara fisik dan kepribadian. Tentunya itu butuh persiapan yang optimal ya mbak. Termasuk tentang masa depan.

    BalasHapus
  4. Aku tertarik banget nih dengan happyEdu dan happyOne ini. Preminya yang terjangkau dengan proses yang mudah sangat menarik. Bisa jadi andalan untuk biaya sekolah anak ya. Masih belom ngerti dengan klaimnya nih. Pelajari dulu aaaah...

    BalasHapus
  5. Setuju bangat Mba Elly sama 6 aktivitas di atas untuk mengisi liburan bersama anak-anak ya, pasti liburan jadi sangat seru dan menyenangkan bangat itu.

    BalasHapus
  6. Liburan menjadi waktu yang tepat untuk membangun bonding dengan anak :)

    BalasHapus
  7. Untuk mengisi liburan anak. banyak hal positif dan seru yang bisa dilakukan yah

    BalasHapus
  8. Anakku belum sekolah dan rasanya memang dia kelihatan bosan gitu loh sehari-hari di rumah. Ide mengisi liburannya cocok banget deh kayaknya buat kami. Apalagi olahraga, beberapa hari ini si kecil lagi semangat banget ngajakin lari pagi.

    BalasHapus
  9. ngga ada alasan lagi buat ngga ngeluangkan waktu sama anak ya kak. semakin kuat ikatannya ngebuat anak semakin percaya dan membutuhkan orang tuanya.

    BalasHapus
  10. Aktifitasnya seru2 banget bukan sekedar senang2 tp juga mengedukasi. Apalagi di usia anak mereka pasti butuh dengan segala aktifitas yang melatih gaya gerak/imajinatif

    BalasHapus

Instagram