Satu Kurban Banyak Kebaikan, Tebar Hewan Kurban Yuk!

tebar hewan kurban

Sejak tahun 1994, Dompet Dhuafa terus berikhtiar dalam memutus rantai kesenjangan dalam penyebaran hewan kurban yang sering terjadi di kota-kota besar.

Melalui program Tebar Hewan Kurban (THK), hampir 29 tahun atau hampir 3 dekade. Tebar hewan kurban berhasil mendistribusikan lebih dari 300 ribu hewan kurban setara domba/kambing yang dirasakan oleh hampir 20 juta penerima manfaat atau mustahik di Indonesia maupun di dunia.


Holla..


Jelang hari raya Idul Adha, apakah tahun ini kamu berkurban? Jika iya, sudahkah menemukan tempat pendistribusian daging hewan kurban kamu?


Berbicara tentang hari raya Idul Adha, sangat erat kaitannya dengan hewan kurban serta pendistribusian hewan kurban. Setiap tahunnya ribuan bahkan jutaan hewan kurban disembelih dan dagingnya dibagikan ke masyarakat.


Nah, pertanyaannya adalah apakah pendistribusian hewan kurban sudah merata diseluruh pelosok negeri? faktanya masih banyak daerah di Indonesia yang belum sempat menikmati daging kurban lho.


Nggak ingin dong, daging hewan yang kita kurbankan hanya menumpuk pada daerah tertentu saja? lalu, sampai kapan kesenjangan dalam penyebaran hewan kurban sering terjadi di kota-kota besar saja?


Harapannya tentu penyebaran hewan kurban merata, sehingga semua masyarakat bisa menikmati daging hewan kurban.

Keutamaan Berkurban

Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya kurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan kurban) (HR. Ibnu Majah & Tirmidzi)

Dari 'Aisyah menuturkan bahwa Rasulullah SAW  bersabda:

“Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)


Keutamaan berkurban menurut hadist diatas, sumber Kementerian Agama RI yaitu :

  • Ibadah yang paling utama pada hari raya Idul Adha adalah menyembelih hewan untuk kurban karena Allah.
  • Sebab pada hari kiamat nanti, hewan itu akan mendatangi orang yang menyembelihnya dalam keadaan utuh seperti di dunia, setiap anggotanya tidak ada yang kurang sedikit pun dan semuanya akan menjadi nilai pahala baginya.
  • Ibadah kurban yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha sampai hari tasyrik, tiada lain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.
  • Kurban juga berarti menghilangkan sikap egoisme, nafsu serakah, dan sifat individual dalam diri seorang muslim.
  • Dengan berkurban, diharapkan seseorang akan memaknai hidupnya untuk mencapai ridha Allah semata.
 

Saatnya Berkurban untuk Pelosok Negeri

Solusi bagi masyarakat untuk tunaikan kurban yang bukan hanya menjadi bukti taat kepada Allah semata, tapi bisa menjadi bentuk pelipur lara bagi sesama dan silaturahmi saudara sebangsa.


Jika tangan kita tidak sampai melalui sesama di daerah pelosok bahkan di wilayah bencana atau rentan konfik, Insya Allah melalui Dompet Dhuafa cara kurban paling mudah dan amanah!


Kurban Online Dompet Dhuafa hadir untuk menjemput keberkahan dan limpahan pahala dengan berbagi kepedulian untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan.


tebar hewan kurban
Kurban Online di Dompet Dhuafa (Sumber Dompet Dhuafa)

 

Baca juga : Mengenal Wakaferse Dompet Dhuafa

 

Alasan berkurban melalui Dompet Dhuafa 

  • Distribusi Ke Wilayah Membutuhkan, wilayah miskin, tertinggal, dan pedalaman. Belum pernah menikmati daging hewan kurban. wilayah bencana / rentan konflik.
  • Hewan Kurban Berkualitas, sudah layak untuk dikurbankan menurut syariat Islam, dan melalui proses Quality Control yang amanah.
  • Laporan Kurban Transparan, pekurban akan mendapatkan laporan kurban secara lengkap, dan akan selalu diberikan update ketika pemotongan.
  • Hewan Kurban Jantan, para peternak di daerah, menyediakan hewan kurban jantan terbaik yang memang secara kualitas memang dianjurkan.
  • Berdayakan Peternak, kurban kamu berdayakan peternak lokal binaan Dompet Dhuafa untuk mandiri dan membentang kebaikan. 
tebar hewan kurban
Pilih Hewan Kurban Terbaik (Sumber Dompet Dhuafa)


Jangan tunda lagi! saatnya berkurban untuk pelosok negeri langsung dari smartphone kamu ya! melalui kurban.dompetdhuafa.org


Karena semua berhak merasakan lezatnya daging, berhak bahagia saat hari raya Idul Adha. Satu kurban banyak kebaikan, tebar hewan kurban yuk!


Salam hangat,

Elly Nurul

Tidak ada komentar