Mengenal Wakaferse Dompet Dhuafa

mengenal wakaferse dompet dhuafa

Wakaferse merupakan sebuah gerakan semesta berwakaf dari Dompet Dhuafa untuk mendorong "inisiatif" wakaf masyarakat seluas-luasnya, terutama wakaf uang.

 

Wakaf merupakan ikhtiar mewujudkan aset sosial di seluruh sendi kehidupan masyarakat. Dengan Rp. 100.000,- kita sudah bisa berwakaf untuk fasilitas umat seperti masjid, sekolah, rumah sakit dan lain lainnya.


Holla..

 

Bicara tentang wakaf, apakah teman teman sudah mengenal apa itu wakaf? jika saya ditanya.. maka jawabnya "wakaf tanah" hihi karena sepemahaman saya sejak kecil, di lingkungan tempat saya tinggal ada tokoh masyarakat sekitar yang mewakafkan tanahnya.

 

Tanah wakaf itu digunakan untuk kepentingan umum seperti kegiatan posyandu, olahraga, pertemuan masyarakat (pemilihan RT, RW, Pilkada hingga pemilihan presiden) saya termasuk warga yang merasakan manfaat dari tanah wakaf tersebut.


Namun, sejak kegiatan Meet and Meat Gathering Influencer bersama Dompet Dhuafa X Hanamasa pada tanggal 20 Oktober 2022 di Hanamasa Lenteng Agung, Jakarta Selatan, saya mengenal wakaferse dan manfaatnya.. dan ternyata wakaf itu tidak hanya wakaf tanah saja lho.. tapi bisa wakaf uang dan lain lain. 


Selain bersilaturrahmi bertemu teman teman baru, saya juga mendapatkan informasi tentang wakaf, jenis jenis wakaf, manfaat wakaf serta siapa saja yang bisa merasakan manfaat dari wakaf yang kita berikan. 

 

Selain informasi tentang wakaferse, kini Hanamasa sudah bersertifikat HALAL dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) lho! hal tersebut disampaikan langsung oleh Ibu Anita Setiyowati selaku Manager Marketing Hanamasa.

 

Alhamdulillah ya.. sekarang sudah nggak ragu lagi mengajak teman, sahabat serta keluarga untuk menikmati menu makanan dan minuman di Hanamasa deh.

 

Intinya setelah pertemuan Meet and Meat Gathering Influencer bersama Dompet Dhuafa x Hanamasa, InshaAllah tingkat literasi saya tentang wakaf bertambah, jadi tahu bahwa Hanamasa sudah halal dan ingin membagikan informasi tentang wakaf kepada orang lain juga.

 

Melalui tulisan di blog saya ini, sangat berharap tingkat literasi teman-teman tentang wakaf juga bertambah sehingga bisa ikut berkontribusi dalam berwakaf. Karena inti dari wakaf itu bagaimana kita berbagi dengan orang lain dan apa yang kita berikan kepada orang lain tidak akan habis melainkan menjadi investasi akhirat kita.. Aamiin YRA.


Baca juga : Jangan Takut Berqurban


Mengenal Wakaferse (Wakaf Universe)

“Ketika anak Adam meninggal dunia, terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya”.


Apa Itu Wakaferse

Gerakan semesta berwakaf dari Dompet Dhuafa untuk mendorong masyarakat seluas-luasnya untuk berwakaf, terutama wakaf uang.


“Apa yang kamu makan akan habis, tapi apa yang kamu beri akan menjadi bekal dan kekal”

mengenal wakaferse dompet dhuafa

Siapa Saja Yang Boleh Wakaf?

Wakaf dapat ditunaikan oleh siapa saja, tidak berbatas umur, profesi atau golongan. Siapapun bisa mensemestakan wakaf.

 

mengenal wakaferse


Siapa yang Merasakan Manfaat Wakaf?

Jika setiap bulannya ada satu juta orang yang berwakaf masing-masing sebesar Rp10.000,- maka akan terhimpun wakaf sebesar 10 Milyar. 


Dana wakaf akan disalurkan dalam bentuk wakaf sekolah, rumah sakit, pertanian, perkebunan, peternakan dan lain sebagainya sehingga dapat dinikmati atau dimanfaatkan masyarakat secara gratis.

 

mengenal wakaferse

Apa Manfaat Wakaf?

Berwakaf sama dengan berinvestasi. Pahala yang terus mengalir akan menjadi investasi kebaikan di akhirat bagi setiap umat Muslim yang menjalankan ibadah wakaf

 

mengenal wakaferse


Bagaimana Cara Berkontribusi di Wakaferse?

Bukan hanya melalui wakaf uang, kitapun bisa berkontribusi melalui tulisan ataupun konten kreatif tentang wakaf, dan juga turut memviralkannya di sosial media.


mengenal wakaferse


Pilih Wakaf Terbaikmu

Dengan Rp100.000 Sahabat sudah bisa berwakaf untuk fasilitas umat seperti masjid, sekolah, rumah sakit dan lain-lain.


Di sini, pahala yang terus mengalir akan menjadi investasi kebaikan di akhirat bagi setiap umat Muslim yang menjalankan ibadah wakaf. Tertarik berwakaf? silahkan klik link berikut s.id/Wakaferse

 

mengenal wakaferse


8 Klaster Wakaferse

Setelah mengenal apa itu wakaferse, saya juga mendapatkan ada 8 kluster wakaferse lho. Ibu Sulis Tiqomah sebagai Katua Wakaferse memberikan informasinya kepada kita semua yang hadir saat meet and great.

 

Ada 8 (delapan) klaster Wakaferse yang sudah dijalankan oleh Dompet Duafa untuk masyarakat, diantaranya :

  1. Sehat Untuk Semua
  2. Ambulans Gratis
  3. Pesantren Tahfiz Green Lido (PTGL)
  4. Kendaraan Dakwah
  5. Wakaf Sumur
  6. Wakaf Ternak DD Farm
  7. Wakaf Pertanian Green House
  8. Wakaf Kebun Buah.


Wah banyak ya.. sampai sini sudah jelas belum ya tentang wakaferse ini? semoga jelas ya..

 

Intinya nih ya.. misal kamu ingin berkontribusi atau berwakaf melalui Dompet Dhuafa, dengan Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah) kamu sudah bisa berwakaf untuk wakaf-wakaf produktif yang dikelola oleh Dompet Dhuafa.


Wakaf produktif yeng dimaksud adalah untuk pengelolaan wakaf yang secara produktif menghasilkan banyak manfaat melalui 8 kluster diatas.

 

Sharing tentang mengenal wakaferse sudah dulu ya.. jika kamu ingin mengenal lebih dekat lagi dengan wakaferse dan gerakan kebaikan lainnya bisa follow instagram Dompet Duafa yaa.. @dompetdhuafaorg

 

Salam hangat,

Elly Nurul


Tidak ada komentar