Perbedaan Jogging dan Running

perbedaan jogging dan running

Jogging itu lari bukan sih? apa bedanya jogging dan running? mana yang lebih baik antara jogging dan lari?

Siapa yang masih bingung antara jogging dan running? ternyata keduanya berbeda lho, lalu apa perbedaan jogging dan running?

 

Halo..

Siapa yang punya resolusi hidup lebih sehat? buat kamu yang punya resolusi hidup lebih sehat, bisa memulai dengan jogging.

Lalu, apa sih bedanya antara jogging dan running? ternyata keduanya berbeda lho, lalu dimana perbedaannya?

 

Perbedaan Pada Otot


Jogging membuat otot tubuh terlatih bertahan dari kelelahan dan membuat otot lebih efektif menggunakan oksigen saat memproduksi energi (aerobik).

Sistem kardio pun jadi lebih berkembang dengan baik sehingga mampu melakukan berbagai aktifitas, tanpa merasa terlalu kelelahan dalam waktu lama. Inilah yang terjadi pada pelari marathon yang harus berlari puluhan kilometer.

Sedangkan saat running, tubuh membakar karbohidrat dan lemak secara bersamaan, karena penggunaan energi yang besar pada otot. Walaupun hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lebih pendek dibanding jogging.

Otot-otot juga jauh lebih aktif saat running sehingga mampu membakar lapisan lemak yang ada, dan membentuk otot sehingga tubuh seorang pelari umumnya terlihat lebih atletis.


Baca juga : Manfaat Olahraga Lari Saat Hamil


Perbedaan Pada Pembakaran Kalori


Kalori lebih banyak terbakar saat tubuh berlari dengan cepat. Ini karena saat berlari otot menghasilkan energi lebih aktif dibanding saat jogging.

 
Selain itu, lari cepat dengan intens membuat tubuh mengalami afterburn effect, sehingga kalori tetap terbakar setelah lari.


Namun kita juga perlu jogging dengan kecepatan yang lambat sebagai bagian dari pendinginan, agar detak jantung bisa diturunkan dengan lebih aman. Walaupun memang jogging ini tidak membakar lemak lebih banyak dibanding saat berlari dengan pace yang cepat.

Hal ini menunjukan bahwa sebagai seorang pelari butuh jogging dan running, saat berlari kita butuh jogging agar manfaat dari lari bisa kita dapatkan dengan semaksimal.

 
Selain itu juga dapat mencegah terjadinya cedera dan masalah lainnya yang bisa saja muncul akibat besarnya intensitas yang kita lakukan saat lari.

 

Baca juga : Persiapan Jelang Lomba Lari

--

Jadi, sudah tahu ya perbedaan jogging dan running. Jadi kapan kita jogging dan running bareng nih?

 
Salam hangat,

Elly Nurul

Tidak ada komentar