Pentingnya Kredibilitas Produk Kosmetik

pentingnya kredibilitas produk kosmetik

Industri produk kosmetik merupakan salah satu industri yang tetap tangguh di masa pandemi. Menurut catatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI terdapat kenaikan jumlah perusahaan kosmetik sebesar 20,6% year-on-year (YoY) dari tahun 2021 ke tahun 2022.


Kenaikan jumlah perusahaan kosmetik tersebut tentunya perlu diimbangi dengan edukasi mengenai pentingnya kredibilitas produk kosmetik agar konsumen memilih produk yang tepat dan bermanfaat bagi kulit.

Holla..


Tulisan saya kali ingin akan membahas tentang kredibilitas produk kosmetik ya! ish kok berat banget sih bahasannya? tenang, nggak berat kok, saya akan coba menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami.


Kenapa sih perlu membahas tentang pentingnya kredibilitas produk kosmetik? pertama, industri kosmetik di negara kita meningkat, banyak bermunculan produk kosmetik baru dengan jargon marketing yang menarik dan yang dikhawatirkan adalah tidak berbasis data riset.


Kedua, pertumbuhan revenue penjualan beauty dan personal care mengalami peningkatan di seluruh kategori, yaitu produk perawatan kulit (skin care) sebesar 29,6%, perawatan rambut (hair care) 21,5%, dan bath & shower sebesar 12,2%. Data ini berdasarkan laporan dari Euromonitor Internasional tahun 2022.


Ketiga, perempuan sebagai konsumen yang paling banyak menggunakan produk kosmetik perlu mengetahui pentingnya kredibilitas produk kosmetik agar tidak terjebak dalam produk kosmetik yang tidak terjamin keamanan kandungan kosmetiknya.


Pertanyaan berikutnya adalah, kapan terakhir kamu membeli produk kosmetik? apa sih yang selama ini menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli produk kosmetik? apakah kamu memilih produk berdasarkan hasil penelitian yang valid?

 
Tentang pentingnya kredibilitas produk kosmetik ini saya dapatkan saat menghadiri edukasi tentang kesehatan kulit yaitu "SKINPROOF: The Importace of Product Credibility" pada Selasa, 14 Maret 2023 di District 8 SCBD, Treasury Office Tower, Jakarta yang dihadiri oleh beberapa narasumber, yaitu :
  1. Alfons Sindupranata, CEO dari Arya Noble
  2. Apt.Theresia Sinandang S. Farm, Head of Skinproof
  3. Apt. Ike Indrawanti, S.Farm, Cosmetic Scientist
 
 
Baca sampai habis yaa... untuk mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya kredibilitas produk kosmetik.

Pentingnya Memahami Produk dari Sumber yang Kredibel dan Terpercaya

Bicara mengenai kredibilitas produk, sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan industri kosmetik yang terjadi di tanah air.

 
Apt.Theresia Sinandang S. Farm, Head of Skinproof, memaparkan bahwa masih banyak konsumen yang belum memahami apakah produk yang mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan kulitnya atau tidak, dan apakah klaim atau pun iklan produk kosmetik berasal dari data yang valid atau bukan.


pentingnya kredibilitas produk kosmetik
Apt.Theresia Sinandang S. Farm, Head of Skinproof saat paparan dalam "SKINPROOF: The Importace of Product Credibility"

 

Klaim pada produk merupakan alat marketing yang sangat powerful namun harus dapat dipertanggung jawabkan. “Setiap produk kosmetik dan perawatan kulit memiliki klaimnya masing-masing, seperti “Membersihkan”, “Menghilangkan”, “Menyamarkan”, atau “Hypoallergenic”, sehingga klaim produk dari produsen merupakan salah satu pertimbangan penting bagi  konsumen dalam memilih produk.

 
Oleh sebab itu, produsen kosmetik harus dapat memberikan klaim produk yang akurat pada kemasan agar tidak menyesatkan konsumen.


Dalam menentukan product claim perlu dilakukan riset dan analisa mendalam untuk memastikan bahwa kandungan pada produk tersebut memiliki kadar yang tepat untuk memberikan hasil pada penggunanya.

pentingnya kredibilitas produk kosmetik


Kenapa Produk Kosmetik Harus Diuji dan di Evaluasi?

Data-data menunjukan adanya peningkatan industri beauty and personal care di Indonesia, serta inovasi produk kosmetik yang terus berkembang, maka produk kosmetik harus di evaluasi sehingga saat konsumen melihat klaim pada produk yang telah diuji, konsumen merasa yakin dengan produk tersebut.


Pengujian terhadap produk kosmetik meliputi uji keamanan, tes hipoalergenik serta uji khasiat
yang terdiri dari tes pencerahan kulit, tes elastisitas kulit, tes kerutan kulit, kelembaban, hingga kadar minyak di kulit.

 
Evaluasi terhadap produk kosmetik untuk memastikan bahwa kandungan yang terdapat di dalamnya telah sesuai dengan manfaat yang diharapkan dari produk tersebut.


Sebagai konsumen cerdas, hasil uji dan evaluasi produk kosmetik harus menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih produk yang tepat dan bermanfaat.

pentingnya kredibilitas produk kosmetik
Alfons Sindupranata, CEO dari Arya Noble

Kemana Produsen Kosmetik Menguji Produknya?

Untuk mendapatkan hasil uji, produsen kosmetik membutuhkan rekanan yang akan membantu melakukan beberapa pengujian atas produknya yaitu, perusahaan Clinical Research Organization (CRO).


Perusahaan CRO akan melakukan riset konsumen dan pengujian produk serta menyediakan data-data yang akurat dan valid untuk mendukung klaim efikasi dan keamanan produk yang akan dipasarkan oleh produsen kosmetik.

 
Produsen kosmetik dapat melakukan evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen melalui perusahaan CRO yang independen dan netral, sehingga secara integritas tidak perlu diragukan.


Skinproof (PT Derma Lab Asia) sebagai salah satu perusahaan CRO berkomitmen untuk mengedukasi end consumer mengenai kulit dan segala permasalahannya, serta kandungan produk yang dapat menunjang kesehatan kulit. 


Melalui pengujian produk kosmetik, diharapkan masyarakat akan semakin aware akan pentingnya kredibilitas produk, sehingga dapat memilih produk yang tepat dan bermanfaat bagi kulit.


Mengenal Lebih Dekat Dengan Skinproof

Alfons Sindupranata, CEO dari Arya Noble memperkenalkan Skinproof (PT Derma Lab Asia) sebagai salah satu anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen.

 
Berdiri sejak 2017, Skinproof telah melayani berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi.


Skinproof didukung oleh tenaga ahli di bidangnya, dan lebih dari 8.000 panelis di kota-kota besar di Indonesia, Skinproof terus berupaya untuk menginovasi dan memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik, memberikan dukungan holistik kepada klien Skinproof, dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan dan efektifitas produk secara netral dan independent.

 

pentingnya kredibilitas produk kosmetik
Alfons Sindupranata, CEO dari Arya Noble, saat memperkenalkan SKINPROOF

 

Skinproof sebagai salah satu anak perusahaan Arya Noble, yang telah dipercaya oleh berbagai perusahaan ternama untuk melakukan evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen untuk mengembangkan produk yang kredibel, dan dapat menjadi game-changer di pasar kosmetik yang terus berkembang.

 
Meskipun merupakan bagian dari keluarga besar Arya Noble, Skinproof bergerak secara independen dan netral, sehingga secara integritas tidak perlu diragukan.
 

Apa Keunggulan Pengujian Produk Melalui Skinproof?

Jika produk kosmetik sudah melalui tahapan uji dan evaluasi produk tentunya akan membantu meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan masyarakat akan produk kosmetik tersebut sehingga masyarakat merasa yakin sebelum membeli.


Produk dengan hasil uji yang dilakukan oleh embaga independent dan terpercaya seperti Skinproof sebagai strategi pemasaran yang kuat dibanding dengan produk yang tidak melakukan proses pengujian serta evaluasi produk.

 

Pentingnya Kredibilitas Produk Kosmetik
 
Selain itu kualitas produk juga bisa menjadi game changer di pasar, karena Skinproof melakukan evaluasi produk kosmetik untuk memastikan bahwa kandungan yang terdapat di dalamnya telah sesuai dengan manfaat yang diharapkan dari produk tersebut.
 
Pentingnya Kredibilitas Produk Kosmetik

 
Saat konsumen melihat klaim pada produk yang telah diuji oleh Skinproof, konsumen merasa yakin dengan produk tersebut karena telah melalui berbagai tahapan riset di Skinproof
 
Pentingnya Kredibilitas Produk Kosmetik

 

Banyak produsen kosmetik yang sudah melakukan uji dan evaluasi produknya melalui Skinproof seperti ERHA, Marco, Genero, DermaXp, Dermies, Skintific, Nouria dan lain lain.

pentingnya kredibilitas produk kosmetik
ERHA sebagai Salah Satu Produsen Kosmetik yang sudah melakukan uji produk melalui Skinproof


pentingnya kredibilitas produk kosmetik
Contoh Produk dari Produsen Kosmetik yang sudah melakukan uji produk melalui Skinproof


Mengenal Kandungan Aktif dalam Skinproof Workshop

Dalam kesempatan ini, saya juga mendapatkan informasi menarik seputar kandungan aktif untuk berbagai kondisi kulit misalnya atopic dermatitis, stressed skin, dan skin aging yang disampaikan oleh Apt. Ike Indrawanti, S.Farm, Cosmetic Scientist.

 
Menariknya, seiring dengan berkembangnya teknologi dan inovasi, kandungan aktif pada kosmetik juga ikut berkembang lho.

 

pentingnya kredibilitas produk kosmetik
Apt. Ike Indrawanti, S.Farm, Cosmetic Scientist saat sesie SKINPROOF Workshop

 

Ada beberapa kandungan aktif dalam kosmetik yang sedang naik daun, seperti :

  • AD-Resyl® untuk mencegah tanda-tanda klinis dari kondisi atopic dermatitis
  • Bel-Even untuk meredakan efek stres pada kulit
  • Algaktiv® Genofix Nite untuk mengoptimalkan pemulihan dan perbaikan sel-sel kulit pada malam hari
  • Adeplump untuk menghasilkan tampilan plumping pada kulit dan bibir.
 
Gimana, kandungan aktif dalam kosmetik mana yang jadi favorit nih? aku sih semuanya hehe secara usia aku sudah kepala 4 jadi semua kandungan aktif dalam kosmetik yang sedang naik diatas saya perlukan.
 
pentingnya kredibilitas produk kosmetik


Memilih Produk Kosmetik Yang Kredible Membuat Kulit Sehat

Saya termasuk yang sangat ber hati-hati ketika memilih produk kosmetik, karena nggak ingin kulit rusak karena salah memilih produk kosmetik. 


Saya juga bukan termasuk yang suka ikut-ikutan mencoba produk skincare yang dapat memberikan efek glowing sesaat, karena saya yakin semua yang instan itu nggak akan bertahan lama bahkan hingga memiliki efek buruk bagi kulit.

 

pentingnya kredibilitas produk kosmetik
Saat saya melakukan serangkaian skin check untuk mengetahui kondisi kulit wajah


Saya juga menyakini bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, permasalahan kulitnya juga beda dan begitu juga dengan hasil dari penggunaan produk kosmetik, tentu ada berbeda hasil antara satu orang dengan lainnya.


Alhamdulillah, dengan komitmen hati-hati dan tidak mudah tergiur jargon marketing menarik, kulit saya masuk dalam kategori sehat, bahkan usia kulit menunjukan jauh lebih muda dari usia saya saat ini.. Alhamdulillah.. senangnya..


Hasil tersebut saya dapatkan saat mengikuti skin check di acara Skinproof, dengan melakukan serangkaian test mulai dari test dilakukan pada tangan dalam hingga test dilakukan pada area wajah yang sebelum dilakukan skin check area wajah sudah dibersihkan dari makeup.

 

Baca juga : Bangga Dengan Warna Kulitmu


pentingnya kredibilitas produk kosmetik
Ketika Mendapatkan Penjelasan Tentang Hasik Skin Check

pentingnya kredibitas produk kosmetik
Hasil Skin Check menunjukan kulit sehat dan usia kulit lebih muda dari usia saya saat ini

Ini yang ingin saya sampaikan kepada teman-teman perempuan di seluruh Indonesia, jika kita berhati-hati memilih produk kosmetik dan menggunakan produk kosmetik dengan claim validasi akan memberikan manfaat baik bagi kulit.

 
Untuk menghasilkan kulit sehat, selain memilih produk kosmetik dengan claim validasi, saya juga menjalankan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan rutin berolah raga.
 
 

 

Tips Memilih Produk Kosmetik Menurut Ahli

Maraknya produk kosmetik yang beredar baik di toko fisik maupun online, masyarakat mungkin jadi bingung harus memilih produk yang mana untuk menjaga kesehatan kulit wajah sendiri. 


“Hati-hati” menjadi kunci utama, tidak membeli produk hanya karena “jargon marketing” yang menarik, harga yang murah, asal beli tanpa melihat kondisi kulit, atau sekedar ikut-ikutan hasil review.


Hasil review tidak selalu menjadi jawaban aman untuk mendapatkan produk terbaik untuk kulit seseorang, karena pada dasarnya, setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda.

Cari Informasi Tentang Produk

Selain harus mengetahui jenis kulit, budayakan menggali informasi tentang produk sebanyak-banyaknya. Gali informasi produk bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu :


Membaca informasi dalam kemasan produk

Baca label kemasannya, kenali kandungan bahan produk, apakah kandungan produk cocok untuk jenis kulit kita, apalagi jika memiliki kulit sensitif. Serta membaca informasi dalam kemasan produk apakah ada efek samping penggunaan produk dan lain sebagainya.


Apakah Sudah Melalui Tahap Uji dan Evaluasi Produk

Selain itu juga perlu diketahui, apakah produk kosmetik tersebut sudah dilakukan pengujian terhadap produk.

 
Pengujian terhadap produk kosmetik meliputi uji keamanan, tes hipoalergenik serta uji khasiat yang terdiri dari tes pencerahan kulit, tes elastisitas kulit, tes kerutan kulit, kelembaban, hingga kadar minyak di kulit.
 
Evaluasi terhadap produk kosmetik untuk memastikan bahwa kandungan yang terdapat di dalamnya telah sesuai dengan manfaat yang diharapkan dari produk tersebut.


Cek KLIK Setiap Produk Kosmetik

Sebelum membeli kosmetik maupun skincare apa pun, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menganjurkan untuk melakukan cek KLIK terlebih dahulu.

Cek KLIK meliputi :

  • Cek Kemasan: Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik;
  • Cek Label: Baca informasi produk yang tertera pada label;
  • Cek Izin Edar: Pastikan produk memiliki nomor izin edar dari Badan POM;
  • Cek Kedaluwarsa: Pastikan produk belum melewati tanggal kedaluwarsa.
 
Tidak hanya memastikan kualitas produk skincare, metode cek KLIK ini juga bisa membantu terhindar dari produk-produk palsu yang beredar di masyarakat.


--

Untuk para produsen kosmetik yang ingin mengembangkan produk kosmetiknya, informasi lebih lanjut melalui :

Website Skinproof www.skinproof.co.id  

Instagram : https://www.instagram.com/skinproof.id/ dan https://www.instagram.com/aryanoblelife/

Atau bisa langsung mengunjungi kantor Skinproof di Jakarta.


Head Office & Research Centre
Jl. Arjuna Utara no 52, RT 09 RW 01 Duri Kepa,
Kebon Jeruk Jakarta Barat – 11510
Call Center
0856 9222 6552

pentingnya kredibilitas produk kosmetik
Foto Bersama Seluruh Peserta dan Narasumber SKINPROOF: The Importace of Product Credibility

Demikian sharing saya tentang pentingnya kredibilitas produk kosmetik, semoga bermanfaat untuk masyarakat khususnya kamum perempuan yang menggunakan produk kosmetik untuk merawat kulitnya.


Semoga juga bisa bermanfaat untuk produsen kosmetik, untuk mulai melakukan uji dan evaluasi produk kosmetiknya sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat dan tentunya mengedukasi masyarakat untuk memiliki produk kosmetik yang kredibel.

Salam hangat,
Elly Nurul

31 komentar

  1. Urusan perawatan dan kecantikan kulit wajah tidak boleh dianggap sepele. Tentu penting sekali kredibilitas produk kosmetika yang kita gunakan sehari-hari. Perlu juga kita gali informasi produk sedalam-dalamnya agar tidak menyesal di kemudian hari akibat salah memilih skincare. Thanks tipsnya, akan diaplikasikan nih.

    BalasHapus
  2. Waaah keren ya, dari sisi ekonomi produk skincare dan kosmetik ternyata tahan banting. Padahal, pas pandemi itu banyak ibu2 bilang (termasuk saya sih) jarang pakai kosmetik karena di rumah saja hehehe. Ternyata, secara angka malah naik...Ini membuktikan kalau kebutuhan orang pada produk skincare dan kosmetik semakin meningkat. Jadi, secara industri peluang terbuka... Tapi memang, penting banget produk kosmetik yang aman.

    Mudah-mudahan edukasi semacam ini semakin meluas dan semakin bisa diterima masyarakat, supaya nggak pada tergoda tuh dengan perubahan instant yang akhirnya merugikan.

    BalasHapus
  3. Pesat banget ya, dalam setahun pertumbuhan jumlah produsen produk kosmetik meningkat hingga 20 persen.

    Iya nih emang mesti kuat hati untuk nggak terhanyut dengan jargon dari produk kosmetik ya, selain membeli sesuai dengan kebutuhan kulit, mesti memperhatikan juga kredibilitas produk kosmetik yang akan di beli.

    BalasHapus
  4. Ternyata proses pembuatan kosmetik tak semudah yg molly kira. Prosesnya panjang dan berliku. Molly baca dari atas sampe bawah loh mbak

    BalasHapus
  5. Dipakai di muka kan perlu produk yg aman ya mak Elly dan iklan2 itu kadang jago banget heheuu. Harus hati2 ya jangan terbuai. Aku baru tau tentang Skinproof ini, brand yg pakai ini pun yg udah terbukti baik di pasaran ya mak. Wahh happy ya pas tau kulit lebih muda hihiy asyik, itu karena pola hidup sehat mak Elly jg pastinya ya..

    BalasHapus
  6. Aku termasuk orang yang kalau mau beli skincare tuh pertimbangannya banyak, karena bukan harga saja. Yang paling penting itu kandungannya sih, aku suka cari tau dulu. Gak mau tergiur dengan embel2 promosi, makanya jadi penting banget ini dalam pemilihan produk perawatan yang kredibel ya maketu.

    BalasHapus
  7. Iyaaa niii kadang kalau beli kosmetik cuma tergiur ama claim productnya yang bisa mentamarkan, menghilangkan, bla bla. Padahal masih belum ngerti juga apa cocok sama kulit kita atau ngga. Untung ada acara Skinproof gini yang bisa membuka mata lebar2 apalagi buat awam kek aku. Biar lebih paham mengenai kredibelitas produk.

    BalasHapus
  8. Karena masih agak awam di dunia kosmetik dan skincare, biasanya aku cari produk yang memang sudah ada nama dan dipakai banyak orang. Kalau krim-krim gak jelas, hindari deh buat keamanan dan kesehatan diri sendiri

    BalasHapus
  9. Memilih kosmetik yang cocok dengan kebutuhan kulit wajah itu gampang-gampang susah kayak nyari jodoh ya. ibaratnya harus tahu bibit, bebet dan bobotnya. Yup, latar belakang brand, track record dan ingredients yang menjadi komposisi bahan skincare itu harus jadi pertimbangan. Sebagai konsumen harus jeli dan cerdas dengan memilih produk yang sesuai ..

    BalasHapus
  10. Klik harus diingat sebelum beli apapun termasuk kosmetik. Hal inilah yang akan kita harus waspada beli yang sebenarnya merusak kulit kita

    BalasHapus
  11. Penting banget untuk teliti saat membeli kosmetik
    Pastikan kita tahu kandungan bahan kosmetiknya
    Apakah sudah aman
    Biar nggak merusak kulit kita sendiri

    BalasHapus
  12. Memastikan pentingnya kredibilitas sebuah produk kosmetik memang penting sekali. Supaya kita gak salah memilih. Niatnya ingin punya kulit yang cantik dan sehat malah jadi rusak karena tidak tepat.

    BalasHapus
  13. Betul banget sekarang banyak menjamur produk kosmetik yang woww banget iklannya.

    Wajib waspada cek ricek kebutuhan kulit kira sebetulnya seperti apa.

    BalasHapus
  14. Ternyata ada ya.. perusahaan yang fokus pada bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen.
    Ini jadi kaya BPOM gitu kah?

    Rasanya dengan adanya uji keamanan, tes hipoalergenik serta uji khasiat, sebagai konsumen pun merasa tenang saat menggunakan produk skincare atau kosmetik yang digunakan.

    BalasHapus
  15. Aku juga cari kosmestik selalu yang diutamakan BPOM dan Halal, pernah udah cocok eh ternyata halal juga belum tapi yang lain teman2 percaya aja, aku akhirnya tergoda tapi gak lama, perlu banget kredibitas kosmetik loh

    BalasHapus
  16. Baru tau ttg Skinproof ini. Jadi mereka enggak hanya "mengawasi" klien kek perusahaan kosmetik gtu tapi juga mengedukasi konsumen supaya cerdas memilih produk gtu yaa.
    Jd nambah satulagi nih kalau beli skincare/ kosmetik cek dulu kredibilitasnya udah dicek Skinproof atau belum nih hehe TFS infonnya.

    BalasHapus
  17. Aku baru tau nih tentang Skinproof, cocok banget buat yang baru launching produk kosmetik yaaaa. Biar konsumen makin yakin sama produknya ya kaaaan

    BalasHapus
  18. Paling seram kalau muka kenapa kenapa akibat pemilihan kosmetik yang salah. Ingat klik biar aman

    BalasHapus
  19. Setuju sekali nih mbak, penting banget memilih kosmetik karena saat ini telah beredar banyak banget kosmetik di pasaran ya. Mulai dari yang murah sampai yang mahal, lebih baik kita mencari informasi sebanyak-banyaknya daripada salah pilih malah jadi korban nanti wajah hehehe

    BalasHapus
  20. Kita memang butuh banget penjamin kualitas kosmetik kayak gini yaa. Soalnya udah makin banyak kosmetik dan skin care yang beredar. Seiring semakin "meleknya" masyarakat juga mengenai dunia perskin care an sih.

    Kalau ada penjamin kualitasnya seperti ini, kita juga jadi tenang pakai skin care atau kosmetik nya

    BalasHapus
  21. penting banget nih kredibilitas kosmetik biar kita ga waswas milihnya. toh, sekarang brand lokal emang banyak yang bagus

    BalasHapus
  22. Terkadang ada pihak yg menyepelekan pengecekan gini, tapi buat konsumen itu adalah hal yg pentkng. Apalagi kalau kulitnya sensitip 😔

    BalasHapus
  23. Iya setuju banget jangan asal tergoda harga murah, kemasan cantik atau iklan bombastis ya perempuan harus paham kandungan kosmetik dan skinker yang dibelinya jangan sampai zonk

    BalasHapus
  24. dunia kosmetik dan skincare sekarang memang mengalami perkembangan yang sangat pesat ya, mbak bisa dilihat dari semakin banyaknya brand lokal yang hadir di indonesia. namun sebagai konsumen tentunya kita juga harus pintar dan cermat dalam memilih produk untuk kulit kita tersebut

    BalasHapus
  25. Nyeselnya bakal berkepanjangan kalau sampai asal-asalan milih skincare. Makanya penting banget untuk gak asal pilih. Cari skincare yang produknya memang kredibel

    BalasHapus
  26. Aku baru tahu lho kalau ternyata ada perusahaan yang khusus melakukan uji coba dan evaluasi produk kosmetik. Kirain yang melakukannya selama ini ya dari perusahaan kosmetik itu sendiri. Dan untuk urusan wajah emang nggak boleh sembarang pakai kosmetik. Kredibilitasnya produknya harus bagus.

    BalasHapus
  27. selama ini aku tahunya merek skincare, enggak tahu di mana uji labnya. Nah sekarang jadi dapat info mengenai Skinproof.
    klaim manfaat produk ini bantu banget buat pilih skincare yang tepat sesuai kebutuhan kulit.

    BalasHapus
  28. Wah ternyata justru ada peningkatan ya? Mungkin krn selama pandemi kmrn banyak yang makin rajin skincarean, pangsa pasarnya ada trus jg ada jasa maklon2 jdnya makin pesat peningkatan usaha kosmetik2 ini.
    Tp emang bener kudu bener2 paham kredibilitas produknya jangan asal pakai, apalagi kalau udah termakan iklan bisa memutihkan gtu2 deh.
    baru tau ada perusahaan buat evaluasi produk kosmetik gini, kirain cukup tes di BPOM trus diedarkan TFS infonya.

    BalasHapus
  29. Nggak heran sih kalau penjualan skincare dan kosmetik justru meningkat saat pandemi hehe. Soalnya kan pada di rumah. Justru itu saatnya untuk atur waktu merawat diri. Ditambah lagi sekarang ada banyak kemudahan pembelian dan diskon menarik. Tapi jujur saking banyaknya brand yang bermunculan dan punya kelebihan masing-masing kadang bingung mau pilih yang mana. Nah terkait krediblitas juga perlu banget nih dipertimbangkan. Jangan langsung percaya sama klaim yang diberikan aja. kita sbg konsumen harus cerdas mengecek dan cari tahu produk yang ingin digunakan

    BalasHapus
  30. salah satu yang menjadi pertimbangan saya saat memilih produk kosmetik adalah dengan melihat apakah si produk ini aman dalam artian udah terdaftar dii BPOM. saya takut pake kosmetik yang gak aman karena muka kan cuma satu jadi harus dijaga. Bagi saya, pilih produk yang kredibel adalah sebuah keharusan!

    BalasHapus
  31. Jujur memang akhir akhir ini perkembangan produk skincare banyak banget. Dan perempuan yang menjadi tujuan promosi produk kecantikan ini.
    Kalau buat aku pribadi sekalipun produk yang dimaksud cukup banyak dipromosikan di sosial media dan banyak yang review setidaknya ketika akan membeli Cek KLIK udah paling utama dilakukan,

    BalasHapus