Ngemil Bijak untuk Tubuh dan Pikiran Lebih Sehat

 

ngemil bijak untuk tubuh dan pikiran lebih sehat


Saat ini, ngemil merupakan kebiasaan yang berkembang di seluruh dunia. Ngemil bukan hanya apa yang dimakan, tapi orang ingin ngemil yang enak, cocok, dan merasa senang ketika memakannya.


Ngemil Bijak adalah tentang kesadaran akan apa yang ingin dimakan, mengapa makan, dan bagaimana harapan setelah makan.


Holla..


Siapa yang nggak suka ngemil? suka kan!.. oh tapi ada juga toh yang nggak suka ngemil! kalo saya yang ditanya sih akan jawab "suka banget sama ngemil", karena saya adalah seorang Ibu yang suka banget menghabiskan makanan anak anak dan juga saat ini masih menjadi Ibu menyusui.. Alhamdulillah ya.


Kenapa bahas soal ngemil bijak? karena menurut tren dunia nih, ngemil menjadi kebiasaan yang terus berkembang. Nah, ngemil bijak ini perlu banget diketahui agar kita bisa ngemil tanpa rasa bersalah.


Eh, tunggu.. gimana caranya “ngemil tanpa rasa bersalah?”
Iya.. dengan cara ngemil bijak.


Apa itu ngemil bijak dan bagaimana cara ngemil bijak? saya dapatkan dari ahlinya lho.. bukan katanya katanya.. tapi langsung dari Tara De Thouars - Psikolog Klinis


Sebelum kita mengetahui apa itu ngemil bijak dan bagaimana cara ngemil bijak, kita ketahui dulu yuk tentang perkembangan tren ngemil saat ini.

 

Baca juga : Hidup Sehat dengan Jurus Sehat Rasulullah

 

Perkembangan Tren Ngemil

Studi terkait perkembangan tren ngemil dengan mengamati pola konsumsi camilan konsumen nih, konsumen mencari camilan untuk :

  • Meningkatkan kondisi fisik (94%)
  • Untuk kesehatan mental (93%)
  • Sebagai hadiah untuk diri sendiri (self reward) (72%)
  • Melepaskan diri dari beban mental yang mengelilingi setiap hari (61%)

ngemil bijak untuk tubuh dan pikiran lebih sehat

 

Hayoo siapa yang related sama tren ngemil diatas? memang banyak alasan mengapa seseorang memilih ngemil, bisa karena sedang stress/bad mood atau tidak nyaman dengan kondisi yang sedang dihadapi.


Jadi pilihan ngemil sebagai shut down emosi negatif dan untuk mencari reward pain reliever memberikan tambahan energi! setuju?

Sesuai judul tulisan blog ini, lalu bagaimana jika kita ingin ngemil tanpa rasa bersalah atau ngemil bijak untuk tubuh dan pikiran lebih sehat.



Baca juga : Gizi Seimbang Selama Dirumah Saja

 

3 Langkah Ngemil Bijak

Perhatikan Sinyal Tubuh

Kenali isyarat tubuh yang membuat ingin ngemil, apakah ngemil karena lapar atau ngemil untuk mengembalikan mood.
 
Setelah kita mengenali sinyal tubuh, maka secara sadar kita akan memilih kenapa ngemil. Contoh ngemil karena lapar, ya segera makan, karena jika ditunda akan menimbulkan masalah kesehatan baru yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.


ngemil bijak untuk tubuh dan pikiran lebih sehat

Perhatikan Jenis dan Porsi Camilan

Pilih camilan sesuai dengan isyarat tubuh, jika tubuh hanya mampu 1/4 porsi ya makan sesuai kemampuan tubuh dalam menerima makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Ngemil juga harus desuaikan porsinya dengan panduan pada kemasan, jika panduan dalam kemasan produk camilan sebaiknya cukup makan maksimal 4 keping ya 4 keping.

Jangan berlebihan, karena makan yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan serta over weight.

Mindful Eating

Nikmati camilan dengan memaksimalkan seluruh panca indera, fokus pada aroma, rasa, tekstur, bentuk, dan warna makanannya, agar dapat benar-benar menikmati camilannya

 

  • See : Lihat makanan dengan seksama, perhatikan bentuk, warna, tekstur makanan
  • Smell : Cium dan nikmati bau makanan, rasakan sensasi aroma yang muncul dari makanan
  • Touch : Sentuh, raba, remas tekstur dari makanan
  • Taste : Rasakan makanan yang masuk kedalam mulut dengan menggunakan seluruh permukaan lidah, nikmati dan perhatikan berbagai rasa yang muncul
  • Hear : Dengarkan bunyi yang muncul ketika mengunyah makanan, fokus pada sensasi bunyi gigitan dan kunyahan makanan, bukan pada suara suara yang terdengar di sekeliling.

ngemil bijak untuk tubuh dan pikiran lebih sehat

 

Baca Juga : Hidup Sehat dan Awet Muda

 

Saya juga masih belajar untuk menerapkan mindful eating ini, ada 2 hal yang saya rasakan dalam proses belajar mindful eating, yaitu

  • Lebih besyukur, karena menikmati setiap gigitan makanan yang masuk kedalam perut kita
  • Merasa cukup, bukan seberapa banyak makanan yang masuk, tapi kualitas dari makanan yang kita makan, sedikit tapi cukup


Ternyata inti dari ngemil bijak itu, bukan seberapa banyak (kuantitas) makanan yang kita makan, tapi seberapa berkualitas makanan yang kita makan. Ngemil bukan sekedar makan makanan, tapi bagaimana menikmati setiap aroma, rasa, tekstur, bentuk maupun warna dari makanan.

Terlihat cukup mudah, tapi memang pada praktiknya agak sulit ya hehe.. tapi tidak ada yang tidak mungkin, dan kita tidak akan pernah merasakan manfaat dari ngemil bijak sebelum kita menerapkannya.

Yuk mulai ngemil bijak untuk tubuh dan pikiran lebih sehat.

Salam hangat,
Elly Nurul


Tidak ada komentar