Literasi Keuangan dan Kesehatan Keluarga untuk #KITAPerempuanBermakna

kita perempuan bermakna

Di Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2023 yang lalu, Asuransi Astra bersama Ajinomoto menggelar talkshow sebagai bentuk dari kampanye kehumasan #KITAPerempuanBermakna

Tujuan dari kampanye ini adalah untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang pentingnya literasi keuangan dan kesehatan keluarga, khususnya bagi para perempuan.

Seperti yang kita tahu, peran Ibu di dalam keluarga tentunya sangat banyak. Bukan hanya untuk mengurus anak, tapi juga sebagai financial planner, risk manager, bahkan dokter yang merawat ketika salah satu anggota keluarga jatuh sakit.


Sayangnya tidak semua Ibu sadar akan pentingnya hal ini. Selain itu tidak banyak wadah sebagai tempat mengedukasi tentang pentingnya literasi keuangan secara umum.


Oleh karena itu, Asuransi Astra menggelar acara talkshow KITA (Kesehatan & Literasi Keuangan Keluarga) dengan mengundang 4 (empat) orang Ibu yang merangkap sebagai Head of PR & Activations Asuransi Astra, Public Figure, Influencer, dan Dokter Spesialis Gizi.

 
Beruntungnya kami dari Kumpulan Emak Blogger pada Hari Perempuan Internasional 2023 bisa menghadiri acara talkshow KITA Perempuan Bermakna, acara yang sangat edukatif bagi kaum perempuan khususnya tentang literasi keuangan dan kesehatan keluarga.

 

kita perempuan bermakna
Talkshow KITA Perempuan Bermakna, di Tamarind & Lime, Jakarta Selatan (08/03/2023)

Seberapa Penting Literasi Keuangan dalam Keluarga?

Acara dimulai dengan cerita dari Nucha Bachri, Ibu sekaligus CEO dari salah satu media yang berfokus pada bidang parenting. Ia menceritakan tentang manis pahitnya pengalaman mengelola keuangan di dalam keluarga.


Karena sebagai seorang CEO yang setiap hari berurusan dengan decision making sekalipun, cara mengambil keputusan untuk perusahaan dan keluarga adalah dua hal berbeda. Keputusan di dalam perusahaan memang skala dan resikonya besar, tetapi keluarga punya dampak yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari.


Kekeliruan dalam mengambil keputusan finansial bisa berdampak instan pada anak, yang pastinya akan lebih mengguncang hati seorang Ibu.


Itulah mengapa talkshow dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Head of PR & Activations Asuransi Astra, Angela Anindita. Sehingga para Ibu memiliki bayangan bagaimana cara mengambil keputusan untuk finansial keluarga secara umum, walaupun kita tidak punya latar belakang di bidang pendidikan akuntansi dan semacamnya.


Kondisi keuangan setiap keluarga pasti berbeda. Dan kebanyakan dari kita pasti mengira semakin banyak uang, maka semakin mudah mengalokasikan dananya untuk tiap pos kebutuhan sehari-hari.


Faktanya justru berkebalikan. Semakin banyak pemasukan bulanan, jumlah yang dikeluarkan pun malah ikut bertambah. Bisa jadi dari kebutuhan investasi, asuransi, atau kebutuhan mobilitas seperti cicilan mobil, bensin, servis motor, dan lain-lain.


Bila tidak cermat dalam mengambil keputusan seperti ini, tidak peduli berapa banyak pemasukan setiap bulan pasti tidak akan cukup.


Kebalikannya, pemasukan yang dianggap pas-pasan atau standar UMR akan mencukupi kebutuhan sehari-hari, asuransi, bahkan akan ada sisa untuk menabung pendidikan anak di masa depan.
 

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan dalam Rumah Tangga Secara Umum?

Jika kita mengambil kuliah jurusan ekonomi, ada puluhan bahkan ratusan cara untuk mengelola keuangan perusahaan. Beberapa dari metode ini mungkin bisa diterapkan ke dalam manajemen atau perencanaan keuangan keluarga.


Tapi sebagai seorang Ibu, kita membutuhkan metode paling efektif, fleksibel, dan mudah diterapkan, seperti 50/30/20 rules, alias :

  • 50% untuk kebutuhan
  • 30% untuk keinginan
  • 20% untuk tabungan

 

kita perempuan bermakna

Artinya, 50% dari budget yang kita punya akan dialokasikan ke dalam kebutuhan selama satu bulan. Mulai dari makanan, biasa pendidikan, transportasi, dan lain-lain.


Lalu, 30% diantaranya bisa kita gunakan untuk keinginan pribadi maupun keluarga. Misalnya jalan-jalan ke Puncak di hari libur, makan di tempat yang sedang viral waktu weekend, dan sebagainya.


Terakhir, 20% dari dana akan dialokasikan sebagai tabungan masa depan. Asuransi Astra pun termasuk bagian dari tabungan untuk kesehatan, keamanan kendaraan, maupun harta benda.


Angka ini pun bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Di sinilah peran Ibu sebagai #KITAPerempuanBermakna yang paling mengerti keluarganya sendiri. Karena ahli finansial dengan segudang pengalaman pun tidak akan bisa mengatur keuangan keluarga yang mereka tidak tahu bagaimana kondisi dari segi fisik dan emosionalnya.

 

Proteksi Keuangan Keluarga

Seorang perempuan dan seorang Ibu merupakan pelindung keluarga, termasuk melindungi keluarga dari kemungkinan risiko yang terjadi dimasa depan.

Komunikasi dengan pasangan dalam keluarga sangat diperlukan, karena kita tidak tahu kondisi yang akan keluarga kita hadapi di masa depan.
 
Komunikasi, transparansi dan mengetahui kondisi keuangan keluarga amat sangat diperlukan, sehingga kita bisa mengetahui kebutuhan keluarga dalam jangka pendek, menengah hingga jangka panjang.
 
Dengan mengetahui kondisi keuangan keluarga, harapannya bisa lebih bijak mengelola keuangan keluarga, jangan sampai bocor terus, apalagi bocor halusnya banyak yang menyebabkan bocor besar.
 
Bicara tentang bocor halus, Head of PR & Activations Asuransi Astra, Angela Anindita menyampaikan bahwa ada produk dari Asuransi Astra yaitu Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Garda Healthtech yang premi asuransinya tidak lebih besar dari biaya jajan es kopi susu selama sebulan lho.
 
Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Garda Healthtech sedang ada promo (1-30 Maret 2023) yaitu promo berupa diskon langsung 10% untuk paket Fit, Classy dan Ultima.
 
Yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi adalah pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, karena asuransi itu personal, tidak bisa disamakan antara satu keluarga dan keluarga lain.
 
Proteksi keuangan keluarga melalui asuransi merupakan salah satu wujud kita para perempuan, para Ibu untuk melindungi keuangan keluarga di masa depan.

 

Pentingnya Masakan Rumah untuk Kesehatan Anggota Keluarga

Acara talkshow KITA Perempuan Bermakna dilanjutkan dengan Cooking Demo Menu Aplikasi Masako & Talkshow Perencanaan Menu Bergizi Seimbang.

 

Acara diawali dengan cerita Mona Ratuliu, seorang artis dan presenter yang namanya pasti sudah tidak asing di telinga kita.


Seorang Ibu sekaligus publik figur, tentunya waktu yang ia miliki untuk keluarga tidak seleluasa Ibu rumah tangga pada umumnya. Hal yang sama pun pasti dirasakan oleh para wanita karir yang sudah menjadi Ibu di seluruh Indonesia.


Tapi ada satu hal yang perlu kita sempatkan sebisa mungkin, yaitu memasak untuk anak khususnya sarapan.


Bagi anak, masakan Ibu bukan hanya sumber makanan semata. Tapi juga bagian dari ritual untuk mempererat hubungan Ibu dan anak, bentuk kasih sayang, sekaligus penanaman karakter tentang pentingnya prioritas di dalam keluarga.


Masakan yang dibuat pun tidak melulu harus rumit dan memakan waktu berjam-jam. Dengan Masako dari Ajinomoto, sekarang kita bisa membuat Ayam Kecap dan Sup Bakso untuk sarapan dalam sekejap.

 

kita perempuan bermakna
Cooking Demo Menu Aplikasi Masako & Talkshow Perencanaan Menu Bergizi Seimbang

Segudang Nutrisi untuk Anak Hanya dari Sup Bakso dan Ayam Kecap

Chef Andry Abboud turut hadir membagikan 2 (dua) menu bergizi seimbang yaitu Sup Bakso dan Ayam kecap yang merupakan dua makanan khas Indonesia yang paling mudah untuk dimasak. Selain itu, hampir hampir semua orang di Indonesia pasti suka dengan daging ayam.


Tercatat di tahun 2017, jumlah ayam yang dikonsumsi oleh satu orang dalam satu tahun bisa mencapai 5 kg. Jumlah ini adalah salah satu yang terbanyak dibandingkan daging sapi, daging ikan, bahkan bahan makanan lain seperti telur, tahu, dan tempe.


Selain karena rasanya enak, ayam juga merupakan sumber protein dan serat bagi tubuh manusia. Dalam lanjutan dari acara cooking demo, dr. Raissa Edwina Djuanda, M. Gizi, Sp. GK sebagai spesialis gizi menjelaskan bagaimana kedua masakan sederhana yaitu sup bakso dan ayam kecap dapat memberi segudang nutrisi untuk anak.


Protein dalam ayam berfungsi untuk membantu perkembangan otak buah hati kita, sedangkan serat berfungsi sebagai penjaga kesehatan pencernaan.


Untuk menyeimbangkan protein dan serat, kita perlu padukan ayam kecap dengan sup bakso. Sebab di dalam sup bakso, kita bisa memasukan sumber vitamin dan mineral lain seperti wortel untuk vitamin A, daun bawang untuk vitamin C dan asam folat, buncis untuk vitamin K, dan masih banyak lagi.


Sebagai seorang Ibu, bukan hal yang aneh kalau kita melihat anak sulit makan sayur karena menganggap rasanya tidak enak. Oleh karena itu kita perlu tambahkan bakso ke dalam sup sebagai olahan makanan yang disukai oleh anak.

kita perempuan bermakna

Peran Ibu sebagai Perempuan Bermakna dalam Keluarga

Tanpa dijelaskan sekalipun, peran Ibu sebagai perempuan bermakna pasti akan terlihat jelas di setiap keluarga. Tiap Ibu juga punya peran dan keunggulan tersendiri, tetapi semuanya sama-sama dilakukan untuk kesejahteraan dan kenyamanan anggota keluarganya, khususnya buah hati kesayangan mereka.


Bahkan bukan hanya itu, setiap perempuan di Indonesia pun punya makna dalam kehidupan mereka masing-masing. Bukan berarti #KITAPerempuanBermakna hanya bisa diucapkan kepada seorang Ibu saja.

 

kita perempuan bermakna


Tetapi tiap perempuan juga memberi makna kepada saudara, orang tua, orang terdekat, bahkan diri mereka sendiri dalam bentuk yang berbeda-beda.

 

Melalui acara talkshow KITA Perempuan Bermakna yang diinisiasi oleh Asuransi Astra dan berkolaborasi dengan Ajinomoto, diharapkan kita bisa mewujudkan poin ke 5 dari SDG (Sustainable Development Goals) bersama. Yaitu mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum perempuan di Indonesia.


Bertabur Hadiah dalam KITA Perempuan Bermakna

Selain mendapatkan pengetahuan tentang literasi keuangan dan kesehatan keluarga, menu gizi seimbang peserta yang hadir juga dimanjakan dengan berbagai hadiah mulai dari barang-barang souvenir hingga voucher belanja lho.
 

Hadiah diberikan kepada peserta dengan pertanyaan terbaik hingga best dress juga lho.. terlihat wajah para Ibu sangat bahagia.. pulang kerumah membawa ilmu pengetahuan dan juga hadiah hadiah untuk dinikmati bersama seluruh anggota keluarga dirumah.

kita perempuan bermakna
Salah Satu Pemenang Best Dress dalam #KITAPerempuanBermakna

kita perempuan bermakna
Salah Satu Pemenang Lucky Seat dalam #KITAPerempuanBermakna
--

Sebagai seorang perempuan dan seorang Ibu, saya bahagia sekali mendapatkan banyak informasi tantang literasi keuangan dan kesehatan keluarga dalam talkshow KITA (Kesehatan & Literasi Keuangan Keluarga) dan Cooking Demo Menu Aplikasi Masako & Talkshow Perencanaan Menu Bergizi Seimbang.
 
Saya berharap edukasi kepada masyarakat seputar literasi keuangan dan kesehatan keluarga untuk  #KITAPerempuanBermakna lebih rutin dilaksanakan dan bisa juga dilaksanakan di kota kota lainnya sehingga semakin banyak perempuan Indonesia mendapatkan informasi tentang literasi keuangan dan kesehatan keluarga langsung dari ahlinya.
 
Informasi lengkap seputar produk Asuransi Astra, bisa melalui website dan sosial media resmi yaitu :
Instagram : @asuransiastra
 
Untuk mendapatkan resep makanan yang mudah, lezat dan bergizi bisa melalui :
Instagram : @dapurumami.id
 

Salam hangat,

Elly Nurul

21 komentar

  1. talkshow KITA keren banget deh bocorin banyak informasi tantang literasi keuangan dan kesehatan keluarga. literasi keuangan juga penting banget buat anak2, agar mereka juga lebih bijak mengelola keuangan.

    BalasHapus
  2. Talkshow KITA menarik ya Mba. Setiap perempuan pasti bermakna ya Mba, setelah jadi istri dan ibu tanggung jawabnya semakin besar. Menjaga kesehatan keluarga dengan menyiapkan menu makanan sehat dan mengelola keuangan.

    BalasHapus
  3. Aku setuju kalau perempuan harus melek ilmu soal finansial keluarga. Karena mengatur keuangan ini penting banget, jangan sampai ada lubang yanv membuat kita nantinya terluka dan masa depan keluarga yang dipertaruhkan

    BalasHapus
  4. Talk show KITA ini sangat menarik dan edikatif ya mbak
    Dalam keluarga peran perempuan otu penting
    Makanya harus cakap tentang keuangan dan kesehatan juga ya mbak

    BalasHapus
  5. Suka sama taglinenya karena kita perempuan bermakna.. ciehh..

    Aku kira yang 20% itu buat keinginan lho, ternyata malah 30% keinginan ya.

    BalasHapus
  6. Iya entah kenapa ya kalau nambah penghasilan tapi pengeluaran juga besar. Hehhee. Tapi emang penting banget edukasi keuangan untuk perempuan ya mba. Makasih detail tulisannya ya mba

    BalasHapus
  7. Sebagai manager keuangan di rumah ibu2 emang harjmus rajin di edukasi ya mbak. Aku jd pengen ikutan acara kek gini mbak selama ni blm bijak ngatur keuangan keluarga. Makasih sharinhgnya mbak meakipun ga ikutan talkshownya aku tetep bisa belajar banyak nih

    BalasHapus
  8. Katanya peran ibu memang sebagai menteri keuangan di rumah tangga. Tetapi, rasanya perannya bisa lebih dari itu. Ibu biasanya tau menangani anak ketika sakit. Menyusun menu seat bagi keluarga. Tentu untuk ini perlu memiliki literasi yang baik

    BalasHapus
  9. jadi ibu itu perannya memang banyak banget ya di keluarga mulai dari mengurus anak hingga juga keluarga. tentunya kita sebagai ibu perlu banyak mencari informasi dan ilmu agar bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik

    BalasHapus
  10. menterinya keuangan dalam rumah tangga, ya kita ini harus pandai dalam mengatur keuangan ya. Duh jadi malu nih aku yang masih sering jajan es kopi susu dan lainnya. Tapi aku setuju dengan memberikan proteksi pada keluarga, karena dengan begitu merupakan langkah kita yang tepat untuk melindungi mereka.

    BalasHapus
  11. Menarik ya talkshow ini. Aku termasuk yang masih kurang pintar mengelola keuangan. Mungkin karena single, jadi gak mikir macam-macam kaya kebutuhan sekolah anak dan lainnya. Semoga nanti pas berumah tangga bisa praktik deh

    BalasHapus
  12. menarik sekali acaranya pastinya menyenangkan ya, keuangan dan perempuan itu harus selalu di upgrade biar bisa tetap memenuhi kebutuhan keluarga tapi juga tidak stress

    BalasHapus
  13. Metode 50/30/20 rules tampaknya memang fleksibel dan mudah diterapkan ya, Mak.
    Btw memang seorang ibu tuh banyak perannya ya. Dan setuju bahwa tiap kita (ibu) adalah bermakna :)

    BalasHapus
  14. MashaAllah ya..
    seharian mengikuti serangkaian acara "KITA Perempuan Bermakna" menjadi semakin mantap memberikan yang terbaik untuk keluarga dari mulai finansial planning sampai ahli gizi dan kesehatan untuk keluarga.

    Tingggal penerapannya yang harus dilakukan secara konsisten agar menjadi keberkahan yang baik.

    Haturhunun rangkumannya, kak Elly.

    BalasHapus
  15. wah, anak anak saya paling suka ayam kecap dan sup bakso, ternyata tinggi nutrisi dan kuliner yang favorit juga yaa di Indonesia. Btw konsep 50/30/20 itu lebih praktis kayaknya yaaa. makasih infonya mbak

    BalasHapus
  16. Wah menarik nih talkshownya. Setuju banget masakan rumahan tu selain sehat juga hemat. Zaman sekarang ibu2 kudu lebih pinter lagi mengelola keuangan, salah satunya bisa dimulai dari anggaran buat makan ini hehe.

    BalasHapus
  17. peran ibu harus serba bisa, jadi ahli gizi, menteri keuangan, dokter dadakan, dsb. Alhamdulillah event ini jadi media ibu terus belajar mengelola keuangan keluarga secara sederhana. Ngefek juga loh ke anak karena dia akan melihat orang tuanya, terutama ibu, gimana mengeluarkan uang.

    BalasHapus
  18. Talkshow yang sangat menarik, Mbak. Tentang perempuan dan literasi keuangan. Dan ya, apa pun latar belakangnya, perempuan itu bermakna. Belum lagi pandai mengatur keuangan. Pos-pos mana yang besar dan kecil, harus sesuai.

    Jangan sampai jadinya boncos, karena keuangan enggak stabil.

    BalasHapus
  19. Informasi mengenai literasi keuangan sangat sangat dibutuhkan terutama untuk ibu ibu yang menjabat sebagai menteri keuangan di rumahtangganya, jadi bisa mengatur pos pos keuangan rumahtangga.

    BalasHapus
  20. Bener jg.. semenjak jd ibu rumah tangga mulai paham yg utama itu adalah melek literasi keuangan dan bisa berdaya. Memasak adalah salah satu bentuk keberdayaan yg menyenangkan. Apalagi jika passion ibu emang memasak.

    BalasHapus
  21. Bener deh ya, masakan ibu itu perekat hubungan keluarga. Ibu & anak jadi punya bonding, bahkan kenangan akan masakan ibunya yg akan dikenang terus, sesederhana apa pun itu

    BalasHapus