Pentingnya Kualitas Udara yang Bersirkulasi Khususnya di Rumah sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan

pengtingnya kualitas udara yang bersirkulasi

Rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan serta mereka yang tinggal (rawat inap), bekerja (staf, praktisi kesehatan), atau berkunjung (pasien rawat jalan dan keluarga/teman) memiliki risiko untuk terpapar infeksi.

Maka penting kualitas udara yang bersirkulasi untuk mengurangi transmisi virus dan bakteri. Penggunaan teknologi UV-C air disinfection dapat mencegah dan mengendalikan risiko infeksi melalui udara di fasilitas pelayanan kesehatan.


Holla..

Bicara tentang rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan nih.. kapan terakhir berkunjung ke rumah sakit? untuk mengantar anggota keluarga atau sekedar menjenguk teman?.


Kunjungan rutin untuk imunisasi anakku pada bulan lalu, itu adalah terakhir kunjunganku ke rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan, karena sebisa mungkin untuk tidak ke rumah sakit jika bukan kondisi yang wajib banget untuk kesehatan.

 

Entahlah.. saya merasa lebih nyaman dan tentunya aman jika berada dirumah, karena kita masih harus membatasi aktifitas diluar rumah untuk mencegah terpapar virus Covid-19 ataupun virus lain yang membahayakan kesehatan.


Saya semakin yakin untuk tetap berada dirumah serta mengurangi aktifitas diluar apalagi ke rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan demi kesehatan diri dan keluarga setelah mengikuti edukasi kesehatan bersama signify yang bertajuk Signify Thought Leadership Forum "UV-C Air Disinfection: Mencegah dan Mengendalikan Risiko Infeksi yang Ditularkan Melalui Udara di Fasilitas Pelayanan Kesehatan" pada 25 Oktober 2022

 

pentingnya kualitas udara yang bersirkulasi

 

Hadir dalam diskusi yaitu :

  1. dr. Cahyarini Dwiatmo, Sp.MK(K) mewakili Perkumpulan Pengendali Infeksi Indonesia (PERDALIN)/Indonesian Society of Infection (INASIC)
  2. dr. Jaka Pradipta, Sp.P, spesialis paru
  3. Meisya Siregar, publik figur dan ibu dari tiga anak
  4. Wibawa Jati Kusuma, Chief Commercial Operation Signify Indonesia.

 

Diskusi diwali dengan paparan dari Bapak Wibawa Jati Kusuma, Chief Commercial Operation Signify Indonesia yang menyampaikan bahwa risiko infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan, yang biasa dikenal dengan Healthcare Associated Infections (HAIs), telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia.

 

pentingnya kualitas udara yang bersirkulasi
Kata sambutan pembuka yang disampaikan oleh Wibawa Jati Kusuma, Chief Commercial Operation Signify Indonesia

 

Beliau juga menambahkan bahwa dalam studi yang dilakukan oleh WHO, frekuensi infeksi nosokomial tertinggi dilaporkan dari rumah sakit-rumah sakit di wilayah Mediterania Timur (11,8%) diikuti oleh Asia
Tenggara termasuk Indonesia sebesar (10%). 

 

Lalu bagaimana nih.. sedangkan rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan selalu menjadi rujukan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan perawatan kesehatan agar sembuh atau menjadi lebih sehat?

 

Ketika masyarakat ke rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan, maka tanpa disadari, ada kemungkinan masyarakat yang tinggal (rawat inap), bekerja (staf, praktisi kesehatan), atau berkunjung (pasien rawat jalan dan keluarga/teman) di sana memiliki risiko untuk terpapar infeksi.


Di rumah sakit ada banyak komponen yang berpotensi langsung atas risiko terhadap HAIs,seperti fasilitas bangsal perawatan dan ruang operasi, kualitas udara, pasokan air, makanan, penanganan limbah medis dan jasa cuci (laundry).

 

Infeksi-infeksi ini paling sering disebabkan oleh bakteri, virus, dan mikroorganisme yang diperoleh dari kunjungan ke fasilitas pelayanan kesehatan, atau ketika pasien dirawat di rumah sakit, yang terjadi dalam waktu 48 jam setelah terpapar.

 

Maka dibutuhkan upaya pencegahan dan pengendalian HAIs telah dilakukan sebagai bagian dari protokol kesehatan dan standar operasional prosedur di rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan yang beroperasi 24/7.

pentingnya kualitas udara yang bersirkulasi
Sesi Diskusi Panel bertajuk “UV-C Air Disinfection: Mencegah dan Mengendalikan Risiko Infeksi yang Ditularkan Melalui Udara di Fasilitas Pelayanan Kesehatan”

 

 

Pentingnya Kualitas Udara yang Bersirkulasi

Ruang tertutup atau ruang yang tidak memiliki ventilasi udara yang memadai, seperti di gedung-gedung tinggi rumah sakit sangat membutuhkan kualitas udara yang bersirkulasi.

 

Seperti kita ketahui bahwa saat ini, banyak rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan dibangun mirip dengan gedung perkantoran bertingkat tinggi yang tertutup, serta mengandalkan sistem sirkulasi udara dan pendingin udara.

 

Kondisi tersebut dibutuhkan ventilasi yang tepat agar udara dapat bersirkulasi dengan baik untuk mengurangi transmisi virus dan bakteri.

pentingnya kualitas udara yang bersirkulasi
dr. Cahyarini Dwiatmo, Sp.MK(K), perwakilan dari Perkumpulan Pengendali Infeksi (PERDALIN) Pusat/Indonesian Society of Infection Control (INASIC) sedang memberikan paparan yang terkait dengan Healthcare Associated Infections (HAIs)

 

 

UV-C Air Disinfection Dapat Meningkatkan Kualitas Udara di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

 

Kualitas udara yang kita hirup setiap hari memainkan peranan penting dalam kesehatan kita. Banyak
orang yang tidak menyangka bahwa udara dapat membawa virus, bakteri, dan mikroorganisme
lainnya karena tidak terlihat oleh mata.

 

"Dengan kepemimpinan dan pengalaman Signify dalam teknologi UV-C, kami menghadirkan metode efektif untuk mengurangi penyebaran penyakit melalui udara, seperti Covid-19, influenza, TBC, dan lainnya. Solusi UV-C Air Disinfection kami dilengkapi dengan perlindungan tambahan yang memungkinkan orang untuk melanjutkan aktivitas mereka saat perangkat bekerja,” Dedy Bagus Pramono, Country Leader Signify Indonesia.


Sinar UV-C sudah terbukti sebagai metode desinfeksi yang dapat digunakan untuk mencegah dan
mengendalikan penyebaran penyakit dengan mendesinfeksi udara, air, dan permukaan.

 

Pada panjang gelombang 254 nanometer, sinar UV-C dapat memecah DNA atau RNA mikroorganisme
termasuk virus dan bakteri, dan melumpuhkan virus dan bakteri.

 

Penelitian terbaru oleh Innovative Bioanalysis telah membuktikan efektivitas luminer Philips UV-C desinfeksi upper air yang dipasang di dinding.



Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa perangkat tersebut menonaktifkan 99,99% virus SARS-
CoV-2 di udara ruangan dalam waktu 10 menit, sementara pada menit ke 20, virus berada di bawah tingkat yang dapat dideteksi.

 

Wah, sebuah teknologi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.. karena kualitas udara yang bersirkulasi sangat baik untuk kesehatan kita semua.




Rangkaian seri UV-C Disinfection Upper Air Signify 

Ada beberapa rangkaian seri UV-C Disinfection Upper Air Signify yaitu : Philips UV-C Disinfection Upper Air untuk pemasangan di plafon dan Philips UV-C Disinfection Upper Air yang dipasang di dinding.

 

pentingnya kualitas udara yang bersirkulasi

Sedangkan luminer dipasang pada ketinggian minimal 2,3 meter, dikombinasikan dengan pelindung dan optik,memastikan orang dapat terus bekerja di bagian bawah ruangan sementara perangkat mendesinfeksi udara

pentingnya kualitas udara yang bersirkulasi



Selain itu, Philips UV-C Disinfection Air Unit dirancang untuk desinfeksi udara dengan desain portabel
di lantai yang dapat mendesinfeksi hingga 90% mikroorganisme dalam ruangan seluas 80m3 hanya
dalam 2 jam5 dan memiliki cakupan sirkulasi 28m3.

 

Sedangkan pada bagian dalam, lampu UV-C secara efektif menonaktifkan virus, bakteri, dan mikroorganisme, yang dilengkapi dengan material pelindung untuk mengunci sinar UV-C di dalam perangkat.

pentingnya kualitas udara yang bersirkulasi

 

Dengan desain yang modern, kuat, dan minimalis mampu menghasilkan sinar UV-C yang terkontrol dengan baik karena terbuat dari bahan plastik anti-UV.

 

Perangkat beroda ini memiliki tinggi 79 cm dan diameter 36 cm, sehingga mudah untuk dipindahkan ke suatu tempat, digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti di fasilitas pelayanan kesehatan, kantor, toko ritel, sekolah, hingga kamar hotel, juga digunakan saat orang berada di sekitarnya sehingga operasi bisnis dapat berlanjut tanpa terganggu.


Signify juga menambahkan Philips UV-C Air Disinfection Cleaner ke dalam portofolio konsumen
mereka di Indonesia, yang membuat desinfeksi udara di rumah menjadi jauh lebih mudah. Hanya
dengan mencolokkan dan menyalakan, perangkat akan beroperasi. Pembersih udara desinfeksi ini
dilengkapi dengan lampu UV-C di dalam perangkat, yang mendesinfeksi udara di dalam ruangan
dalam beberapa jam.

 

Karena sinar UV-C terkurung di dalam perangkat, tidak ada yang perlu meninggalkan ruangan saat perangkat menyala. Perangkat ini dirancang untuk digunakan di sekitar orang, hewan peliharaan, dan tumbuhan.

pentingnya kualitas udara yang bersirkulasi

 

Desain praktis, portabel, dan stylish dari Philips UV-C Disinfection Air Cleaner ini cocok untuk semua jenis ruangan. Perangkat juga dilengkapi dengan fungsi pengatur waktu yang secara otomatis mematikan perangkat setelah waktu yang ditentukan berlalu.

 

Selain itu, mode senyap pada Philips UV-C Disinfection Air Cleaner memastikan suara senyap saat menjamu tamu makan malam yang menyenangkan atau saat orang tersayang tertidur.


Signify telah menjadi yang terdepan dalam teknologi UV selama lebih dari 40 tahun7 dan memiliki
rekam jejak yang terbukti dalam mengembangkan solusi desinfeksi UV-C yang inovatif serta memiliki beberapa keunggulan seperti :

  • Pencahayaan UV-C Signify dirancang dengan tepat
  • Diproduksi menggunakan proses industri yang terkontrol
  • Harus dipasang dan dioperasikan sesuai dengan instruksi keselamatan masing-masing produk untuk memastikan penggunaan yang aman dan efektif.
  • Seluruh produk Philips UV-C juga sudah
    mendapatkan sertifikasi bebas ozon dan bebas kebocoran sinar UV-C, serta mengikuti standar
    keselamatan IEC 60335.

 

Jika dilihat dari banyaknya produk yang sudah dirancang untuk masyarakat, Signify telah memenuhi kebutuhan yang berkembang untuk desinfeksi permukaan dan benda yang memang sangat dibutuhkan masyarakat dalam hal kesehatan.

 

Semoga Signify terus berinovasi menghasilkan teknologi yang terbaik untuk masyarakat agar kehidupan dibumi terus berlangsung tentunya dengan kualitas udara yang baik. Semoga melalui teknologi UV-C Disinfection mampu mencegah dan mengendalikan risiko infeksi yang ditularkan melalui udara di fasilitas pelayanan kesehatan.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang solusi pencahayaan UV-C Signify, dapat mengunjungi situs web www.signify.com


Salam hangat,

Elly Nurul

Tidak ada komentar