Merawat Kesehatan Mata dengan Kualitas Pencahayaan yang Baik

merawat kesehatan mata dengan kualitas pencahayaan yang baik

Masih ada orang yang belum menyadari pentingnya melakukan pemeriksaan mata secara berkala, yaitu untuk mengantisipasi penglihatan yang kurang menjadi bertambah parah. Salah satu faktor penting yang dapat mendukung perawatan mata adalah kualitas pencahayaan yang baik.


Penyebaran cahaya yang lebih merata, tidak terang berlebih atau silau dan tidak redup atau berkedip dapat membuat mata menjadi lebih nyaman.


Dear Healthy People,

Bicara tentang kesehatan mata, kapan terakhir melakukan pemeriksaan mata? dalam satu tahun, berapa kali kita melakukan pemeriksaan mata? bagaimana dengan pemeriksaan mata anak-anak?

Lalu apa saja sih faktor yang mempengaruhi kesehatan mata? benarkan pola hidup jaman sekarang juga sangat mempengaruhi kesehatan mata? atau ada faktor lain yang membuat mata tidak nyaman?.

Tahukan kamu,bahwa bulan Oktober adalah bulan World Sight Day, dan tema World Sight Day 2018 adalah #EyeCareEveryWhere.

Peringatan tahun ini lebih mengenalkan kesadaran untuk memfokuskan perhatian global pada kebutaan dan pengurangan penglihatan moderat dan parah (MSVI – moderate and severe visual impairment) yang sesungguhnya dapat dihindari dan pentingnya pemeriksaan mata secara berkala.

Penasaran ngga sih, kenapa melakukan pemeriksaan mata secara berkala itu penting? bagi saya sangat penting, karena orangtua saya sendiri yaitu Ibu Mertua mengalami penyakit mata glaukoma.

Glaukoma telah mencuri penglihatan mata sebelah kiri Ibu Mertua, glaukuma data secara tiba-tiba, dan itu terjadi salah satunya karena tidak rutin melakukan pemeriksaan mata secara berkala.

Hasil Penelitian tentang Pentingnya Kualitas Cahaya yang Baik

Selasa, 30 Oktober 2018, saya menghadiri diskusi tentang kesehatan mata bersama Philips Indonesia. Diskusi tersebut membahas hasil penelitan terbaru dari ReseachNow. Diskusi berlangsung di Tugu Kunstkring Paleis, Menteng, Jakarta Pusat.

Bulan Juli 2017, ResearchNow melakukan penelitian global melalui polling secara daring. Penelitian dilakukan terhadap 8.000 orang dewasa dari 11 pasar yang berbeda yaitu Tiongkok, Republik Ceko, Prancis, Jerman, Indonesia, Polandia, Spanyol, Swedia, Thaland, Turki dan Amerika Serikat.

merawat kesehatan mata dengan kualitas pencahayaan yang baik
Pemaparan Hasil Penelitian oleh Philips sekaligus Edukasi Kesehatan Mata (30/10/18)

Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut :

  • 52% Orangtua khawatir akan penglihatan anak-anak, hampir 2/3 (dua pertiga) orangtua khawatir anak mereka akan membutuhkan kacamata di masa depan
  • Lebih dari 3 jam sehari, orang dewasa dan anak-anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan layar, seperti ponsel, layar komputr atau televisi.
  • 79% orangtua khawatir bahwa belajar di bawah kualitas pencahayaan yang tidak memadai dan berkedip akan melelahkan mata anak-anak mereka.
  • 83% orangtua di Indonesia akan mempertimbangkan membeli bohlam berkualitas jika hal itu membantu prestasi anak mereka di sekolah.
Secara global, salah satu hal yang menjadi perhatian terbesar bagi oragtua adalah penglihatan anak-anak mereka, bahkan lebih dari separuh orangtua menyatakan bahwa mereka khawatir terhadap penglihatan anak-anak mereka.
  • 52% penglihatan anak
  • 51% Kinerja di Sekolah
  • 51% Tingkat Stress & Kesehatan Mental
  • 49% Pola Tidur
  • 46% Berat Badan
  • 43% Tingkat Kebugaran

Tips Menjaga Kenyamanan Mata  :

Cahaya yang baik dibutuhkan untuk mendukung kegaitan yang membutuhkan visual, terutama bagi anak-anak.

Berikut adalah tips menjaga kenyamanan mata dari dr. Rina La Distia Nora, SpM(k), Ph.D yang mewakili Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami). Tips ini ttidak hanya untuk orang dewasa tetapi bisa juga diterapkan kepada anak-anak.

merawat kesehatan mata dengan kualitas pencahayaan yang baik
 dr. Rina La Distia Nora, SpM(k), Ph.D yang mewakili Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami)
  1. Berinvestasi untuk pencahayaan LED Berkualitas. Seperti Philips LED, dengan pencahayaan tidak berkedip, anak-anak dapat belajar di bawah lampu mereka dengan nyaman, tanpa risiko kelelahan mata atau sakit kepala.
  2. Menghabiskan lebih banyak waktu diluar ruangan. Pencahayaan alami telah terbukti bermanfaat dalam meningkatkan kenyamanan mata. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan bahwa sangat bermanfaat untuk menghabiskan waktu setidaknya dua jam sehari di luar ruangan. 
  3. Batasi waktu menatap layar. Meskipun ini sulit dilakukan mengingat kehidupan sehari-hari kita sekarang sangat didominasi oleh ponsel, komputer dan televisi. Luangkan waktu untuk jauh dari layar dengan bermain di luar ruangan atau membaca buku.
  4. Istirahatkan Mata. Setelah mata menghabiskan durasi yang lama di bawah pencahayaan buatan atau depan layar, pastikan kita mengistirahatkan mata secara teratur dengan memejamkan mata selama 30 detik.
  5. Makan makanan yang mendukung kesehatan mata. Dengan memasukkan sayuran berdaun, ikan yang banyak mengandung lemak dan buah jeruk dalam makanan mereka
  6. Lakukan yoga mata. Gunakan latihan yoga mata yang mudah untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kenyamanan mata
  7. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata atau ahli kacamata. Untuk memastikan kita mendapatkan opini profesional atas kesehatan dan penglihatan mata anak-anak
merawat kesehatan mata dengan kualitas pencahayaan yang baik
Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata atau ahli kacamata.
Untuk memastikan kita mendapatkan opini profesional atas kesehatan dan penglihatan mata anak-anak

Bohlam Philips MyCare LED terbaru dari Signify

Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, memperkenalkan lini terbaru yaitu "Bohlam Philips MyCare LED" dengan teknologi Interlaced Optics untuk meningkatkan kenyamanan mata.

Bohlam Philips MyCare LED, desiannya terinspirasi dari pola biji bunga matahari dan juga memiliki beberapa keunggulan lainnya yaitu :
  • Teknologi Interlaced Optics mengurangi silau hingga 35%
  • Penyebaran intensitas cahaya yang merata
  • Interlaced Optics pola yang meningkatkan kenyamanan mata
  • Teknologi pola yang telah dipatenkan membantu menyebarkan dan memantulkan cahaya, menerangi area ruangan yang lebih luas
  • Interlaced Optics terinspirasi dari bungan matahari. Desain mikro Interlaced Optics yang tercetak pada bohlam mengikuti pola biji bunga matahari.
  • Lampu menyebarkan cahaya merata, membuatnya idel untuk  membaca, menulis dan belajar.
merawat kesehatan mata dengan kualitas pencahayaan yang baik
Keunggulan Bohlam Philips LED yang dilengkapi dengan logo Eyecomfort (Infografis Philips)

Semua Bohlam Philips LED yang dilengkapi dengan logo Eyecomfort pada kemasannya memberikan pencahayaan yang nyaman bagi mata sehingga konsumen dapat menikmati pencahayaan LED berkualtas tinggi yang tidak berkedip, tidak silau, serta memiliki distibusi cahaya yang merata, membuat mata menjadi lebih nyaman dan rileks.
  Bohlam Philips MyCare LED (Foo

Interlac Optics yang sudah dipatenkan dan diaplikasikan pada bohlam Philips LED baru ini membantu menyebarkan dan memantulkan cahaya. Polanya mampu mengurangi sinar - terang berlebihan yang ditimbulkan oleh pancaran cahaya tajam dari pusat bohlam hingga 35%.

Pola ini juga mendistribusikan kembali cahaya dengan pintar, meningkatkan sudut pancaran cahaya sehingga dapat menerangi area lebih luas secara lebih merata. Bohlam LED ini juga menghemat energi hingga 60% dibandingkan dengan lampu fluoresen padat.

merawat kesehatan mata dengan kualitas pencahayaan yang baik
 Rami Hajjar, Country Leader untuk operasi/bisnis signify di Indonesia

"Pada saat dunia sedang memperingati hari World Sight 2018 pada bulan Oktober 2018, maka tidak ada momen yang lebih tepat selain membawa inovasi untuk meningkatkan kenyamanan mata masyarakat Indonesia" - Rami Hajjar, Country Leader untuk operasi/bisnis signify di Indonesia

Kunjungi www.philips.co.id/eyecomfort untuk detail lebih lanjut tentang standar Philips EyeComfort dan detail produk.

--

Sebagai kesimpulan bahwa Bohlam Philips MyCare LED:
  • Teknologi Interlaced Optics telah menaikkan standar nyaman di mata bagi lampu LED
  • Meningkatkan faktor-faktor EyeComfort seperti mengurangi silau, tidak berkedip dan distribusi cahaya yang merata
  • Ideal untuk membaca, menulis dan belajar.
Bagi saya, teknologi Interlaced Optics ini patut mendapat apresiasi, sebagai orangtua juga khawatir akan kesehatan mata diri sendiri maupun keluarga khususnya anak-anak yang setiap harinya sering terpapar cahaya baik lampu, televisi maupun gadget.

Untuk masa depan yang lebih berkelanjutan, yuk perbaikin pola hidup, dengan menjaga kesehatan mata sesuai dengan tips dari dokter mata. Serta gunakan Bohlam Philips MyCare LED untuk mendapatkan penyebaran cahaya yang lebih merata dan mengurangi silau yang dapat mengganggu kesehatan mata.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

14 komentar:

  1. kalo kualitas lampu Phillips mah dari dulu juga gak usah diraguin lagi ya. tapi ini keren sih, bisa menjaga merawat kesehatan mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitas lampu juga sangat mempengaruhi kesehatan mata, kualitas lampu yang baik dapat merawat kesehatan mata, seperti lampu LED dari Philips yang menggunakan teknology Interlac untuk penyebaran cahaya yg lebih merata

      Hapus
  2. Aku ngga suka kalau ruangan redup2. Jd ak sll pake lampu yg terang benderang. So far emang Philips plng oke. Aku mw coba ah si Philips My Care ini. Thanks for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, lampu redup salah satu penyebab mata tidak sehat, Alhamdulillah ya LED MyCare dari Philips ini dapat memberikan cahaya yang lebih merata, agar kesehatan mata juga tetep terjaga

      Hapus
  3. lampu dirumah pakai philips mbak, selain terang, daya yang dihasilkan juga hemat buat rumahan. soal kualitas philips nggak usah diragukan lagi kalau menurutku. udah pasti hebat dan top deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay, pengguna philips juga ya mba.. akupun selama ini puas dengan philips, produk lampu LED MyCare keluaran terbaru ini lebih bagus pastinya

      Hapus
  4. Saya baru tau tuh ada yoga mata. Seperti apa tuh ya?

    Kalo lampu merk Philips sih sejak dulu udah Terkenal karena kualitanya yang gak terkalahkan sama merk lain. Invoasinya pun selalu terdepan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoga mata maksudnya,gerakan yang tidak monoton, seperti memejamkan mata sejenak agar mata juga istirahat tidak terus menerus melihat satu objek terus menerus dalam waktu lama. Alhamdulillah ya banyak pengguna philips dan so far sangat puas

      Hapus
  5. Wah lampu andalanku memang philips kak. Ada produk barunya ya sekarang, mau coba aahh. Ini sudah ada di pasaran kan yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi ka Tuty, produk bohlam LED Mycare ini sudah bisa ditemukan disemua gerai philips ya.. selamat berbelanja

      Hapus
  6. Ini bohlamnya kayaknya wajib ku intip deh, soalnya tiap tahun tuh pasti nambah terus minus sama silindernya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. asikk wajid diintip dan digunakan ya ka untuk kesehatan mata diri sendiri maupun keluarga

      Hapus
  7. Informasinya pas banget nih karena mata saya sering bermasalah sekalipun rutin check up. Dan di rumah juga sudah LED semua walau tetap merasa silau haha. Btw yoga mata itu yang gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoga mata maksudnya gerakan mata yang tidak monoton, misalnya setiap 10 menit sekali kita memejamkan mata, agar mata tidak hanya fokus pada satu titik saja, semoga membantu ya ka

      Hapus

Instagram