Cara Merawat Kesehatan Payudara, Agar Tampil Sempurna dan Percaya Diri

cara merawat kesehatan payudara agar tampil sempurna dan percaya diri

Bagaimanakah pemilihan serta pemakaian bra yang tepat sebagai menunjang penampilan perempuan, agar lebih sempurna dan tampil penuh percara diri?

Bra adalah pakaian dalam yang wajib dipakai oleh seorang perempuan, meskipun memakai bra adalah rutin dilakukan, namun tidak sedikit perempuan yang belum memahami bagaimana memilih dan memakai bra yang tepat.


Dear Ladies,

Memilih dan memakai bra yang  tepat selain sebagai penunjang penampilan seperti membantu membentuk postur tubuh tampak lebih langsing dan seksi sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri, juga penting untuk kesehatan.

Lalu bagaimanakan pemilihan dan pemakaian bra yang tepat? seperti apa bra yang berkualitas agar menunjang penampilan perempuan?

Edukasi Kesehatan dan Perawatan Payudara

cara merawat kesehatan payudara agar tampil sempurna dan percaya diri
Narasumber Talkshow Edukasi Kesehatan Payudara (17/07/18) Enny Imran adalah Senior Brand Manager Sorella , Dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, Dokter spesialis Ob/Gyn RS. Mayapada Hospital & RS Siloam, Agnes Dewi adalah Marketing Manager PT Megariamas Sentosa

Memiliki payudara yang sehat dan indah merupakan dambaan setiap perempuan, lalu bagaimana menghasilkan payudara yang sehat dan indah bagi perempuan, khususnya bagi perempuan selepas menyusui.

Pada Selasa, 17 Juli 2018 saya menghadiri edukasi kesehatan dan perawatan payudara bersama SORELLA dengan tema “Spark Your Real BeautySorella Lingerie Trunk Show di daerah Jakarta Selatan.

Mmm.. kira-kira apa yang hubungannya antara kesehatan payudara dan Inner Beauty? ternyata kesehatan payudara itu ada hubungannya lho dengan inner beauty seseorang. Seperti apa sih hubungannya?

cara merawat kesehatan payudara agar tampil sempurna dan percaya diri
Suana Talkshow Edukasi Kesehatan Payudara yang menghadirkan media, blogger dan influencer

Dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG
Dokter spesialis Ob/Gyn di Mayapada Hospital & RS Siloam.

Sebagai Dokter Spesialis Bb/Gyn, Dr. Dara sangat mengerti dunia kesehatan wanita, seringkali mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan payudara khususnya bagi wanita hamil dan menyusui.

Menurut Dr. Dara seperti halnya kulit wajah, merawat kesehatan payudara juga harus dilakukan seorang perempuan agar payudaranya sehat dan indah. Saat perempuan hamil dan menyusui, maka bentuk dan ukuran payudara perempuan akan berubah dan juga lingkar dada menjadi semakin melebar.

Maka pemilihan bra yang tepat bagi perempuan hamil dan menyusui sangat penting agar kesehatannya tetap terjaga yaitu dengan menggunakan bra khusus perempuan hamil dan menyusui.

Bagi perempuan menyusui, selain menggunakan bra menyusui, juga harus menggunakan breast pad untuk menghindari asi merembes. Jika tidak menggunakan breast pad dan asi merembes, maka bra akan basah dan lembab, jika lembab maka menjadi tempat kuman dan bakteri tumbuh sehingga dapat menyebabkan penyakit.

Bagaimana Payudara Yang Sehat

Menurut Dr. Dara, selain memilih bra yang tepat, dengan rutin melakukan Sadari (periksa payudara sendiri) untuk mendeteksi dini apakah payudara kita sehat atau tidak. Lalu bagaimana payudara yang sehat itu?

Ciri-ciri payudara tidak sehat :

  • Muncul benjolan
  • Keluar noda dari putting
  • Kulit payudara tidak mulus
  • Putting masuk kedalam
Dr. Dara menyarankan untuk para perempuan agar lakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) sesering mungkin dan jika sudah muncul ciri-ciri payudara tidak sehat, maka segera lakukan konsultasi ke dokter agar mendapatkan menangan yang tepat.

Ibu Enny Imran
Senior Brand Manager Sorella

Perempuan sering kali salah dalam memilih dan memakai bra, padahal bra adalah pakaian yang dipakai sehari-hari. Menurut Ibu Enny Imran, para perempuan penting mengetahui bagaimana pemilihan dan pemakaian bra yang tepat sebagai penunjang penampilannya juga kesehatan payudaranya.

Cara Pemilihan dan Pemakaian Bra.

1. Cup harus sesuai

Jika dalam memakai bra dan kemudian ada bagian payudara yang terlihat menyembul, maka cup tersebut masih tergolong kecil. Pilihlah cup yang tepat, sehingga ketika dipakai terasa penuh tanpa ada bagian yang terlihat menyembul

2. Pilih bra yang sesuai dengan lingkar dada

Perempuan sering membeli dan memilih bra sesuai dengan ukuran payudara. Namun sebenarnya, ukuran lingkar dada juga penting. Ada bra yang ukuran cup-nya cocok (pas) namun tidak pas pada lingkar dada (terlihat kebesaran atau kekecilan). Contohnya, ada bra yang berukuran B namun lingkar dadanya berukuran A.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika memilih bra yang sesuai dengan lingkar dada, sehingga membuat seseorang nyaman memakainya dan terhindar dari iritasi yang mungkin dapat terjadi jika memakai bra dengan lingkar dada yang lebih kecil daripada lingkar dada kita.

cara merawat kesehatan payudara agar tampil sempurna dan percaya diri
Bra Sorella Collections

3. Mencoba bra sebelum membeli, lalu kaitkan pada kaitan yang paling luar

Ketika mengukur lingkar dada dengan bra yang ingin dibeli, maka sebaiknya dilakukan juga mencoba mengaitkannya pada kaitan yang paling luar. Hal ini disebabkan karena bra akan memelar kira-kira 3 inci selama bra dipakai.

Ketika bra sudah memelar, maka barulah kita mengaitkan bra pada kaitan yang paling terdalam. Dengan demikian kita dapat mengukur, apakah bra nyaman atau tidak dikita gunakan, jangan terlalu ketat sehingga menyulitkan kita untuk bernafas.

4. Sesuaikan tali bra ketika memakainya

Saat memakai bra lalu tali bra jatuh ke lengan dan tidak pas dengan ukuran bahu, maka bra tersebut masih terlalu besar. Hindari juga tali bra yang mengikat sangat kencang, karena akan menimbulkan iritasi pada kulit dan menyebabkan nyeri pada punggung.

5. Hindari bra berkawat untuk payudara kecil

Jika memiliki payudara berukuran kecil, maka lebih baik untuk tidak memilih model bra yang berkawat. Bra berkawat akan tidak nyaman jika dikenakan karena payudara yang disangga berukuran kecil.

Sebaliknya, jika memiliki ukuran payudara yang cukup besar, sebaiknya justru memilih bra dengan kawat, karena akan menjaga bentuk payudara.

6. Menyesuaikan model bra dengan pakaian yang akan digunakan

Pakaian yang akan digunakan juga menentukan model bra yang akan dipakai. Ketika ingin menghadiri pertemuan penting dan mengharuskan memakai gaun, maka gunakanlah model bra yang tepat sesuai dengan model gaun yang akan digunakan.

Jika gaun yang digunakan memiliki model pundak terbuka, sebaiknya memakai model bra tanpa tali. Sedangkan jika menggunakan kaos atau kemeja tipis berwarna putih, maka dapat memilih bra yang berwarna senada dengan baju dan nyaman untuk digunakan.

7. Ganti bra setiap hari

Bahan bra biasanya elastis, sehingga biasanya mudah melar. Pemakaian bra berturut-turut akan menyebabkan bra memelar sehingga tidak nyaman untuk dipakai.

Mencuci bra dengan air dingin dapat membantu bra kembali elastis dan menghindarkan bra memelar dalam waktu yang cepat. Perempuan sebaiknya mempunyai enam atau tujuh buah bra yang dapat dipakai bergantian setiap harinya.

Bra Berkualitas Sesuai Bentuk Tubuh

cara merawat kesehatan payudara agar tampil sempurna dan percaya diri
3 koleksi terbaru dari Sorella  yaitu body contour bra set, body shapper and nightwear collections


Ibu Agnes Dewi adalah Marketing Manager PT Megariamas Sentosa menjelaskan bahwa SORELLA mempunyai range produk yang sangat lengkap yang sesuai dengan semua kebutuhan wanita. Diantaranya adalah bra, panty, korset, baju tidur, koleksi sport dan aksesoris.

Semua produk SORELLA menggunakan bahan bahan berkwalitas terbaik dengan design yang disesuaikan dengan bentuk tubuh wanita Indonesia. 

Pada kesempatan edukasi kesehatan payudara, SORELLA juga menampilkan beberapa koleksi bra dan body shaper yaitu seri Body Contour dan Sorella Nightwear.

Koleksi Bra dan Body Shaper Sorella Terbaru

BODY CONTOUR merupakan koleksi premium dari SORELLA yang terdiri dari Bra set dan Body Shaper. Untuk BODY CONTOUR ini, SORELLA menerapkan hasil research yang terbaru. Di desain yang sedemikian rupa sehingga payudara tampak lebih mengangkat (lift-up), berisi dan lebih sexy namun tetap terlihat natural dan nyaman.

Kelebihan lain dari Body Contour bra set :

  • Bagian belakang yang lebih lebar dan samping yang lebih tinggi, fungsinya untuk merapikan bagian samping payudara yang seringkali terdapat kelebihan lemak
  • Breathable cup dengan busa yang sangat lembut.
  • 3D wire (zero pressure wire) : bentuk kawat yang mengikuti lekuk payudara berfungsi untuk meminimalisasi tekanan pada payudara sehingga terasa sangat nyaman
  • Desain renda renda yang halus mengikuti trend mode terkini.
cara merawat kesehatan payudara agar tampil sempurna dan percaya diri

cara merawat kesehatan payudara

Koleksi 1 : 10 Sorella Body Coutour Bra Set Collections

Untuk koleksi Body Shaper dari BODY CONTOUR kali ini Sorella menampilkan 3 koleksi :
  • Secret Perfection : mengandung bahan bamboo charcoal (anti sinar UV dan anti static) & nano liquefied titanium (breathable, anti bacterial, dan anti odor) yang baik untuk kesehatan.
  • Sensual curve : design high-tech, bahan yang tipis sehingga nyaman untuk dipakai sehari-hari namun tetap bisa shaping.
  • Inner Secret : bahan yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari, seamless, dan mengandung nano liquefied titanium yang baik untuk kesehatan.
cara merawat kesehatan payudara agar tampil sempurna dan percaya diri
koleksi 2 : 5 Sorella Body Shaper Collections

Kali ini SORELLA menampilkan 5 koleksi Nightwear kategori Lingerie dengan kelebihan sebagai berikut :
  • Bahan  yang lembut dan nyaman dipakai
  • Di desain dengan bahasa desain “Subtle Sexy” yang artinya menonjolkan feminitas wanita namun tidak terlalu vulgar.
Untuk SORELLA Nightwear terbuat dari bahan bahan terbaik yang bervariasi seperti katun, chiffon, satin dan microfiber.

cara merawat kesehatan payudara agar tampil sempurna dan percaya diri
Koleksi 3 : 5 Sorella Nightwear Collections

Tentang Sorella

SORELLA merupakan brand dari Taiwan yang lahir sejak tahun 1974. Sampai saat ini, SORELLA hadir di semua negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Brunai Darusallam, Philipina, Myanmar, Kamboja  dan Vietnam. Untuk kedepannya, SORELLA menargetkan untuk berkembang ke negara ASIA lainnya .

SORELLA Indonesia hadir pada tahun 1985, atas lisensi  di bawah naungan PT. Megariamas Sentosa, yang juga mempunyai berberapa brand pakaian dalam wanita internasional lainnya, seperti PIERRE CARDIN, YOUNG HEARTS, dan FELANCY

Inner Beauty adalah philosophy dari SORELLA.

SORELLA percaya bahwa setiap wanita memiliki inner beauty.  Kecantikan yang sejati bagi SORELLA adalah kecantikan dari dalam diri.  Wanita SORELLA adalah wanita yang percaya diri yang selalu berpikiran positif, rendah hati dan peduli terhadap sesama.
 
Sesuai philosophy SORELLA, maka SORELLA peduli dan berkomitmen penuh utk mendukung dan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan wanita akan kanker payudara. Karena menurut survey WHO, 1 dari 8 wanita di negara berkembang telah menderita kanker payudara. Oleh sebab itu diperlukan berbagi pengetahuan mengenai gejala kanker payudara dan kesadaran melakukan deteksi sedini mungkin (SADARI).

Teknologi Sorella

Dengan pengalaman di bidang pakaian dalam selama 40 tahun lebih di Internasional  dan 30 tahun lebih di Indonesia, SORELLA memiliki team R&D khusus di Indonesia yang senantiansa berkomunikasi dengan wanita-wanita Indonesia di segala umur  dan terus menerus  menyempurnakan produk-produk SORELLA agar mampu menonjolkan feminitas seorang wanita namun memberikan rasa yang nyaman ketika dipakai. 

Oleh karena itu, sejak tahun 2013 hingga 2018, SORELLA Indonesia beturut-turut berhasil mendapatkan penghargaan yang prestisius dari TOP BRAND sebagai salah satu brand pakaian dalam wanita terpopuler dan terpercaya di Indonesia

cara merawat kesehatan payudara agar tampil sempurna dan percaya diri
Ini Koleksi Sorella Nightwear Favorit Saya :)

Tips Merawat Bra

Pada kesempatan edukasi tentang perawatan kesehatan payudara, Ibu Enny Imran adalah Senior Brand Manager Sorella juga berbagi tips bagaimana merawat bra yang tepat agar elastisitasnya tetap terjaga sehingga tetap nyaman ketika digunakan.

Tips merawat bra agar lebih awet.

  • Hindari memasukkan bra ke pengering (dryer)
  • Bra yang dicuci kemudian dimasukkan ke dalam pengering, akan cepat rusak dan memelar. Hal ini disebabkan karena bahan bra yang lembut dan elastis tidak tahan panas.
  • Gantung (bra dengan busa), jangan lipat
  • Jika memiliki bra yang cup-nya terbuat dari busa, maka lebih baik jika menyimpannya dengan menggunakan gantungan dibandingkan dengan melipatnya menjadi satu, karena akan merusak cup bra tersebut.

Bra Berkulitas Investasi Kesehatan Payudara

Setuju ngga jika bra berkualitas itu merupakan Investasi kesehatan payudara? jika diambil kesimpulan dari edukasi tentang kesehatan payudara bersama narasumber diatas, saya setuju bahwa memilih dan menggunakan bra yang tepat itu penting.

Memilih bra berkualitas dan disesuaikan dengan bentuk tubuh juga penting, selain dapat menunjang penampilan juga kesehatan. Membeli bra dengan kualitas yang baik juga akan membuat lebih hemat lho, karena jika bra dirawat dengan tepat maka bra dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi koleksi Sorella yang mana yang menjadi favorif kamu ladies? dan jangan lupa untuk senantiasa merawat dan jaga kesehatan payudara kita dengan pemilihan dan pemakaian bra yang tepat.

Salam hangat,
Elly Nurul.

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

8 komentar:

  1. Ternyata Sorella di Indonesia udah lama banget ya Mba, dari 1985. Semoga dengan adanya edukasi seperti ini, perempuan di Indonesia bisa lebih paham tentang kesehatan payudara.

    BalasHapus
  2. Waaah, koleksi Sorella bagus-bagus ya. Jadi keingetan kudu beli yang baru nih. Udah pada melorot. Hehehehe... noted deh tipsnya. Nanti dipraktekin pas beli bra baru. :)

    BalasHapus
  3. Tips nya bermanfaat banget mbak buat aku. Jadi perlu merubah kebiasaan memkai bra yang salah ya.

    Aku belum pernah coba produk sorella. Boleh nih kapan2 beli.

    BalasHapus
  4. Belakangan ini aku juga agak care ama perawatan bra dan cara menggunakannya.

    BalasHapus
  5. Duh jadi diingatkan karena memang selama ini kurang perhatian terhadap bra, mungkin karena menganggap pakaian dalam yang tidak terlihat jadi kurang apik dalam merawatnya

    BalasHapus
  6. Hmm.. iya ya salah pilih bra efeknya bs ke penampilan dan kesehatan payudara kita.

    BalasHapus
  7. aku selalu cek SADARI dari jamannya masih sekolah, mamahku aware banget soal kesehatan payudara dan dulu pertama kali dibeliiin bra sama mamahku itu merek sorella ... merek ini bukan hanya nempel di kepala tapi kualitasnya oke punya, sampe sekarang punya anak, aku masih pakai sorella

    BalasHapus
  8. Wah Sorella nightwarenya mau donk, yang merah menyala itu hahaha
    Selera kita sama yooo :D

    BalasHapus

Instagram