Agar Ibu Rumah Tangga Tetap Produktif di Rumah


Tetap Produktif di Rumah
Tetap Produktif di Rumah

Walaupun hanya sebagai Ibu rumah tangga, bukan alasan untuk tidak produktif. Serta kesibukan menjalankan peran sebagai Ibu rumah tangga bukan jadi penghalang untuk tetap produktif walau di rumah.


Menghasilkan karya dan berdaya di era digital bagi Ibu rumah tangga sangat memungkinkan, kemudahan akses dan terbukanya kesempatan untuk bisa berkarya dan berdaya di rumah menjadikan Ibu rumah tangga harus tetap produktif di rumah.


“Selepas shalat subuh, mempersiapkan sarapan, membangunkan anak sekolah, menyiapkan bekal anak sekolah, saat anak anak sekolah menemani balita bermain, lalu menyiapkan makan siang, persiapan jemput anak sekolah…”


Itu adalah sedikit dari banyaknya aktifitas yang dilakukan oleh seorang Ibu rumah tangga dalam menjalankan perannya sebagai seorang Ibu. Memang bukan hal yang mudah, tapi jika dijalankan dengan suka cita maka manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh diri sang Ibu tapi juga keluarganya.


Karena keluarga yang bahagia tercipta dari Ibu yang bahagia.. maka itu sayangilah Ibumu karena perannya begitu besar terhadap dirimu dan juga anggota keluargamu yang lain.


Bicara tentang produktivitas seorang Ibu rumah tangga memang selalu menyenangkan, karena ada yang bilang “mungkin” dan bahkan tidak sedikit bilang “mana mungkin”.


“Ibu rumah tangga mana bisa produktif dalam bidang yang lain, pekerjaan rumah yang ada sekarang saja sering terbengkalai, bagaimana bisa lebih produktif?”


Ibu rumah tangga tetap produktif di rumah
Ibu Garda Terdepan Keluarga

Iya.. berpendapat boleh boleh saja kok, tapi kita juga harus ingat bahwa seorang Ibu itu punya kekuatan yang sangat luar biasa. Ibu sebagai garda terdepan dalam keluarga, seorang Ibu tidak akan membiarkan anak anaknya sakit karena kelaparan, seorang Ibu akan berjuang agar anak anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia.


Bagi saya seorang Ibu dengan tiga orang anak, batasan waktu dalam menjalankan peran sebagai Ibu bukan halangan untuk tetap produktif di rumah.

Ini yang saya lakukan untuk menjadi lebih produktif ketika dirumah, awalnya memang berat, namun setelah dijalani kemudian menjadi kebiasaan baik.

Agar Ibu Rumah Tangga Tetap Produktif di Rumah

Olahraga Agar Badan Tetap Fit

Memulai hari dengan olahraga, 20-30 menit dipagi hari bisa dengan jalan kaki, jogging atau streching di rumah. Atau bisa workout dengan panduan video di youtube dari beberapa ahli atau olahraga lain yang membuat tubuh bergerak dan berkeringat.


Bergerak dan berkeringat dipagi hari bagiku menjadi tambahan energi untuk dapat menjalankan aktifitas seharian lho.

tetap produktif di rumah
Olahraga 20-30 menit perhari untuk tambahan energi seharian


Membuat To do List

Membuat to do list ini penting banget, aktifitas mana aja yang bisa dilakukan pagi hari, siang hari dan malam hari. Juga penting menentukan skala prioritas, mana yang lebih dahulu dikerjakan mana yang bisa dilakukan setelahnya.


Dari to to list yang sudah dibuat, kita bisa mengetahui mana yang sudah dan mana yang belum dikerjakan dan jadi panduan semangat juga untuk mengerjakan yang belum selesai hehe.

tetap produktif di rumah
To do List untuk menentukan skala prioritas

Jangan Menunda Nunda

Nah menunda nunda ini sering juga saya alami, bagi saya wajar sih apalagi kalo lagi capek banget.. inginnya rebahan.. ya ngga apa merasakan capek dan menikmati rebahan setelah itu kan jadi seger lagi, lanjut deh beraktifitas.


Bagi saya menunda tidak apa, asal setelahnya semua beres.. yang jangan tuh menunda nunda tanpa alasan seperti “lagi males aja” “udah deh bodo amat” hihi ngga gitu yaa.. yuk bisa yuk, kalo bisa tidak menunda kenapa harus menunda.

tetap produktif di rumah
Jeda sejenak tidak masalah, asal jangan tertunda terlalu lama

Time Management

Setelah membuat to do list, jika juga harus pandai mengatur waktu, contoh membuat sarapan keluarga dibutuhkan waktu 30 menit, maka waktu 30 menit itu harus bisa tepat waktu, diusahakan tidak molor, karena jika waktunya molor maka akan mengganggu jadwal aktifitas lainnya.


Mengatur waktu diperlukan agar agar lebih efisien dan tentunya semua to do list bisa semua dikerjakan deh.

tetap produktif di rumah
Time Management agar lebih efisien

Lakukan Semuanya Secara Menyenangkan

Nah ini yang terakhir dan ngga boleh abai, karena apapun yang kita kerjakan dengan hati senang maka hasilnya juga akan menyenangkan, tidak hanya menyenangkan diri sendiri tapi juga akan menyenangkan orang lain khususnya keluarga kita.


Tau kan jika aura kita positif itu menyebar, jika suasana hati Ibu bahagia maka keluarga juga akan bahagia.


--


Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan bagi seorang Ibu rumah tangga agar produktif di rumah. Semoga bisa memberikan suntikan semangat buat Ibu rumah tangga agar tetap produktif di rumah ya.. yuk bisa yuk.


Salam hangat,
Elly Nurul

Tidak ada komentar