Makin Produktif di Dunia Serba Digital, Begini Tipsnya

makin produktif di dunia serta digital
foto: skitterphoto (pixabay)

Perkembangan teknologi dan internet membuat semua orang harus berlari mengejarnya agar tidak ketinggalan. Tidak hanya anak muda yang bisa memetik manfaat dari perkembangan zaman yang satu ini, tetapi juga orang dewasa yang juga bisa menikmati semua kemudahan yang diberikan oleh teknologi masa kini.




Namun bagi sebagian orang, internet juga sebuah pisau bermata dua. Ada yang mendapatkan manfaat darinya, ada pula yang justru mendapatkan masalah dengan teknologi yang satu ini.

Ada banyak cara untuk menikmati internet agar bisa mendukung pekerjaan dan membuat kamu makin produktif.

Dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh teknologi dan koneksi internet terjangkau dengan beli paket murah Telkomsel, begini caranya agar tetap produktif di era yang serba terkoneksi sekarang ini.

Manfaatkan Aplikasi Penunjang Hidup Sehari-Hari

makin produktif di dunia serta digital
 foto: popsugar.com

Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk membuat hidup sehari-hari jadi lebih mudah. Seperti Traveloka yang memudahkan kamu untuk membeli tiket pesawat, kereta api, memesan hotel hingga beli paket murah Telkomsel hanya dengan satu genggaman.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi lain seperti pengatur keuangan bulanan, aneka resep masakan, olahraga, transportasi hingga pengukur kualitas tidur untuk hidup yang lebih baik

Manfaatkan aplikasi-aplikasi ini untuk memperbaiki kualitas hidup dengan mudah, tanpa harus repot mencatat manual.

Bangun Relasi Lewat Media Sosial

makin produktif di dunia serta digital
foto: @ellynurul

Suka bermain dengan media sosial? Manfaatkan hobi kamu yang satu ini untuk mendapatkan relasi yang lebih luas. Jangan terkungkung dalam satu lingkaran pertemanan saja, buka pintu dan jendela pergaulan dengan lebih banyak orang di luar sana.

Membangun relasi bisa dilakukan dengan mudah melalui media sosial. Dengan media sosial, tidak ada lagi batasan nyata antara tokoh ternama dengan masyarakat biasa. Semua orang bisa berinteraksi dengan mudah. Jadi, pastikan kamu menggunakan media sosial dengan bijak, karena rekam jejak digital akan selalu ada di sana.

Mulai Bisnis Dengan Media Sosial

 makin produktif di dunia serta digital
 foto: athree23 (pixabay)

Media sosial tidak hanya bisa digunakan untuk menambah teman dan wawasan, tetapi juga membangun bisnis. Tak sekadar membuka toko online untuk menjual barang, media sosial juga bisa jadi sarana kamu menjual jasa dan menyebarkannya dengan lebih mudah ke banyak orang di seluruh dunia.

Manfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dengan mengunggah konten yang menarik. Semakin bagus konten yang kamu buat, makin mudah pula untuk menembus pasar online yang persaingannya cukup ketat.

Manfaatkan Uang Digital Dengan Cermat


makin produktif di dunia serta digital
 foto: future-customer.com

Di zaman yang serba digital, uang pun sekarang juga berupa angka digital. Uang ini memudahkan kamu untuk melakukan berbagai transaksi di dunia maya. Salah satunya adalah Traveloka Pay, yang bisa dipakai buat beli paket internet murah, membayar pesanan kamar hotel hingga membeli tiket pesawat.

Dengan uang digital, transaksi kamu juga akan lebih cepat. Pastikan saja untuk memilih dompet digital terpercaya, yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi tanpa membebani rekening dengan biaya tambahan.

Akses Info Cepat Dengan Internet

makin produktif di dunia serba digital
 foto: moteoo (pixabay)

Dengan internet, segala informasi yang kamu butuhkan sekarang ada dalam genggaman. Dengan satu sentuhan mudah, informasi lalu lintas, tempat makan, cuaca hingga hambatan dalam perjalanan bisa kamu akses.

Informasi-informasi ini kamu perlukan untuk tetap produktif kapanpun dan dimanapun. Segalanya sudah terkoneksi dengan mudah, tinggal kita yang harus memanfaatkannya dengan baik.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat ya.. yuk ah kita makin produktif di dunia serba digital.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

47 komentar:

  1. Bener banget kak perkembanga dunia digital sudah sedemikian cepat. Selain menghadapkan kita pada banyak tantangan, sebenarnya terdapat pula banyak peluang untuk dimanfaatkan.

    BalasHapus
  2. Internet dan pesatnya perkembangan teknologi benar-benar membantu banget ya Mba. Salah satunya dengan adanya Traveloka Pay yang memudahkan urusan bayar membayar tentunya

    BalasHapus
  3. Benar, saat ini semua informasi dan kebutuhan sudah ada dalam genggaman kita ya. Tinggal kita di gadget dan internet nya saja
    Jaman memang sudah berubah. Semua saat ini hampir sudah serba digital

    BalasHapus
  4. Gunakan internet secara bijaksana dan berakal yah Kak. jangan grasak grusuk langsung share tanpa berpikir lebih dulu atau mencari tahu kebenarannya.

    BalasHapus
  5. Penggunaan internet secara bijak juga perlu dilakukan, apalagi di jaman yang serba digital seperti sekarang ini kalo tidak pintar memilih dan memilah akan merepotkan diri sendiri..

    BalasHapus
  6. Wah, Traveloka juga ada Traveloka Pay. Bisa buat beli paket internet yang murah ya. Cari tahu lebih lanjut ah. Kepengen nyobain

    BalasHapus
  7. di era digital banyak diberi kemudahan, apapun itu bisa dilakukan dengan hape. jadi bisa dilakukan dimana saja

    BalasHapus
  8. pintar pintarnya kita saja mba menggunakan internet. kalau buatku internet apalagi medsos sangat sangat sangat bermanfaat.. yg penting digunakan dengan sebaik baiknya dan untuk tujuan yg baik juga

    BalasHapus
  9. btul, sesuai motto internet sehat dan aman yaitu "Cerdas, Kreatif dan Produktif" ga hanya cerdas dalam bersosmed, sudah bisa kreasi konte, dan tahap berikutnya, bisa produktif alias "menghasilkan revenue" ^^

    BalasHapus
  10. Ngmbil duit aja sekarang ga perlu pake kartu atm. Wkwkwk.. Mau belanja, "bayar pake gopay ya Mas."

    Trus kalo mau bayar tagihan cari yang ada promo cashbacknya. Wkwkwk....


    Enaknya dunia zaman sekarang... Tapi sayangnya.. Mantan uda ga bisa ngubungin aku lagi.... Eh apaan sih

    BalasHapus
  11. Senang ya Mba,perkembanga dunia digital sekarang begitu pesat sehingga membuka banyak peluang untuk banyak hal, mulai dari memperluas lingkaran perteman hingga dipergunakan untuk berjualan online yang begitu praktis yang bisa dilakulan dimanapun dan kapanpun selama ada sinyal internet.

    BalasHapus
  12. Noted penting nih tipsnya, buat yang masih gaptek jadi ada gambaran tantangan dunia digital yang harus di kuasai

    BalasHapus
  13. Udah serba mudah tinggal mengelolanya ya mbak noted banget nih tipsnya seneng banget perkembangan makin maju makin kreatif banyak nolong banget aku yang susah mobile keluar

    BalasHapus
  14. Internet itu seperti 2 mata pisau. Bisa bermanfaat, tetapi bisa berbahaya. Setelah bisa meninggalkan bahayanya, memang sebaiknya dimanfaatkan semaksimalkan mungkin untuk produktif.

    BalasHapus
  15. Membangun relasi lewat media sosial itu salah satu yg saya suka. Semenjak punya medsos saya berasa punya banyak teman ntah darimana pun itu dan membangun kepercayaan diri, link dan juga menambah penghasilan dari dunia digital.

    BalasHapus
  16. Aku juga sekarang senang bangeeet pakai yang digital..alhamdulillah aman dan so far praktis bangeeet ya Mba. Plus berjuta aplikasi yang mempemudah hidup iniii

    BalasHapus
  17. Belum pernah coba pakai uang digital, kalau aplikasi digital mah cuma sebatas tahu namun belum semuanya dicoba, maklum kemampuan ponsel saya terbatas jadi tak bisa unduh aplikasi macam-macam. Paling pakai komputer jenis netbook saja.
    Namun setuju banget bahwa kita harus memaksimalkan potensi yang ada dalam dunia digital. Jalinan pertemanan sampai bisnis juga saling menunjang.
    Saya juga tak bisa hidup tanpa internet, bukan apa-apa saya 'kan kerja sebagai penulis dan narablog jadi sangat butuh internet agar menjadi bagian dari dunia yang bergerak cepat.
    Semoga kita bisa berkawan baik di dunia maya ini, Mbak. Salam kenal dan terima kasih banyak.

    BalasHapus
  18. Setujuuu... Jangan ampe kita ketinggalan kereta. Semua fasilitad digital digunakan untuk kita lbh berdaya lg :)

    BalasHapus
  19. Tergantung kitanya ya bisa gak memanfaatkan internat menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kalau cuma ikuta2n sih bener banget malah jadi masalah.
    Banyak aplikasi yang mendukung dunia digital dan memudahkan hidup. Mau pesan tiket tinggal pakai ponsel aja, praktis banget.

    BalasHapus
  20. Jaman digital semuanya serba mudah ya mbak, karena perkembangan internet dan teknologi makin pesat. Tinggal kitanya yang harus pandai memanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai aplikasi yang menunjang seperti media sosial, uang elektronik dsb kita salah gunakan untuk hal2 yg merugikan. Intinya bila kita mampu memanfaatkan era digital ini sebaik mungkin niscaya akan memberikan imbas positif pada diri kita. TFS mbak.

    BalasHapus
  21. Digital merupakan kebahagiaan karena kita jadi banyak manfaatnya yang bisa kita rasakan seperti Mpo. Dagang sudah pakai aplikasi. Untungnya lumayan

    BalasHapus
  22. di era digital ini semua kebutuhan kita dipermudah yaa, Mba. Tinggal pandai-pandainya kita memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan ini :)

    BalasHapus
  23. Dengan majunya teknologi internet, banyak teman-teman saya yang memanfaatkan ini dengan berbisnis online. Saya yang melihat mereka sukses, kok jadi pengen bisnis online juga, tapi belum tahu mau bisnis apa :)

    BalasHapus
  24. Kemudahan di era digital terasa banget apalagi dgn informasi dan kebutuhan usaha. Namun, ada jg dmpt negatifnya yg perlu difilter

    BalasHapus
  25. Yg paling sering bersentuhan dg hidupku itu ya emoney. Dari mang ojek, bayar parkir sampe ke kereta bisa pake emoney. So far emoney sangat bermanfaat buatku

    BalasHapus
  26. Buat emak2 Sekarang ini, asal baterai smartphone full dan terisi kuota atau tersambung ke wifi, hati udah tenang deh hehehe.. Alhamdulillah terbantu banget dg semua fasilitas online dan uang elektronik yg sekarang ada, tapi tetap harus bijak pakainya :)

    BalasHapus
  27. Mbaa, aku merasakan manfaatnya menggunakan digital untuk usaha. Dan smoga kita bisa memanfaatkan digital ini dengan bijak ya. Aamin

    BalasHapus
  28. Terasa banget sih mbak, di era digital ini semua jadi terasa dimudahkan. Mudah2an gak bikin kita jadi males, terutama anak mudanya yah.

    Ingat dulu kalo mau bikin laporan harus bolak balik nyari buku ke perpustakaan buat bahan referensi, zaman now anakku tinggal klik google doang sambil rebahan di rumah hahaha

    BalasHapus
  29. Iya nih, teknologi itu ibarat pisau bermata dua. Banyak manfaat yang bisa diambil, tapi kalo gak pinter pinter mengelolanya, bisa menjerumuskan juga. Kayak jadi males bergerak, dll

    BalasHapus
  30. Era digital memang memberi banyak kita kemudahan ya mbak. Alhasil dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada seperti menggunakan applikasi dari Traveloka waktu kita pun jadi lebih produktif. Mau pesan apa-apa nggak perlu buang waktu dan tenaga. Tinggal buka applikasinya saja. Selesai.

    BalasHapus
  31. Jama nsekarang memang makin canggih. Kalau kita nggak pintar-pintar mengelolanya, malah jadi boomerang buat diri sendiri. Ngeri aja gitu denger cerita2 yang beredar pada suka pinjem uang online, ternyata nggak bisa lunasinnya. :( Sedih aja, orang udah dimudahkan dengan adanya uang digital, kok malah bisa2nya mau "nipu" dengan cara nggak melunasi hutang online. Beda konteks, sih. Tapi masih related.

    BalasHapus
  32. Hidup di jaman digital gini bisa menikmati beragam kemudahan ya. Mulai dari belanja kebutuhan rumah, baju, sampai bayar tagihan pun bisa via internet. Nggak pakai kartu ATM pun gak masalah, semuanya tinggal klik klik dengan aplikasi

    BalasHapus
  33. Bener banget Mbak, era digital ini bakal mempermudah kita kalau dimanfaatkan dengan benar ya...

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah mbak, sejak bergabung sama komunitas yang sama dengan saya, jadi banyak banget manfaatnya, ga cuma silaturahim tapi juga jadi kebahagiaan tersendiri. Bisa eksis di tengah masyarakat digital ini rejeki banget.

    BalasHapus
  35. Seminggu terakhir ini aku lagi suka sama satu aplikasi, nama Pacer, Mbak. Gunanya buat menghitung langkah kita. HIhihi. AKu baru semangat jalan kaki setiap pagi, Mbak. Yah, semoga jadi habit yang baik. Bismillah, minimla 1000 langkah setiap pagi.

    BalasHapus
  36. Di dunia yang serba digital ini, tantangan masa depan untuk anak-anak kita pun juga makin beragam. Kepenguasaan kemampuan digital jadi mutlak diperlukan. Nantinya persaingan kerja di dunia digital pun akan makin meriah. Ya memang sudah masanya sih semuanya serba digitally minded.

    BalasHapus
  37. Sebenarnya bersyukur sih dengan banyak kemudahan hidup di dunia digital. Meskipun ada beberapa bagian kehisupan yg berubah. Tapi memang harus siap dg konsekuensinya kan ya.

    BalasHapus
  38. Aseekkk.. Memang seharusnya teknologi bikin kita makin produktif ya, bukan sebaliknya ��

    BalasHapus
  39. Suka zaman sekarang tuh banyak aplikasi yg bermanfaat banget membantu kehidupan kita sehari haribsemakin mudah yaa..hehe..

    BalasHapus
  40. Makanya aku bersyukur banget bisa menikmati masa ini kak semua serba mudah dan praktis. Semiga aja ya kita bisa menikmati kemudahan ini dengan bijak misalnya jangan khilaf belanja online hehe.

    BalasHapus
  41. Betul banget mbak, bagai dua sisi mata uang ya. Kalau bisa tentu saja manfaatkan utk hal2 positif, bisa buat usaha berbasis digital yg tentu saja pemasarannya bisa menjangkau manapun. Tinggal pilih aja bisnis apa yg ingin ditekuni.

    BalasHapus
  42. Mba Elly keren, itu yang sedang saya kerjakan mba
    belajar melek digital, produktif ngeblog bangun relasi dan juga jualan craftku di internet.
    Ah semoga kita smeua dimudahkan dalam mengerjakan segala hal aamin

    BalasHapus
  43. Perkembangan teknologi emang udah membantu banget, asal digunakan dengan baik dan benar teknologi bisa memberikan dampak yang positif bagi kehidupan.

    BalasHapus
  44. nahhh itu yang penting tuh
    membangun relasi di social media
    harus saling engaged ya mbak EL
    jangan cuma sepihak aja
    ya harus interaksi memang.
    aih makasihh tips tips iniiii

    BalasHapus
  45. Ku termasuk yg belum terlalu optimal memanfaatkan media sosial. Agak kurang suka dg hingar bingarnya 😅. Padahal sadar banget kl mau serius ngeblogger kudu aktif di medsos. Pokoknya perkembangan digital yg rada masih mikir2 dimanfaatin tu yg medsos. Yg lainnya alhamdulillah sudah teroptimalkan hehehe

    BalasHapus
  46. Dunia serba digital, serba mudah gini sayang kalau hanya menjadikan diri konsumtif. Lebih baik mengambil peluang untuk bisnis atau berjejaring lewat pemanfaatan teknologi.

    Salam,
    Helenamantra dot com

    BalasHapus
  47. Beda banget jaman sekarang sama jaman dulu yang serba manual.
    Sekarang,
    Informasi serba cepat dan mudah.
    Juga segala fasilitasnya.

    Jadi ingat salah satu buku Pak Rhenald Kasali yang judulnya Tomorrow is Today.

    Siapa yang cepat, maka itulah yang sukses mengikuti jaman.

    BalasHapus

Instagram