Tips Aman Belanja Online Perlengkapan Kelahiran Anak Dengan Kartu Debit

tips aman belanja online perlengkapan kelahiran anak dengan kartu debit

Kelahiran anak apalagi anak pertama tentunya sangat dinanti, segala persiapan dilakukan untuk menyambut kelahiran anak, mulai dari perlengkapan sehari-hari, kamar bayi, hingga tabungan masa depan.

Satu hal yang paling menyenangkan dalam menyambut kelahiran anak adalah ketika berbelanja perlengkapan bayi. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini membeli perlengkapan kelahiran anak menjadi lebih mudah. Berbelanja secara online menjadi pilihan orangtua dalam membeli perlengkapan anak.


Dear Moms,

Berbicara tentang persiapan menyambut kelahiran anak, apa saja sih yang perlu dipersiapkan? selama kehamilan, orangtua tentu akan menyiapkan segala kebutuhan sang buah hati.

Terkadang orangtua kurang memahami kebutuhan apa saja yang benar-benar dibutuhkan untuk sang buah hati, semua tampak lucu dan menarik. Ingin rasanya membeli semua barang itu, apalagi ketika sedang menunggu kelahiran anak pertama.

Budget atau keuangan dalam membeli perlengkapan bayi juga harus dipersiapkan dengan matang, jangan sampaimembeli barang yang sebenarnya belum diperlukan sehingga menyebabkan pengeluaran menjadi membengkak, jangan sampai kalap ya moms.

Moms juga sebaiknya berhati-hati dalam membeli perlengkapan bayi, apalagi membeli perlengkapan bayi secara online. Pastikan membeli pada toko online yang sudah terpercaya, kualitas barang yang baik serta keamanan dalam proses pembayarannya.

Hasil Riset Tentang Ibu Berbelanja Online di Indonesia

Di tengah padatnya aktifitas sehari-hari, e-commerce menawarkan efisiensi dan efektifitas bagi masyarakat termasuk calon orangtua. Ditambah lagi adanya promo khusus untuk pembelanjaan menggunakan kartu debit atau kartu kredit tertentu, serta layanan proteksi pelanggan yang disediakan oleh beberapa platform e-commerce terhadap barang rusak maupun barang tidak sampai ke tujuan.

Tahukah moms, hasil riset e-commerceIQ , firma riset pasar spesialis data dan insight e-commerce di Asia Tenggara mengungkapkan bahwa 66% dari konsumen Indonesia berbelanja produk kategori ibu dan anak secara online karena sisi kepraktisan e-commerce dalam hal kenyamanan dan variasi merek.

tips aman belanja online perlengkapan kelahiran anak dengan kartu debit
66% dari konsumen Indonesia berbelanja produk kategori ibu dan anak secara online

Selain itu, konsumsi waktu yang lebih sedikit dan kenyamanan dianggap sebagai faktor pendorong utama oleh para responden. Hasil riset tersebut tertuang dalam laporan
“Digital Mom and Baby Shopper Profile in Indonesia”.

Tak hanya itu saja, temuan penting lainnya dalam riset tersebut meliputi :
  • 64% ibu baru berbelanja online
  • 57% perempuan membeli produk dari kategori ibu dan anak sebulan sekali, menghabiskan kurang dari Rp. 500.000,- per transaksi onlne
  • 51% perempuan mengalokasikan belanja di Baby Clothing
  • 25,5% perempuan mengalokasikan belanja di Baby Gear
Hasil riset tersebut disampaikan oleh Bapak Tommy Singgih, Direktur Mastercard saat Mother Bloggers Gathering Parenting 101 “What to Expect When You Are Expecting” (19/12/18) di Jakarta.

Tommy Singgih, Direktur Mastercard saat Mother Bloggers Gathering Parenting 101 “What to Expect When You Are Expecting” (19/12/18) di Jakarta.

Dalam kesempatan Mother Bloggers Gathering tersebut, hadir Saskhya seorang psikolog keluarga dan Tarra Budiman seorang aktor yang berbagi pengalamannya dalam mempersiapkan kelahiran anak pertamanya.

Mba Saskhya, seorang psikolog anak juga berbagi tips bagaimana memilih kebutuhan perlengkapan anak, yaitu :
  1. Lakukan riset pribadi dengan bertanya ke ahli, ibu lain atau browsing ke situs terpercaya, cek dan bandingkan harga sebelum membeli.
  2. Buat daftar kategori, hindari tergesa-gesa dalam membeli perlengkapan pengasuhan
  3. Susun urutan prioritas, pertimbangkan manfaat barang bagi perkembangan anak.
Tips persiapan memilih kebutuhan perlengkapan anak dari Mba Saskhya turut dijadikan acuan bagi Mas Tarra dalam menyambut kelahiran anak pertamanya.

“Sebagai orangtua tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya, apalagi anak pertama, semua kebutuhan anak termasuk perlengkapan anak dipersiapkan dengan sebaik mungkin” ungkap Tarra Budiman saat menghadiri Mother Bloggers Gathering bersama Mastercard.

Tarra Budiman, Aktor, Saskhya seorang psikolog keluarga dan Tommy Singgih, Direktur Mastercard saat Mother Bloggers Gathering Parenting 101 “What to Expect When You Are Expecting” (19/12/18) di Jakarta.

Tips Aman Belanja Online Perlengkapan Kelahiran Anak

Tingginya konsumen Indonesia yang berbelanja produk kategori ibu dan anak secara online, maka orangtua perlu memperhatikan hal-hal penting dalam berbelanja online. Berikut adalah Tips Aman belanja online dalam perlengkapan kelahiran anak.

Memprioritaskan Barang Sesuai Kebutuhan

Moms, belilah barang sesuai dengan kebutuhan bayi, beli untuk keperluan bayi 0 hingga 6 bulan terlebih dahulu dan tidak membeli pakaian dalam jumlah banyak sekaligus, karena bayi akan cepat tumbuh berkembang.

Berikut perlengkapan bayi yang wajib disiapkan : pelengkapan mandi bayi (handuk, sabun, bedak bayi dan sejenisnya), gendongan bayi, selimut bayi, tas khusus untuk membawa perlengkapan bayi, pakaian bayi, perlengkapan lain (sarung tangan, kaos kaki, dan sepatu bayi).

Membeli Barang yang Multifungsi

Kasur bayi atau baby box misalnya,moms bisa mencari yang multifungsi dimana kasur ini bisa digunakan hingga si kecil berusia 10 tahun. Atau saat moms membeli kursi makan bayi yang nantinya bisa digunakan hingga 5-6 tahun sebagai kursi duduk si kecil.

Memang pengeluarannya akan besar di awal, namun moms akan menghemat untuk jangka panjang.

Memanfaatkan Waktu Diskon

Memanfaatkan kesempatan berhemat melalui diskon-diskon. Sekarang ini persaingan antara e-commerce kian ketat, sehingga seringkali mereka berperang harga memberikan diskon-diskon khusus untuk berebut konsumen.

Karena perlengkapan bayi disiapkan dari jauh-jauh hari, tentunya masih banyak waktu untuk membeli ketika diskon. Moms bisa berburu barang-barang seperti diaper, tisu basah, shampoo dan perlengkapan lainnya.

Membeli di E-commerce Terpercaya

Jangan mudah tertipu dengan harga murah, pastikan barang dalam kualitas baik dan barang yang moms beli secara online diperoleh dari website yang terpercaya, kredibitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Menggunakan Kartu Debit Mastercard

Tahukah moms, kini Martercard telah menambah kemampuan kartu debitnya untuk digunakan dalam transaksi e-commerce lho. Karena kartu debit Mastercard dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan seperti Mastercard SecureCode. Fitur ini menawarkan password satu kali pakai atau one time password (OTP), sehingga bisa memberikan ketenangan pikiran saat melakukan transaksi terutama untuk berbelanja online.

tips aman belanja online perlengkapan kelahiran anak dengan kartu debit


Setiap transaksi pembelian menggunakan kartu debit mastercard, dapat ditelusuri dan dilindungi secara real time, hal ini dapat membantu moms untuk tetap waspada dan mempermudah untuk memonitor pengeluaran, mengecek perilaku pengeluaran, serta melaporkan transaksi yang tidak sah.

tips aman belanja online perlengkapan kelahiran anak dengan kartu debit

Pengalaman Tarra Budiman menggunakan kartu debit Mastercard.

E-commerce menjadi pilihan Tarra dan istri dalam membeli barang perlengkapan sang buah hati, karena membeli perlengkapan bayi secara online dapat memenuhi kewajibannya sebagai calon ayah dalam mempersiapkan kebutuhan sang buah hati meskipun waktu yang dimilikinya sangat terbatas.

“Menggunakan kartu debit mastercard memudahkan saya dalam melakukan transaksi belanja online, dengan fitur keamanan Mastercard seperti SecureCode, kita dapat melakukan transaksi online dengan aman dan nyaman.” juga dapat memonitor pegeluaran serta semua transaksi dilindungi secara real-time”-Tarra Budiman, Aktor

Langkah Aman Belanja Online Dengan Kartu Debit

Meskipun kartu debit menawarkan keamaan saat berbelanja online, moms tetap perlu melakukan langkah-langkah berikut untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman saat berbelanja.
  1. Hindari melakukan pembayan dengan kartu debit online di tempat umum.
    Jaringan pribadi yang dilengkapi dengan password selalu menjadi pilihan yang lebih aman untuk menjaga detail kartu debit moms.
  2. Pastikan laman pembayaran untuk memasukan detail kartu debit aman
    Hanya masukan data jika ada simbol gembok dalam jendela browser. Selain itu, alamat website yang dimulai dengan “https” (s merupakan singkatan untuk “secure”), menandai bahwa informasi apapun yang moms masukan terlindungi dengan aman.
  3. Ketika moms menggunakan komputer publik, jangan lupa untuk menghapus riwayat pencarian dan file internet sementera sebelum moms meninggalkan komputer.
tips aman belanja online perlengkapan kelahiran anak dengan kartu debit

--

Bagaimana moms, sudah jelas ya bagaimana tips dan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika belanja online perlengkapan anak, mulai dari membuat skala prioritas kebutuhan perlengkapan anak hingga bagaimana menggunakan kartu debit mastercard untuk proses pembayaran belanja online.

Semoga informasi tentang tips aman belanja online perlengkapan kelahiran anak dengan menggunakan kartu debit ini dapat bermanfaat ya moms dan semoga kita semakin paham tentang manfaat dari kartu debit mastercard serta bijak dalam menghadapi kemajuan teknologi khususnya dalam platform e-commerce.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

22 komentar:

  1. Saya jarang belanja online sihh.. soalnya saya kayaknya masuh golongan konservatif, pengen dicoba dulu baru beli. Hehehehe.

    Tapi memang belanja online memudahkan jika barang yg kita inginkan ada diluar kota dan pengen beli hadiah buat keluarga di kota lain.

    Dan sy juga lebih memilih pakai kartu debit daripada kartu kredit sihh.. ada uang ya beli, gak punya uang ya nabung. Hehehe

    BalasHapus
  2. Saya juga sekarang lebih suka belanja online. Bisa lebih santai belanjanya. Tetapi, tetap pilih toko online yang bisa dipercaya

    BalasHapus
  3. Waktu pertama kali punya anak, saya membeli semuanya langsung ke pasar. Nggak bisa juga membanding-bandingkan harga karena capek jalannya. Ibu-ibu masa kini hidupnya lebih mudah karena segala keperluan bayi dapat dibeli lewat online. Sudah gitu Kita juga bisa membandingkan harga atau model tanpa harus jalan kesana kemari..

    BalasHapus
  4. sekarang mah emang zamannya serba online bu, trus ditambah promo promo diskon caxhback dah itu tergiur pasti hehe

    BalasHapus
  5. Bener banget mba sekalipun ada kemudahan dan tawaran menarik tetap harus menempatkan skala prioritas ya berdasarkan kebutuhan..thanks for sharing kk

    BalasHapus
  6. Barang multifungsi selalu jadi incaran saya. Selain rumah kami kecil, biar gak tbk brg juga biar bisa dipake jangkau waktu lama. Hemat juga jadinya

    BalasHapus
  7. Saat ini belanja online menjadi pilihat yang paa, karena hemat dan tidak harus keluar rumah.

    Nia Tiara

    BalasHapus
  8. Saat ini belanja online paa banget deh, karena lebih hemat dan tidak perlu keluar rumah.

    Nia Tiara

    BalasHapus
  9. aku juga termasuk pencinta belanja online nih kak, wah nanti pas aku mau punya anak kayaknya bakalan belanja keperluan anak lewat online juga pakai kartu debit bair lebih hemat dan praktis

    BalasHapus
  10. Jd inget saat hamil dulu beneran yg paling asyik itu saat hunting perlengkapan baby hehe...wah bagus nih ada password sekali pakai ya jd lbh nyaman dan aman .

    BalasHapus
  11. Kebayang bangwt belanja perlengkapan Rayyan Dulu. Selalu happy ngumpulin perintilan dikit2 dari belanja online. Aku juga selalu pakai debitcard mbak lebih nyaman sih buat aku dan Mudah caranya

    BalasHapus
  12. Diriku sekarang udah kebanyakan belanja pake dompet digital sih. Jarang banget pake debit atau kredit. Lumayan banyak promo sihbya hehehe

    BalasHapus
  13. Belanja online memang lebih cepat dan mudah apalagi dengan kartu debit jadi lebih praktis😊

    BalasHapus
  14. Emang kalo mau menjelang kelahiran tuh, hal yang membahagiakan selain menyambut kelahiran baby, buat aku ya belanja perlengkapan bayi. Sekarang lebih enak yah bisa beli di online, jadi bisa lebih hemat waktu dan tenaga.

    BalasHapus
  15. belanja online sekarang udah jadi gaya hidup banget ya mba... jadi serba mudah juga. tapi ya itu bener2 harus bijak biar ga bablas... :-)

    BalasHapus
  16. dan akupun belum belanja belanja buat keperluan bayi hahaha.. tp emang lebih enak online sih, lebih praktis..

    BalasHapus
  17. Ulasan yang lengkap bangat Mba Elly, kusuka hehehe

    Benar bangat sih ya, sekarang itu belanja online emang jauh lebih praktis ya Mba dan menjadi pilihan tepat disaat kita semakin sibuk dengan banyak kegiatan. Tipsnya keren Mba, noted! Terima kasih sharingnya :)

    BalasHapus
  18. Sekarang kayaknya udah jamannya semua beli secara online ya. Lebih praktis, hemat waktu.

    BalasHapus
  19. Jadi flashback waktu mempersiapkan barang2 kebutuhan untuk menyambut anak pertama dulu, karna baru mengajukan cuti seminggu sebelum lahiran alhasil belanja online saat itu jadi pilihan.

    Sekarang dgn adanya SecureCode gini, bikin kita makin nyaman dan aman utk transaksi pakai Master Card ya Mbaa..

    BalasHapus
  20. Iya mba sama banget. Aku juga suka searching n banding2in harga sebelum beli. Hihi. Mba maksudnya kartu debit mastercard itu kartu atm yang ada tulisan mastercard kan ya mba? Haha. Saya browsing dulu deh biar makin tau.

    BalasHapus
  21. Kalo buat keperluan bayi itu terutama pakaian jangan banyak2 deh...walau online, soalnya seperti popok..bedong itu dipake cuma sebentar..satu bulan aja..kita udah gatel buat makein anak baju2 lucu..

    BalasHapus
  22. semoga aja informasi di atas bisa aku terapkan pas anak aku lahir. Tapi, lagi cari calon ibunya dulu nih. hahaha..

    btw ini judul tulisannya sama seperti mba Amalia juga yaa*

    BalasHapus

Instagram