Internet Baik : Cara Cerdas Berselancar di Dunia Maya

internet baik cara cerdas berselancar di dunia maya

Pertumbuhan pengguna internet yg semakin bertambah, memberikan dampak positif maupun negatif terhadap pengguna internet.


Untuk itu, dibutuhkan edukasi bagaimana internet baik, cara cerdas berselancar di dunia maya.


Holla..

Bicara tentang penggunaan internet, hari ini sudah mendapatkan informasi terbaru apa saja dari informasi atau berita di media online? sudah update status atau sharing informasi apa saja disosial media? dan sudah posting berapa gambar atau video di sosial media?

Sesungguhnya, penggunaan internet itu sangat luas, seperti membantu mencari, mendapatkan, mengelola dan mendistribusikan banyak informasi yang positif dan bermanfaat bagi siapapun.

Penggunaan internet juga dapat membuka peluang terhadap dampak negatif bagi seseorang ataupun terlibat dalam suatu perkara dari pihak yang merasa dirugikan lho, jika internet digunakan dengan cara yang tidak baik tentunya.

Seperti sharing informasi yang belum tentu kebenarannya (hoax), mengungkapkan kekesalan dengan bahasa yang kasar melalui media sosial sehingga membuat orang lain tersinggung dan membuat orang berprasaka buruk.

Nah lho.. adakah beberapa hal diatas pernah kita lakukan? sudahkah kita berinternet secara baik?

Siapapun yang menggunakan internet harus menghormati dan menghargai pengguna lainnya ya.. pernah mendengar istilah "Mulutmu adalah harimaumu", hal apapun bisa terjadi jika kita tidak menjaga lisan, seperti langsung menyebarkan informasi yang tidak baik di internet tanpa berfikir panjang terlebih dahulu.

Maka penting mengetahui apa dan bagaimana internet baik itu.

Apa itu #Internetbaik?


#Internetbaik adalah program CSR Telkomsel yang berusaha menghadirkan seperangkat navigasi dan panduan yang digunakan oleh pengguna internet untuk dapat mengambil sebesar-besarnya manfaat dan menekan sekuat-kuatnya dampak buruk yang ada di dalamnya.

Internet baik adalah sebuah program CSR PT TELKOMSEL dibidang kewarganegaraan digital karena Telkomsel menyadari bahwa pondasi yang terpenting dalam mendukung ekosistem digital ini salah satunya adalah karakter manusia (penggunanya).

Nah, sebelum terwujudnya smart village dan smart country, maka yang perlu diwujudkan adalah smart people.

Building Smart People in Digital Era

Dalam era digital seperti sekarang, dalam berinternet juga harus memperhatikan etikanya. Mana hal yang baik atau tidak baik untuk di sampaikan melalui
internet.

Berikut adalah beberapa cara cerdas berselancar didunia maya :

Keep Playing or Stop

Perlu komitmen dan ketegasan dari semua pihak untuk dapat mengontrol secara bijak dalam menggunakan waktu saat berselancar di dunia maya.

Click or Close

Di internet ada banyak konten yang tidak sesuai dengan adab dan norma bidaya kita, maka diperlukan kemampuan dalam menghentikan dampak buruknya bagi generasi bangsa kita.

Saring before Sharing

Tahan dulu, teliti kembali setiap info dan berita sebelum menyebarkannya kembali, dan lakukan kritik positif melalui internet untuk perbaikan bersama dengan bahasa yang baik dan tidak melanggar hukum dan norma sosial.

internet baik cara cerdas berselancar di dunia maya

Think before Posting

Berfikir secara seksama sebelum mengirimkan konten di internet, karena setiap yang tersebar di dunia maya akan memiliki konsekuensi bagi diri sendiri maupun orang lain.

Wise While Online

Latih diri untuk mampu menahan diri dan mengendalikan aksi dan reaksi secara bijaksana serta tepat pada setiap aktifitas daring kita agar tetap produktif, efektif dan memberikan inspirasi positif bagi sesama pengguna internet.
--

Mengacu pada norma dan etika yang penuh tanggung jawab, melibatkan pemahaman tentang resiko perilaku online yang berbahaya sehingga sadar untuk bisa melindungi diri sendiri dan orang lain secara aman, disertai adanya upaya penggunaan dan pemanfaatan internet untuk perbaikan, kontribusi positif kepada masyarakat luas dalam rangka meningkatkan kualitas hidup bersama.

Dimulai dari tahun 2016, Telkomsel bersama ketiga mitra yaitu Yayasan Kita dan Buah Hati, Kakatu, dan ICT Watch hendak merajut serta meluaskan kampanye edukasi internet yang baik (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif) dalam sebuah program dan gerakan yang lebih terpadu, terencana dan melibatkan banyak kalangan sehingga pada akhirnya pemahaman tentang #internetBAIK menjadi kebutuhan semua pihak.

Pada akhirnya tujuan dari program #internetBAIK ini diharapkan mampu hadir sebagai role model dan acuan pendidikan literasi digital di Indonesia melalui konsep Digital Citizenship Education (DCE) atau Pendidikan #internetBAIK yang bisa diterapkan oleh guru di lembaga-lembaga pendidikan, bersama orangtua dan komunitas pengguna ekosistem digital yang meliputi 4 aspek :
  1. Kesadaran perilaku Digital (Digital Awareness and Behavior)
  2. Hak Akses Informasi Digital (Digital Right and Netizenship)
  3. Keselamatan Digital (Digital Safety)
  4. Konten dan Kreatifitas Digital (Digital Content and Creativity)
__

Ayo ambil peran dalam internet baik, dengan cerdas berselancar di dunia maya, ngga akan ada ruginya ko. Dengan melakukan internet baik juga akan mendukung keberhasilan dalam dunia pekerjaan juga lho, sekarang sudah banyak perusahaan yang memantau calon karyawannya melalui media sosial.

Jadikan media sosial sebagai sarana untuk menginformasikan segala yang baik-baik, sebagai keteladanan juga dari orangtua kepada anak-anaknya. Media sosial juga bisa sebagai personal branding lho, yang mau dapet tawaran pekerjaan, coba deh perbaiki sosial media yang kita miliki juga, InshaAllah akan ada nilai kebaikan melalui bersosial media yang baik juga.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

11 komentar:

  1. Bener tuuu, saring before sharing. Dulu aku masih suka share berita yg aneh2, sekarang mah udah tobat. Haha.

    BalasHapus
  2. kayaknya kita harus sampaikan deh kalau kita harus saring apapun informasi sebelum posting. Soalnya banyak yang asal share tapi isinya diragukan :( Bahkan hoax yang memecah kerukunan hidup

    BalasHapus
  3. Yupz mulai sekarang gunakan sosmed secara bijak dan baik..

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu ada program #Internetbaik ini, saluut sama program CSR yang dilakukan oleh Telkomsel ini, keren nih yang kaya gini.

    BalasHapus
  5. Iya zaman sekarang harus hati2 banyak hal yg mudah disebar tanpa kejelasan kebenarannya harus selalu waspada..

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, sekarang ini aku udah bisa neapin semua cara berinternet sehat. Kalo pun ada hoax atau ada sesuatu yang bikin jengkel yang pengen dikomentarin, aku komentar aja ke suami. Aku curhat ke dia. Aman. Gak bikin jejak digital yang bakal bahaya. Wkwkwkkwk. Masih suka gemes sama orang2 yang suka nyebarin hoax atau posting sesuatu yang memancing. Tapi aku gak bisa apa2. Ya sudah, pada akhirnya, mulai dari diri sendiri aja.

    BalasHapus
  7. Keren programnya. Tapi Tak mudah mengaplikasikan dalam keseharian. Kita sbg ortu hrs jadi contoh

    BalasHapus
  8. Aku gk termasuk yg terpsncing d medsos alhamdulillah dh bisa nahan diri bijak bersosmed intinya y klo brhadapan dgn dunia maya

    BalasHapus
  9. Internet itu bagai pisau bermata dua ya, bagaimana kita menggunakannya, kalau kita menggunakannya dengan baik akan memberikan banyak manfaat tapi bisa juga merusak karena banyak konten-konten negatif yang bisa diakses dengan mudah

    BalasHapus
  10. Berarti bener ya, di zaman yg serba digital ini, bahkan perusahaan dlm merekrut karyawannya, seperti apa kita di sosial media bisa dijadika pertimbangan...

    Waah..aku lagi nyebar cv nih, harus hindari curhat berlebih di sosmed,ngeri ke detect.. Hehe.

    BalasHapus
  11. Bener banget ya Kak Elly, edukasi mengenai berselancar di internet itu penting banget.. Eskipun cuma berjelajah di dunia online Jangan sampai deh tersesat hehe

    BalasHapus

Instagram