Apa Itu Personal Branding?

Apa Itu Personal Branding dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam Personal Branding?


Hello.. mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘personal branding’. Tapi, apa sih sebenarnya personal branding itu?

Supaya tidak terlalu teoritis, intinya personal branding itu adalah bagaimana orang lain menilai diri kita. Cara berperilaku dan cara berfikir seseorang sangat berpengaruh terhadap citra diri seseorang. Personal Branding sangat penting dan tentunya sangat berguna untuk dunia pekerjaan.

Intinya Personal Branding itu:
Bagaimana berperilaku dan bagaimana cara berpikir seseorang, Keduanya sangat mempengaruhi personal branding seseorang.

Okay sudah dipahami kan ya, apa itu Personal Branding. apabila kita sudah memahaminya, lalu bagaimana cara membangun personal branding?

Personal branding itu tidak harus selalu dinilai dari media sosial yang dimiliki seseorang ya. Perilaku dan pola pikir seseorang selama bekerja itu juga berpengaruh terhadap personal branding seseorang. Artinya kita harus tahu bagaimana cara membangun Personal Branding agar karir kita juga lancar.. Aamiin.

Lalu bagaimana cara membangun Personal Branding? Ini dia hal-hal yang harus perhatikan untuk membangun personal branding :

Membangun Kepercayaan


Kepercayaan itu harus dibangun dan dikembangkan, tunjukan bahwa kita memiliki sikap yang baik, bisa bekerjasama selama bekerja, disiplin dapat menyelesaikan tugas maupun datang tepat waktu, sehingga orang-orang akan berpikiran positif tentang diri kita.

Temukan Keahlian atau Passion

Tujukan keahlian atau passion kita, misalnya kita punya kemampuan menulis, ya ditunjukkan dengan menghasilkan tulisan yang bagus. Orang lain yang akan menilai, jika memang tulisan kita bagus, maka orang lain akan menghargainya.

Memiliki tulisan yang bagus dapat menjadi peluang untuk mengembangkan keahlian atau passion kita loh, misalnya jadi penulis buku, penulis opini di koran atau menjadi blogger yang berpenghasilan dari blognya.

Soo, temukan terus apa yang menjadi keahlian atau passion kita, jangan pernah lelah apalagi berhenti, jangan!!

Perhatikan Penampilan

Nah, penampilan juga sangat berpengaruh terhadap personal branding seseorang. Berpenampilan sesuai dengan karakter diri sendiri ya, jangan dibuat-buat, “Just Be Your Self”. Jika karakter kita simple but stylish, ya tunjukan dengan cara berpenampilan sehari-hari yang berpakaian simple tapi tetap stylish atau kekinian/modis.

Sekali lagi, berpenampilanlah sesuai dengan karakter diri sendiri, sehingga orang lain dengan mudah menilai seperti apa personal branding kita.

Lalu, Seperti apa sih Personal Branding kamu?

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

8 komentar:

  1. Meskipun ada pepatah 'don't judge a book by its cover', tetap yach penampilan yang utama menurutku. Lalau sudah terpincut hati dengan luar, pasti makin penasaran bagian dalamnya. Inner beauty lah hehe... Jadi diri sendiri namun tetap dengar pendapat orang lain sebagai panutan dam pembanding itu perlu juga �� siiip se7 sama mbak Elly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mba, tetap mendengar pendapat orang lain, sebagai masukan yang membangun yess.. suka sama Mba Nurul yang disiplin, datang lebih awal yess!

      Hapus
  2. Personal branding itu "apa yang orang pikirkan tentang kita, ketika kita ga ada"

    Jadi image apa yang kita bisa tampilkan agar dikenal orang. Tapi jangan sampai image itu direkayasa. Lebih baik menampilkan diri apa adanya diri kita, dan jadilah unik.

    BalasHapus
  3. Apa yg kita sukai dan geluti dengan sendirinya akan menjadi branding kita. Penampilan memang masih jadi filter pertama untuk menilai orang.

    BalasHapus
  4. Personal branding itu mungkin simpelnya citra diri, tapi sebaiknya bukan pencitraan yang sengaja dibuat-buat ya. Setuju banget just be your self

    BalasHapus
  5. Yap penting banget personal branding biar bisa temuin passion kita ada dimana. Sikap dan pengetahuan harus seimbang.

    BalasHapus
  6. Jaman now penting banget ya membuat personal branding, supaya kita punya kekhasan, dan personal branding tentunya dibangun gak sebentar dan prosesnya panjang sampai orang mengenal "siapa kita" :)

    BalasHapus

Instagram