Ide Liburan Seru Dari Rumah


ide liburan seru dari rumah

Libur lebaran selama 2 (dua) minggu nih, punya anak aktif dengan energi yang luar biasa itu memang harus ekstra seperti harus kreatif mencari ide liburan seru dari rumah.

Kami sekeluarga menyukai suasana laut, liburan sebelum pandemi kami menikmati pantai di Belitung dan melakukan snorkeling. Untuk mengobati rasa kangen akan suasana laut, kami membuat kreasi tabung oksigen dan kacamata selam yang terinspirasi dari wisata virtual dunia bawah laut.


Holla..


Anak-anak dirumah libur lebaran selama 2 (dua) minggu nih.. minggu lalu kami isi dengan kegiatan ramadhan ceria sekaligus menyelesaikan tugas tugas sekolah anak.


Nah sekarang memasuki minggu kedua libur lebaran nih, setelah silaturrahmi dan makan bersama keluarga besar saatnya membuat ide liburan seru dari rumah.


Saya belum berani mengajak anak-anak liburan keluarga keluar kota, baru berani ajak anak-anak ke mall itupun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, nggak boleh lengah karena virus corona masih ada dan harus tetap waspada.


Terpikir untuk mengajak anak anak wisata virtual dong.. tapi wisata virtual dunia bawah laut hehe tetep ya suasana laut yang dicari. Kenapa laut, karena kami suka suasana laut dan terakhir liburan kami snorkeling di pulau Belitung. Akhirnya dapat info kalo Jakarta Aquarium Safari mengadakan wisata virtual bawah laut lho.. ah senangnya.


Dari mengikuti wisata virtual dunia bawah laut itu, kami jadi ada ide untuk membuat tabung oxygen dan kacamata selam lho. Sebelum kami bagikan bagaimana cara membuatnya, aku akan jelaskan tentang apa itu wisata virtual dunia bawah laut yang berlangsung sejak April hingga Juni 2021.

ide liburan seru dari rumah
Berlibur Ke Pulau Belitung Sebelum Pandemi

 

Wisata Virtual Dunia Bawah Laut

Ternyata sejak bulan April 2021, Jakarta Aquarium Safari yang merupakan indoor living planet terbesar di Indonesia sudah membuka wisata virtual dunia bawah laut lho, duh kemana saja ya saya.. baru tau infonya sekarang hehe tapi ngga apa-apa, karena wisata virtual dunia bawah laut ini masih berlangsung hingga Juni 2021.


Ahey, ngga pakai nunggu lama dong.. langsung cek info lengkapnya karena sudah ngga sabar untuk ikutan wisata virtual dunia bawah laut. 


Senengnya lagi karena wisata virtual dunia bawah laut ini bersama dengan Paddle Pop lho, wah siapa yang ngga kenal Paddle Pop, es krim kesayangan anak anak dirumah dan aku yakin banyak anak anak Indonesia yang menyukai es krim Paddle Pop.


Selain bisa menikmati wisata virtual dunia bawah laut juga dapat menikmati berbagai keseruan lainnya.. yeay, sebagai seorang Ibu yang memiliki anak aktif merasa terbantu dengan adanya berbagai keseruan bersama Paddle Pop nih.


Lalu apa aja sih berbagai keseruan yang bisa didapat dengan mengikuti wisata virtual dunia bawah laut di Jakarta Aquarium Safari bersama Paddle Pop :

  • Mengasah kemampuan sosial anak dengan aktivitas bermain yang ada dalam video interaktif seaventure
  • Bermain dengan ide seri dari playdate Indonesia sehingga anak dapat mengeksplor hal baru
  • Mengikuti kuis dan kompetisi foto berhadiah kotak main Paddle Pop yang berisi kolam renang anak dan es krim Paddle Pop.
wisata virtual dunia bawah laut
Kompetisi Foto Paddle Pop Main Yuk Seaventure, Yuk Ikutan Juga

 

Bagaimana cara mengikuti kompetisi foto Paddle Pop Main Yuk Seaventure :

  1. Upload foto keseruan saat menikmati Paddle Pop Main Yuk Seaventure dengan menggunakan frame yang sudah disediakan
  2. Download hasil foto yang telah diberikan frame dan post di Instagram, serta ceritakan pengalaman saat bermain
  3. Tag 3 teman dan @paddlepop.idn, lalu sertakan tagar #PaddlePopMainYuk dan #Seaventure


Cara Membuat Kreasi Tabung Oksigen

Nah setelah mengenal apa itu wisata virtual dunia bawah laut, sesuai janji saya, maka saya akan berbagi informasi bagaimana cara membuat tabung oksigen dan juga kacamata selam.


Cara membuat tabung oksigen yaitu :

  • Siapkan 2 (dua) botol plastik ukuran 1 liter dan warnai seluruh permukaan botol dengan pylok, lalu diamkan hingga kering.
  • Setelah kering, tempelkan isolasi di ketiga sisi botol
  • Rekatkan kedua botol dengan menggunakan lem
ide liburan seru dari rumah
Cara Membuat Kreasi Tabung Oksigen

  • Tempelkan 1 kain flannel pada bagian belakang botol
  • Tempelkan tali di empat sudut kain flannel
  • Tutup permukaan dengan kain flannel kedua
  • Tabung oksigen siap digunakan
ide liburan seru dari rumah
Cara Membuat Kreasi Tabung Oksigen


ide libutan seru dari rumah
Yeay Kreasi Tabung Oksigen Sudah Selesai


Cara Membuat Kreasi Kacamata Selam

Berikut cara membuat kreasi kacamata selam :

  • Gunting kacamata mengikuti garis potong yang ada
  • Lem bagian sisi kiri kacamata
  • Tempelkan selangnya dan bolongi kedua sisi kacamata

 

ide liburan seru dari rumah
Cara Membuat Kreasi Kacamata Selam

  • Pasang tali elastis di kedua sisi kacamata
  • Kacamata selam siap digunakan
ide liburan seru dari rumah
Cara Membuat Kreasi Kacamata Selam

Dengan membuat tabung oksigen dan kacamata selam, kita bisa berimajinasi seolah sedang berenang di dalam laut.


Pelajaran dari Membuat Karya Tabung Oksigen dan Kacamata Selam

Dengan membuat karya berupa tabung oksigen dan kacamata selam, banyak pelajaran yang dapat diambil seperti :

  • Berlatih untuk teliti
  • Berlatih tentang pengukuran
  • Memanfaatkan bahan bekas
  • Belajar menghargai proses.


Apa sih Manfaat dari Tabung Oksigen dan Kacamata Selam

Tabung oksigen dan kacamata selam adalah dua hal yang sangat diperlukan ketika menyelam di laut, seseorang perlu menggunakan alat bantu tabung oksigen agar bisa bernafas dengan baik di dalam air. 

Hal ini dikarenakan karena memang tidak ada udara sama sekali di dalam air. Sementara untuk bernafas, manusia membutuhkan udara.


Mengapa sih kita perlu memakai kacamata selam di dalam laut? dengan menggunakan kacamata selam, maka penglihatan mata kita akan berfungsi optimal jika tidak ada halangan di depannya.

--

Kesimpulan

  1. Wisata virtual dunia bawah laut bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga
  2. Wisata virtual dunia bawah laut Jakarta Aquarium Safari dan Paddle Pop berlangsung sejak April hinggal Juni 2021.
  3. Selain bisa menjelajahi dunia bawah laut dan kenalan dengan biota laut lainnya, kita bisa temukan berbagai ide liburan seru dari rumah lainnya.
  4. Membuat kreasi tabung oksigen dan kacamata selam merupakan beberapa ide liburan seru dari rumah.

 

ide liburan seru dari rumah
Membuat Kreasi Tabung Oksigen dan Kacamata Selam Jadi Ide Liburan Seru dari Rumah

Bingung mau melakukan apa saat libur dari rumah? ikutan wisata virtual dunia bawah laut bersama Jakarta Aquarium Safari dan Paddle Pop aja!


Selain bisa menjelajahi dunia bawah laut dan kenalan dengan biota laut lainnya, kita bisa temukan berbagai ide liburan seru dari rumah lainnya dengan mengikuti wisata virtual dunia bawah laut yang bisa diakses melalui website www.paddlepopmainyuk.com.


Salam hangat,
Elly Nurul

43 komentar

  1. libur lebaran di rumah aja gak terasa bosan, karena ada kegiatan seru di website Paddle Pop Main Yuk, bisa nonton indahnya dunia bawah laut hingga main quiz dan bikin DIY mainan yang kreatif

    BalasHapus
  2. Waaahhh seruuuu pake water tank dan alat selam... pasti tambah seneng nih, kemarin aja anak-anak cuman mainin Seaventure-nya udah bahagia bangeett. Liburan jadi nggak berasa bosan.

    BalasHapus
  3. Punya pengalaman diving lalu ada wisata bawah laut virtual dari Paddle Pop jadi makin terasa keseruannya ya kak. Aahh,..... seru banget nih walau dirumah aja ya.

    BalasHapus
  4. Ini sih bukan hanya jadi tambah wawasan tentang biota laut saja, melainkan juga jadi pinter berkreasi membuat alat menyelam, keren acara virtual bawah laut ini

    BalasHapus
  5. Bikin anak jadi kreatif ya apalagi ini edukatif juga, bisa menambah wawasan anak-anak tentang dunia bawah laut.

    BalasHapus
  6. Seru banget ini, anak pasti suka ya berasa mau snorkling bneran...

    BalasHapus
  7. Lihat foto-foto di Belitung, kangen banget gak sih mbak mau jalan-jalan lagi? Huhu. Tapi untunglah masih bisa liburan virtual bareng paddle pop ya, pastinya tetap bikin happy.

    BalasHapus
  8. wah kakak asik banget ya udah pernah snorkeling juga ya.. ^^ seneng juga saya sama anak bebikinin kayak gini ide liburan seru di rumah bareng paddle pop seaventure

    BalasHapus
  9. Wah selain bisa melihat keindahan alam bawah laut jadi kreatif juga nih bisa berkereasi membuat sesuatu dari alat yang ada... :D

    BalasHapus
  10. Paling suka pas proses bebikinan Oxigen tank nya yaa..
    Aku juga ikutaaan...hehehe, kalo mainan pretend play sembari menyimak petualangan Seaventure begini, asli serumah pada happy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan menyiapkan segala peralatan sebelum menyelam ke dunia bawah laut, ini mengajarkan kepada anak-anak bahwa semua tahapan harus berproses dan kepentingan safety, peralatan ini kudu digunakan.

      Detil dan teliti sekali Paddle Pop Seaventure saat mengembangkan sebuah aktivitas seru dirumahaja.

      Hapus
  11. seru ini yaa.. anak2ku juga suka loh ini main virtual seaventure bareng paddle pop dan jakarta aquarium. aneka permainannya seruu.. ada hostnya juga yang mengarahkan dan bercerit dengan baik

    BalasHapus
  12. Kreatif sekali mba,kalah gini pasti wisata virtual dalam lautnya bakal makin seruu nih

    BalasHapus
  13. Tak bisa ke laut bebas atau ke Jakarta Aquarium yawda sementara ini main2 jalan2 virtual dulu dengan Seaventure ya.
    Ide DIY-nya bikin anak main kreatif.
    Lumayan banget bat mengisi kegiatan anak2 liburan yang masih agak susah ke mana2 kyk saat ini ya mak.

    BalasHapus
  14. seru banget yaa bun, pasti si abang hepi tuh bebikinan kreasi buat persiapan menyelam virtualnya, seru amat ini kolabsnya paddle pop sama jakarta aquarium, bikin kita ga mati gaya liburan dirumah ya

    BalasHapus
  15. wihi seru banget yaa kegiatan paddle pop ini, selalu kreatifdan bisa membangun daya imajinatif anak-anak. Dan kerja sama sama Jakarta Aquarium juga yaaa..

    BalasHapus
  16. Seru banget main-main virtual underwater gini..jadi keinget pengalaman waktu dulu snorkeling..skrg sementara bisanya ajak anak2 main virtual aja dulu

    BalasHapus
  17. aaah aku jadi tambah kangeeen diving dan snorkeling hehehe. Memang wisata virtual sekarang makin marah dan bisa obati kerinduan ya mba. Itu seru banget kreasi masker selam dan tabungnyaaa

    BalasHapus
  18. Bun, gemes banget sih aktivitasnya bareng si kecil yang lagi aktif-aktifnya yaaa. Al juga pasti suka nih kostum diving kaya gini tuh, tinggal beli paddle pop terus dapet kaya gini ya?

    BalasHapus
  19. Memang kita sebagai orang tua harus selalu muter otak supaya anak2 ga bosen dan tetap senang2. Seru juga ya ajak anak berlibur secara virtual ke bawah laut. Mau beli paddle pop juga ahh supaya bisa ajak anak2 berlibur seru ��

    BalasHapus
  20. Seru banget nih wisata virtual bawah lautnya. Ada ketrampilan bikin tabung oksigen dan kacamata selam juga. Pasti si kecil happy banget ya Mb Elly.

    BalasHapus
  21. Masaw liburan bunda mah madih tetap dirumahaja karena Covid 1o madih mengintip kita tp cucu2 dan anak2 bunda liburannya renang di pagi hari ketika blm ada kerumunan.

    BalasHapus
  22. Saya dan suami juga pecinta laut, akhirnya anak-anak juga jadi menyukai laut deh. Ide bermainnya bisa dicintek nih, anakku yg sulung pasti suka bisa berkreasi seperti ini.

    BalasHapus
  23. Anakku pasti bahagia banget nih bila saya ajak main seperti ini. Tapi harus beli es krim paddle pop dulu yaa

    BalasHapus
  24. Gemesssss banget ada googlenya segala hihihi.... Memang tantangan tersendiri ya Mbak, membersamai anak saat pandemi ini.... Makasi ide liburan serunya, nanti dicoba sama anak-anak di rumah!

    BalasHapus
  25. Nah, aku juga baru tahu kalau Jakarta Aquarium Safari membuka wisata virtual dunia bawah laut sejak bulan April. Sebagai ibu yang punya anak suka trip ke laut buat berenang, snorkeling, dan lain-lain main di air, wisata virtual SeaAdventure jelas menarik banget. Jadi solusi jitu buat mengisi liburan sekolah yang lumayan panjang, sekaligus aman banget karena kalau liburan beneran ke laut situasinya memang belum aman karena pandemi ya.

    BalasHapus
  26. aku udah cbain senangnya bisa wisata virtual bareng anak-anak di rumah aja tapi seru hahaha ih mupeng banget pengen bikin juga tabung oksigennya

    BalasHapus
  27. Gemeeeshhh banget!
    Mupeng buat cobain juga
    soalnya anak dan keponakan pengin bikin2 yg kreatif kayak gini
    sekaligus wisata virtual yg nambah wawasan

    BalasHapus
  28. Wah, seru banget ya main bersama Paddle Pop Seaventure. Tidak hanya mengadah imajinasi dan keterampilan, tapi juga bisa memperkuat kedekatan dengan anak.

    BalasHapus
  29. Jakarta aquarium adalah salah satu destinasi dalam bucket list kalau suatu hari bisa ke Jakarta sama anak2 (haha, anak kampung nih, belum pernah main ke Jakarta, cuma lewat bandara soekarno hatta yang mana itu sdh wilayah banten hihihi)
    Kudu bermain ini nih, biar jadi affirmasi positif bisa ke Jakarta Aquarium.

    BalasHapus
  30. Waaah pas banget nih, kemarin di sekolah Shoji Rey lagi belajar tentang keanekaragaman bawah laut. cocok dengan tema SEaventure Paddle Pop. Bikin kreatif DIY seperti ini juga favorit anak-anak. Nanti kami mau coba remake tabung oksigen dan kacamata selamnya

    BalasHapus
  31. Ini libur Lebaran kemarin Kelvin juga ikutan wisata virtual Seaventure bersama Paddle Pop dan dia senang sekali karena ini mengobati kerinduannya lihat hewan laut. Selain itu juga ada ide bermain yang bisa dilakukan di rumah.

    BalasHapus
  32. Lumayan mengobati rasa kangen snorkling, nih. Meski memang tak bisa menggantikan tapi setidaknya tetap bisa jadi aktivitas menyenangkan.
    Juga unsur edukasinya sangat kuat ya

    BalasHapus
  33. Ide main bareng anak yang pastinya mnegobati rasa rindu untuk bermain ke pantai ya. Udah totalitas ada kacamata renang dan tabung oksigennya. Siap deh nyempolung ke laut. Anak senang pastinya apalagi setelah itu bisa menikmati es krim paddle pop nya, makin nyaman bermain meski dari rumah saja. Btw jadi pengen ikutan juga nih keseruannya bareng bocil di rumah. Cuss lah beli es krimnya dulu

    BalasHapus
  34. Betulan ide liburan yang seru ya! Keponakanku suka sama laut, cuma memang kami gak bisa renang. Jadi nyelam tuh belum memungkinkan. Wisata virtual kaya gini ya seru banget. Mana eskrimnya juga kesukaanku lagi

    BalasHapus
  35. Wah masih sebulanan lagi nih bisa mainin Seaventure. Bis ajuga nih utk mengisi aktivitas selama liburan di rumah aja.
    Apalagi kalau mainnya sambil makan es krim pasti anak2 juga happy banget.

    BalasHapus
  36. Aku belum pernah ajak anak anak ke Jakarta Aquarium. Waah baru tau ternyata buka secara virtual sampai Juni. Makasih Mak Elly. Bisa dicoba nih. Anakku pasti seneng banget.Bisa sebagai alternatif liburan di rumah.

    Es krim paddle pop? Favorit bocil nih

    BalasHapus
  37. Seru banget ya Mak aktivitas Seaventure ini. Anak-anak saya belum coba nih.. kayaknya bakal seneng banget kalau diajak main, hehe. Masih sampai bulan Juni besok yaa..

    BalasHapus
  38. Meskipun di rumah saja, liburan tetap seru ya Mak. Apalagi seaventure ini bisa ngobati kangen snorkeling. Bermain sambil belajarnya juga nih.

    BalasHapus
  39. Salfa suka sekali main Seaventure ini
    Sampe bolak-balik beli es krimnya buat dapetin kode unik karena nggak pernah bosan
    Sayangnya sempat stok Paddle Pop habis lho di minimarket dekat rumah gara gara banyak yang tahu ada Seaventure

    BalasHapus
  40. Musim pandemi gini baiknya emang liburan dari rumah aja ya maaaak.. anak anak juga dah nyobain seaventure nih, seruw bangeeet

    BalasHapus
  41. Anak sy seneng ikut Seaventure paddle pop sampai abis 5 kode unik . Percobaan ilmiah sederhananya juga seru ya

    BalasHapus
  42. Kegiatan ini sampai akhir Juni atau awal Juni, Mbak? Wah, seru, ya. Yang belum pernah ataupun jarang banget ke laut, ikut liburan virtual ini pasti hepi banget.

    BalasHapus