Pengalaman Tes Serologi Covid-19 Berbasis Lab


tes serologi covid-19

Untuk keperluan penerbangan, saya dan keluarga melakukan Rapid Test dan kami memilih Tes Serologi  Covid-19 berbasis lab di Prodia Depok.

Tes Serologi kurang lebih sama dengan Rapid Test. Hanya saja, Tes Serologi berbasis lab ini memiliki sensitivitas dan tingkat spesifik yang lebih tinggi karena dikerjakan oleh instrumen robotik sehingga hasilnya jauh lebih akurat dibandingkan Rapid Test


Dear Parents,

Selama dalam masa kebiasaan baru dan masih menunggu vaksin corona-19, kita harus tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga.. dengan wajib melakukan protokol kesehatan dimanapun berada seperti selalu memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan.

Protokol kesehatan wajib kita terapkan dimanapun, termasuk jika parents ingin melakukan perjalanan baik perjalanan darat maupun udara. Jangan kendor untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga kita ya.

Akhir November 2020, InshaAllah saya dan keluarga akan melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara. Sebagai salah satu syarat penerbangan harus menunjukan hasil Rapid Test yang menunjukan bahwa semua calon penumpang harus bebas atau negative terhadap Virus Covid-19.

Menjalani Rapid Test bagi saya dan suami bukanlah yang pertama kali, namun bagi anak anak kami ini adalah pengalaman pertama mereka.

Sebelumnya saya dan suami pernah menjalani rapid test, namun kali ini kami memilih satu cara lain untuk mendeteksi COVID-19 yaitu Tes Serologi

Jadi, selain Rapid Testdan PCR test, ada Tes Serologi berbasis lab yang bisa menjadi pilihan untuk mendeteksi diri terhadap COVID-19.


Apa Itu Tes Serologi Covid-19 Berbasis Lab?

Apa itu Tes Serologi? seberapa akurat untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi Covid-19? berikut informasi yang saya dapatkan dari website Halodoc dan Siloam Hospital.

"Tes serologi adalah pemeriksaan untuk mencari antibodi dalam darah. Tes ini dilakukan dengan cara mengambil darah seseorang untuk kemudian diproses di laboratorium". - Halodoc

Jadi tes serologi covid-19 berbasis lab ini menggunakan spesimen darah untuk mendeteksi respon imun terhadap COVID-19.

Sama seperti Rapid Test, Tes Serologi ini mendeteksi antibodi seseorang untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak.


Pengalaman Keluargaku Menjalani Tes Serologi

Setelah satu hari sebelumnya suami saya menjalani pemeriksaan Tes Serologi, Rabu, 25 November 2020 pukul 09:00 saya dan kedua anak saya menjalani Tes Serologi di Prodia Depok, sebelumnya kami sudah melakukan perjanjian melalui aplikasi Halodoc.

Gimana perasaannya? jujur deg degan sih, apalagi mengajak anak anak, tapi memang harus dijalani dengan tetap wajib menjalankan protokol kesehatan.

Kami tiba di Prodia Depok sebelum jam 9 pagi, sebelum masuk kami mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang sudah disediakan.

tes serologi covid-19
Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum memasuki Prodia Depok

Saat masuk Prodia Depok, langsung disambut oleh petugas keamanan gedung dengan menanyakan keperluan kedatangan kami.

Karena kami sudah melakukan perjanjian dengan dokter sebelumnya melalui aplikasi Halodoc, petugas langsung meminta identitas atau KTP saya dan meminta saya untuk mengisi formulir yang telah disediakan.

tes serologi covid-19
Formulir yang harus diisi sebelum menjalani tes serologi covid-19 berbasis lab

 

Formulirnya lumayan banyak alias berlembar lembar, tapi intinya dalam form berisi daftar pertanyaan seputar kondisi diri kita saat ini. Karena kondisi saya dan anak anak InshaAllah baik baik saja, maka formulir selesai kami isi dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Setelah menunggu sekitar 5 menit, nama saya dipanggil oleh petugas counter untuk dilakukan pengecekan data-data terkait dengan keperluan saya datang ke Prodia Depok.

Setelah dilakukan data proses, selanjutnya saya menunggu giliran untuk menjalani Tes Serologi. Karena saat itu tidak terlalu ramai, jadi kami tidak menunggu lama untuk mendapatkan giliran Tes Serologi.

tes serologi covid-19
Seluruh Petugas Counter Prodia Depok Menjalankan Protokol Kesehatan

Saat nama saya dipanggil, saya langsung menuju ruangan khusus untuk melakukan Tes Serologi dengan mengambil spesimen darah untuk di uji dalam laboratorium.

Selanjutnya, Tes Serologi dilakukan secara bergilir, yaitu anak pertama saya dilanjutkan dengan anak kedua saya.

tes serologi covid-19
Saat saya menjalani tes serologi covid-19 berbasis lab

Semua spesimen darah yang diambil adalah dari lengan sebelah kiri kami, prosesnya mengambilan spesimen darah cukup singkat kurang dari 1 menit sudah selesai.


Bagaimana Anak Anak Menjalani Tes Serologi?

Alhamdulillah, kedua anak saya berhasil menjalani Tes Serologi dengan baik, hanya saja ada sedikit kendala pada anak pertama saya, karena kulitnya terlalu halus, jadi pembuluh darahnya sulit sekali ditemukan. Jadi butuh waktu untuk mencari pembuluh darahnya.

Yang saya khawatirkan adalah anak anak jadi takut jarum suntik sih hehe karena pengambilan darahnya dari lengan, tapi Alhamdulillah walaupun saat pengambilan spesimen darah mereka berekspresi “khawatir” tapi setelah selasai mereka tampak senang dan tidak ada rasa takut lagi.


tes serologi covid-19
Anak pertamaku saat menjalani tes serologi covid-19 berbasis lab

Saat Tes Serologi di Prodia Depok, untuk anak anak membutuhkan 2 petugas medis, yang satu bertugas menyuntikan jarum dan memastikan spesimen darah yang dibutuhkan cukup dan satu petugas lainnya memastikan anak tidak takut, diajak ngobrol, diedukasi dengan kebutuhan pengambilan darah dan dialihkan perhatiannya.

tes serologi covid-19
Anak kedua saya saat menjalani pemeriksaan tes serologi covid-19

 

Namanya juga anak anak ya.. justru penasaran banget, seperti anak kedua aku.. malah menikmati prosesnya, lihat jarumnya dan lihat darahnya mengalir melalui selang dan masuk kedalam tabung pengambilan spesimen darah.

tes serologi covid-19
Dokumen untuk pengambilan hasil tes serologi covid-19 berbasis lab

Kelebihan Tes Serologi

Tes Serologi ini memiliki banyak kelebihan dibanding Rapid Test, seperti :

  • Pengerjaan Tes Serologi dan deteksinya dilakukan oleh instrumen robotic
  • Tingkat sensitivitas mencapai 100 persen, artinya hampir tidak ada kasus positif yang tidak terdeteksi.
  • Tingkat spesifisitas lebih dari 99.81 persen dan tanpa gangguan atau cross reaksi dari virus flu biasa dan corona virus lain selain SARS-CoV-2.
  • Dapat mendeteksi antibodi yang timbul dari paparan SARS-CoV-2 atau COVID-19 secara lebih pasti.
  • Telah diakui oleh CE (Conformite Europene), FDA EUA (Emergency Use Authorization), dan NHS serta digunakan di Amerika Serikat, Australia, Eropa, Inggris, dan Singapura
tes serologi covid-19
Spesimen darah kami yang akan diuji dalam laboratorium

Bagaimana Hasil Tes Serologi Keluarga Saya?

Hasil tes serologi bisa diambil jam 5 sore, artinya dalam satu hari yang sama hasil tes serologi sudah bisa diambil.. jadi deg degan nunggu hasilnya ngga terlalu lama hehe.

Sempet deg degan sih saat akan mengambil hasilnya.. parno dong kalo nanti hasilnya kurang baik huhu apalagi saya yang banyak beraktifitas luar rumah.. Alhamdulillah semua hasilnya non reaktif

Apa itu non reaktif? non reaktif artinya tubuh tidak terdeteksi adanya infeksi SARS-CoV-2, namun hasil non reaktif belum dapat menyingkirkan kemungkinan infeksi.

Dalam keterangan hasil non reaktif menyebutkan bahwa :

  • Hasil non reaktif dapat terjadi kerena antibodi belum terbentuk, gangguan pembentukan antibodi, kadar antibodi dibawah level deteksi alat.
  • Disarankan untuk melakukan pemeriksaan ulang setelah 10 hari untuk pasien yang baru pertama melakukan Tes Serologi.
  • Jika setelah 10 hari, lalu dilakukan pemeriksaan ulang dengan hasil non reaktif, maka hasil tersebut menunjukan kemungkinan tidak ada infeksi SARS-CoV-2 atau kemungkinan immunocompromised.
tes serologi rapid test
Hasil Tes Serologi Covid-19 Berbasis Lab Keluarga Kami

--

Kesimpulan

  • Selain Rapid Test, PCR Test, maka Tes Serologi bisa dilakukan untuk mendeteksi apakah tubuh mengalami infeksi SARS-CoV-2 atau tidak
  • Tes Serologi menggunakan spesimen darah seseorang lalu di proses dalam laboratorium
  • Pengerjaan Tes Serologi dan deteksi dilakukan oleh instrumen robotic
  • Tingkat sensitivitas mencapai 100 persen, artinya hampir tidak ada kasus positif yang tidak terdeteksi.
  • Hasil tes serologi bisa didapatkan dalam satu hari yang sama.

Semoga pengalaman keluarga kami dalam menjalani Tes Serologi Covid-19 berbasis lab ini dapat bermanfaat ya.. semoga kita semua senantiasa sehat dan terus jaga kesehatan diri dan keluarga serta terus jalankan protokol kesehatan dimanapun kita semua berada.

Salam hangat,
Elly Nurul



21 komentar

  1. Sepertinya dibandingkan swab, aku juga bakal lebih nyaman tes serulogi ini deh.. hehe. Biayanya lebih mahal dari swab berarti ya mak? Tapi enak kan lebih praktis dan nggak horo kalo cuma lewat ambil darah ajaaa.. hehe

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, hasil tes sesuai yg diharapkan ya Mak.
    semogaaaa semuanya sehaaattt, senantiasa gembira dan menjalani hidup dgn penuh semangaat
    yeayyy!

    BalasHapus
  3. Saya baru tau nih tentang Tes Serologi. Lenih akurat dibanding Rapid Test biasa ya...
    Tapi tetap aja degwan tunggu hasilnya keluar ya, hehe.

    Semoga sehat selalu mak Elly sekeluarga.

    BalasHapus
  4. Nah, aku kalau disuruh milih mending tes serologi ini aja ya, Mbak. Kayaknya ga sehoror test swab yg lewat hidung itu. Tapi kalau dari sisi biaya gimana, Mbak? Lebih mahal mana dibandingkan swab?

    BalasHapus
  5. Memang kalau pakai tes serologi lebih akurat ya drpd test rapid biasa. Pak Suami saya juga tes rapid di prodia. Tapi itu hebat ya anak Mba Elly ga takut diambil darah, malah penasaran gitu. Keren deh. Anakku mah ga berani semua sama jarum suntik.

    BalasHapus
  6. Penasaran sama harga tes serologi nih Mak Elly. Kalau terjangkau, bisa boyong semua keluarga ke Prodia Depok. Dastan sampai kepo gitu lihat suntikan dan darahnya ya, hehehe.

    BalasHapus
  7. wah klo buat anak sepertinya lebih pas tas ini ya mbak daripada swab, brp mbak biaya untuk tes ini?

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah hasil tes serologinya negatif alias non-reaktif ya Mbak. Dengan begitu tinggal menyiapkan diri saja lagi untuk terbang. Aku membayangkan saat anak-anak diambil darahnya..Pasti mereka takut juga ya sekaligus berani :)

    BalasHapus
  9. Anaknya berani banget mba liat pas disuntik. Aku aja keder pasti tutup muka. Hehhe. Sehat sehat mba ELly sekeluarga

    BalasHapus
  10. Bulan lalu anak saya yang masih balita juga menjalani rapid tes karena mau op. Saya nggak tau malah kalau ada tes serupa bernama serologi. Di Jogja nggak tau deh sudah ada apa belum tes jenis ini.

    BalasHapus
  11. Wah aku baru tahu nak tentang tes serologi ini. Alhamdulillah, non reaktif ya. Semoga lancar rencana perjalanannya sekeluarga...

    BalasHapus
  12. Sehat sehat selalu ya mba dengnan keluarga.. iya tes serologi ini belum terlalu familiar ya, ternyata akurasinya malah bagus ya..

    BalasHapus
  13. Lebih nyaman Tes Serologi gini kayaknya ya.. jadi klo udah tes serologi gak perlu swab lagi ya mba...kalau gitu..

    BalasHapus
  14. Kalau tes serologi menggantikan rapid test gimana ya .... beda jauh kali ya harganya?
    BTW, anaknya hebat, Mak ... malah menikmati proses ya hehehe.

    BalasHapus
  15. Tes Serologi ini berarti sudah tersedia di prodia manapun mba? Kayaknya tar ke Jakarta tes pakai ini kalau ada.

    BalasHapus
  16. Wah baru tahu ada tes covid selain swab. Harganya brp mba klo tes serologi

    BalasHapus
  17. Nah test serologi ini kayaknya lebih bisa jdi pilihan kalau untuk keluarga ya mak. Ga sehoror swab test

    BalasHapus
  18. Sering dengar serulogi ini memang tingkat akurasinya lbh tinggi dr rapid krn diproses di lab, gak pakai alat kek rapid yang bisa dijual bebas.
    Alhamdulillah sehat semua ya mbak.

    BalasHapus
  19. Berani banget kak...anaknya.
    Lihat jarum suntik dan bener-bener dipelototin.
    Semoga aman sehat dan perjalanannya nanti lancar yaa, kak Elly.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah sehat-sehat mak non reaktif
    aku belum pernah rapid, belum kemana-mana juga seh selama ini .semoga selalu sehat
    semoga perjalanannya lancar y maak

    BalasHapus
  21. Baru tahu ada tes serologi ini, lebih nyaman ya mba sepertinya? Untuk anak juga lebih enak, cukup dengan pengambilan darah dan akurat ya mak
    Sehat sehat terus mak, happy traveling

    BalasHapus