Aku Selalu Pakai Masker, Karena Aku Sayang Kamu

selalu pakai masker


Virus Covid-19 ini masih ada lho.. iya saat ini sudah new normal, tapi please jangan kendor untuk selalu disiplin lakukan kebiasaan baik yang selama ini sudah kamu lakukan selama 6 bulan dirumah ya.

Pandemi nyatanya membuat orang kembali melakukan hidup bersih, seperti membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, membiasakan diri menggunakan masker saat keluar rumah serta membiasakan diri selalu menjaga jarak dengan orang lain atau tidak berada dalam kerumunan, jika terpaksa dalam kerumunan ya selalu pakai masker.


Holla..

Kapan terakhir kamu keluar rumah untuk beraktivitas? apapun aktivitas kamu, pada saat keluar rumah selalu pakai masker ya.. karena maskermu tidak hanya melindungi kamu juga melindungi aku lho.

Iya, maskermu melindungiku, tahu kan jika penularan COVID-19 umumnya melalui droplet/cairan tubuh yang keluar dari hidung/ mulut seseorang yang telah terinfeksi, pada saat batuk ataupun bersin dimana droplet tersebut terhirup atau menempel pada suatu benda /permukaan atau tangan.
 
Nah, selalu pakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan COVID-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di pasar, stasiun, transportasi umum (misalnya bus) dan tempat-tempat umum lainnya.

Ketika kamu menggunakan masker, maka masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus COvid-19 deh.
 
Kamu sayang aku nggak? sayang keluarga kamu nggak? jika sayang please selalu pakai masker ya saat keluar rumah, jangan kendor disiplin pakai maskernya.

Maskermu melindungiku dan maskerku melindungimu.. yuk ah selalu pakai masker saat kita beraktivitas diluar rumah, ke pasar, olahraga atau hanya membeli sesuatu di warung dekat rumah, biasakan untuk selalu pakai masker ya.

selalu pakai masker
Maskermu Melindungiku dan Maskerku Melindungimu

Cara Menggunakan Masker Yang Benar

Ternyata, masih banyak yang menggunakan masker dengan cara yang kurang tepat lho, termasuk saya sendiri hehe. Berikut adalah cara menggunakan masker yang benar menurut dr. Reisa Broto Asmoro

1. Gunakan masker yang nyaman digunakan, ini bisa dilihat dari bahannya, pilih bahan yang nyaman sehingga tidak menyebabkan kamu kesulitan bernapas.

2. Masker harus menutup hidung, pipi hingga dagu

3. Cuci tangan sebelum menggunakan dan setelah menggunakan masker.

4. Jangan sering pegang pegang masker.

5. Ganti Masker setiap 4 jam sekali

6. Jika beraktivitas diluar rumah, selalu membawa 2 kantong khusus tempat masker bersih dan kotor. Simpan masker kotor pada tempat khusus, jangan dicampur dengan masker bersih.

7. Saat berolahraga, selalu gunakan masker yang nyaman sehingga tidak mengganggu pernapasan, di saat pandemi disarankan memilih olahraga yang ringan hingga sedang

 

selalu pakai masker
Pilih masker yang nyaman digunakan, sehingga tidak mengganggu saat kamu bernapas termasuk saat berolah raga



Gerakan #SelaluPakaiMasker dari Kementerian Kesehatan RI


Jika kamu sudah disiplin dengan selalu pakai masker, InshaAllah dapat mengurangi bahkan bisa memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dan aku berharap kamu juga disiplin ya untuk selalu memakai masker saat beraktivitas keluar rumah.

Seperti yang dilakukan oleh Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI pada Minggu, 30 Agustus 2020 mengadakan gerakan #SelaluPakaiMasker dengan melakukan pembagian masker kepada para pengunjung GBK Senayan dan saya termasuk salah satu pengunjung GBK pada hari itu.

Info dari Ibu Irawati Theresia, SKM, M.Kes selaku Kepala Seksi Penyebarluasan Informasi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI bahwa Gerakan pembagian masker dari Kementerian Kesehatan RI itu sudah dilakukan sejak tanggal 25 Agustus 2020 lho dan total masker yang dibagikan berjumlah 1 juta masker.

selalu pakai masker
Jangan Kendor, Disiplin Pakai Masker


GBK saat itu ramai, tapi tetap aman terkendali, karena semua pengunjung GBK menjalankan protokol Kesehatan selama berada di GBK.

Selain Kementerian Kesehatan, gerakan pembagian masker pada minggu, 30 Agustus 2020 di GBK juga dihadiri oleh Kemenko Perekonomian, Kemenpora, dan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 yang merupakan bagian dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Gerakan pembagian masker juga dihadiri juga oleh atlet nasional antara lain Atlet Basket Faisal Julius serta Tim Komunikasi Gugus Tugas Penanganan COVID-19 yang diwakili oleh dr. Reisa Broto Asmoro untuk mengkampanyekan disiplin pakai masker.


Disiplin Selalu Pakai Masker Adalah Kunci


Sebagai masyarat dan juga seorang Ibu saya mendukung kegiatan gerakan disiplin pakai masker yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Saya percaya bahwa, cepat atau lambatnya persebaran virus ditentukan oleh kemauan masyarakat untuk mematuhi dan menegakkan disiplin menjalankan protokol Kesehatan seperti disiplin dengan selalu memakai masker.


disiplin pakai masker
Apapun Aktivitas Kamu, Disiplin Pakai Masker Ya.. Jangan Kendor!



Kita tidak tahu pandemi ini akan berlangsung berapa lama, tapi minimal kita terus disiplin untuk tetap menjalankan hidup bersih dan sehat salah satunya disiplin selalu memakai masker.

Semoga kegiatan pembagian masker yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI dapat mempererat kerjasama dengan kementerian/lembaga serta BUMN, swasta, organisasi masyarakat, organisasi pendidikan dan unsur masyarakat lainnya, sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang paham dan bisa berperilaku sehat mencegah Covid-19.

Aku sayang kamu, yuk ah, selalu pakai masker!

Salam hangat,
Elly Nurul


Elly Nurul

16 komentar:

  1. Aku juga selalu pakai masker jarena sayang diri sendiri & orang lain. Kalua gak dimulai dari kita siapa lagi ya. Semoga semua orang aware terhadap kesehatan dan mengurangi paparan virus

    BalasHapus
  2. Yap...ke warung sebelah ajah saya pakai masker. Sebab kan kita pasti berinteraksi dg orang lain, minimal pas bayar yg dibeli.

    BalasHapus
  3. Yang penting skrg bukan hanya pakai maskernya aja, tapi juga pakai masker yg baik dan benar. terkadang suka sebel liat org pakai masker cuma buat nutupin hidung atau mulutnya aja. ya sami mawon deh :))

    BalasHapus
  4. Btw ada yang merasa nggak, sejak pake masker kok muka jadi tambah blekutak ya?

    BalasHapus
  5. Stok masker di rumah diperbanyak mengingat masker harus sering diganti, ini lebih aman untuk mencegah penulran virus dari orang lain. Betul banget kita harus saling menjaga satu dengan yang lain.

    BalasHapus
  6. Eh desain maskernya lucu.. iya nih mbak, miris euy makin ke sini makin banyak yang gak peduli pakai masker. Pengalaman saya, malah dianggap aneh sama orangorang sekitar pas pakai masker. Sempat dibilangin berlebihan pula :(

    BalasHapus
  7. Insya Allah tetap semangat selalu pakai masker walau cuma ketemu kurir dan nerima paket di rumah, apalagi kalau keluar rumah ;)

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, menikmati pakai masker. Malah jadi suka beli masker yang bentuknya atau motifnya luc-lucu (dengan merhatiin segi safety nya juga)

    BalasHapus
  9. Mbaaa maskernya cakep amaat ituu..
    Btw iya bener nih masker penting deh sekarang, face shield jg bisa dipake yaa..

    Circleku mulai banyak yg + bikin was2 banget

    BalasHapus
  10. Sedihnya walaupun nakes udah kewalahan dan virus udah dimana2 juga, masih aja sih org yg pakai maskernya asal2an. Bikin aku geram deh rasanya. Sebel banget. Masker kek dipake buat pajangan aja gitu di wajah -___-

    BalasHapus
  11. Sampai sekarang masker masih ampuh jaga penularan ya. Ku juga selalu pakai masker

    BalasHapus
  12. Iya mbak, harus menggunakan masker jika keluar rumah ya. alhamdulillah baca berita, orang orang yang menggunakan masker selamat dari terpapar virus coved 19. semoga pandemi segera berakhir

    BalasHapus
  13. maketu maskernya cakep cakeeeep. Emang deh walauoun udah 6 bulan pandemi dan berasa udah semakin lelah, tetep jangan kasih kendor untuk selalu menjaga protokol kesehatan yaaa

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah di rumah banyak masker sebagai bentuk peduli kesehatan diri dan orang lain
    Semoga semua sehat

    BalasHapus
  15. Nah tuh dia mak, banyak orang yang ga sayang sama dirinya sendiri plus orang lain, nyatanya masih berkeliaran dan dempet-dempetan dengan begitu suka cita tanpa memakai masker. Sedih aku tuh, apalagi Semarang nih kok ya masih zona merah terus.

    Semoga saja makin banyak orang yang teredukasi untuk tertib menggunakan masker setiap kali keluar rumah yaaa...

    BalasHapus
  16. 𝘔𝘢𝘴𝘬𝘦𝘳 𝘮𝘦𝘭𝘪𝘯𝘥𝘶𝘯𝘨𝘪 𝘫𝘶𝘵𝘢 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢. 𝘒𝘢𝘭𝘰 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘱𝘢𝘬𝘦 𝘮𝘢𝘴𝘬𝘦𝘳 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘭𝘪𝘯𝘥𝘶𝘯𝘨𝘪 𝘬𝘦𝘯𝘢𝘱𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬???

    BalasHapus

Instagram