Belajar Tentang Ekonomi Syariah khususnya Asuransi Syariah di Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019

Syariah di Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019
Syariah di Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019

Tidak bisa dipungkiri bahwa tenaga pemasar asuransi syariah telah menjadi ujung tombak dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah sehingga asuransi syariah  menjadi lebih dikenal dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. 



Asuransi syariah sebagai upaya untuk mendorong perekonomian syariah nasional, untuk itu Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019 menggelar ajang penghargaan kepada para tenaga pemasar asuransi syariah terbaik di Indonesia.


Holla..

Siapa yang pernah menolak tawaran dari tenaga pemasar asuransi syariah? sejujurnya saya pernah melakukan hal itu lho, dan sayapun menyesal telah melakukan hal itu.

Waktu itu pernah menolak tenaga pemasar asuransi syariah,  mungkin waktunya kurang tepat, maklum Ibu Rumah Tangga (IRT) dengan segudang aktifitas belum siap mendengarkan penjelasan yang agak “njelimet” apalagi tentang asuransi.

Saya menyesal dan merasa menjadi orang jahat setelah saya bertemu lansung dengan para tenaga pemasar asuransi syariah dalam sebuah acara Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019.

Sesungguhnya para tenaga pemasar asuransi syariah ini mereka sedang bekerja dan menjadi bagian dari kesuksesan ekonomi syariah di negara kita lho, apalagi negara kita mayoritas umat muslim, sebagai muslim harus turut mendorong perekonomian syariah dong.

LifeStyle Syariah

Kamis, 7 November 2019 saya menghadiri Sharia Inspiring Future di Ciputra Artpreneur saat itu hadir sebagai narasumber Sharia Financial Expert, Muhammad Syakir Sula, Motivator dan Founder of Kautsar Management, Edvan M. Kautsar. 

Sudahkan kita hidup dengan lifestyle syariah? duh ini pertanyaan yang bikin “nyentil” banget sih.. secara saya muslim dan hidup di negara yang mayoritas penduduknya muslim, tetapi masih belum menjalankan lifestyle syariah.

Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019
Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019


Apa saja sih yang masuk dalam lifestyle syariah? menurut Bapak Muhammad Syakir Sula, ini nih beberapa lifestyle syariah yang bisa dijalankan, seperti Bank syariah, asuransi syariah, pembiayaan syariah, penjaminan syariah, koperasi syariah, reksa dana syariah, broker syariah, pariwisata syariah, perhotelan syariah, restoran syariah, spa syariah hingga hijab syariah.

Karena konsep syariah punya value yang baik juga untuk semua umat beragama, seharusnya ekonomi syariah bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, apalagi mayoritas penduduknya muslim.

Iyes, Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk menjalankan lifestyle syariah dengan menggunakan produk produk dengan prinsip syariah.

Asuransi itu Haram, Benarkah?

Masih banyak anggapan dari umat muslim di Indonesia bahwa asuransi itu haram. Hal ini masih banyak dijumpai oleh para pemasar asuransi syariah dilapangan bahwa masih ada masyarakat yang mengharamkan asuransi syariah.

Faktanya, Majlis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa bahwa Asuransi syariah itu halal, karena tujuannya adalah sebagai upaya pencegahan.

Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019
Sharia Financial Expert, Muhammad Syakir Sula


Memang saat jaman nabi dan anak anaknya tidak ada asuransi, tetapi para ulama saat ini sudah melakukan itjihad dan memang jaman sekarang kita membutuhkan asuransi.

Jadi, yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah bagaimana meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia tentang konsep asuransi syariah. InshaAllah jika masyarakat sudah paham, maka konsep ekonomi syariah bisa dijalankan oleh masyarakat Indonesia.



Pertumbuhan Asuransi Syariah di Indonesia


Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019
Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019 (foro sumber @april_hamsa





Pada saat penyelenggaraan Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019, Ketua AASI Ahmad Sya’roni menjelaskan bahwa data yang dihimpun AASI per Oktober 2019, jumlah tenaga pemasar asuransi syariah tercatat sebanyak 323.767 orang.

Sebagian tenaga pemasar asuransi syariah telah tersertifikasi dan AASI pun terus menggenjot para tenaga pemasar untuk bersertifikasi agar menjadi tenaga pemasar yang handal, kredibel, dan terpercaya.

Data lain menunjukkan bahwa hingga September 2019, industri asuransi syariah menunjukkan pertumbuhan dibandingkan dengan periode yang sama sebelumnya dengan kenaikan aset sebesar 6,21% yang mencapai Rp 44,4 triliun.

Dari sisi kontribusi mencatatkan kenaikan sebesar 8,2% atau Rp 11,7 triliun dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp 10,8 triliun. Pertumbuhan tersebut juga diikuti oleh nilai klaim yang meningkat sebesar 43,64% menjadi Rp 7,3 triliun di periode tahun ini. 

Wah, data pertumbuhan asuransi syariah yang membuat hati adem ya.. terlihat adanya peningkatan setiap tahunnya dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pemasar asuransi syariah dilapangan nih, makanya butuh motivasi untuk tetap bersemangat mengedukasi masyarakat tentang prinsin dan konsep asuransi syariah.

Sessi Motivasi bersama Edvan Muhammad Kautsar

Indonesia memiliki banyak penduduk yang beragama muslim, namun masih banyak yang belum menggunakan asuransi syariah dan ini menjadi tantangan pagi para tenaga pemasar asuransi syariah di Indonesia.

Dalam sessi motivasi, Mas Edvan Muhammad Kautsar (saya menyebutnya mas karena memang masih muda) memberikan banyak value yang bisa diambil baik untuk para tenaga pemasar asuransi syariah, maupun bagi saya sebagai IRT dan juga peserta lainnya yang mengikuti sessi motivasi 
tersebut.

Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019
Motivator dan Founder of Kautsar Management, Edvan M. Kautsar.


Ini beberapa rangkuman yang saya dapatkan dari sessi motivasi bersama Edvan Muhammad Kautsar saat Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019:

  • Anggaplah setiap masalah hidup yang datang itu sebagai tantangan sekaligus peluang
  • Terus menjadi orang yang selalu haus dan lapar akan mempelajari sesuatu
  • Terus belajar dan membuka diri dan mindset terhadap hal hal baru
  • Bukan hanya kerja keras tapi juga kerja cerdas
  • 3 kunci dalam meraih sukses: ilmu, networking dan mentor
  • Senantiasa bersyukur dan berfikir positif
  • Harus all out, yakin kita bisa dan mampu
  • Selling is helping, jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain
  • Hidup itu seperti melempar boomerang, apa yang kita lakukan kepada orang lain maka akan kembali kepada diri kita
  • Kebaikan itu menular, maka tularkanlah energi positif kepada orang lain agar energi positif itu terus mengalir
  • Bekerjalah bukan hanya untuk pekerjaanny, tapi juga untuk Yang Maha Kuasa, karena Yang Maha Kuasa yang sesungguhkan memberikan pekerjaan kepadamu

Tantangan Asuransi Syariah

Indonesia negara besar, kemajuan teknologi dan budaya hijrah saat ini sedang menjadi trend menjadi tantangan asuransi syariah saat ini.

Bagi tenaga pemasar asuransi syariah tantangan juga semakin besar, sudah saatnya menyiapkan diri dengan etika yang baik juga meningkatkan pemahaman tentang asuransi syariah karena akan mengedukasi masyarakat tentang konsep asuransi syariah.

Tantangan yang utama adalah bagaimana menyakini diri sendiri baru bisa meyakini orang lain tentang konsep dan prinsip asuransi syariah. 

Tantangan berikutnya adalah mental, bagaimana menyiapkan mental karena masih banyak orang orang yang tabu bahkan menentang asuransi syariah, ngga percaya diri karena jualan syariah ngga akan laku, ini juga harus diperbaiki.

Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019
Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019 (foto sumber @april_hamsa)

Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019


Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019 mempersembahkan para tenaga pemasar asuransi syariah terbaik di Indonesia dengan mengadakan Sharia Top Agents Award yang diikuti oleh sekitar 1.000 tenaga pemasar dari seluruh perusahaan asuransi syariah dan perusahaan dengan status Unit Usaha Syariah (UUS).

Selain Top Agent Award, SICA 2019 juga memberikan penghargaan untuk para tenaga pemasar dengan kategori sebagai berikut:

Kategori Asuransi Jiwa Syariah

  • Best Sharia Life Insurance Telemarketer
  • Best Sharia Life Insurance Bancasurance Agent
  • Best Sharia Life Insurance Leader by Contribution
  • Best Sharia Life Insurance Agent by Policy
  • Best Sharia Life Insurance Agent by Contribution
  • The Best Sharia Life Insurance Agent

Kategori Asuransi Umum Syariah

  • Best Growth Sharia General Insurance Marketing/Agent
  • Best Growth and Performance Sharia General Insurance Marketing/Agent Leader
  • Best Contribution Sharia General Insurance Marketing/Agent
  • Best Contribution Sharia General Insurance Marketing/Agent Leader
Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019
Sharia Insurance convention and Award (SICA) 2019

SICA 2019 ini menjadi wujud komitmen bersama antara asosiasi dan anggota untuk menjalankan fungsi edukasi, informasi, dan komunikasi, khususnya kepada tenaga pemasar asuransi syariah dalam melakukan sosialisasi asuransi syariah kepada seluruh lapisan masyarakat.

Melalui ajang ini diharapkan dapat terus mendorong motivasi para tenaga pemasar agar dalam memberikan performa terbaik sehingga menjadi kebanggaan untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan, serta perusahaan  tempat di mana tenaga pemasar asuransi tersebut bergabung.

--

Semoga informasi singkat tentang asuransi syariah yang saya dapatkan saat menghadiri Sharia Insurance Convention & Award (SICA) 2019 dapat bermanfaat ya.

Semoga kita semua semakin bijak dalam menghadapi para tenaga pemasar asuransi syariah, sesungguhnya mereka sedang bekerja tak hanya untuk dirinya sendiri, keluarganya dan juga untuk negara kita agar ekonomi syariah di Indonesia terus meningkat.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

18 komentar:

  1. waah lengkap banget mba elly rangkumannya.
    Emang ya kadang denger kata "Asuransi" itu aja udah males sama penjelasan ribetnya, padahal kita sebagai manusia itu hakikatnya jg harus belajar. Kalau dari awal males sama ribetnya, ya gimana mau melakukan pencegahan

    Setelah ngobrol sama orang tua, aku baru tau kalau mereka selama ini jg mengasuransikan aku. Maksudnya mereka juga invest asuransi untukku, akunya aja yang gasadar.

    Nah mungkin kedepannya kalau mau asuransi jg, aku musti belajar dan cari tau tentang asuransi syariah jg nih supaya hati jg tenang.

    BalasHapus
  2. Di umur saya yang sudah menginjak 25, saya masih belum ngeh dan ngurus asuransi. Duh, kehidupan sayaaaaa.

    BalasHapus
  3. Iya. Masih banyak pro kontra ttg asuransi termasuk yg syariah. Saya pernah ikut dulu tetapi stop di tahun ke3. Belum diurus2 lagi sampe now

    BalasHapus
  4. Mantuuull, kakaaaa
    Karena emang sekarang banyak banget tenaga pemasar asuransi yg demikian "maju terus pantang mundur", jadinya rada bikin image insurace tercoreng
    kalo syariah, insyaAllah lebih berkah yaaa

    BalasHapus
  5. Konsep asuransi syariah berbeda dengan asuransi konvensional, itulah karena ada embel-embel syariah makanya ada yang kontra segala padahal jika ditelaah lebih lanjut ada penjelasan akan sistemnya.
    Tenaga pemasaran asuransi syariah memang harus kerja keras agar sistem syariah lebih akrab bagi masyarakat.

    BalasHapus
  6. Konsep asuransi syariah memang bagus ya mba.. Hanya kadang2 penawarannya kurang tepat waktu jd terpaksa ditolak deh..hehe.. TFS mba..

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat banget yah kak. sekarang banyak asuransi syariah yang buat kita tidak khawtr seperti dengan asuransi lainnya yah kak. Salut sama perkembangannya

    BalasHapus
  8. wah iya baru tahu konsep syariah ini ternyata kuga berlaku buat non muslim ya mba dan emang ada yang bilang asuransi haram padhal boleh yah :)

    BalasHapus
  9. Semakin memahami ya bahwa konsep syariah itu baik tidak hanya bagi muslim saja tetapi bagi setiap orang. Konsep asuransi syariah dengan sendirinya akan bisa diterima dan dipahami masyarakat luas

    BalasHapus
  10. Sebenarnya saya tertarik dengan konsep asuransi syariah ini, tapi sayangnya agen yang menawarkan tidak bisa menerangkan lebih lanjut ttg kesyariahan asuransi yg pernah ditawarkan ke saya

    BalasHapus
  11. Hiks, aku juga seringkali gitu sama telemarketer asuransi.
    Alhamdulillah, ya, mba, adanya asuransi syariah jadi solusi yg mau ambil langkah aman pakai asuransi, tapi tetep sesuai koridor syariat.

    BalasHapus
  12. Asuransi syariah dibutuhkan oleh umat muslim ya buat yang khawatir sistem asuransi konvensional

    BalasHapus
  13. Jadi ikutan belajar banyak dari rangkuman nya mba Elly. Saya termasuk yang maju mundur cantik untuk ikut asuransi syariah padahal sudah mau isi formulir dan kelengkapan lain

    BalasHapus
  14. Dulu suka maleees banget kalo ada yang nawarin asuransi. Tapi sekarang udah lebih paham betapa pentingnya proteksi, apalagi udah ada yang syariah seperti ini, jadi berasa lebih tenang deh!

    BalasHapus
  15. Sempat dengar juga kalau asuransi itu haram tapi ternyata dari MUI aja menghalalkan ya, itupun berdasarkan ijtihad para ulama. Apalagi sekarang ini sudah banyak asuransi yang menerapkan konsep syariah, jdi seharusnya kita gak perlu khawatir lagi dan akan merasa lebih aman bila melakukan asuransi ke perusahaan yang menerapkan asuransi syariah ini.

    BalasHapus
  16. Setuju dengan pernyataan bahwa para pemasar penting banget untuk meyakinkan diri sendiri dulu sebelum meyakinkan orang lain. Dalil dan hukum yang kuat harus benar-benar dikuasai sehingga memberi pemahaman yang baik kepada para calon pengguna asuransi syari'ah.

    BalasHapus
  17. semoga semakin banyak umat Islam yang melek ekonomi syariah ya, dan berpaling ke asuransi syariah hehe

    BalasHapus
  18. banyak informasi penting yang harus kita perhatikan saat membandingan dan lalu membeli asuransi. Alhamdulillah aku pun pakai asuransi yang syariah mba

    BalasHapus

Instagram