Taman Prestasi Generasi Maju, Asah Potensi Prestasi Anak


5 potensi prestasi anak generasi maju
Asah Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Setiap anak memiliki potensi prestasi yang berbeda beda, orangtua perlu mengasah potensi prestasi anak untuk jadi generasi maju Indonesia.

Sambut hari anak nasional, SGM Eksplor hadirkan ‘Taman Prestasi  Sahabat Generasi Maju’ untuk mendukung asah potensi prestasi anak jadi Anak Generasi Maju.


Dear Moms,

Berbicara tentang potensi prestasi anak, tentu berkaitan erat dengan nutrisi dan stimulasi. Keduanya harus berjalan beriringan, karena nutrisi saja tidak cukup, maka butuh stimulasi untuk asah potensi prestasi anak.

Setiap anak berhak untuk mendapatkan dukungan nutrisi terbaik dan stimulasi tepat sedini mungkin agar dapat  tumbuh dan berkembang dengan optimal sehingga berkesempatan untuk mengasah potensi prestasi yang mereka miliki.

Anak yang sehat dan berkualitas merupakan harapan terbaik untuk terbentuknya generasi yang terus berprestasi dan akan membawa kemajuan di masa depan.

Nutrisi terbaik dan stimulasi yang tepat, merupakan kunci untuk mendukung anak generasi maju. Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak agar anak Indonesia bisa mendapatkan nutrisi terbaik dan stimulasi yang tepat.

Lalu seperti apakah anak generasi maju itu? dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2019, SGM Eksplor menghadirkan rangkaian kegiatan edukasi di Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 21 Juli 2019.

taman prestasi generasi maju untuk asah potensi prestasi anak
SGM Eksplor Dukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju


Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak orang tua dan anak Indonesia untuk kembali mengingat pentingnya pemenuhan nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat untuk mengasah serta membentuk 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Kenali 5 Aspek Tumbuh Kembang Anak

Moms, setiap orang tua pasti menginginkan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. Untuk itu, moms perlu mengenali 5 aspek penting tumbuh kembang pada anak.

5 aspek tumbuh kembang anak yaitu:
  1. Kognitif
  2. Fisik
  3. Emosi
  4. Bahasa
  5. Sosial

Dukung 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju


5 potensi prestasi anak tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog sebagai salah satu narasumber edukasi kesehatan “ Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju” di fX Sudirman, Senayan, Jakarta.

taman prestasi generasi maju asah potensi prestasi anak
Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog Anak


Moms, setiap anak memiliki kesempatan serta potensi untuk berkembang. Langkah penting yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah mendukung anak untuk memiliki 5 aspek penting pada tumbuh kembang anak, yaitu:

Cerdas Kreatif

Anak cepat menangkap dan mengerti serta punya banyak ide

Tumbuh Tinggi dan Kuat

Anak tumbuh berkembang sesuai dengan tahapan usianya

Mandiri

Anak menggandalkan diri sendiri

Supel

Anak bsa berteman dan bekerja sama, berbagi, sopan dan banyak keterampilan sosial lain

Percaya Diri

Anak yakin terhadap kemampuan dirinya.

Stimulasi Tumbuh Tinggi dan Kuat

Moms, potensi prestasi tumbuh tinggi dan kuat ditunjukan bila berat dan tinggi badan anak sesuai dengan kurva pertumbuhan, menunjukan koordinasi dan kesigapan gerak berupa gerak kaki dan tangan (motorik kasar) dan jari jari (motorik halus), serta menunjukan kekuatan dalam melakukan aktifitas fisik.

Stimulasi motorik kasar

  • Menari
  • Main lempar tangkap dengan balon
  • Mengikuti gerakan binatang tertentu seperti kuda, katak atau cicak
  • Berjalan di papan lilitan

Stimulasi motorik halus

  • Membuat bentuk binatang dengan lilin malam
  • Membuat rumah rumahan dengan balok kayu
  • Mewarnai dengan jari menggunakan pewarna makanan
  • Memindahkan kacang dari satu mangkok ke mangkok lain
  • Melipat origami

Stimulasi Berfikir Kreatif (Aspek Kognitif)

Moms, cerdas artinya anak cepat menangkap, mengerti, mampu mengingat banyak hal, berkonsentrasi, selalu ingin tahu dan dapat berbicara dengan lancar.

Kreatif artinya anak punyak banyak ide, menciptakan benda atau ide yang berbeda, berani mencoba hal baru dab banyak bertanya.

Moms dapat mendukung rasa ingin tahun anak untuk menjadi anak yang cerdas kreatif dengan:
  • Ciptakan lingkungan yang aman
  • Berikan kesempatan bermain dan beraktifitas di lingkungan yang beragam
  • Ajak anak mengobrol tantang hal hal yang menarik bagi anak

Tingkatkan Kreatifitas anak untuk menjadi anak cerdas dan kreatif dengan:
  • Membuat karya seni
  • Mewarnai (alat tulis berdiameter lebih besar)
  • Lakukan hal berbeda
  • (lewat jalan yang berbeda)
asah potensi prestasi anak generasi maju
Mewarnai merupakan salah satu upaya mengasah potensi prestasi anak menjadi anak yang berfikir kreatif

Stimulasi Supel

Moms tentu senang bila anak supel dan punya banyak teman. Anak yang supel artinya bisa berteman dan bekerja sama, berbagi, sopan, mamu mendamaikan pertengkaran dan memiliki keterampilan sosial lainnya.

Moms bisa melatih kemampuan interaksi anak dengan orang lain melalui kegiatan bermain seperti:
  • Bermain berdampingan, anak mulai menunjukan ketertarikannya pada teman lain, namun tidak selalu bermain bersama
  • Bermain dengan kerjasama, anak bermain bersama teman lain dalam satu permainan.

Stimulasi Mandiri

Moms,mandiri bukan berarti anak sama sekali tidak membutuhkan moms atau orang lain ya.. namun anak yang mandri akan lebih mengandalkan diri sendiri untuk melakukan kegiatannya.

  • Latih kemandirian anak dengan memberikan tugas sederhana seperti:
  • Makan sendiri, tidak disuapi
  • Pipis di toilet
  • Pakai baju sendiri
  • Membereskan mainan
  • Mengkancingkan baju sendiri

Stimulasi Percaya Diri

Moms, percaya diri sering diartikan sebagai senang tampil, namun tahukah moms bahwa percaya diri berarti anak memiliki keyakinan terhadap kemampuan dirinya.

Yuk moms, kenali apakah anak memiliki potensi prestasi percaya diri sesuai dengan usianya.
  • Berikan kesempatan, selama aman dilakukan oleh anak
  • Beri pujian selepas anak melakukan sesuatu

Nutrisi Untuk 5 Potensi Prestasi Anak


Mom, nutrisi apa saja sih yang dibutuhkan anak untuk mendukung 5  potensi prestasi anak generasi maju, yaitu:
  1. Cerdas Kreatif, nutrisi mnyak ikan dan omega 3 untuk mendukung perkembangan otak anak
  2. Tumbuh Tinggi dan Kuat, pastikan anak mendapatkan nutrisi penting yang dapat mendukung tulang kuat seperti kalsium dan vitamin D
  3. Mandiri, Protein, Vitamin dan Mineral penting untuk mendukung si kecil tumbuh dengan optimal dan mandiri
  4. Supel, penelitian menunjukan bahwa kesehatan saluran cerna mempengaruhi mood, pastikan anak mendapatkan nutrisi baik FOS-Unulin untuk mendukung kesehatan saluran cerna anak,
  5. Percaya Diri, Pastikan anak mendapatkan asupan Selenium, Vitamin C, Vitamin E, yang menjaga daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit dan memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi.

SGM Eksplor Dukung Generasi Maju


Dukungan SGM Eksplor untuk dukung generasi maju dengan menyiapkan nutrisi Complinutri yang dilengkapi dengan Minyak Ikan & Omega 3, Kalsium & Vitamin D, Serat Pangan Inulin, Zinc & Vitamin C. Selain menghadirkan produk nutrisi, SGM Eksplor juga melakukan berbagai upaya edukasi tentang nutrisi seimbang.
 
“Kami percaya bahwa kemajuan bangsa Indonesia sangat bergantung pada prestasi sumber daya manusianya. Pada Hari Anak Nasional 2019 SGM Eksplor mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyadari pentingnya dukungan pemenuhan nutrisi dan stimulasi tepat untuk terwujudnya Anak Generasi Maju.” Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor

Tidak hanya pemenuhan nutrisi, SGM Eksplor juga mendorong diberikannya stimulasi tepat sedini mungkin bagi si Kecil, salah satunya  dengan menghadirkan Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju.

Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju


Di Taman ini, disediakan berbagai kegiatan menarik dan edukatif mulai dari lomba mewarnai, Berbagai arena permainan yang seru & edukatif seperti Taman Cerdas Berkreasi, Taman Ketangkasan, Taman Petualangan, Taman Sehat dan juga sesi edukasi gizi untuk anak serta MOBI SGM Eksplor.

Untuk menambah semarak perayaan Hari Anak Nasional, kami juga mengadakan  fun walk dan parade anak generasi maju Bersama 1.000 partisipan, serta meet & greet dengan Upin & Ipin.

Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju dirancang khusus untuk mengasah 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju melalui permainan menarik di 4 Taman Prestasi yang terdiri dari: Taman Cerdas Berkreasi, Taman Ketangkasan, Taman Petualangan, dan Taman Sehat.

Taman Cerdas Berkreasi

Taman ini dapat mendukung potensi prestasi  Berfikir Kreatif, Mandiri, dan Percaya Diri anak melalui permainan simulasi Pilot Generasi Maju.

Anak diajak untuk menerbangkan pesawat sambil menghindari rintangan. Sekolah Generasi Maju anak diajak untuk belajar menulis & Bahasa Inggris, mengenal warna serta mengenal alat musik.

taman prestasi generasi maju asah potensi prestasi anak
Taman Cerdas Kreasi Asah Potensi Prestasi Anak

taman prestasi generasi maju asah potensi prestasi anak
Taman Cerdas Kreasi Asah Potensi Prestasi Anak

taman prestasi generasi maju asah potensi prestasi anak
Taman Cerdas Kreasi Asah Potensi Prestasi Anak

Taman Ketangkasan dan Taman Petualangan

Anak dapat diajak bermain untuk mendukung potensi prestasi Bantu Tumbuh Kembang, Mandiri, dan Percaya Diri melalui permainan Wall Climbing, Flying Fox dan Bouncy Trampoline.

Taman Ketangkasan dan Taman Petualangan Asah Potensi Prestasi Anak

Taman Ketangkasan dan Taman Petualangan Asah Potensi Prestasi Anak

Taman Sehat

Taman inidapat mendukung potensi prestasi Supel, Berpikir Kreatif, Percaya Diri, Bantu Tumbuh Kembang melalui permainan Milk Factory.

Melalui permainan yang ada di taman prestasi sahabat generasi maju, orang tua dan anak-anak dapat mempelajari dan mengenal beberapa stimulasi yang dapat mendukung serta mengasah potensi prestasi anak.

Taman Sehat Asah Potensi Prestasi Anak

“Penting untuk memberikan dukungan komplit bagi si kecil yang terdiri dari pemenuhan nutrisi, dan stimulasi yang tepat untuk mendukung dan mengasah potensi prestasi si Kecil agar bantu berpikir kreatif, supel, mandiri serta percaya diri. Semua aspek tersebut  penting untuk  dikembangkan sedini mungkin agar kelak si Kecil menjadi generasi maju yang berprestasi dan berkepribadian baik.” Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Psikolog Anak dan Keluarga

Anak Bangsa Berprestasi

Tidak hanya orang tua, kemajuan generasi bangsa Indonesia juga harus menjadi perhatian semua pihak untuk ikut mendukung anak-anak Indonesia lainnya agar bisa menjadi generasi maju.

Menurut Mikha Tambayong, anak bangsa berprestasi, memimpikan Indonesia yang lebih baik dan lebih maju di masa depan bukanlah hal yang mustahil apabila semua pihak turut mendukung. Dukungan sekecil apapun dapat berarti untuk mengembangkan potensi prestasi anak Indonesia.

taman prestasi generasi maju asah potensi prestasi anak
Narasumber "Taman Prestasi Generasi Maju" Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Psi, Psikolog Anak, Mikha Tambayong, Sosok Anak Bangsa Berprestasi, Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor, FX Sudirman, Senayan, Jakarta (21 Juli 2019)

“Saya percaya setiap anak memiliki potensi untuk mencapai kemajuan. Namun, yang membuat beda adalah bakat atau ketertarikan yang mereka miliki” Mikha Tambayong, anak bangsa berprestasi

Sejak kecil, selain mendukung dengan nutrisi dan stimulasi, orang tua Mikha terus mendorong Mikha untuk mencari bakat tersebut dan terus belajar agar bisa mengembangkannya, baik itu di dunia seni maupun akademis.

Kemajuan dan perkembangan jaman sekarang dapat digunakan sebagai senjata untuk bisa maju mencapai prestasi untuk kebaikan orang-orang disekitar dan bangsa Indonesia. Namun, kesuksesan anak-anak Indonesia bukan hanya di tangan para orang tua mereka, tapi juga di tangan kita generasi muda.

Rangkaian Inisiatif SGM Eksplor Untuk Dukung Generasi Maju


SGM Eksplor terus berkomitmen untuk mendukung generasi maju seperti:
  1. Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju juga telah mendorong edukasi nutrisi dan stimulasi dari 3.000 partisipan di 3 kota besar lainnya yaitu Surabaya, 21 April 2019, Medan (27 April 2019), Yogyakarta (28 April 2019), dan terakhir di Bandung  (28 Juli 2019).
  2. Edukasi nutrisi melalui Mini Mobi akan berkeliling ke 11.000 area di Indonesia
  3. Untuk menjangkau lebih banyak orang tua, edukasi nutrisi seimbang juga dilakukan melalui media digital di Facebook Aku Anak SGM, Instagram @AkuanakSGM, serta aktivitas live chat di media sosial dimana ibu bisa secara langsung berkonsultasi dengan para ahli seperti dokter & psikolog anak.
taman prestasi generasi maju asah potensi prestasi anak
Taman Prestasi Generasi Maju Asah Potensi Prestasi Anak

Rangkaian inisiatif yang dilakukan merupakan bentuk dukungan dan komitmen SGM Eksplor untuk terus memberikan edukasi tentang pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang tepat.

Dengan nutrisi dan stimulasi yang tepat sejak dini, diharapkan anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sehingga mendorong terciptanya generasi maju yang berkualitas dan berprestasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan.

Kesimpulan

  1. Dengan nutrisi dan stimulasi yang tepat sejak dini, diharapkan anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
  2. Asah potensi prestasi anak agar tumbuh berpikir kreatif, supel, mandiri serta percaya diri
  3. Tidak hanya orangtua, perlu dukungan semua pihak untuk mendorong terciptanya generasi maju yang berkualitas dan berprestasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan.
  4. Dukungan SGM Eksplor dengan Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju untuk mengasah 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju melalui permainan menarik di 4 Taman Prestasi yang terdiri dari: Taman Cerdas Berkreasi, Taman Ketangkasan, Taman Petualangan, dan Taman Sehat.
  5. Dukungan SGM Eksplor melalui edukasi nutrisi melalui Mini Mobi akan berkeliling ke 11.000 area di Indonesia.
  6. Untuk menjangkau lebih banyak orang tua, edukasi nutrisi seimbang juga dilakukan melalui media digital di Facebook Aku Anak SGM, Instagram @AkuanakSGM, serta aktivitas live chat di media sosial dimana ibu bisa secara langsung berkonsultasi dengan para ahli seperti dokter & psikolog anak.

Semoga informasi tentang potensi prestasi anak dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya orangtua, dengan terus asah potensi prestasi anak untuk menghasilkan anak generasi maju.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

24 komentar:

  1. Dari artikel di atas sepertinya saya masih kurang memfasilitasi anak stimulasi aspek kognitif nih. Padahal caranya sederhana aja ya. Selama ini saya lebih fokus ke aspek motoriknya. Terimakasih informasinya mbak ^^

    BalasHapus
  2. Acara yg dihelat SGM pasti seruuuu dan penuh dgn ilmu.
    Keren buanget mak.

    BalasHapus
  3. Banyak juga yang stimulasi untuk membentuk karakter seorang anak. Dan SGM mendukungnya dengan sepenuh hati, bikin beragam taman untuk anak calon generasi maju

    BalasHapus
  4. Anak generasi maju memang kudu tumbuh tinggi dan kuat ya mba, oleh karenanya wajib banget terpenuhi nutrisinya.
    Untungnya ada susu SGM Eksplor yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak :)

    BalasHapus
  5. Masih PR banget nih buat saya untuk lebih rajin menfasilitasi dan melatih anak dalam hal stimulasinya baik motorik maupun kognitif ya.

    Bagus banget acara SGM yang mengedukasi masyarakat tentang hal tersebut, gak hanya melalui online, bahkan langsung ke dekat masyarakat melalui event anak generasi maju ini :)

    BalasHapus
  6. Kalau bukan orang tua yang mendukung potensi anak siapa lagi ya. Sebagai orangtua perlu tau potensi anak ini seperti apa supaya bisa diarahkan dan anak lebih maju lagi.
    Lewat nutrisi juga orangtua bisa memberikan dukungannya ya supaya anak bisa tetap sehat dan berprestasi

    BalasHapus
  7. event dari SGM kok ya banyak banget, variatif dan edukatif untuk orang tua.
    saya sangat mengapresiasi corporate yang proaktif mengedukasi para customernya seperti SGM ini <3

    BalasHapus
  8. Langsung setuju banget pas sampai di bagaian ini:

    "... setiap anak memiliki potensi prestasi yang berbeda beda, orangtua perlu mengasah potensi prestasi anak untuk jadi generasi maju Indonesia"

    ... salah satunya dengan memberi asupan nutrisi kepada buah hati!

    BalasHapus
  9. Semoga anak-anak kita terpenuhi nutrisinya ya agar tumbuh kembang secara optimal. Btw Kezia juga minum SGM lho hehe.

    BalasHapus
  10. Semoga program SGM eksplor ini merata dan berkelanjutan ya di banyak daerah di Indonesia, nggak hanya di kota-kota besar. Karena masih banyak anak-anak rendah gizi hingga stunting di luar sana. Hiks

    BalasHapus
  11. Seneng deh SGM kalau sering ngadain acara sprti ini, selain kita jd aware sama nutrisi utk anak, dengan acara-acara ini juga jadi mengasah berbagai aspek perkembangan anak, yang pastinya harus dilanjut lagi di rumah/sekolahnya....

    BalasHapus
  12. Seru banget tamannya mbak, apalagi bawa anak pasti menyenangkan banget. Saya juga sering menstimulasi berbagai hal kepada si kecil agar lebih mandiri mbak. SGM memang top untuk memberikan nutrisi dan membuat event keren seperti ini.

    BalasHapus
  13. Dengan pemberian stimulasi sejak dini diharapkan ini bisa menjadi bagian pertumbuhan optimal sehingga potensi anak lebih maju

    BalasHapus
  14. Orang tua mempunyai peran penting dalam mendukung tumbuh kembang anak ya mbak, sehingga anak terpacu untuk berprestasi sesuai minat dan bakatnya. Menstimulasi anak dengan kegiatan bermanfaat, menggali potensi anak, pastinya mengantarkan anak menjadi pribadi yang mandiri, siap tampil dengan bakat yang dimilikinya. Inspiratif banget acara yang diadakan SGM ini mbak

    BalasHapus
  15. Seru ya acaranya. Sudah sounding dari sebelumnya tapi tetap saja tidak bisa ikutan. Padahal anak saya paling suka kalau ada event seperti ini.
    Beginilah nasib wong pelosok. Banyak kendala karena jarak dlsb. Terimakasih reportasenya saya jadi bisa memantau hehehe

    BalasHapus
  16. Wah kegiatanya menarik buat keluarga khususnya yang punya anak kecil ya mbak. Anak2 bermain sambil belajar sementara orang tuanya mendapatkan informasi yang bermanfaat utk tumbuh kembang anak2.Betul nutrisi sanagt dibutuhkan buat tumbang anak.

    BalasHapus
  17. Banyak kegiatan menarik buat anak.
    Pgn deh bawa keponakan ke taman ini.

    BalasHapus
  18. SGM ini selalu saja bisa membuat kegiatan yang pas buat anak-anak ya mba. Anak juga jadi aktif dan berkembang :)

    BalasHapus
  19. Asyik banget acaranya ya Mbak, sayangnya gak di seluruh Indonesia ya diadakannya biar merata dan semua anak-anak Indonesia juga bisa belajar bermain seperti ini.
    membiasakan anak mandiri memang bagus banget tuk bekal mereka kelak.

    BalasHapus
  20. Asupan gizi memang penty ya..orang tua hrs perhatian banget ke yg satu ini selain kepada aspek potensi dan lainnya..

    BalasHapus
  21. Betul bangeet mba..anak - anak kita punya kepandaian unik yang harus kita cermati dan asah. Semua memang sudah ada bagiannya masing - masing yaaa

    BalasHapus
  22. anaknya kak elly gemesin banget sih... aku pernah ketemu dan emang mereka katif, ganteng terus cerdas yaa

    BalasHapus
  23. Senang sekali karena SGM memberikan wadah untuk ayah dan bunda memahami nutris penting dalam perjalanan hidup

    BalasHapus
  24. menyenangkan banget ini arena bermainnya buat anak-anak. SGM memang selalu concern sama tumbuh kembang anak

    BalasHapus

Instagram