Agar Rumah Aman Saat Liburan

agar rumah aman saat liburan

Liburan saatnya bersenang-senang, tetapi harus berhati-hati, tetap menjaga kesehatan selama liburan dan juga keamanan rumah yang ditinggalkan saat liburan.

Jangan sampai liburan tertanggu karena kita lengah dalam menjaga keamaan rumah saat ditinggal liburan. Ada baiknya sebelum meninggalkan rumah selama liburan, kita perhatikan hal-hal penting agar rumah aman saat liburan.


Holla..

Liburan menjadi saat yang ditunggu-tunggu, apalagi liburan bersama keluarga besar. Liburan selain menjadi agenda rutin tahunan keluarga, juga untuk mempererat hubungan dengan semasa anggota keluarga.

Agar liburan nyaman dan menyenangkan, kita juga perlu memperhatikan keamaan rumah saat ditinggal liburan. Banyak hal yang bisa dilaukan agar rumah aman saat libur.

Baca juga : Liburan Tiba, Siapkan Hal-Hal Penting Ini

Berikutadalah beberapa hal yang perlu dilakukan agar ruman aman saat liburan:

Pintu dan Jendela Terkunci

Tidak hanya pintu-pintu yang harus dikunci, tetapi jendela juga jangan lupa untuk ditutup dan dikunci.

Jika kita meninggalkan rumah dalam keadaan pintu atau jendela tidak terkunci, maka ketika ada angin kencang, pintu dan jendela yang tidak terkunci akan membuat pintu dan jendela terbuka.

Apalagi pintu dan jendela terbuka, dapat memancing pencuri untuk masuk ke dalam. Pastikan semua pintu dan jendela sudah tertutup rapat, dikunci dan apabila diperlukan pintu pagar juga di gembok.

agar rumah aman saat liburan
free ficture from paxels.com

Nyalakan lampu

Menyalakan lampu dalam ruangan dapat menjadi penanda bahwa “ada orang di rumah”. Meskipun terkesan boros karena lampu menyala tanpa ada penghuni, hal ini cukup efektif untuk menandakan bahwa ada kehidupan di dalam rumah.

Tidak hanya lampu dalam ruangan, lampu teras juga dinyalakan. Rumah kosong yang ditinggalkan dalam keadaan gelap sangat rawan kemasukan penjahat.

Barang Berharga Diamankan

Amankan barang-barang berharga, seperti koleksi perhiasan, surat berharga dan lain-lainnya pada tempat yang aman, bila perlu disimpan dalam brangkas.

Brankas merupakan pengamanan ganda, tidak mudah pencuri dapat membukanya karena perlu kode khusus untuk membuka brangkas. Lalu sembunyikan di tempat yang paling aman, yang hanya diketahui oleh anggota keluarga tertentu saja..

Memasang Alarm atau CCTV

Tidak ada ruginya jika kita memasang alarm atau CCTV saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong atau hendak liburan, semua demi keamanan.

Jaman now, harus menggunakan teknologi canggih untuk membantu meningkatkan keamaan rumah. CCTV juga dapat dikendalikan dan dipantau dari jarak jauh melalui ponsel pintar lho, jadi saat liburanpun kita dapat terhubung dengan rumah

agar rumah aman saat liburan
Free Ficture from freefik.com

Memberitahu Tetangga

Menjaga hubungan baik dengan tetangga penting, kita juga bisa mempercayakan keamaan rumah saat kita tinggal liburan kepada tetangga, jika mereka tidak pergi liburan juga lho ya.

Selain untuk mempererat silaturahmi, tetangga adalah orang terdekat yang dapat dipercaya untuk menjaga rumahm. Jika perlu, titipkan kunci rumah kepada tetangga jika kita merasa lebih nyaman.


Cabut Colokan Listrik dan Selang Tabung Gas

Sering terjadi kebakaran akibat hubungan arus pendek dan meledaknya tabung gas secara tidak sengaja. Selain itu, mencabut aliran listrik saat dapat menghemat pengeluaran listrik selama kamu tidak di rumah.

Asuransi HappyHome

Bukan mau menakut-nakuti, tetapi kita tidak tahu resiko apa yang akan terjadi pada rumah kita selama ditinggal liburan, apalagi lburan dalam waktu yang lama.

Jangan sampai liburan terganggu dengan rasa khawatir dan was-was yang berlebihan. Kita bisa memilih perlindungan rumah menggunakan HappyHome dari HappyOne.

HappyHome merupakan asuransi kebakaran yang memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke). 

agar rumah aman saat liburan
 Sumber Gambar happyone.id


--

Semoga informasinya bermanfaat ya dan pastikan semua hal-hal penting diatas dilakukan ya.. agar rumah aman saat liburan dan liburan bisa lebih menyenangkan tanpa khawatir dan was-was yang berlebihan.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

17 komentar:

  1. Iya, kadang saking senengnya mau liburan, jadi lupa cek-cek ulang ya, bahaya kalau sampai misalnya komoor nyala atau kran ngalir

    BalasHapus
  2. Salah satu ikhtiar yang perlu dilakukan adalah mebackupnya dengan asuransi,. jadi klo kenapa kenapa ada yang mengcover

    BalasHapus
  3. Wah, sekarang liburan lama pun jadi aman ya dengan perlindungan asuransi.

    BalasHapus
  4. Iya bener mbak, meskipun secara fisik rumah sudah diamankan, tapi alangkah baiknya kita juga persiapkan keamanan dengan asuransi supaya lebih happy

    BalasHapus
  5. Nah iya betul banget tuh ka, liburan aman nyaman dan happy ya apalagi udah ada Asuransi HappyOne ya ;)

    Yang aku suka dari HappyOne itu mudah, praktis dan harganya juga terjangkau ya!

    BalasHapus
  6. huhuhuhuhuh penting banget nih buat pengingat. Selain kudu cek dan cek lagi kalau mau pergi, penting juga kalau rumah diasuransikan yaaa...

    Thanks for sharing yaaa

    BalasHapus
  7. Nyaman aman ya kalau rumah sudah diasuransikan. Pun tetap periksa semua sebelum ditinggal pergi.

    BalasHapus
  8. Melindungi rumah saat berpergian dengan asuransi memang bikin tenang. Cara aman lain yang paling sering digunakan adala dengan titip ke tetangga atau penjaga keamanan setempat.

    BalasHapus
  9. Memang kalau.meninggalkan rumah kosong itu banyak hal yg hrs disiapkan ya apalagi klo wktnya lama..

    BalasHapus
  10. Kalau mau pergi nginep pasti cek n ricek rumah bisa 2-4x karena sekeluarga ga pede šŸ¤£kadang baru keluar komplek nanya 'ini udah? Itu udah? '

    BalasHapus
  11. Kalo mau bepergian memang hrus double check ya kak ,suka ada aja yg ketinggalan dan kelupaan.
    Buat jaga2 memang baiknya kita pakai proteksi asuransi buat rumah, berharap sih gk terjadi apa2,tp namanya musibah ya, gak ada yg tau.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah aku tinggalnya masih dikelilingi saudara. Jadi kalau bepergian biasanya nitip kunci sama tante. Saudara yang lain juga kalau liburan suka nitip kunci sama aku hihi. Jadi kalau misa di tengah jalan baru ingat listrik atau selang gas belum dicabut bisa minta bantuan untuk mencabutnya. Dan zaman now asuransi juga tetap butuh dong yaa.

    BalasHapus
  13. Iyess. Kalau mau liburan atau ninggalin rumah untuk beberapa hari suka bikin deg2an ya. Penting banget persiapan ekstra biar nyaman ya mba.m

    BalasHapus
  14. Kalo sudah diasuransikan, jadi lebih aman kalo ada apa2. Dan saya juga biasa nitip ke tetangga jg...

    BalasHapus
  15. Iya, Kita harus was pada melindunginya rumah. Info je pengurus RT atau yetangga nuga PENTING, selain asuransi.

    BalasHapus
  16. Penting banget ini mbak, apalagi di kota-kota besar. suka was-was kalau ninggalin rumah.

    BalasHapus
  17. informasinya berfaedah banget kak. Kalo rumah sudah diasuransikan jadi tenang deh ditinggal liburan kapan aja*

    BalasHapus

Instagram