Tips Menjaga Kesehatan dan Keselamatan di Musim Hujan

tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan

Perubahan musim perlu diwaspadai, tidak jarang perubahan musim mempengaruhi aktifitas seseorang. Tidak hanya itu saja, perubahan cuaca juga mempengaruhi kesehatan.



Untuk itu dibutuhkan persiapan untuk menghadapi perubahan musim khususnya musim hujan. Lalu bagaimana tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan?


Dear Healthy People,

Bagaimana keadaan cuaca di daerah kalian? apakah hujan sudah semakin sering turun? selalu cerah? atau kombinasi, pagi cerah lalu sore hujan?

Keadaan cuaca mempengaruhi kegiatan seseorang, pada saat hujan, kita lebih banyak melakukan kegiatan di dalam ruangan. Jika hujan turun sangat lebat disertai guntur dan angin kencang, genangan air atau bahkan banjir bisa terjadi lalu jadwal penerbangan dan pelayaran bisa ditunda lho untuk menjaga keselamatan penumpang.

Selain itu, hujan juga memiliki manfaat positif, yaitu hujan dapat membuat tanaman menjadi subur, tanpa harus disiram. Duh akutuh masih aja sering ngeluh saat hujan, padahal hujan juga memiliki manfaat ya..

Selain mempengaruhi aktifitas, cuaca juga mempengaruhi cara berpakaian dan lain-lainya.

Tips Menjaga Kesehatan dan Keselamatan di Musim Hujan

Gunakan Pakaian Tebal

Pada cuaca dingin, kita tidak banyak menyeluarkan keringat, kita dapat memakai pakaian yang tebal, misalnya pakaian yang terbuat dari bahan wol. Pakaian dari  bahan wol akan mengangatkan tubuh.

tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan
Dokumen Pribadi

Sedia Payung di Tas

Walaupun cuaca hujan bisa diprediksi dengan melihat kondisi langit, tidak ada salahnya kita selalu sedia payung dalam tas, payung kecil lipat saja, jangan yang besar.

Payung wajib tersedia dalam tas, bagi kamu yang tidak membawa kendaraan pribagi, seperti saya contohnya selalu menggunakaan kendaraan umum. Jadi kita hujan datang dan kita harus keluar kendaraan umum, bisa menggunakan payung agar badan tidak basah dan bisa datang ke lokasi tepat waktu (ngga ada alasan karena hujan).

tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan
Dokumen Pribadi

Menggunakan Mantel atau Jas Hujan

Buat para kaum Adam yang menggendarai motor nih, biasanya nekat banget, walaupun hujan tetap aja hajarr… alasannya supaya ngga kena macet, biasanya selepas hujan, datanglah banjir dan macet hehe. Agar tubuh tidak basah dan terhindar dari banjir dan macet bisa menggunakan mantel atau jas hujan.

tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan
Dokumen Pribadi

Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Agar terhindar dari penyakit, di musim hujan, perilaku hidup bersih dan sehat harus diperhatikan ya.. biasanya penyakit lebih mudah menyerang kita daripada di musim panas.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, beberapa perilaku hidup bersih yang harus dilaksanakan antara lain: makan atau minum yang sudah dimasak, tidak jajan sembarangan, beristirahat cukup demi menjaga pertahanan tubuh. Juga agar Anda tetap mengupayakan kebersihan diri dan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu mencuci tangan dengan memakai sabun.

tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan
Sumber Image Promkes.Net

Konsumsi Vitamin

Agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit, tidak ada ruginya jika kita mengkonsumsi vitamin. Pilih vitamin sesuai dengan kebutuhan, biasanya Vitamin C yang sering dibutuhkan saat musim hujan.

tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan
                                                                       Dokumen Pribadi

Perlindungan Diri

Ngga ada salahnya kita melakukan perlindungan diri, karena kita tidak pernah tahu kemungkinan risiko bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Jika kita sakit atau terjadi sesuatu dijalan, kita sudah memiliki perlindungan dari HappyOne yaitu HappyMe.

HappyMe memberikan perlindungan bagi diri atas risiko kecelakaan diri. Di HappyOne.ID kamu bisa tentukan sendiri biaya pertaggungan atau premi yang diinginkan. 

tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan
Image Sumber www.happyone.id

--

Semoga tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan bermanfaat ya.. ngga ada ruginya segala sesuatu dipersiapkan serta dilaksanakan. Jika semua tips diatas sudah dipersiapkan, InshaAllah kita dapat menghadapi musim hujan dengan penuh baik.
Kita harus yakin dan percaya bahwa persiapan yang baik akan menunjukan hasil yang baik juga, aku sih YES.

Semoga tips menjaga kesehatan dan keselamatan di musim hujan ini bermanfaat ya.. boleh juga dong share bagaimana persiapan kalian dalam menghadapi musim hujan.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

12 komentar:

  1. Setuju banget dengan tipsnya mbak, karena sehat itu mahal, dan alhamdulillah saya juga sudah ada proteksi dari happyone.id

    BalasHapus
  2. iya nih mba udah masuk musim hujan. aku biasanya selalu bawa jaket tapi yg kadang sering lupa tuh bawa payung. soalnya seringnya bawa tasnya kecil-kecil jadi jarang keingetan masukin payung. semoga kita semua terhindar dari penyakit2 yg selalu datang di musim penghujan yaa

    BalasHapus
  3. Saya selalu bawa jaket atau jas hujan (kalau payung sering rusak atau hilang hiks) minum vitamin juga perlu.. Musim hujan sampai maret ya.. Siap-siap tas jadi tebal 😁

    BalasHapus
  4. Musim hujan memang harus banget menjaga kesehatan ya mbak. Apalagi kalau sering aktivitas diluar ruangan, risiko dijalan juga sangat besar. Untung sekarang ada asuransi Happyme dari happyoneid. Jadi bisa beli asuransi sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  5. bener banget mba ,apalagi dimusim hujan seperti ini mesti memproteksi diri buat persiapan. seperti mengantisipasi dengan happyone.id

    BalasHapus
  6. Disaat musim tidak bisa diprediksi dan banyak diberitakan kejadian bencana maupun kecelakaan saat itu asuransi sangat berguna buat jaga-jaga ya...

    BalasHapus
  7. Dimusim pancoraba seperti saat ini yg sering galau kadang hujan kadang engga, saya juga mulai rajin bawa payung kemana2. Dan iya banget tuh di musim seperti ini harus banget jaga kesehatan karena sangat rentan terserang penyakit terutama flu

    BalasHapus
  8. Iya nih lagi musim penyakit haris pinter2 jaga diri biar tidak mudah sakit. Asuransi penting buat jaga2...

    BalasHapus
  9. Penting banget memperhatikan kesehatan ketika musim hujan tiba.. Apalagi kalau kita selalu mobile keluar rumah naik motor atau angkutan umum, sesekali pasti deh kita kehujanan..

    BalasHapus
  10. kalo aku suka lupa bawak payung saat hujan, hihihi. tapi benaran persiapan matang itu menentukan hasil yah, jaga2 buat ga sakit

    BalasHapus
  11. Terima kasih Mbak tipnya memang waktu musim hujan gini ke mana-mana perlu membawa payung karena kita tidak tahu kapan Hujan akan turun dan paling sangat membantu kita

    BalasHapus
  12. Penting banget nih memang tips diterapkan. Bawa payung, mantel, minum vitamin, dan juga selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Jika tubuh sehat, aktivitas pasti lancar.

    BalasHapus

Instagram