Liburan Tiba, Siapkan Hal-Hal Penting Ini

liburan tiba siapkan hal hal penting ini

Liburan tiba.. horay! siapa sih yang ngga suka liburan? hampir semua orang sangat menantikan waktu liburan, baik libur di akhir pekan, libur tanggal merah, libur hari raya maupun liburan sekolah dan liburan akhir tahun.

Liburan akhir tahun menjadi momen liburan favorit, karena biasanya waktu liburan lebih panjang sekaligus hendak merasakan momen pergantian tahun ditempat-tempat favorit baik di dalam maupun luar negeri. Tidak ada salahnya kita mempersiapkan hal-hal penting agar liburan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.


Holla..

Sudah merencanakan liburan akhir tahun kemana? liburan sama siapa? liburan dimana? Ish ko jadi kepo gini sih hehe.. kalo urusan liburan akutuh paling semangat, karena liburan bagi aku menjadi mement kebersamaan keluarga yang tak terlupakan.

Bagi yang sudah berkeluarga pasti setuju dengan pendapat saya, bahwa liburan bersama keluarga itu momen indah yang tidak terlupakan, apalagi liburan dapat mendekatkan hubungan antara orangtua dan anak.

Bagi yang masih single, liburan juga penting lho.. memangnya ngga lelah apa dengan rutinitas jumblo harian hehe.. pasti butuh refreshing juga supaya ngga suntuk.

Liburan kemana saja dan dengan siapa saja, tentu harus dipersiapkan dengan matang. Agar liburan berjalan dengan baik dan lancar, kamu bisa mempersiapkan hal-hal penting ini agar liburan lebih nyaman dan menyenangkan.

Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Liburan

Setiap orang yang akan pergi berlibur pasti akan mempersiapkan dengan matang apa yang akan dilakukan selama liburan.

Meskipun liburan tanpa persiapan terdengar menyenangkan, kita pasti tidak ingin mengorbankan waktu liburan yang telah ditunggu-tunggu menjadi sia-sia, bukan?

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum liburan.

1. Rencanakan lokasi, tempat dan hotel selama liburan

Mau liburan kemana? pantai, gunung, wisata alam? dimana tempat penginapannya selama liburan? liburan bersama keluarga, pasangan, sahabat atau rekan kerja? Liburan kemana saja dan dengan siapa saja, penting membuat perencanaan yang matang.

Perencanaan tempat atau lokasi liburan bertujuan agar kita tidak melewatkan 1 hal pun di tempat liburan nanti. Buatlah beberapa alternatif tempat wisata sehingga semua yang ikut lburan juga bisa memilih tempat mana yang akan dituju selama liburan.

liburan tiba siapkan hal hal penting ini
 Source : papuaparadise.com

2. Rencanakan liburan jauh hari

Liburan harus dipersiapkan jauh hari, kita bisa memilh waktu liburan saat musim liburan dan hari biasa. Harga tiket pada musim liburan tentu lebih mahal dibandingkan hari biasa. Namun hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika kita sudah merencanakan liburan jauh hari sebelumnya. 

Kita juga harus menentukan berapa lama waktu yang akan kita gunakan untuk berlibur. Apakah akan pergi berlibur selama 3 hari, 1 minggu, atau hanya di akhir minggu saja.

Perencanaan liburan jauh hari dan waktu liburan berapa lama, akan bermanfaat untuk hal lain yang akan dipersiapkan.

3. Persiapkan Budget Khusus

Setelah memiliki jadwal yang terencana dan berapa lama akan liburan, kita bisa mulai memperhitungkan jumlah estimasi budget yang dibutuhkan. Lebih baik disiapkan lebih daripada kekurangan budget ketika liburan.

Jika liburan bersama keluarga, mungkin bisa sedikit tenang kita bisa diskusi dengan pasangan, tapi bagaimana jika liburan bersama teman? semua yang ikut bisa mempersiapkan nominal yang harus dibawa, diskusi bersama teman itu lebih baik.

Setelah mengetahui estimasi budget liburan, kita dapat segera menabung, budget liburan akan terasa ringan jika kita menabung sedikit demi sedikit.

4. Transportasi

Pikirkan juga alat transportasi yang akan digunakan untuk sampai ke tempat tujuan. Apakah menggunakan pesawat, kereta, bus atau membawa mobil sendiri? Jika ingin lebih hemat, lebih baik menggunakan jasa rental mobil.

Menggunakan jasa rental mobil untuk berlibur, bisa menghemat biaya lho. Bisa menyewa kendaraan dengan fasilitas supir ataupun tanpa supir. Jika liburan dalam waktu yang lama, lebih baik memilih menggunakan mobil rental. Kita bisa santai berlibur, capek jika liburan nyetir mobil sendiri.

liburan tiba siapkan hal hal penting ini
 Source : google.com

5. Pakaian dan perlengkapan Lainnya

Pastikan juga jumlah pakaian yang disiapkan untuk berlibur sudah cukup (tidak berlebihan/kurang). Bawa juga berbagai perlengkapan seperti power bank, handuk, dan keperluan lainnya yang dianggap penting. Jangan membawa terlalu banyak barang yang sebenarnya tidak perlu karena hanya akan memberatkan bawaan saja.

6. Obat-Obatan

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan, apalagi jika membawa anak dan juga p3k dan yang direkomendasikan oleh dokter. Mempersiapkan semuanya diawal adalah langkah paling bijak untuk membuat liburan terasa menyenangkan.

7. Kondisi fisik yang bugar

Kondisi fisik haruslah tetap fit, baik sebelum liburan dan selama liburan. Karena itu, rutinlah berolahraga dari sekarang untuk menjaga kesehatan tubuh. Duh, ngga enak banget kan, jika saat liburan kondisi tubuh kita justru kurang fit.
 

8. Perlindungan Selama Liburan

Last but not least, perlindungan selama liburan menjadi hal penting juga. Walaupun lburan sudah terencana dengan matang, kita tidak tahu risiko apa yang akan terjadi saat liburan. Seperti kehilangan bagasi di bandara atau kejadian yang tidak menyenangkan lainnya.

Tapi semuanya akan teratasi jika kita sudah memiliki suransi perjalanan dari Happyone.id yang memberikan kita perlindungan selamat liburan, baik liburan dalam negeri maupun luar negeri, meliputi :

  • Pembatalan dan perubahan perjalanan
  • Biaya medis kecelakaan
  • Keterlambatan penerbangan
  • Jaminan bagasi dan barang pribadi
liburan tiba, siapkan perlindungan liburan dengan happytrip
Source : www.happyone.id

--

Dengan mempersiapkan hal-hal penting sebelum liburan, InshaAllah liburan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Selamat menikmati liburan bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

12 komentar:

  1. Wah semua ini bikin nyaman aman ya apalagi di dukung asuransi yang handal. Semua dimudahkan ini kak.

    BalasHapus
  2. Obat2an selalulah saya bawa kalau mau bepergian liburan. Soalnya saya suka mudah sakit kepala. Ga seru jadinya kalau liburan eh malah sakit

    BalasHapus
  3. Zaman sekarang mah, persiapan matang untuk berlibur penting ya. Berbagai risiko kayaknya merongrong kita. Dan asuransi mutlak diperlukan. happyTrip ini salah satu asuransi yang menarik. Manfaatnya pas, preminya murah, belinya juga praktis secara online. Kudu nyoba nih.

    BalasHapus
  4. Happy Holiday, siapa ya yang gak seneng dengan dua kata itu? Hehehe
    Syukurlah kalau holiday sekarang ada asuransi yang menjamin, terlebih untuk bagasi yang harus dijaga keamanannya.

    BalasHapus
  5. Horeeee, selamat berlibur. Terima kasih utk informasinya. Bisa Saya oraktekan. Supaya liburan berjalan dengan ok.

    BalasHapus
  6. Iyah kadang suka nggak mempersiapkan liburan padahal penting banget ya agar liburannya lebih seru dan mengasyikkan

    BalasHapus
  7. setuju... asuransi erjalanan penting banget! kita ngga pernah tahu kejadian yang menimpa selama diperjalanan lagipula ada beberapa negara yang mewajibkan turis yang datang memiliki asuransi

    BalasHapus
  8. Semua itu penting emang. Paling penring sih buatku ya duit. Ga bawa barang banyak gpp. Bisa dibeli mah kalo baju dan makanan. Hehe. Dan asuransi, ya betul. Kl ada pa apa bs ngebantu banget

    BalasHapus
  9. Saat ini musibah bisa menghampiri kita kapan saja dan nggak pernah kita ketahui. Alih2 mau liburan, malah musibah yg menghampiri. Jadi selain persiapan kebutuhan pribadi dan keluarga, rasanya akan lebih lengkap lagi kalau dilengkapi dengan asuransi juga ya Kak, jadi liburanyaa bisa lebih tenang dan nyaman.

    BalasHapus
  10. kalau udah punya anak memang persiapan liburan jadi lebih detail ya mbak..biar liburan nyaman dan nggak rempong

    BalasHapus
  11. Jauh2 hari jg harus siapkan fisik :D Soalnya sering pas mau hari H eh malah drop #malahcurcol wkwkwk
    Zaman skrng yg namanya liuran udah jd kebutuhan pokok ya, makanya asuransi saat traveling jg wajib punya :D

    BalasHapus
  12. Terima kasih tipsnya mbak, saya mau nabung dulu buat jalan-jalan semester depan hehe

    BalasHapus

Instagram