Takdir Kejayaan Indonesia, Bagaimana Mewujudkannya?

takdir kejayaan indonesia

Indonesia memiliki begitu banyak "Jejak Kekayaan" mulai dari tradisi, budaya, sejarah dan kearifan lokal.

Jejak kekayaan tersebut menyambung menjadi sebuah mozaik kekayaan dan kemakmuran yang menunggu masa panen. Dan jejak kekayaan tersebut sudah semakin dekat menjadi Takdir Kejayaan.


Holla..

Bagaimana puasa Ramadhannya.. semoga berjalan lancar hingga finish dan kita semua mendapatkan predikat ketaqwaan.. Aamiin.

Ramadhan identik dengan silaturrahmi dan makan-makan, hayoo sudah seminggu puasa ramadhan sudah berapa kali menghadiri undangan buka puasa bersama? saya sih baru 2 hehe (baru.. bayak itu kakak).

Lalu apa hubungannya “Takdir Kejayaan” dengan ramadhan? ada dong.. selain makanan, pada tanggal 20 Mei 2018 bertepatan dengan hari kebangkitan nasional saya menghadiri sebuah acara yang bertajuk ”Indonesia 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan” di sebuah restorant di Jakarta Selatan.

Wuih, berat banget bahasannya? ngga juga ko, karena bukan sebuah visi yang tidak mungkin untuk diwujudkan, tapi sangat mungkin diwujudkan, mengingat Indonesia memiliki begitu banyak kearifan lokal yang sangat potensial.

Gimana, bingung ngga? jangan bingung.. ini saya jelaskan lebih detail ya, tentang apa itu takdir kejayaan Indonesia dan bagaimana mewujudkannya? siap ya.. santai aja kakak, bukan tentang politik ko, tapi tentang Bangsa dan Negara Indonesia.

Jejak Kejayaan

takdir kejayaan indonesia
Diskusi tentang Indonesia 2020 - Sebuah Takdir Kejayaan (20/05/18)

Jejak kejayaan Indonesia sangat berhubungan dengan takdir kejayaan Indonesia. Apa saja jejak kejayaan Indonesia? ada yang bisa menebak?

Jejak kejayaan Indonesia yang sangat jelas terlihat adalah dari hasil kekayaan alam. Indonesia merupakan negara kepulauan yang banyak menghasilkan berbagai jenis makanan laut. Indonesia merupakan negara tropis yang menghasilkan tumbuhan rempah-rempah yang hanya tumbuh subur di tanah air Indonesia.

hasil laut indonesia sebagai takdir kejayaan indonesia
Hasil kekayaan Laut Indonesia dapat di wujudkan sebagai Takdir Kejayaan Indonesia dalam kuliner

Jejak kejayaan berikutnya adalah Indonesia memiliki lebih dari 30 provinsi dan masing-masing provinsi memiliki makanan khas, makanan khas dari masing-masing daerah itu berbeda-beda dan biasanya lebih dari satu jenis makanan khas.

Bagaimana, sudah mulai jelas ya tentang jejak-jejak kekayaan Indonesia! lalu apa hubungannya dengan “Indonesia 2020 - Sebuah Takdir Kejayaan”.

Nilai Ekonomi Indonesia 2030

Pada tahun 2030, Indonesia diramalkan akan menduduki peringat ke 5 negera dengan nilai ekonomi US$ 5.434 triliun. Wow banyak banget kan itu,coba hitung, dengan uang sebanyak itu mau plesiran kemana, keliling dunia juga boleh hehe tapi sayang bukan uang saya pribadi, tapi pendapatan Negara Indonesia.

Masih percaya ramalan? bagi saya pribadi, ramalan itu sebuah motivasi, tidak langsung percaya 100% lalu pasrah, tapi jika ramalan itu positif, kita harus berusaha untuk mewujudkannya. Bagaimana mewujudkannya, yaitu dengan semua kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

Bicara tentang mampu atau tidak mampu mewujudkannya, seorang novelis menyatakan hal seperti ini.
“Indonesia itu sangat kaya, tapi hanya satu kelemahnnya yaitu belum dapat di kelola dengan baik” -Kanti W. Janis, Novelis-
Nah loh, belum dapat dikelola dengan baik itu sangat menyentil banget kan! huhu negara kita banyak orang-orang pintar dan berprestasi tapi belum mampu mengelola kekayaan alam Indonesia dengan baik?.

Kok bisa ya? ini nih yang menjadi teguran sekaligus motivasi saya untuk bergerak atau berkontribusi bagaimana mengelola kekayaan alam Indonesia sesuai dengan kemampuan atau keahlian saya.

sambal sebagai jejak kejayaan indonesia
Siapa yang ngga suka makan sambal coba? ini nih sebagai salah satu Takdir Kejayaan Indonesia jika dikelola dengan baik
 

Bagaimana Mewujudkan Kejayaan Indonesia

Lah, memang sekarang Indonesia belum berjaya? para atlet berprestasi mengharumkan nama bangsa, Indonesia tergabung dalam beberapa keanggotaan dunia dan tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang Pesta Olahraga Terbesar di Asia 2018. Apa itu bukan bukti kejayaan Indonesia?.

Indonesia juga sudah merdeka sejak tahun 1945 lho! apa yang kurang coba? Iya 1945 tahun kemerdekaan Indonesia, Prestasi atlet, keanggotaan Indonesia dalam organisasi Dunia dan menjadi tuan rumah pada pesta olahraga tahun 2018 ini merupakan salah satu kerjayaan Indonesia juga, tapi masih belum sempurna.

Kenapa belum sempurna? kembali ke jejak kejayaan Indonesia yang memiliki banyak kekayaan alamnya. Apakah dari hasil kekayaan alam Indonesia sudah banyak prestasi yang diraih? lebih banyak import hasil bumi atau export hasil bumi?

Tempe, Ikan asin, Sambal, Kerupuk merupakan jejak kejajaan Indonesia yang harus dikembangkan. Teringat ketika saya berada di Wellington, New Zealand selama 1 bulan pada tahun 2012. Disana saya begitu kangen makanan Indonesia, sambal menjadi makanan yang sangat ingin saya konsumsi dan disana saya tidak menemukannya.

Saya membayangkan, seandainya makanan khas Indonesia seperti sambal tadi sudah banyak ditemukan di negara lain selain Indonesia, bisa dibayangkan juga berapa jumlah pendapatan negara dari hasil penjualan sambal di luar negeri.

Itu baru sambal ya.. bagaimana dengan makanan khas Indonesia lainnya.. tempe, ikan asin, kerupuk dan lain-lainnya.

Komitmen Mewujudkan Takdir Kejayaan Indonesia

takdir kejayaan indonesia
  Premita Fifi - Aktivis Perempuan, Adya Novali - Atlet Binaraga, Fritz Simandjuntak - Pemerhati olahraga dan ahli komunikasi, Iwan SJP - Ahli Komunikasi, Kafi Kurnia, Penggagas Sembutopia, Raja Asdi - Aktivis dan Sineas

Berawal dari ide sederhana seorang Kafi Kurnia, beliau  memiliki keinginan untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaman.

Wah sebuah ide yang inspiratif ya! “SEMBUTOPIA” sebuah plat form digital yang diprakarsai oleh Kafi Kurnia dan teman-temannya, saat ini sudah berjalan 6 bulan dan telah melakukan pemberdayaan komunitas melalui kegiatan seperti lomba foto dan lomba menulis blog.

Tak hanya sampai disitu, Kafi Kurnia terus menginspirasi banyak orang untuk mewujudkan takdir kejayaan Indonesia, seperti moment hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2018, Kafi Kurnia mengajak beberapa temannya dari berbagai profesi untuk berdiskusi tentang Takdir Kejayaan Indonesia. Dan saya sebagai seorang penulis turut hadir juga dalam diskusi tersebut.

Dalam diskusi tersebut hadir juga Fritz Simandjuntak - pemerhati olahraga dan ahli komunikasi, Iwan SJP - ahli komunikasi, Premita Fifi - aktivis perempuan, Kanti W. Janis - Novelis, Raja Asdi - Aktivis dan Sineas, Adya Novali - Atlet Binaraga.

Kehadiran para tokoh tersebut sangat berarti bagi Kafi Kurnia yang ingin mewujudkan Indonesia 2020 - Sebuah Takdir Kejayaan. Bagaimana para tokoh menyambut baik gagasn Kafi Kurnia dan mendukung gagasan tersebut untuk dapat segera terwujud

Cara Mewujudkan Takdir Kejayaan Indonesia

cara mewujudkan takdir kejayaan indonesia
Foto bersama peserta diskusi Indonesia 2020 - Sebuah Takdir Kejayaan

Sebagai seorang penulis, hal baik untuk mewujudkan takdir kejayaan Indonesia adalah melalui tulisan. Ide atau inspirasi itu tidak akan diketahui oleh banyak orang ketika ide tersebut tidak disebarluaskan. Setuju ya!

Ide yang tidak disebarluaskan tidak akan menjadi inspirasi. Lalu apakah tulisan saya sudah masuk dalam kategori bagus sehingga dapat menginspirasi? saya hanya manusia biasa yang berusaha untuk menjadi lebih baik setiap harinya, khususnya dalam menulis.

Jika saya takut, karena khawatir tulisan saya tidak bagus, lalu sampai kapan saya dapat berkontribusi untuk mewujudkan takdir kejayaan Indonesia? sampai kapan hayooo?

Bukan bagaimana bagus atau tidaknya tulisan saya, tetapi mulai dari niat baik, tulisan yang baik, InshaAllah akan menghasilkan yang baik juga. Jika tidak dimulai sekarang, kapan lagi!

takdir kejayaan indonesia
Sebagai seorang penulis, hal baik untuk mewujudkan takdir kejayaan Indonesia adalah melalui tulisan sehingga dapat memberi inspirasi bagi banyak orang

Mulai dari tulisan hari ini tentang asal dan usul takdir kejayaan Indonesia, InshaAllah menyusul dengan tulisan-tulisan lain tentang kekayaan alam Indonesia yang harus dilestarikan dan disampaikan kepada masyarakat, agar masyarakat lebih mengenal kearifan budaya lokal bangsa sendiri.

Udah itu aja dulu ya tentang takdir Kejayaan Indonesia, nantikan tulisan saya selanjutnya tentang kekayaan Indonesia lainnya.. selamat menjalankan ibadah puasa.

Salam hangat,
Elly Nurul

17 komentar

  1. Setuju ya?? Iyaaaaaaa

    Idenya keren. Membangun optimisme. Semoga Indonesia selalu menjadi lebih baik. Sehat selalu ya warga Indonesiaaaa....

    BalasHapus
  2. Optimis Indonesia makin jaya di masa depam, baik kuliner dan wisatanya juga semuanya

    BalasHapus
  3. Saya yakin Indonesia bisa mewujudkan Takdir Kejayaan 2020, hal pertama yang kita harus lakukan adalah mengkonsumsinya di keluarga kita dahulu.

    BalasHapus
  4. Takdir saya juga lahir dan besar di negara Indonesia semoga saja kejayaan selanjutnya menjadi takdir kita semua amin...

    BalasHapus
  5. Aminn aminn,, saya berharap banget yes semoga Indonesia makin jaya dan lebih baik lagi dari sekarang,

    BalasHapus
  6. Amiin,semoga Indonesia semakin maju dan jaya selalu. Diakui Dunia karena prestasinya. :)

    BalasHapus
  7. semoga Indonesia semakin maju, bersatu, aman, damai dan jaya selalu, aamiin

    BalasHapus
  8. Kirain apa dengan judulnya. Tapi setuju, Takdir Kejayaan negara kita banyak banget sebenarnya ya. Cuma belum tergali dan terpublikasi semuanya. Dan iya, kita semua wajib turut mensosialisasikan semuanya itu

    BalasHapus
  9. Itu dia memang pengelolaan yang belum baik terhadap kekayaan nusantara, padahal amat berlimpah. Semoga dengan tulisan Kak Elly, makin banyak yang terinspirasi untuk menjaga kejayaan negeri ini.

    BalasHapus
  10. Indonesia emang kaya, perlu dikelola dengan baik, trus menaikan bbrp hal supaya dikenal dunia. Khususnya makanannya.

    Btw kayaknya kalau blognya niche travel tu ya mbak, cocok menyebarkan tentang budaya dan wisata Indonesia. Eh, tapi semua blogger/ penulis jg bisa sih, misalnya cerita2 kehidupan sehari2 di sini :D

    BalasHapus
  11. wah, di indonesia batang pohon aja jadi tanaman ya..nggak ada yang meragukan. hanya tinggal manusianya mampu mengelola dan memanfaatkan atau tidak

    BalasHapus
  12. Gerakan positif seperti ini yang harus banget didukung, dan byk cara juga yg bs ditempuh ya. Membaca ini jd membuat aku lebih semangat menulis tentang wisata dan budaya kearifan lokal deh

    BalasHapus
  13. Bagus ya acaranya, takdir kejayaan Indonesia harus digalakkan dan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

    BalasHapus
  14. Setuju banget mba... salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kejayaan Indonesia adalah dengan menulis. Menulis hal hal yang baik agar lebib banyak orang yang bisa berbuat baik untuk negara ini.

    BalasHapus
  15. Optimis! indonesia negara kaya dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Pasti jika diatur dan arahkan sebaik mungkin akan berhasil secara global economic. Ayo berjuang demi indonesia Jaya

    BalasHapus
  16. Saya yakin indonesia berjaya sebab punya semua hal yang jaya dalam bidang apa pun

    BalasHapus