Cara Menikmati Sajian Kuliner Indonesia

sajian kuliner indonesia

Keragaman dalam sajian kuliner Indonesia sangatlah kaya, didukung dengan bahan baku serta cara memasak, sehingga kuliner Indonesia sangat layak menjadi kebanggaan.

Menikmati sajian kuliner Indonesia bukan lagi sekedar ritual goyang lidah seperti sajian kuliner di negara lain, melainkan sebuah pengalaman yang lebih lekat dengan budaya dan tradisi sebuah daerah di Indonesia.


Berbicara tentang kuliner di Indonesia, sesungguhnya memiliki rentang waktu dan proses yang sangat panjang. Terkait dengan sentuhan budaya, keragaman bahan baku, teknik pengolahan, dan cita rasa sehingga memberi kekayaan tersendiri terhadap kuliner Indonesia.

Saya sebagai warga negara Indonesia, yang sudah hidup lebih dari 30 tahun saja belum mencicipi semua kuliner yang ada di Indonesia. Bukan karena ngga mampu ya hehe tetapi karena kuliner di Indonesia sangat banyak, setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas. Ada 33 provinsi di Indonesia, dan makanan khas tiap provinsi biasanya tidak hanya 1 tapi lebih.

Makanan khas Indonesia memang menggugah selera makan lho, saya pernah tinggal di luar negeri tepatnya di Wellington, New Zealand, duh kangen banget sama masakan Indonesia tetapi saya tidak khawatir karena banyak warga negara Indonesia disana yang bisa memasak masakan Indonesia, setidaknya rasa kangen saya terhadap masakan Indonesia sedikit terobati.

Ramadhan di Amerika

Dalam beberapa hari lagi, umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah ramadhan. Bagaimana suasana ramadhan di luar negeri khususnya Amerika Serikat?. Pada, Selasa, 8 Mei 2018 saya mendapatkan edukasi tentang budaya dan juga kuliner dari Kedutaan Besar Amerika di Jakarta, Indonesia yang bekerjasama dengan Peka Consult, Inc.

 Mr. Christopher Rittgers
"Ramadhan di Amerika saat ini bukan hanya sebuah tradisi semata, tapi sudah menjadi ajang silaturrahmi dengan sesama muslim, mereka saling berkumpul, bersama menciptakan suasan yang damai juga makan bersama yang menjadi tradisi sangat baik". - Mr. Christopher Rittgers, Counselor Foreign Agriculture Service dari US Department of Agriculture

Bagaimana kedamain dan kebersaman Ramadhan di Amerika, juga disampaikan oleh Ulfa Sakinah, mahasiswi Indonesia yang kuliah di Amerika. Tinggal jauh dari orangtua, tidak menyurutkan semangat elva menuntut ilmu. Sebagai seorang muslimah, Ulfa juga memiliki kewajiban untuk selalu menjaga silaturahami dengan warga amerika, termasuk house parents dan teman-teman kuliahnya.

Ulfa Sakinah
"Menciptakan kebersamaan dengan keluarga baru di Amerika, saya lakukan dengan memasak masakan khas Indonesia, selain memperkenalkan budaya Indonesia melalui kuliner Indonesia, juga dapat menambah kecintaan mereka terhadap Indonesia sehingga mereka memiliki keinginan untuk berkunjung ke Indonesia salah satunya untuk menikmati kuliner Indonesia".- Ulfa Sakinah, Student at Oshkosh North Hidht School

Jejak Kejayaan Kuliner Indonesia

Indonesia itu sesungguhnya memiliki takdir kejayaan lho, ngga percaya? takdir kejayaan Indonesia itu bisa dilihat dari tradisi makanan yang dimiliki masing-masing daerah yang ada di Indonesia.

Karena banyaknya jenis makanan khas tiap daerah, maka Indonesia sangat terkenal dengan keberagaman jenis kulinernya seperti tempe, martabak, sambel, kerupuk dan lain sebagainya.

 Bapak Kafi Kurnia dari PEKA Concult

Sesungguhnya jejak kejayaan kuliner Indonesia sangat banyak dan beragam, seperti  :

Rempah-Rempah

Indonesia merupakan negara yang mempunyai tanah yang sangat subur sehingga berbagai macam tanaman dapat tumbuh di Indonesia. Termasuk berbagai macam bumbu dan rempah-rempah yang sangat baik untuk pengobatan hingga bumbu makanan.

Tidak heran, banyak negara lain iri dengan kekayaan tanah air Indonesia, kita sebagai anak bangsa sudah seharusnya bangga dengan kekayaan negera sendiri.

Teknik Pengolahan Masakan

Dalam mengolah sajian kuliner Indonesia sangatlah beragam yang menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Teknik memasak juga memperhatikan bahan bakunya, apakah menggunakan ikan, daging, buah, sayuran dan lain-lain.

Makanan Khas

Tempe, Martabak, Sambal dan Kerupuk, merupakan contoh jejak kekayaan Indonesia yang sangat nyata dan terkenal. Ke empat jenis masakan tersebut hanya ada di Indonesia, tak jarang para wisatawan yang datang ke Indonesia hanya untuk menikmati sajian kuliner Indonesia yang sangat khas.

Ada makanan yang dimasak dengan di kukus, goreng atau bakar, semua diolah menggunakan rempah atau bumbu khas masing-masing daerah dan soal rasa juga berbeda setiap daerahnya.

Perkembangan Kuliner di Indonesia

Walaupun beragam kuliner di Indonesia, tetapi perkembangan kuliner di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir semakin marak dan populer.

Aneka restoran Indonesia yang modern dan kontemporer lahir di berbagai kota besar di Indonesia tentunya dengan kemewahan yang baru sehingga menjadi "trend setter" yang diperbincangkan banyak orang.

Selain menjamurnya restoran, menu sajian juga semakin beragam. Banyak chef di Indonesia yang melakukan inovasi dalam menyajikan hidangan masakan. Seperti martabak, yang semula hanya mengenakan gula, ketan, kelapa saja kini martabak menggunakan keju dan coklat.

Menu sajian martabak dengan toblerone, nutella dan ovomaltine menjadi inovasi, kini sajian martabak khas Indonesia bisa juga menggunakan bahan baku dari negara Amerika Serikat lho, penasaran ngga sih, seperti apa martabak dengan bahan baku dari Amerika itu?

Delightful Ramadhan Culinary

Sajian kuliner ramadhan merupakan sebuah acara tahunn yang diselenggarakan oleh Kedutan Besar Amerika bersama Peka Consult, Inc dalam semangat inovasi dan interaksi antar budaya dengam menampilkan sajian-sajian Ramadhan denagn bahan-bahan berkualitas, seperti kurma, jeruk, apel, kismis, blueberry dan daging sapi dari Amerika.

Dalam sajian kuliner, bahan baku memegang peranan yg sangat penting, karena merupakan kunci untuk membuka sajian-sajian baru. AMUZ Gourment Restorant melalui tangan handal Chef Stefu mengolah mamakan khas Indonesia sehingga menjadi sajian cita rasa berbeda dengan menggunakan bahan baku dari negara paman sam tersebut.

Ada beberapa menu sajian yang sayang jika dilewatkan dalam "makan enak' dalam Delightful Ramadhan Kulinari tahun 2018 ini, yaitu :

Sate Meranggi

ramadhan delightful culinary

Martabak

ramadhan delightful culinary

Gulai Ayam

ramadhan delightful culinary

Aneka Hidangan dengan Menggunakan Buah Berkualitas

Sajian kuliner ramadhan merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan Kedutaan Besar Amerika bersama Peka Consult, Inc dalam semangat inovasi dan interaksi antar budaya dengan menampilkan sajian-sajian ramadhan degan bahan-bahan berkualitas seperti kurma, jeruk, apel, kismis, blueberry dan daging sapi dari Amerika.

Berikut adalah beberapa sajian dengan menggunakan buah berkualitas dari Amerika, yaitu :

Kurma

Sudah pernah mendengar kurma dari Amerika, saya sih baru pertama kali mendengar, dan inovasi terbarunya adalah dikemas tanpa biji, jadi sangat memudahkan untuk di konsumsi, Kurma selain menjadi sajian khas saat berbuka puasa ramadhan, kurma juga sudah menjadi konsumsi buah harian di Amerika, karena khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan.

delightful ramadhan culinary

delightful ramadhan culinary

delightful ramadhan culinary

Jeruk

delightful ramadhan culinary

delightful ramadhan culinary

delightful ramadhan culinary

Apel

delightful ramadhan culinary

delightful ramadhan culinary

Blueberry

delightful ramadhan culinary

delightful ramadhan culinary

Makan Enak dan Silaturrahmi

Mmm.. gimana sajian Delightful Ramadhan Culinary dari Chef Stefu diatas, sangat menggugah selera makan enak ngga? makan enak boleh loh, ngga dilarang kok, kalo diet juga boleh lah sekali-kali makan enak, kasih apresiasi diri dengan makan enak itu menyenangkan apalagi dilakukan bersama keluarga dan teman-teman.

chef stefu
Chef Stefu Santoso, Executive Chef AMUZ Gourmet Restaurant

Jadi sudah ada agenda berbuka puasa dengan makan enak dengan siapa saja dan dimana nih? yang utama adalah kebersamaan dan silaturrahminya, buat apa makan enak tapi ngga bisa menyambung ikatan tali silaturrahmi.

Yuk ah mau ramadhan, niatkan dengan hati yang ikhlas dengan selalu menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya, menjadi pribadi yang peduli, berbagi sehingga menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

9 komentar:

  1. Saya jadi tahu ternyata varian buah dari Amerika banyak sekali ya, dan ketika dipadukan dengan masakan khas Indonesia rasanya menjadi semakin luar biasa.

    BalasHapus
  2. Meski sudah syawal, membaca tulisan mbak elly jadi kangen ramadhan. liat foto2 menunya jadi pengen makan, apalagi sate merangginya.

    BalasHapus
  3. Kuliner di Indonesia perkembangannya kian pesat, menjadi kekayaan yang dimiliki Indonesia. Apalagi ada yang sudah dikenal dunia, nasi goreng dan rendang. Menjadi top kuliner dunia versi CNN.

    BalasHapus
  4. Selain buah-buahannya yang enak, saya juga baru tahu kalo Amerika punya kurma yang enak. Itu kulit buah kurmanya tebal, manis dan tanpa biji lagi. Jadi tinggal makan.

    BalasHapus
  5. Saat berada di luar negeri makanan khas kampung memang jadi sesuatu yang teramat berharga. Berasa mendapat durian runtuh kalau dikirim teman makanan khas dari kampung saat berada di negara orang...

    BalasHapus
  6. Makanan khas ..Nusantara jadi yg paling dirindukan tapi bisa juga jadi tempat mengenalkan masakan khas Indonesia ke teman2 muslim yg asli amerika,

    Semoga teman2 muslim yg ada disana selalu diberi kesehatan dan kedamaian..

    BalasHapus
  7. Kok kayaknya aku ngrasa udah pernah komen di postingan ini, tapi komenku kok gak ada ya...
    Hmmm, kuliner Indonesia emang banyak banget, sayang msh blm ada yg terkenal menonjol, kyk Jepang dengan sushi-nya atau Italia dengan pizza atau pasta-nya. Acara kyk gini2 bagus2 buat promoin makanan khas Indonesia. Apalagi semua bahan makanan kyknya melimpah di sini :D

    BalasHapus
  8. Kurma tanpa biji, enak juga ya jadi kurma langsung kunyah aja. Masakan Indonesia memang punya kekhasan tersendiri ya mbak dibanding negara lain. Mungkin krn dari bumbu2nya juga. Krn Indonesia kan terkenal dgn kekayaan rempah2nya

    BalasHapus
  9. Bicara soal kuliner selalu buat perut keroncongan hahahaa... apalagi lihat gambar aneka menu masakannya, makin buat ileran😃

    Buah buahan jika dikreasikan dengan beragam kuliner lainnya pasti makin maknyus deh dan tentunya makin memperkaya jenis kuliner kita

    BalasHapus

Instagram