Sirop Obat Aman untuk Anak

obat sirop aman untuk anak

Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA) adalah penurunan mendadak fungsi ginjal, penyebabnya bervariasi dan dapat terjadi pada semua umur. GGAPA ini gangguan yang sudah ada sejak lama.

Hasil verifikasi ulang produk sirop obat oleh BPOM per November 2022 lalu sudah aman, sehingga produk sirop obat yang sudah dirilis kembali oleh BPOM, bisa diresepkan kembali oleh dokter dan bisa dikonsumsi masyarakat dengan tenang selama mengikuti aturan pakai. 

 

Dokter Spesialis Anak : Sementara saya berikan puyer obat ya bu”
Saya : Karena kejadian Gagal Ginjal Akut Pada Anak ya Dok?”
"Dokter Spesialis Anak : Iya bu, saya belum berani kasih sirop obat ya”


Itulah percakapan saya dan dokter spesialis anak di salah satu Rumah Sakit Ibu dan anak di Kota Depok, saat pemberian obat untuk kesehatan putri saya pada bulan November 2022.

 
Tapi saat ini Dokter Spesialis Anak tidak perlu ragu lagi untuk meresepkan sirop obat kepada pasien dan masyarakat juga bisa kembali menggunakan sirop obat dengan mengikuti aturan pakai.
 
Untuk mengetahui apa itu Gagal Ginjal Akut Pada Anak, mengapa terjadi lonjakan penderita secara masal dan bagaimana investigasi dan evaluasi ulang secara menyeluruh yang dilakukan oleh instansi dan organisasi terkait tentang GGAPA? bisa baca dalam tulisan ini ya.. baca sampai habis ya.. pelan pelan mencernanya!

Informasi tentang GGAPA ini saya dapatkan saat mengikuti acara Dialog Interaktif : Sirop Obat Aman untuk Anak" di Royal Kuningan Hotel Jakarta, 21 Maret 2023. Adapun Narasumber dalam Dialog Interaktif Kesehatan: Sirop Obat Aman Untuk Anak, yaitu :

  1. Dr. Dra. Agusdini Banun Saptaningsih, Apt., M.A.R.S, Direktur Produksi Dan Distribusi Kefarmasian, Direktorat Jenderal Kefarmasian Dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI
  2. Dra. Tri Asti Isnariani, Apt, M.Pharm, Direktur Standarisasi Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekusor & Zat Adiktif (ONPPZA) Dan Plt. Direktur Registrasi Obat, Badan Pengawas Obat Dan Makanan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia
  3. Prof. apt. I Ketut Adnyana, Msi., Ph.D, Guru Besar farmakologi – Farmasi Klinis, Institut Teknologi Bandung,
  4. dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K), Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia,
  5. apt. Noffrendi Roestram, S.Si, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia,
  6. Andreas Bayu Aji, Sekretaris Jenderal Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia
  7. Mona Ratuliu, Public Pigure dan Ibu dengan 2 balita

 
sirop obat aman untuk anak

Mengenal Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA)

Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA) adalah gangguan yang sudah ada sejak lama, namun belakangan ini semakin ditakuti ketika untuk pertama kalinya dalam sejarah di Indonesia, terjadi lonjakan penderita secara masal selama periode Januari 2022 hingga Oktober 2022.


Apa Itu Gagal Gagal Ginjal Akut

Dalam materi paparan dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) menjelaskan bahwa gagal ginjal akut adalah penurunan mendadak fungsi ginjal, penyebabnya bervariasi dan dapat terjadi pada semua umur.


Semenjak kasus GGAPA yang disebabkan oleh tercemarnya sirop obat diumumkan pada Oktober 2022 lalu, seluruh instansi dan organisasi terkait telah melakukan investigasi dan evaluasi ulang secara menyeluruh.

 
sirop obat aman untuk anak

Menurut Prof. apt. I Ketut Adnyana, Msi., Ph.D selaku Guru Besar farmakologi – Farmasi Klinis, Institut Teknologi Bandung, menjelaskan bahwa kasus GGAPA bisa disebabkan oleh berbagai faktor lainnya (multifactorial) seperti :
  • Status kesehatan pasien (riwayat penyakit)
  • Alergi terhadap suatu bahan tertentu
  • Infeksi (termasuk Covid-19)
  • Status nutrisi (dehidrasi)
  • Obat
  • Makanan
  • Logam berat
  • Toksikan (EG/DEG dari berbagai sumber)
  • dan lain sebagainya.


Apa Yang Terjadi Pada Saat Kenaikan Jumlah GGAPA?

Menurut data yang tercatat pada Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sejak Januari 2022 ada beberapa kasus gagal ginjal, namun jumlahnya sedikit. Tapi mengalami kenaikan pada Agustus-September 2022.

 

Peningkatan jumlah ini terjadi pada anak, di dominasi usia balita, ada yang didahului oleh riwayat demam, gejala saluran cerna, saluran pernapasan ada juga anak sehat sebelumnya tanpa komorbiditas.

sirop obat aman untuk anak

 

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) ada beberapa problem pada dokter anak sehingga adanya peningkatan jumlah kasus GGAPA, yaitu : 


  • Pasien terus bertambah, fasilitas untuk dianalisis dan PICU terbatas
  • Informasi belum tersosialisasi merata pada seluruh dokter anak di Indonesia
  • Respon dan perspektif yang berbeda dari dokter anak di Indonesia terkait isu introksikasi seperti perbedaan pasien yang ditangani dan kurangnya informasi yang didapat
 
Semua dokter anak tidak ada yang percaya, bahwa ada sirop obat mengandung zat berbahaya, butuh waktu untuk menyakinkan pada dokter anak untuk pembuktiannya, Alhamdulillah sekarang sudah ditemukan penyebabnya.

Langkah Penanganan GGAPA oleh Kemenkes

Setelah mendapatkan laporan adanya GGAPA yang terus menanjak sejak Agustus 2022 dan tersebar di 27 provinsi di Indonesia. Kemenkes tidak tinggal diam dan terus mencari penyebabnya.

Awalnya mengira karena kasus virus, bakteri atau covid-19
, lalu ada kejadian kasus GGAPA di Gambia yang ciri-cirinya sama dengan kasus yang terjadi di Indonesia.

 
sirop obat aman untuk anak

Untuk menyelamatkan anak-anak Indonesia, Kemenkes melakukan penghentian sementara penggunaan sirop obat, karena berdasaran hasil pemeriksaan pada darah dan urin anak GGAPA terdapat EGDEG.


Kemenkes juga menghimbau agar setiap pelaku usaha untuk kedepannya mengikut standar yang dikeluarkan oleh Farmakope Indonesia untuk selalu pengujian bahan baku obat secara berkala sehingga kedepannya keamanan sirop obat bisa terjamin.
 

Perkembangan Terbaru Tentang Gagal Ginjal Pada Anak

 
Masih ingat ya tentang badai Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA) yang berlangsung tahun lalu. Semua orang terkejut dan sedih mendengar banyak anak meninggal dunia.
 
Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan, BPOM serta lembaga terkait lainnya bersama-sama mencari tahu penyebab GGAPA karena menyangkut masa depan anak bangsa.
 
Namun hingga saat ini, pemberitaan yang gencar terkait kasus sirop obat ini yang masih meresahkan masyarakat. Hal ini menyebabkan terjadinya konversi bentuk obat dari sirop menjadi resep bentuk puyer, yang secara higienis belum tentu memenuhi persyaratan kualitas obat yang baik. 
 

Hasil Investigasi dan Evaluasi Ulang

Investigasi dan evaluasi ulang telah dilakukan secara menyeluruh, dan disimpulkan bahwa :
 
"Satu-satunya penyebab kasus GGAPA yang terjadi adalah karena adanya cemaran bahan pelarut Propilen Glikol (PG) / Propilen Etilen Glikol (PEG) yang diganti dengan Etilen Glikol (EG) / Dietilen Glikol (DEG) oleh satu oknum perusahaan supplier kimia"

 
Prof. apt. I Ketut Adnyana, Msi., Ph.D selaku Guru Besar farmakologi – Farmasi Klinis, Institut Teknologi Bandung, menjelaskan bahwa kasus GGAPA pada tahun lalu terjadi karena adanya intoksikasi obat yang tercemar oleh EG/DEG yang melebihi ambang batas sehingga berdampak masal.
 
sirop obat aman untuk anak

 
Melihat pentingnya untuk memberikan informasi yang akurat, pasti dan terpercaya mengenai keamanan penggunaan sirop obat atau yang umumnya disebut obat sirup kepada orangtua dan Dokter Spesialis Anak.
 
Maka Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GPFI) bersama dengan Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Pakar Farmakologi menyelenggarakan acara Dialog Interaktif : Sirop Obat Aman untuk Anak" di Royal Kuningan Hotel Jakarta, 21 Maret 2023.

 

Harapan Sekjen GPFI: Dokter Sebagai "The Evangelist Squad"

Andreas Bayu Aji, Sekretaris Jenderal Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia dalam sambutannya menyatakan bahwa Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami badai, mulai dari Covid-19, bencana alam, hingga ada kejutan di pertengahan 2022.
 
Ada kejadian yang kita tidak pernah duga, ada 100 anak yang mengalami penyakit gagal ginjal akut. Pemerintah merespon dengan cepat, saat itu bagai roller coster tapi saat ini sudah membaik, tapi badai yang menerpa menyisahkan pertanyaan khususnya kaum perempuan “obat sudah aman belum?.
 
sirop obat aman untuk anak

 
Harapan dari Sekretaris Jenderal GPFI, semoga para narasumber bisa memberikan pencerahan, sekaligus sebagai sebagai “The Evangelist Squad”, dapat memberikan jawaban, keyakinan serta kepercayaan sehingga tidak ada lagi orang bingung, dokter bingung, apoteker bingung, emak-emak bingung sehingga semua percaya diri dalam memberikan sirop obat.
 
 

BPOM Menggunakan Prinsip Kehati-hatian untuk Rilis Sirop Obat Aman

Dra. Tri Asti Isnariani, Apt, M.Pharm, Direktur Standarisasi Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekusor & Zat Adiktif (ONPPZA) Dan Plt. Direktur Registrasi Obat, Badan Pengawas Obat Dan Makanan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia menjelaskan bahwa dalam penanganan kasus cemaran EG/DEG yang ditemukan dalam sirop obat sejak Oktober 2022, BPOM telah melakukan langkah-langkah antisipatif.
 
Langkah-langkah antisipatif BPOM dalam GGAPA
  • Intensifikasi surveilans mutu produk
  • Penelurusan dan pemeriksaan terhadap sarana produksi dan distribusi
  • Pemberian sanksi administratif
  • Melakukan verifikasi pemastian mutu terhadap sirop obat yang beredar
  • Penindakan terhadap sarana produksi dan distribusi jika terdapat unsur pidana bidang kesehatan.
 
sirop obat aman untuk anak

BPOM menggunakan prinsip kehati-hatian untuk rilis sirop obat aman. Acuan yang digunakan adalah daftar yang sudah dinyatakan aman pada website BPOM.
 
Masyarakat, pasien, fasilitas layanan kesehatan dan dokter diminta untuk tidak lagi khawatir dan ragu karena sirop obat yang aman untuk dikonsumsi selama mengikuti aturan pakai.
 
 
 

Apoteker dan Keluhan Masyarakat dalam GGAPA

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, apt. Noffrendi Roestram, S.Si mengemukakan pengalaman apoteker dalam menerima keluhan masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses sirop obat yang belum boleh beredar dan panjangnya proses mendapatkan obat puyer, selama periode penarikan sementara sirop obat tahun lalu.

 
Namun dengan tidak adanya lagi kasus GGAPA masal sejak dirilisnya produk sirop obat oleh BPOM bulan Desember tahun lalu membuktikan keamanan produk tersebut.
 
sirop obat aman untuk anak

 
Dengan demikian pasien dan orangtua tidak perlu lagi khawatir dan dianjurkan untuk membeli sirop obat di apotek resmi, baik yang berdasarkan resep dokter ataupun untuk pembelian obat bebas.

 

Saat Itu Dokter Anak Belum Berani Meresepkan Sirop Obat

Dokter Anak : Sementara saya berikan puyer obat ya bu”
Saya : Karena kejadian Gagal Ginjal Akut Pada Anak ya Dok?”
"Dokter Anak : Iya bu, saya belum berani kasih sirop obat ya”


Itulah percakapan saya dan dokter spesialis anak di salah satu Rumah Sakit Ibu dan anak di Kota Depok, saat pemberian obat untuk kesehatan putri saya.


Masih dalam kondisi pembatasan aktifitas luar rumah karena Covid-19, pada 11 November 2022, saya memutuskan untuk ke Pusat Layanan Kesehatan atau Rumah Sakit, karena putri saya yang berusia 15 bulan mengalami batuk dan pilek serta demam sudah 3 hari.

 
Ibu mana yan tidak mengkhawatirkan anaknya ketika sakit, apalagi demam ditengah pandemi covid-19 masih berlangsung serta adanya lonjakan penderita Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA).


Saat pemeriksaan saya hanya “Berserah dan minta yang terbaik untuk putri kami”. Setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh oleh dokter anak, putri kami disarankan untuk cek darah dilaboratorium untuk mengetahui apakah ada indikasi covid-19, demam berdarah atau virus lainnya.

sirop obat aman untuk anak


Saya pun mengikuti saran dokter, setelah menunggu hasil laboratorium selama 1 jam akhirnya hasil laboratorium selesai dan saya kembali ke ruangan dokter anak untuk bersama melihat hasilnya.

 
Alhamdulillah, hasil cek darah pada laboratorium rumah sakit menunjukan putri kami tidak terindikasi covid-19, demam berdarah maupun virus lainnya.


Demam, batuk dan pilek putri kami berasal dari radang tenggorokan. Bersyukur karena putri jauh dari penyakit berbahaya, namun radang tenggorokan ini jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak pada masalah kesehatan lainnya.


Dokter anak meresepkan beberapa obat, namun hanya diberikan obat racik atau puyer karena dokter anak belum berani meresepkan sirop obat untuk batuk ataupun demam putri kami.


Pertanyaan saya kepada dokter anak saat itu :

Saya : Dok, lalu bagaimana mengatasi demam putri kami, selain obat puyer?”
Dokter Anak : Ibu tetap skin to skin ya.. pantau terus suhu tubuhnya, lalu berikan obat puyernya. Jika dalam 3 hari kedepan masih demam, Ibu kembali ke RS dan langsung ke laboratorium untuk cek darah kembali. Saya berikan juga pengantar untuk ke labnya ya bu"

Alhamdulillah, belum tiga hari kondisi putri kami kian membaik, sehingga tidak perlu kembali ke rumah sakit. Namun yang masih menjadi kekhawatiran sebagai seorang Ibu yang memiliki anak balita jika suatu hari nanti kembali demam, batuk dan pilek bagaimana penanangan pertamanya jika sirop obat belum aman untuk anak.

Sirop Obat Aman Untuk Anak

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) menyampaikan hal yang hampir sama, beliau mengatakan bahwa GGAPA sudah ada sejak lama, sehingga perlu investigasi mengenai penyebab GGAPA jika kasus yang terjadi GGAPA masal.

 
Fakta sudah berbicara bahwa hasil verifikasi ulang produk sirop obat oleh BPOM per November 2022 lalu sudah aman, sehingga produk sirop obat yang sudah dirilis kembali oleh BPOM, bisa diresepkan kembali oleh dokter dan bisa dikonsumsi masyarakat dengan tenang selama mengikuti aturan pakai. 

Tirto Kusnadi selaku Ketua Umum GP Farmasi dalam release yang media dan blogger terima menyatakan bahwa kesimpulan yang diambil dari hasil Dialog Interaktif Kesehatan.
 
sirop obat aman untuk anak

 
 
Ada 2 faktor penyebab GGAPA, yaitu  
  • GGAPA individu yang terjadi karena faktor medis individu tersebut
  • Gagal ginjal anak masal yang ditandai dengan terjadinya sejumlah besar kasus secara bersamaan, yang disebabkan karena terjadinya pencemaran.
 
Jika GGAPA yang terjadi karena faktor kedua, dengan sudah dinyatakannya oleh otoritas kesehatan yang berwenang bahwa sirop obat yang sudah melalui verifikasi ulang dan sudah dirilis oleh BPOM adalah sirop obat yang aman.
 
Maka, Dokter Spesialis Anak tidak perlu ragu lagi untuk meresepkan sirop obat kepada pasien dan masyarakat juga bisa kembali menggunakan sirop obat dengan mengikuti aturan pakai.
 
Serta kembali mengingatkan kepada anggota GPFI agar tetap disiplin dalam menerapkan Cara Pembuatan Obat yang Benar (CPOB) dan Cara Distribusi Obat yang Benar (CDOB).


Cara Mudah Cek Keamanan Sirop Obat Anak

Buat para orang tua khusunya Ibu yang membersamai anak anak dirumah, bisa mengikuti cara mudah cek keamanan sirop obat anak melalui smartphone dari rumah ya.

 
Berikut adalah langkah pengecekan keamanan sirop obat anak melalui laman website BPOM RI :
  • Kunjungi bit.ly/bpom-sirup-obat-aman
  • Lalu ketik nama produknya pada kolom search, jika termasuk dalam daftar sirop obat yang aman, maka akan muncul hasilnya
 
Nah, jika sirop obat sudah masuk dalam daftar sirop obat aman oleh BPOM RI maka Ibu lebih tenang dan tidak perlu lagi memberi sirop obat untuk anak ya.
daftar sirop obat yang aman

Kesimpulan

  1. Pemerintah telah melakukan kontrol dan monitoring secara ketat terhadap aspek kualitas obat. Yang berwenang menentukan kualitas obat aman adalah BPOM
  2. BPOM menggunakan prinsip kehati-hatian untuk rilis sirop obat aman. Acuan yang digunakan adalah daftar yang sudah dinyatakan aman pada website BPOM
  3. Pemerintah sudah melakukan sistem monitoring yang sudah menjamin kualitas obat yang aman adalah yang sudah dirilis
  4. Obat yang dipastikan aman, sudah bisa dibeli di apotek, RS serta fasilitas kesehatan lainnya
  5. Sitem produksi obat dilakukan secara sistematik, terukur dan dikontrol secara ketat sesuai dengan pedoman CPOB untuk menjamin kualitas, keamanan dan efikasi obat dan didistribusikan sesusi CPOB
  6. Menghimbau anggota tenaga kesehatan IDAI untuk tidak ragu-ragu menggunakan sediaan sirop obat yang sudah dinyatakan aman oleh BPOM RI
  7. Agar apoteker tidak ragu lagi untuk kembali menyediakan sirop obat yang sudah dinyatakan aman dan melakukan kefarmasian terhadap kesediaan sirop obat
  8. Masyarakat dihimbau untuk mengikuti informasi dari lembaga berwenang. Perlu ada satu sumber informasi BPOM yang mencakup semua daftar sirop obat aman dan sirop supplement aman.

 

Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang obat dan informasi kesehatan lainnya dari Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia bisa melalui website atau sosial media GPFI ya :

 
 
 
Alhamdulillah.. dengan resmi diumumkan "Sirop Obat Aman untuk Anak" dalam dialog interaktif kesehatan pada 21 Maret 2023, maka pasien, orangtua, dokter dan tenaga kesehatan lainnya tidak perlu lagi khawatir lagi tentang keamanan sirop obat.
 
 
Tentunya sirop obat aman untuk anak berdasarkan acuan daftar yang sudah dinyatakan aman pada website BPOM RI.
 
 
Salam hangat,
Elly Nurul




32 komentar

  1. Alhamdulillah, sirop obat sudah bisa diresepkan lagi, tentunya ini sangat membantu banget, secara kalau anak sedang kurang sehat maka obat sirup lebih mudah diminum anak-anak dibandingkan tablet.

    BalasHapus
  2. Pas dulu heboh obat sirup ga aman, tiba2 anak sakit. Alhamdulilahnya pas di bawa ke dokter ga semua obat sirup bahaya. Ada yg masih aman. Di zaman sekarang harus lebih hati2 buat ngasih obat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, akupun ikutan worry soal obat sirup kala itu, tapi sekarang Alhamdulillah ya.. obat sirup aman untuk anak

      Hapus
  3. Waktu itu sudah banyak dishare untuk obat sirop anak yang aman, tapi baru klik banget pas ikut acara kni. Jadi gak waswas lagi ya, Mak, semoga semua anak Indonesia sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA.. Alhamdulillah ya.. obat sirup aman untuk anak

      Hapus
  4. Idem banget waktu anak sakit pas gonjang-ganjing masalah obat sirop, akhirnya diresepin puyer. Kalau anak2ku dah mayan gede dicampur air dah bisa minum, yang kasian baby2, bakal susah minumnya, dilepeh2 pastinya.
    Sekarang udah lebih tenang krn dapat kepastian obat sirop aman jd bisa nyetok obat lg ya buat sediaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga anak anak ya.. obat sirup lebih praktis

      Hapus
  5. asal sesuai anjuran pemakaian dan beli di apotik terpercaya mah seharusnya aman ya mba :)

    BalasHapus
  6. Kasus kemarin asli bikin khawatir. Syukur Pemerintah langsung gercep ya karena kan ini demi keselaman dan kesehatan anak semua. Sekarang pun mulai ikut cek BPOM biar makin tenang

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah kak Elly, aku sebagai ibu juga tenang mendengar berita ini. Apalagi ya g bicara para pakar kesehatan dan pihak yang berwenang. Ini seperti angin segar deh, skrg kalo anak sakit nggak perlu khawatir lagi kasih obat sirop ☺️

    BalasHapus
  8. sejak kejadian waktu itu yang mengumumkn betapa berbahayanya sirup obat untuk anak - anak, aku miris banget mba. Alahmadulillah sekarang sudah ada solusi amannya yaa

    BalasHapus
  9. Pas baca dan nonton beritanya sempet bingung kok bisa sampe seperti itu ya? Bahkan sepupuku yang punya anak kecil jadi beralih pake pengobatan alami aja. Tapi sekarang sudah ada solusinya. Semoga nggak ada deh kejadian seperti ini.

    BalasHapus
  10. waktu pertama kali muncul berita itu aku sampe kaget mba, untung anakku jarang sakit jadi ga begitu kuatir, tapi sekarang udah tenang ya mba karena udah aman semua sirup buat anak :)

    BalasHapus
  11. Tenang dan legaaaa bgt dgn info ini.
    ortu udah ga perlu panik dan resah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mbak. Jadi melegakan banget karena kita tahu kasusnya kaya gimana, plus solusi yang diambil sampai dinyatakan aman

      Hapus
  12. Senangnya dengan kabar ini, soalnya ponakan daku kalau sakit lebih sukanya minum sirup obat, dan obatnya doi tuh juga cocok sama daku kalau pas sakit yang sama

    BalasHapus
  13. dengan informasi resmi dan terpercaya seperti ini, kita terutama para orang tua akan merasa aman ya mba. Semoga anak - anak kita selalu terlindungi

    BalasHapus
  14. alhamdulillah sekarang obat sirup sudah aman digunakan yaa. ibu-ibu pasti lega nih karena udah bisa nyetok obat sirup di rumah buat jaga-jaga

    BalasHapus
  15. Kalau kyk gini para ortu yang punya anak kecil udah lega dan bisa berani stok obat sirop kembali untuk sediaan di rumah. Yang penting memastikan obatnya dibeli di tempat yang legal dan diminum sesuai anjuran dokter dan aturan pakai ya.

    BalasHapus
  16. Gara2 kasus kemarin jadi was2 kasih obat sirup buat anak ya. Alhamdulillah sekarang sudah aman . Padahal sejak zaman aku kecil gada masalah dengan obat sirup. Malah obat yg paling disukai anak2.

    BalasHapus
  17. semoga kedepannya tidak ada kasus serupa seperti ini ya Mbak dan Alhamdulillah kita bisa dapat bernafas legak jika memberikan obat sirup karena sudah aman

    BalasHapus
  18. kalau anak sakit itu hati gak karuan ya Mbak, mana lagi kalau gak bisa dikasih obat sirop kita cuma bisa berserah diri aja dah ya, secara obat sirop yang biasanya jadi penolong anak saat demam lebih praktis dan lebih minim drama sih biasanya dalam pemberian ke anak (anak biasanya menolak kalau puyer)

    Alhamdulillah sekarang udah aman ya obat sirop untuk dikonsusi anak.

    BalasHapus
  19. Iya tuh, waktu itu kasus GGAPA menjadi momok bagi kaum mama. Bercampur dengan kekhawatiran ntar gimana dong mengobati anak yang sakit. Rata-rata anak kecil kan bisanya minum obat dalam bentuk sirop. Alhamdulillah sekarang sudah aman ya, kita bisa cek langsung keamanan obat sirop yang akan digunakan melalui portal BPOM.

    BalasHapus
  20. Lega akhirnya.Setelah beberapa waktu lalu sempat worry karena adanya cemaran berbahaya dalam obat sirup alhamdulillah ya sekarang udah bisa lega karena udah ada edaran resmi dari BPOM dan IDAI bahwa obat sirup kini AMAN buat si kecil

    BalasHapus
  21. Makasih mba Elly untuk berikan cara mudah juga untik cek keamanan sirop obat aman. Jadi orangtua semakin yakin ya bisa langsung melakukan pengecekan juga

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah sekarang sudah tenang lagi karena kondisi sudah aman untuk pakai obat sediaan sirop untuk anak. Makasih infonya, Mbak

    BalasHapus
  23. Sebagai orang tua rasanya lega deh kak. Sirop obat aman dikonsumsi anak anak. Jadi kalo lagi demam, batuk, pilek ga bingung lagi konsumsi obat apa

    BalasHapus
  24. lega rasanya ketika denger berita ini ya mbak, karena toddler di rumah masih belum bisa akur sama puyer huhuhuhu jadi obat sirop memang pilihan terbaik di rumah kami

    BalasHapus
  25. semoga para pelaku yang teledor dalam pemilihan bahan sirup untuk anak ini ditindak secara tegas, karena dampak yang dirasakan anak-anak itu fatal sekali..

    BalasHapus