Festival Soya Generasi Maju : Yuk, Menjadi Bunda Tanggap Gerakan 3K+ untuk Menangani Kondisi Anak Tidak Cocok Susu Sapi

anak alergi susu sapi
Tanggap Menangani Anak Tidak Cocok Susu Sapi
 

Anak yang tidak cocok susu sapi biasanya mengalami pembatasan jenis asupan makanan yang tidak sesuai, serta adanya risiko inflamasi pada saluran cerna yang dapat menyebabkan anak rentan mengalami kekurangan nutrisi penting, salah satunya adalah zat besi.

SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dalam Festival Soya Generasi Maju serta mengajak para Bunda untuk tanggap melakukan Gerakan 3K+ untuk menangani kondisi anak tidak cocok susu sapi.


Dear Bunda,

 
Bicara tentang anak yang tidak cocok susu sapi memang selalu jadi pembahasan yang sering dibicarakan para orangtua khususnya Ibu. Ada yang menanggapinya dengan khawatir tapi tak jarang juga tidak peduli, karena menganggap tidak cocok susu sapi hal biasa terjadi pada anak anak.
 
Nah, bunda termasuk yang mana nih dalam menanggapi anak yang tidak cocok susu sapi? jika saya ditanya maka jawabannya adalah sangat peduli dan berharap anak yang tidak cocok susu sapi tetap mendapatkan nutrisi pengganti yang tepat.
 
Kenapa saya peduli, karena anak pertama saya tidak cocok susu sapi dan saya sudah merasakan bagaimana kondisi tidak menyenangkan pada anak tidak cocok susu sapi. Kondisi tidak menyenangkan bukan saja pada anak tapi juga pada orangtua yang memiliki anak tidak cocok susu sapi.
 
Saya mengetahui anak saya tidak cocok susu sapi saat anak yang saya lahirkan pada usia satu minggu mengalami tinggi bilirubin. Saat itu harus masuk ruang perawatan khusus dan membutuhkan asupan ASI yang tidak sedikit.
 
Untuk menurunkan kadar bilirubin dalam darah anak saya, dilakukan proses penyinaran blue light dalam beberapa waktu yang tidak sebentar. Pada proses tersebut anak membutuhkan banyak cairan dari ASI agar tetap ternutrisi dan terhidrasi dengan baik.
 
Saat itu produksi ASI saya masih sangat sedikit, setelah berkonsultasi pada dokter anak, akhirnya saya harus merelakan anak saya diberikan susu formula untuk kebutuhan asupan cairan nutrisi pada saat proses penurunan bilirubin.
 
Tidak hanya kadar bilirubin tinggi, namun kulit anak saya mengalami ruam ruam merah, setelah dilakukan konsultasi dengan dokter anak, akhirnya anak saya dinyatakan memiliki riwayat alergi. Riwayat alergi tersebut berasal dari suami saya yang memang alergi terhadap debu.
 
Sejak saat itu, anak saya diberikan nutrisi tambahan pendamping ASI khusus untuk anak alergi dan tidak mengandung susu sapi. Sedih sudah pasti, usianya masih satu minggu tapi harus mendapatkan penanganan khusus untuk pemenuhan nutrisinya karena alergi.

Anakku Tidak Cocok Susu Sapi

Sebagai seorang Ibu yang pernah memiliki anak tidak cocok susu sapi tentu berharap anak tidak kekurangan nutrisi dan anak bisa tumbuh berkembang optimal sesuai dengan usianya dan tumbuh kembangnya.
 
Memang butuh waktu dan juga kesabaran dalam menangani anak yang tidak cocok susu sapi. Anak saya membutuhkan waktu 5 tahun untuk bisa merasakan kulit yang bersih bebas dari ruam ruam karena alergi.
 
Kesabaran sebagai seorang Ibu juga sangat diuji untuk tidak lelah bahkan abai terhadap nutrisi anak yang tidak cocok susu sapi, karena bagaimanapun juga nutrisi sangat penting apalagi pada 1000 hari pertama kehidupan anak.
 
12 tahun yang lalu, awal saya mengetahui memiliki anak yang tidak cocok susu sapi, hal tersebut menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi saya, apalagi saat itu informasi tentang penanganan anak tidak cocok susu sapi masih sangat minin.
 
Harapan saya sebagai seorang Ibu, untuk anak selanjutkan tidak merasakan hal yang sama seperti anak pertama saya. Namun jika akhirnya kembali memiliki anak tidak cocok susu sapi, sudah lebih tanggap bagaimana menangani anak tidak cocok susu sapi.
 
anak tidak cocok susu sapi

 

Edukasi Penanganan Anak Tidak Cocok Susu Sapi

Jika ada edukasi tentang bagaimana penanganan anak yang tidak cocok susu sapi, maka saya akan menjadi orangtua yang antusias mengikuti edukasi tersebut. Alhamdulillah sudah beberapa kali mengikuti edukasi tentang penanganan anak tidak cocok susu sapi dan semakin banyak pengetahun yang saya dapatkan.
 
Alhamdulillah, pada 31 Maret 2021 saya berkesempatan untuk mengikuti edukasi penanganan bagi anak yang tidak cocok susu sapi yang diselenggarakan oleh Sarihusada dalam rangka memperingati pekan alergi dunia.
 
Walaupun edukasi dilaksanakan secara virtual, namun tidak mengurangi antusias saya mendengarkan paparan dari para narasumber ahli dalam bidang penanganan anak tidak cocok susu sapi.
 
Narasumber yang hadir dan memberikan paparan dalam rangka memperingati pekan alergi dunia yaitu :
  1. Prof. DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc.
  2. Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak
  3. Anggi Morika Septie Senior Brand Manager SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx
  4. Natasha Rizky, Aktris & Seorang Bunda
  5. Revalina S Temat, Aktris & Seorang Bunda
  6. Joanna Alexandra, Aktris & Seorang Bunda
     
Dari paparan Prof. Budi yang menunjukan data dari World Allergy Organization (WAO) 2013 1,9-4,9% anak anak di dunia alergi susu sapi (ASS) dan 0,5-7,5% anak mengalami alergi susu sapi di Indonesia.
 
data anak alergi dari wao


Dari data WAO terlihat jumlah anak di Indonesia yang mengalami alergi susu sapi masih banyak, dan hal tersebut harus ditangani secara serius agar jumlahnya tidak semakin banyak.
 
Saya sangat sependapat dengan Prof. Budi yang menjelaskan bahwa “Permasalahan anak yang tidak cocok susu sapi ini tidak bisa diremehkan, karena dampak dan prevalensi-nya yang umum ditemukan pada usia di  awal kehidupan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan nutrisi yang tepat dan adekuat pada awal kehidupan anak, terutama bagi yang tidak cocok susu sapi".
 
Sementara itu Dr. Saptawati menunjukan data Riskesdas 2018 bahwa 1 dari 3 anak Indonesia berusia dibawah 5 tahun mengalami anemia dan 50-60% kasus anemia disebabkan karena defisiensi zat besi.
 
 
anemia pada anak

 
Wah, ternyata anak yang tidak cocok susu sapi rentan mengalami kekurangan nutrisi penting, salah satunya adalah zat besi. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa zat besi merupakan salah satu nutrisi esensial yang dapat mendukung anak dapat tumbuh maksimal.

“Adanya risiko kekurangan zat besi yang lebih tinggi pada anak yang tidak cocok susu sapi dapat disebabkan karena anak mengalami pembatasan jenis asupan makanan yang tidak sesuai, serta adanya risiko inflamasi pada saluran cerna, sehingga dapat  menyebabkan anak tidak memperoleh kecukupan asupan nutrisi penting,” Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak

Dampak Defisiensi Zat Besi Pada Anak

dampak defisiensi zat besi pada anak


Prof. Budi dan Prof Saptawati telah memberikan penjelasan ilmiah bahwa anak yang tidak cocok susu sapi rentan terhadap defisiensi zat besi. Lalu apa saja dampak defisiensi zat besi pada anak khususnya pada anak tidak cocok susu sapi.

  • Prestasi akademik rendah
  • Mudah terserang penyakit
  • Gangguan Permanen pada sistem motorik dan sensorik
  • Pertumbuhan fisik terhambat
Bunda, ternyata dampak defisiensi zat besi pada anak yang tidak cocok susu sapi sangat banyak dan cukup menyedihkan ya.. saya sebagai seorang Ibu tentunya tidak menginginkan anaknya mengalami defisiensi zat besi.
 
Melakukan pencegahan sejak dini sangat diperlukan, khususnya bagi para perempuan calon Ibu nih untuk senantiasa menjaga kesehatannya dengan pola hidup sehat karena nantinya akan mengandung anak anak generasi bangsa dalam rahim seorang Ibu.
 
dampak defisiensi zat besi pada anak

 
 

Pemenuhan Kebutuhan Zat Besi Pada Anak Tidak Cocok Susu Sapi

Prof. Saptawati memberikan beberapa cara untuk mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan zat besi pada anak tidak cocok susu sapi, yaitu :

  1. Vitamin C membantu penyerapan zat besi (Fe) dengan cara mengubah Fe3+ menjadi Fe2+ sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh
  2. Sumber Vitamin C dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan
  3. Kombinasi Vitamin C dan zat besi dengan rasio molar 2.1 terbukti meningkatkan ketersediaan zat besi dalam tubuh sebanyak 2x lipat (Lynch, 2013)
  4. Pada Formula berbasis soya, kombinasi 4.1 untuk mengoptimalkan zat besi (Lynch, 2013).
cara optimal untuk anak tidak cocok susu sapi

optimalkan tumbuh kembang anak tidak cocok susu sapi

Bunda, alergi susu sapi dapat dicegah, jadi jangan khawatir jika anak tidak cocok susu sapi ya.. bunda bisa terapkan kebutuhan nutrisi anak tidak cocok susu sapi seperti Prof. Saptawati sampaikan diatas ya.

Jangan lelah untuk terus kenali gejala alergi, menghindari makanan pencetus, konsultasikan terus perkembangan anak dan tetap kembangkan potensi anak ya bunda.


Festival Soya Generasi Maju

Bunda, Sarihusada terus melakukan inisiatif dan inovasi untuk mendukung anak yang tidak cocok susu sapi untuk tetap tumbuh maksimal lho, salah satunya dengan mengadakan Festival Soya Generasi Maju yang dilaksanakan pada 23 Maret hingga 3 April 2021.
 
Lalu apa saja edukasi yang diberikan kepada masyarakat dalam Festival Soya Generasi Maju :
  1. Tanya Dokter, sesi konsultasi seputar penanganan tidak cocok susu sapi bersama Eksperts
  2. Kreasi Resep Sehat, menu sehat mengandung zat besi dan aman untuk anak yang tidak cocok susu sapi
  3. Tips Stimulasi, stimulasi untuk asah potensi prestasi anak bersama Psikolog anak dan Keluarga
  4. Sharing Session, berbagi inspirasi untuk dukung anak tumbuh maksimal bersama bunda selebriti
 
Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Festival Soya Generasi Maju, bunda dapt mengunjugi http://bit.ly/FestivalSoyaGenerasiMaju ya.. walaupun Festival Soya Generasi Maju sudah berakhir, namun Bunda masih bisa mendapatkan informasinya disana ya.

Edukasi gerakan 3K+ 

Bunda.. yang dikhawatirkan dari anak tidak cocok susu sapi adalah kekurangan nutrisi penting yang menyebabkan anak tidak tumbuh optimal, seperti prestasi belajar menurun yang bisa merugikan anak dimasa mendatang.
 
Nah, sebagai seorang Ibu yang memiliki anak tidak cocok susu sapi ngga mau dong anak menjadi tertinggal secara akademis dan mempengaruhi daya fikir dan daya juang ketika sudah dewasa nanti.
 
Untuk itu seorang Ibu dengan anak tidak cocok susu sapi harus menjadi bunda tanggap, seperti yang dicanangkan oleh Sarihusada untuk penanganan anak tidak cocok susu sapi dengan Gerakan 3K.
 
 
Sebelumnya gerakan 3K ini sudah pernah dicanangkan, namun pada saat Festival Soya Generasi Maju beberapa waktu lalu, gerakan 3K menjadi 3K+ gerakan ini telah disempurnakan untuk penanganan kondisi anak yang tidak cocok susu sapi dan untuk mendukung anak tumbuh maksimal.
 
Ini gerakan 3K+ ya bunda :
  • Kenali gejala tidak cocok susu sapi
  • Konsultasikan gejalanya ke dokter
  • Kendalikan dengan alternatif nutrisi sesuai anjuran dokter
  • Kembangkan potensi prestasi anak 
bunda tanggap alergi 3K+

Dengan penambahan kembangkan, para orangtua yang memiliki anak tidak cocok susu sapi diharapkan terus mengembangkan potensi anak, tidak boleh membeda-bedakan anak, karena setiap anak punya hak yang sama untuk mendapatkan kasih sayang dan juga pendidikan yang layak.

Sesungguhkan setiap anak itu cerdas dan setiap anak itu istimewa ya bunda, maka walaupun anak tidak cocok dengan susu sapi, selain memberikan nutrisi yang tepat sesuai kondisinya juga terus kembangkan setiap potensi yang dimiliki anak.
 
Harapan saya sebagai seorang Ibu dengan anak tidak cocok susu sapi, anak bisa tumbuh optimal, berprestasi dan menjadi anak generasi maju dimasa mendatang.. aamiin.

Website Alergi Anak

Bunda, sudah pernah mengunjungi website aleri anak dari Sarihusada? jika belum bunda mengunjudi websitenya di www.generasimaju.co.id/alergianak.

Sarihusada terus mendukung anak yang tidak cocok susu sapi dapat tumbuh maksimal. Dalam website alergi anak ini orangtua dapat mengetahui banyak hal seputar anak tidak cocok susu sapi seperti :

  • Cek risiko tidak cocok susu sapi
  • Artikel lengkap seputar tumbuh kembang anak yang tidak cocok susu sapi
  • Konsultasi online
  • Kreasi resep sehat tinggi zat besi
  • Tips stimulasi anak yang tidak cocok susu sapi
website alergi anak

Alhamdulillah ya bunda, dengan adanya website alergi anak ini bisa menjadi panduan atau sumber informasi bagi orangtua yang memiliki anak tidak cocok susu sapi untuk terus tanggap agar anak tumbuh optimal.

Untuk bunda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang bagaimana penanganan anak yang tidak cocok susu sapi bisa melalui website dan sosial media Soya Generasi Maju yaitu :

Instagram : @soya_generasimaju
Facebook : Soya Dukung Generasi Maju

Kesimpulan

  1. Permasalahan anak yang tidak cocok susu sapi ini tidak bisa diremehkan
  2. Anak yang tidak cocok susu sapi rentan mengalami kekurangan nutrisi penting, salah satunya adalah zat besi.
  3. Dampak defisiensi zat besi pada anak khususnya pada anak tidak cocok susu sapi yaitu prestasi akademik rendah, mudah terserang penyakit, gangguan Permanen pada sistem motorik dan sensorik dan ertumbuhan fisik terhambat
  4. Festivial Soya Generasi Maju merupakan rangkaian kegiatan edukasi seputar penanganan kondisi anak yang tidak cocok susu sapi dan dukung tumbuh maksimal anak Gerakan 3K+  untuk penanganan kondisi anak yang tidak cocok susu sapi dan untuk mendukung anak tumbuh maksimal
kembangkan potensi anak tidak cocok susu sapi
Yuk Bunda, Terus Kembangkan Potensi Anak Tidak Cocok Susu Sapi

Semoga informasi tentang bagaimana penanganan kondisi anak tidak cocok susu sapi ini dapat bermanfaat yaa.. semoga kita semua bisa menjadi bunda tanggap 3K+ agar anak anak tidak cocok susu sapi dapat tetap tumbuh secara optimal.
 
Salam hangat,
Elly Nurul



84 komentar

  1. Pastinya sebagai orang tua, jadi concern kalau masalah pemenuhan gizi anak. Syukurlah sudah ada susu soya yang bisa menggantikan peran susu sapi buat anak-anak yang alergi susu sapi ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali mbak, Alhamdulillah nutrisi anak tidak cocok susu sapi bisa terganti dengan formula lain yang memang sudah terbukti tidak memiliki dampak kurang baik bagi anak tumbuh kembang anak

      Hapus
  2. Mba Elly dirimu ada keturunan bule ya? Tsakeppp banget!
    Btw, memang punya anak dgn alergi apalagi alergi susu sapi emang sesuatuuu ya.
    Tapi ga perlu khawatir, karena memang SGM concern dgn tumbuh kembang generasi Indonesia.
    Jadi selalu menyediakan terobosan dan inovasi yg menarik bangettt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kok tau sih aku ada keturunan bule hehe.. btw, akupun termasuk yang bangga dengan Sarihusada yang terus berinovasi dalam nutrisi anak dan ibu hamil di Indonesia

      Hapus
  3. Bagi anak yang mengalami alergi susu bisa mengonsumsi alternatif berupa protein terhidrolisa atau susu yang proteinnya telah dipecah menjadi bentuk lebih kecil untuk mengurangi risiko munculnya reaksi alergi, salah satunya dengan susu soya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess benar sekali ka aie.. nutrisi anak tidak cocok susu sapi bisa mengkonsumsi alternatif protein yang memang sudah teruji tanpa mengurangi nutrisi untuk tumbuh kembang anak

      Hapus
  4. Udah ga perlu khawatir lagi nih para ibu yang anaknya memiliki riwayat alergi susu sapi, bisa mimi susu soya deh. SGM ini sangat peduli dengan tumbuh kembang anak2 ya. Semoga optomal perkambangan anak2, tentu diimbangi disertai asupan bergizi, vitamin, mineral terutama zat besinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya.. anak anak yang tidak cocok susu sapi masih tetap mendapatkan nutrisi penting untuk tumbuh kembang mereka

      Hapus
  5. memang kita harus semangat yaa mba mamstikan kesehatan anak - anak dan itu termasuk alergi susu sapi yang banyak dialami oleh anak - anak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kepentingan masa depan anak harus diupayakan secara optimal ya mbak

      Hapus
  6. Yess semangat buat buibu biar bisa tanggap mengenali gejala alergi.. Jadi bagaimana menangani dan menceganya bisa lebih tepat juga ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat terus buat para orangtua khususnya ibu ibu yang memiliki anak tidak cocok susu sapi.. terima kasih mbakku

      Hapus
  7. Keponakan ada yang alergi susu sapi mbak, awalnya sering diare terus kaya kemerahan disekujur tubuh dan gatal. Pas dicek ternyata alergi susu sapi. Susu Soya bisa jadi pilihan untuk tetap mendapatkan nutrisi pengganti yang tepat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga keponakannya bisa tetap mendapatkan asupan nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya ya.. walaupun tidak cocok susu sapi.. terima kasih sudah berbagi informasi ya mbak

      Hapus
  8. Kalau orangtua tahu cara mencegah alergi susu dan alternatif merk susu bagi penderita alergi susu sapi maka hal ini akan membuat para bunda tenang dan khawatir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, maka itu edukasi tentang bagaimana penanganan bagi anak yang tidak cocok susu sapi harus terus digaungkan, agar para orangtua khususnya ibu menjadi lebih tanggap terhadap anak yang tidak cocok susu sapi

      Hapus
  9. jaman sekarang anak yang alergi susu sapi juga tetap bisa mendapat nutrisi dan gizi yang sama dengan anak lainnya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak, anak tidak cocok susu sapi masih tetap bisa mendapatkan alternatif nutrisi penggantinya untuk tumbuh kembang optimal

      Hapus
  10. Informasi soal alergi anak harus serimg disampaikan. KAdang ortu juga nggak ngeh kalau anaknya teryata alergi. Ulasannya lengkap sekali mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba Al, edukasi tentang ciri anak alergi dan bagaimana penanganan anak alergi harus terus digaungkan agar semakin banyak orangtua khususnya para ibu lebih paham bagaimana penanganan anak alergi ya

      Hapus
  11. Pembatasan asupan ini yang suka bikin orang tua jadi galau. Khawatir tumbuh kembang anak terganggu. Tetapi, dengan edukasi dari Sarihusada ini semoga aja semakin meyakinyan para orang tua kalau anak yang tidak cocok susu sapi pun bisa bertumbuh dengan maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti udah ada pengalaman menangani anak yang tidak cocok susu sapi, ya. Tetapi, memang iya, sih. Kalau dulu tuh informasinya masih minim. Untungnya sekarang Sarihusada konsisten dengan edukasi ini.

      Hapus
    2. Anak pertama aku tidak cocok susu sapi dan saya merasa 12 tahun lalu edukasi bagaimana penanganan anak tidak cocok susu sapi masih sangat minim, dan Alhamdulillah saat ini sudah semakin paham tentang bagaimana penaganan anak tidak cocok susu sapi

      Hapus
  12. Wah aku setuju banget program ini perlu diviralkan biar banyak meningkatkan kesadaran. Aku rasa susu sapi kalau diminum setiap hari itu bisa membahayakan sepertinya. Industri biasanya rada ga etis dengan menutup kebenaran. Semoga bisa fair2an aja yaaa seperti SGM ini aku suka dan apresiasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga semakin banyak orangtua khususnya para ibu yang teredukasi bagaimana menjadi orangtua tanggap terhadap anak yang tidak cocok susu sapi

      Hapus
  13. Yap, pastinya kita termasuk ortu yg sangat concern dgn kondisi anak2 yang tidak cocok dgn susu sapi ya.

    Kalo mereka tetap mendapatkan nutrisi pengganti yang tepat, maka tumbuh kembang bisa optimal!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, memiliki anak tidak cocok susu sapi, maka orangtua khususnya ibu harus tanggap mulai dari mengenali tanda tandanya hingga bagaimana mengembangakan potensi anak walaupun tidak cocok susu sapi

      Hapus
  14. Bunda juga harus kreatif nih dalam hal kuliner. Kreatif mengolah susu soya untuk menjadi cemilan atau bahkan makanan 'berat' bagi anak. Khawatirnya berbagai olahan makanan yang ada ternyata mengandung susu sapi, bisa kambuh deh alergi pada anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes harus jadi bunda tanggap ya kalo punya anak tidak cocok susu sapi termasuk bagaimana mengkreasikan menu makanan yang tepat

      Hapus
  15. Untunglah sekarang banyak edukasi seputar alergi susu sapi sehingga bisa langsung ditangani dan dicari penggantinya yah mbaak, misalnya dengan susu soya. Kasihan juga kalau anak sampai kekurangan zat besi yaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, semakin banyak edukasi seperti ini diharapkan anak yang tidak cocok susu sapi tidak mengalami defisiensi zat besi

      Hapus
  16. jadi inget event offline nya waktu jaman pemilu itu Kak, yang kita barengan lanjut GBK ya hehehe aku masih inget banget tuh dampak soal alergi susu pada anak yang disampaikan oleh dokternya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dampaknya sangat menghawatirkan yaa dan ngga mau anak anak tidak cocok susu sapi menjadi kekurangan nutrisi pentingnya

      Hapus
  17. Bersyukur anak-anakku cocok minum susu sapi. Tapi bagi anak yang tidak cocok susu sapi, asupan susunya memang khusus ya. Set besi dan vitamin C asupan penting yg saling terkait buat kesehatan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya anak mba nurul semua cocok dengan susu sapi

      Hapus
  18. Semoga buat orang tua yang memiliki anak alergi susu sapi semakin paham ya gerakan K3+ ini .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin harapan aku juga nih mbak semakin banyak orangtua yang aware bagaimana penanganan yang tepat bagi anak tidak cocok susu sapi

      Hapus
  19. Festival kyk gini bisa mengedukasi para orang tua yang anaknya mengalami alergi susu sapi supaya enggak terlalu cemas ya krn juga banyak memberi informasi tentang nutrisi anak yg punya masalah alergi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Festival yang sangat baik dan harus rutin dilaksanakan ya agar anak anak yang tidak cocok susu sapi mendapatkan penanganan yang tepat

      Hapus
  20. Dulu keponakanku yang mengalami alergi susu sapi. Tapi sayangnya 12 tahun yg lalu sangat minim informasi. Jadi tiap malam anaknya nangis terus dan perutnya kembung. Setelah diteliti lg ke dsa nya ternyata alergi susu sapi.

    Memang sangat penting melakukan 3K ini saat tau anak alergi susu sapi ya. Karena kasihan anak akan tersiksa banget, huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya 12 tahun lalu masih sangat sedikit infonya.. tapi Alhamdulillah sekarang sudah semakin banyak

      Hapus
  21. Anak alergi memang harus dapat perhatian ekstra ya Mba
    Dulu anak saya sih punggungnya merah2 karena faktor cuaca
    Pindah dari Lampung ke Manado yang lebih panas
    Meski anak2 saya nggak alergi susu sapi tapi jadi lebih aware juga soal defisiensi zat besi pada anak anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. beruntungnya anak anak mbak semuanya cocok susu sapi ya

      Hapus
  22. Menjadi orangtua pun harus banyak memahami dan belajar mengenai keunikan setiap anak yaa..
    Aku baru tahu kalau alergi susu sapi itu efeknya bisa sampai bikin anak "kesakitan" dan bahasa tubuhnya sudah bisa mendeteksi hal ini.

    MashaAllah~
    Alhamdulillah, kini ada SGM Eksplor Soya yang ramah untuk anak alergi susu sapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi susu itu membantu memenuhi nutrisi mikro yaa, kak..
      Jadi meski dibutuhkan dalam jumlah kecil, tetap harus terpenuhi agar anak-anak tumbuh optimal.

      Hapus
    2. Alhamdulillah.. sangat terbaru dengan adanya SGM Eksplor Soya Pro-gres Max

      Hapus
  23. Sekarang SGM ada yang varian soya ya? Aku sendiri masih belum ngerti gejala anak yang gak cocok susu sapi tapi udah sering dengar dari sepupu2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya SGM sudah mengeluarkan varian soya untuk anak yang tidak cocok susu sapi

      Hapus
  24. Semakin berkembang zaman, semakin bersyukur karena bisa edukasi melalui teknologi. Untungnya di keluarga saya memang pada nggak suka susu sapi, jadi memenuhi zat besinya dari sayuran dan buah-buahan saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. sehat selalu ya untuk keluarga dirumah

      Hapus
  25. Biasanya kalau usia anak sudah agak besar sudah nggak alergi susu sapi lagi ya sudah bisa minum susu biasa.. Anakku seperti itu Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul diatas lima tahun jika alergi sudah semakin berkurang

      Hapus
  26. Bagus banget ada acara Festival Soya Generasi Maju ini mba,dan saya banyak belajar tentang alergi susu sapi bagi anak yang baru lahir dari sharing ini. Thanks for sharing mba 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga membantu dan bermanfaat ya

      Hapus
  27. menjadi orang tua memang nggak mudah ya mbak, nggak hanya wajib memberikan asupan gizi seimbang saja.

    Tapi juga butuh memeoerhatikan kondisi khusus anak, salah satunya bagaimana jika anak tidak cocok susu sapi

    Tanggap akan alergi anak, bisa membantu bunda Optimalkan tumbuh kembang anak ya mbak

    BalasHapus
  28. Acara SGM festival ini terutama terhadap susu alergi anak ini sangat menarik juga ya dan makasih banyak buat sharing nya karena memang susu itu penting buat pertumbuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan festival soya generasi maju ini adalah agar semakin banyak orangtua yang memiliki anak tidak cocok susu sapi semakin teredukasi bagaimana penanganan yang tepat

      Hapus
  29. Kakak Elly, di foto terakhir dirimu agak mirip selebgram Dwihanda dan Mega Iskanti hehehe. Btw tanggap alergi memang penting banget dilakukan orang tua terutama yang anaknya tidak cocok susu sapi. Untung sekarang ada program edukasi 3K+ dari Sari Husada ini yang membantu orang tua tanggap alergi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aish bisaaeee nih jadi salfok yak hehe.. tapi memang sebagai orangtua yang punya anak alergi butuh banget ya edukasi seperti ini

      Hapus
  30. Lewat gerakan 3K+ bunda bisa mengatasi anak yang tidak cocok dengan susu sapi ya supaya nutrisinya tercukupi & tumbuh kembangnya maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, dengan gerakan 3K+ orangtua yang memiliki anak tidak cocok susu sapi diharapkan anak tetap dapat tumbuh berkembang secara optimal ya

      Hapus
  31. Iya anak alergi susu sapi gak bisa diremehkan krn bisa membahayakan nyawa kalau salah makan, apalagi makanan dairy food. Makanya saat ada tanda alergi ortunya kudu tanggap dan wajib konsul ke dokter utk menegakkan diagnosa apakah beneran alergi atau pas kebetulan ada problem lain kyk problem kulit aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, memang harus diketahui ciri-cirinya lalu untuk memastikannya harus konsultasikan kepada dokter sehingga bisa dilakukan penanganan yang tepat ya

      Hapus
  32. Anak aku yg pertama dulu sempet alergi susu sapi. Duh, worry banget krn kulitnya bercak2 dulu. Untungnya alerginya gak lama. Dulu jh dibilang sm org kalo susu soya minim zat besi. Tyt varian sgm soya ini zat besinya tinggi ya. Bs aku rekomendasikan buat temenku nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berbagi informasi tentang anaknya yang tidak cocok susu sapi ya.. Alhamdulillah soya menjadi nutrisi yang bisa dikonsumsi untuk anak tidak cocok susu sapi

      Hapus
  33. Bagus banget acara festival soya generasi maju ini ya mbak. Memang perlu edukasi terus bagi ibu yang memiliki anak dengan alergi susu sapi, jangan sampai pertumbuhannya terhambat karena alerginya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan festival soya generasi maju ini agar semakin banyak orangtua teredukasi bagaimana penanganan anak tidak cocok susu sapi semakin luas

      Hapus
  34. Aku punya pengalaman dengan si sulung yang alergi susu sapi. Padahal menurutku susu itu penting untuk masa pertumbuhannya. Jadi memang akhirnya konsultasi ke dokter spesialis anak langganan waktu itu (usia anakku sekarang udh 26 tahun). Saat itu juga susu alternatif masih langka, tapi akhirnya dapat sih susu soya yang akan untuk lambung dan tenggorokan nya.

    Senang ya orang tua jaman sekarang, lebih mudah mendapatkan informasi yang bagus begini. Apalagi Sari Husada termasuk perusahaan yang memiliki concern dengan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. MashaAllah mbak.. terima kasih ya sudah berbagai informasi tentang anaknya yang tidak cocok susu sapi juga.. dan Alhamdulillah saat ini alternatif nutrisi penggantinya sudah banyak ya dan informasi bagaimana penanganan anak tidak cocok susu sapi semakin banyak

      Hapus
  35. Alergi susu sapi emang nggak boleh dianggep sepele ya maaaak.. alhamdulillah gerakan 3K+ ini bikin para ibu semakin tanggap dengan alergi susu sapi yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess ngga boleh dianggap sepele dan abai terhadap anak yang tidak cocok susu sapi.. harus banget menjadi orangtua tanggap

      Hapus
  36. “Permasalahan anak yang tidak cocok susu sapi ini tidak bisa diremehkan, karena dampak dan prevalensi-nya yang umum ditemukan pada usia di awal kehidupan."

    Langsung mingkem baca kalimat ini dan buka buka riwayat alerfi anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa 1000 hari kehidupan memang sangat menentukan, maka itu nutrisinya harus dijaga sejak dalam kandungan

      Hapus
  37. Asupan baik walau alergi ttp membantu tumbang anak jadi optimal seperti anak lainnya

    Pola makan tetep nentukan emang ya mak kalau aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar pola makan juga harus dijaga agar terhindar dari pemicu alergi alergi lainnya

      Hapus
  38. Anak yang alergi susu sapi harus tetap mendapatkan nutrisi bergizi dengan solusi bagus dari Soya ini agar tumbuh kembangnya tetap optimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak tidak cocok susu sapi memang harus tetap mendapatkan asupan nutrisi pentingnya agar tumbuh kembang optimal

      Hapus
  39. Salah satu alternatif buat anak² yg alergi sama susu sapi yaa ini..
    Mantaaapp mba.
    Dan untuk yg nggak suka ada solusinya dengan Diya.
    Noted.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak ada solusi untuk anak anak yang tidak cocok susu sapi

      Hapus
  40. Anak memang punya kondisi masing-masing yang spesifik, ya. Dan semua perlu susu.
    Katanya susu soya juga bisa diminum anak tanpa alergi susu tapi susah makan sayur. Benar nggak sih?

    BalasHapus
  41. Keren nih SGM Eksplor, semakin inovatif produknya. Makin advance susu soyanya. Duh pastinya ini membantu banget para ortu yang punya anak alergi susu sapi. Bisa tetap dapat segala kebaikan susu di sini. Anak bisa meraih apa pun dengan gizi yang sama bagus seperti di susu sapi. Sulungku dulu gak bisa minum susu sapi. hampir 20 tahun lalu. Aku dapet susu yang cocoknya dari dokter. mahal. Gak ada di pasaran. Kalo kayak sekarang kan jadi mudah ya. Ortu bisa beli di mana saja. Dengan harga yang terjangkau pula.

    BalasHapus
  42. Punya anak alergi susu sapi itu lumayan bikin down ya mba. Soalnya makanan & minuman kudu pilih-pilih, ngga bisa sesuka hati.
    Kasihan pas lihat temen-temennya minum susu sapi cuma bisa ngelihatin aja.

    Untung sekarang ada komunitas & edukasi dari pakar, lebih tenang daripada zaman dulu.

    BalasHapus
  43. Numpang promo ya Admin^^ (f)
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^ x-)

    BalasHapus