Festival Soya Generasi Maju : Yuk, Menjadi Bunda Tanggap Gerakan 3K+ untuk Menangani Kondisi Anak Tidak Cocok Susu Sapi

anak alergi susu sapi
Tanggap Menangani Anak Tidak Cocok Susu Sapi
 

Anak yang tidak cocok susu sapi biasanya mengalami pembatasan jenis asupan makanan yang tidak sesuai, serta adanya risiko inflamasi pada saluran cerna yang dapat menyebabkan anak rentan mengalami kekurangan nutrisi penting, salah satunya adalah zat besi.

SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx dalam Festival Soya Generasi Maju serta mengajak para Bunda untuk tanggap melakukan Gerakan 3K+ untuk menangani kondisi anak tidak cocok susu sapi.


Dear Bunda,

 
Bicara tentang anak yang tidak cocok susu sapi memang selalu jadi pembahasan yang sering dibicarakan para orangtua khususnya Ibu. Ada yang menanggapinya dengan khawatir tapi tak jarang juga tidak peduli, karena menganggap tidak cocok susu sapi hal biasa terjadi pada anak anak.
 
Nah, bunda termasuk yang mana nih dalam menanggapi anak yang tidak cocok susu sapi? jika saya ditanya maka jawabannya adalah sangat peduli dan berharap anak yang tidak cocok susu sapi tetap mendapatkan nutrisi pengganti yang tepat.
 
Kenapa saya peduli, karena anak pertama saya tidak cocok susu sapi dan saya sudah merasakan bagaimana kondisi tidak menyenangkan pada anak tidak cocok susu sapi. Kondisi tidak menyenangkan bukan saja pada anak tapi juga pada orangtua yang memiliki anak tidak cocok susu sapi.
 
Saya mengetahui anak saya tidak cocok susu sapi saat anak yang saya lahirkan pada usia satu minggu mengalami tinggi bilirubin. Saat itu harus masuk ruang perawatan khusus dan membutuhkan asupan ASI yang tidak sedikit.
 
Untuk menurunkan kadar bilirubin dalam darah anak saya, dilakukan proses penyinaran blue light dalam beberapa waktu yang tidak sebentar. Pada proses tersebut anak membutuhkan banyak cairan dari ASI agar tetap ternutrisi dan terhidrasi dengan baik.
 
Saat itu produksi ASI saya masih sangat sedikit, setelah berkonsultasi pada dokter anak, akhirnya saya harus merelakan anak saya diberikan susu formula untuk kebutuhan asupan cairan nutrisi pada saat proses penurunan bilirubin.
 
Tidak hanya kadar bilirubin tinggi, namun kulit anak saya mengalami ruam ruam merah, setelah dilakukan konsultasi dengan dokter anak, akhirnya anak saya dinyatakan memiliki riwayat alergi. Riwayat alergi tersebut berasal dari suami saya yang memang alergi terhadap debu.
 
Sejak saat itu, anak saya diberikan nutrisi tambahan pendamping ASI khusus untuk anak alergi dan tidak mengandung susu sapi. Sedih sudah pasti, usianya masih satu minggu tapi harus mendapatkan penanganan khusus untuk pemenuhan nutrisinya karena alergi.

Anakku Tidak Cocok Susu Sapi

Sebagai seorang Ibu yang pernah memiliki anak tidak cocok susu sapi tentu berharap anak tidak kekurangan nutrisi dan anak bisa tumbuh berkembang optimal sesuai dengan usianya dan tumbuh kembangnya.
 
Memang butuh waktu dan juga kesabaran dalam menangani anak yang tidak cocok susu sapi. Anak saya membutuhkan waktu 5 tahun untuk bisa merasakan kulit yang bersih bebas dari ruam ruam karena alergi.
 
Kesabaran sebagai seorang Ibu juga sangat diuji untuk tidak lelah bahkan abai terhadap nutrisi anak yang tidak cocok susu sapi, karena bagaimanapun juga nutrisi sangat penting apalagi pada 1000 hari pertama kehidupan anak.
 
12 tahun yang lalu, awal saya mengetahui memiliki anak yang tidak cocok susu sapi, hal tersebut menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi saya, apalagi saat itu informasi tentang penanganan anak tidak cocok susu sapi masih sangat minin.
 
Harapan saya sebagai seorang Ibu, untuk anak selanjutkan tidak merasakan hal yang sama seperti anak pertama saya. Namun jika akhirnya kembali memiliki anak tidak cocok susu sapi, sudah lebih tanggap bagaimana menangani anak tidak cocok susu sapi.
 
anak tidak cocok susu sapi

 

Edukasi Penanganan Anak Tidak Cocok Susu Sapi

Jika ada edukasi tentang bagaimana penanganan anak yang tidak cocok susu sapi, maka saya akan menjadi orangtua yang antusias mengikuti edukasi tersebut. Alhamdulillah sudah beberapa kali mengikuti edukasi tentang penanganan anak tidak cocok susu sapi dan semakin banyak pengetahun yang saya dapatkan.
 
Alhamdulillah, pada 31 Maret 2021 saya berkesempatan untuk mengikuti edukasi penanganan bagi anak yang tidak cocok susu sapi yang diselenggarakan oleh Sarihusada dalam rangka memperingati pekan alergi dunia.
 
Walaupun edukasi dilaksanakan secara virtual, namun tidak mengurangi antusias saya mendengarkan paparan dari para narasumber ahli dalam bidang penanganan anak tidak cocok susu sapi.
 
Narasumber yang hadir dan memberikan paparan dalam rangka memperingati pekan alergi dunia yaitu :
  1. Prof. DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc.
  2. Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak
  3. Anggi Morika Septie Senior Brand Manager SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx
  4. Natasha Rizky, Aktris & Seorang Bunda
  5. Revalina S Temat, Aktris & Seorang Bunda
  6. Joanna Alexandra, Aktris & Seorang Bunda
     
Dari paparan Prof. Budi yang menunjukan data dari World Allergy Organization (WAO) 2013 1,9-4,9% anak anak di dunia alergi susu sapi (ASS) dan 0,5-7,5% anak mengalami alergi susu sapi di Indonesia.
 
data anak alergi dari wao


Dari data WAO terlihat jumlah anak di Indonesia yang mengalami alergi susu sapi masih banyak, dan hal tersebut harus ditangani secara serius agar jumlahnya tidak semakin banyak.
 
Saya sangat sependapat dengan Prof. Budi yang menjelaskan bahwa “Permasalahan anak yang tidak cocok susu sapi ini tidak bisa diremehkan, karena dampak dan prevalensi-nya yang umum ditemukan pada usia di  awal kehidupan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan nutrisi yang tepat dan adekuat pada awal kehidupan anak, terutama bagi yang tidak cocok susu sapi".
 
Sementara itu Dr. Saptawati menunjukan data Riskesdas 2018 bahwa 1 dari 3 anak Indonesia berusia dibawah 5 tahun mengalami anemia dan 50-60% kasus anemia disebabkan karena defisiensi zat besi.
 
 
anemia pada anak

 
Wah, ternyata anak yang tidak cocok susu sapi rentan mengalami kekurangan nutrisi penting, salah satunya adalah zat besi. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa zat besi merupakan salah satu nutrisi esensial yang dapat mendukung anak dapat tumbuh maksimal.

“Adanya risiko kekurangan zat besi yang lebih tinggi pada anak yang tidak cocok susu sapi dapat disebabkan karena anak mengalami pembatasan jenis asupan makanan yang tidak sesuai, serta adanya risiko inflamasi pada saluran cerna, sehingga dapat  menyebabkan anak tidak memperoleh kecukupan asupan nutrisi penting,” Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(K), M.Kes, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak

Dampak Defisiensi Zat Besi Pada Anak

dampak defisiensi zat besi pada anak


Prof. Budi dan Prof Saptawati telah memberikan penjelasan ilmiah bahwa anak yang tidak cocok susu sapi rentan terhadap defisiensi zat besi. Lalu apa saja dampak defisiensi zat besi pada anak khususnya pada anak tidak cocok susu sapi.

  • Prestasi akademik rendah
  • Mudah terserang penyakit
  • Gangguan Permanen pada sistem motorik dan sensorik
  • Pertumbuhan fisik terhambat
Bunda, ternyata dampak defisiensi zat besi pada anak yang tidak cocok susu sapi sangat banyak dan cukup menyedihkan ya.. saya sebagai seorang Ibu tentunya tidak menginginkan anaknya mengalami defisiensi zat besi.
 
Melakukan pencegahan sejak dini sangat diperlukan, khususnya bagi para perempuan calon Ibu nih untuk senantiasa menjaga kesehatannya dengan pola hidup sehat karena nantinya akan mengandung anak anak generasi bangsa dalam rahim seorang Ibu.
 
dampak defisiensi zat besi pada anak

 
 

Pemenuhan Kebutuhan Zat Besi Pada Anak Tidak Cocok Susu Sapi

Prof. Saptawati memberikan beberapa cara untuk mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan zat besi pada anak tidak cocok susu sapi, yaitu :

  1. Vitamin C membantu penyerapan zat besi (Fe) dengan cara mengubah Fe3+ menjadi Fe2+ sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh
  2. Sumber Vitamin C dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan
  3. Kombinasi Vitamin C dan zat besi dengan rasio molar 2.1 terbukti meningkatkan ketersediaan zat besi dalam tubuh sebanyak 2x lipat (Lynch, 2013)
  4. Pada Formula berbasis soya, kombinasi 4.1 untuk mengoptimalkan zat besi (Lynch, 2013).
cara optimal untuk anak tidak cocok susu sapi

optimalkan tumbuh kembang anak tidak cocok susu sapi

Bunda, alergi susu sapi dapat dicegah, jadi jangan khawatir jika anak tidak cocok susu sapi ya.. bunda bisa terapkan kebutuhan nutrisi anak tidak cocok susu sapi seperti Prof. Saptawati sampaikan diatas ya.

Jangan lelah untuk terus kenali gejala alergi, menghindari makanan pencetus, konsultasikan terus perkembangan anak dan tetap kembangkan potensi anak ya bunda.


Festival Soya Generasi Maju

Bunda, Sarihusada terus melakukan inisiatif dan inovasi untuk mendukung anak yang tidak cocok susu sapi untuk tetap tumbuh maksimal lho, salah satunya dengan mengadakan Festival Soya Generasi Maju yang dilaksanakan pada 23 Maret hingga 3 April 2021.
 
Lalu apa saja edukasi yang diberikan kepada masyarakat dalam Festival Soya Generasi Maju :
  1. Tanya Dokter, sesi konsultasi seputar penanganan tidak cocok susu sapi bersama Eksperts
  2. Kreasi Resep Sehat, menu sehat mengandung zat besi dan aman untuk anak yang tidak cocok susu sapi
  3. Tips Stimulasi, stimulasi untuk asah potensi prestasi anak bersama Psikolog anak dan Keluarga
  4. Sharing Session, berbagi inspirasi untuk dukung anak tumbuh maksimal bersama bunda selebriti
 
Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Festival Soya Generasi Maju, bunda dapt mengunjugi http://bit.ly/FestivalSoyaGenerasiMaju ya.. walaupun Festival Soya Generasi Maju sudah berakhir, namun Bunda masih bisa mendapatkan informasinya disana ya.

Edukasi gerakan 3K+ 

Bunda.. yang dikhawatirkan dari anak tidak cocok susu sapi adalah kekurangan nutrisi penting yang menyebabkan anak tidak tumbuh optimal, seperti prestasi belajar menurun yang bisa merugikan anak dimasa mendatang.
 
Nah, sebagai seorang Ibu yang memiliki anak tidak cocok susu sapi ngga mau dong anak menjadi tertinggal secara akademis dan mempengaruhi daya fikir dan daya juang ketika sudah dewasa nanti.
 
Untuk itu seorang Ibu dengan anak tidak cocok susu sapi harus menjadi bunda tanggap, seperti yang dicanangkan oleh Sarihusada untuk penanganan anak tidak cocok susu sapi dengan Gerakan 3K.
 
 
Sebelumnya gerakan 3K ini sudah pernah dicanangkan, namun pada saat Festival Soya Generasi Maju beberapa waktu lalu, gerakan 3K menjadi 3K+ gerakan ini telah disempurnakan untuk penanganan kondisi anak yang tidak cocok susu sapi dan untuk mendukung anak tumbuh maksimal.
 
Ini gerakan 3K+ ya bunda :
  • Kenali gejala tidak cocok susu sapi
  • Konsultasikan gejalanya ke dokter
  • Kendalikan dengan alternatif nutrisi sesuai anjuran dokter
  • Kembangkan potensi prestasi anak 
bunda tanggap alergi 3K+

Dengan penambahan kembangkan, para orangtua yang memiliki anak tidak cocok susu sapi diharapkan terus mengembangkan potensi anak, tidak boleh membeda-bedakan anak, karena setiap anak punya hak yang sama untuk mendapatkan kasih sayang dan juga pendidikan yang layak.

Sesungguhkan setiap anak itu cerdas dan setiap anak itu istimewa ya bunda, maka walaupun anak tidak cocok dengan susu sapi, selain memberikan nutrisi yang tepat sesuai kondisinya juga terus kembangkan setiap potensi yang dimiliki anak.
 
Harapan saya sebagai seorang Ibu dengan anak tidak cocok susu sapi, anak bisa tumbuh optimal, berprestasi dan menjadi anak generasi maju dimasa mendatang.. aamiin.

Website Alergi Anak

Bunda, sudah pernah mengunjungi website aleri anak dari Sarihusada? jika belum bunda mengunjudi websitenya di www.generasimaju.co.id/alergianak.

Sarihusada terus mendukung anak yang tidak cocok susu sapi dapat tumbuh maksimal. Dalam website alergi anak ini orangtua dapat mengetahui banyak hal seputar anak tidak cocok susu sapi seperti :

  • Cek risiko tidak cocok susu sapi
  • Artikel lengkap seputar tumbuh kembang anak yang tidak cocok susu sapi
  • Konsultasi online
  • Kreasi resep sehat tinggi zat besi
  • Tips stimulasi anak yang tidak cocok susu sapi
website alergi anak

Alhamdulillah ya bunda, dengan adanya website alergi anak ini bisa menjadi panduan atau sumber informasi bagi orangtua yang memiliki anak tidak cocok susu sapi untuk terus tanggap agar anak tumbuh optimal.

Untuk bunda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang bagaimana penanganan anak yang tidak cocok susu sapi bisa melalui website dan sosial media Soya Generasi Maju yaitu :

Instagram : @soya_generasimaju
Facebook : Soya Dukung Generasi Maju

Kesimpulan

  1. Permasalahan anak yang tidak cocok susu sapi ini tidak bisa diremehkan
  2. Anak yang tidak cocok susu sapi rentan mengalami kekurangan nutrisi penting, salah satunya adalah zat besi.
  3. Dampak defisiensi zat besi pada anak khususnya pada anak tidak cocok susu sapi yaitu prestasi akademik rendah, mudah terserang penyakit, gangguan Permanen pada sistem motorik dan sensorik dan ertumbuhan fisik terhambat
  4. Festivial Soya Generasi Maju merupakan rangkaian kegiatan edukasi seputar penanganan kondisi anak yang tidak cocok susu sapi dan dukung tumbuh maksimal anak Gerakan 3K+  untuk penanganan kondisi anak yang tidak cocok susu sapi dan untuk mendukung anak tumbuh maksimal
kembangkan potensi anak tidak cocok susu sapi
Yuk Bunda, Terus Kembangkan Potensi Anak Tidak Cocok Susu Sapi

Semoga informasi tentang bagaimana penanganan kondisi anak tidak cocok susu sapi ini dapat bermanfaat yaa.. semoga kita semua bisa menjadi bunda tanggap 3K+ agar anak anak tidak cocok susu sapi dapat tetap tumbuh secara optimal.
 
Salam hangat,
Elly Nurul



7 komentar

  1. Pastinya sebagai orang tua, jadi concern kalau masalah pemenuhan gizi anak. Syukurlah sudah ada susu soya yang bisa menggantikan peran susu sapi buat anak-anak yang alergi susu sapi ya Mbak.

    BalasHapus
  2. Mba Elly dirimu ada keturunan bule ya? Tsakeppp banget!
    Btw, memang punya anak dgn alergi apalagi alergi susu sapi emang sesuatuuu ya.
    Tapi ga perlu khawatir, karena memang SGM concern dgn tumbuh kembang generasi Indonesia.
    Jadi selalu menyediakan terobosan dan inovasi yg menarik bangettt!

    BalasHapus
  3. Bagi anak yang mengalami alergi susu bisa mengonsumsi alternatif berupa protein terhidrolisa atau susu yang proteinnya telah dipecah menjadi bentuk lebih kecil untuk mengurangi risiko munculnya reaksi alergi, salah satunya dengan susu soya

    BalasHapus
  4. Udah ga perlu khawatir lagi nih para ibu yang anaknya memiliki riwayat alergi susu sapi, bisa mimi susu soya deh. SGM ini sangat peduli dengan tumbuh kembang anak2 ya. Semoga optomal perkambangan anak2, tentu diimbangi disertai asupan bergizi, vitamin, mineral terutama zat besinya.

    BalasHapus
  5. memang kita harus semangat yaa mba mamstikan kesehatan anak - anak dan itu termasuk alergi susu sapi yang banyak dialami oleh anak - anak ya

    BalasHapus
  6. Yess semangat buat buibu biar bisa tanggap mengenali gejala alergi.. Jadi bagaimana menangani dan menceganya bisa lebih tepat juga ya...

    BalasHapus
  7. Keponakan ada yang alergi susu sapi mbak, awalnya sering diare terus kaya kemerahan disekujur tubuh dan gatal. Pas dicek ternyata alergi susu sapi. Susu Soya bisa jadi pilihan untuk tetap mendapatkan nutrisi pengganti yang tepat ya.

    BalasHapus